Pidato

Pidato Perpisahan Singkat: Sekolah, Pindah Rumah Dan Kantor

Diposting pada

Pidato perpisahan singkat untuk perpisahan sekolah, pindah rumah ataupun pindah kantor adalah penting karena bisa dijadikan sebuah kalimat sambutan serta kesempatan untuk menyampaikan kesan-kesan hingga pesan secara formal.

Beritaku.id, Organisasi dan Komunikasi – Keberadaan pidato termasuk penting, terutama dalam acara selamatan, penyambutan kedatangan tamu, peringatan hari besar serta beberapa pertemuan atau gelaran tertentu.

Oleh Veronika Adjeng (Penulis Organisasi dan Komunikasi)

Peran Penting Pidato Dalam Sebuah Acara

Tidak heran, setiap acara formal akan diawali dengan pidato dari orang atau tokoh tertentu.

Pidato adalah suatu kegiatan mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang sudah disiapkan sebelumnya untuk disampaikan kepada khalayak.

Kegiatan pidato termasuk ke dalam komunikasi dua arah. Pembicara sebagai seseorang yang menyampaikan pidato akan mendominasi pembicaraan, sementara lawan bicaranya akan menjadi pendengar.

Sesekali pembicara dalam pidato juga akan melontarkan pertanyaan kepada lawan bicara.

Oleh sebab itu, sebagai pendengar, lawan bicara juga harus menyimak pesan atau pertanyaan dari pembicara.

Penyampaiannya dapat melalui kata-kata atau non-verbal sehingga pendengar atau lawan bicara akan memahami topik bahasan dari suatu pidato.

Terdapat tiga tujuan utama dari pidato. Pertama adalah untuk memengaruhi orang lain, supaya mengikuti arahan dari pembicara dengan sukarela.

Kedua adalah memberikan suatu informasi atau pemahaman pada khalayak ramai. Ketiga adalah memberikan kesan positif atas acara atau gelaran yang sedang berlangsung kepada khalayak ramai.

Agar tak salah ucap, biasanya pembicara yang akan berpidato mempersiapkan teks pidato.

Dari namanya sudah bisa kita tebak, teks pidato merupakan teks yang berisi pendapat, pengetahuan dan gagasan terhadap suatu hal yang berkaitan pada acara atau gelaran dan akan disampaikan di khalayak ramai.

Seperti apakah metode dan struktur teks pidato?

Sebelum masuk ke struktur teks pidato, kita akan memahami beberapa metode pidato  yang ada. Terdapat empat metode pidato yang umum terpakai di masyarakat, yaitu impromptu, memoriter, naskah dan ekstemporan.

  1. Impromptu merupakan metode pidato yang cenderung mendadak karena berlangsung tanpa adanya persiapan terlebih dahulu.
  2. Memoriter merupakan metode pidato yang mengharuskan pembicara untuk menghafalkan teks pidato terlebih dahulu.
  3. Naskah merupakan metode pidato dengan cara pembicara membacakan teks atau naskah saat berpidato.
  4. Ekstemporan merupakan metode pidato yang mengharuskan pembicara untuk mempersiapkan konsep pidato secara garis besar terlebih dahulu.

Pidato yang baik harus memberikan kesan positif bagi para pendengarnya. Supaya pembicara dapat memberikan pidato berkesan positif bagi pendengar maka mempersiapkan teks pidato bisa menjadi langkah awal yang cukup baik.

Struktur teks pidato terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu pembukaan pidato, isi pidato dan penutup pidato.

Bagian pembukaan pidato terdiri dari salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur dan pengantar topik yang hendak dibahas. Isi pidato merupakan hal-hal penting yang akan disampaikan oleh pembicara pidato.

Penutup pidato merupakan bagian kesimpulan dari topik utama yang sudah disampaikan pembicara sebelumnya, serta permintaan maaf atas kesalahan ucapan dan salam penutup.

Baca Juga Beritaku: Pendahuluan Pidato Persuasif: 3 Struktur, Ciri, Pendekatan Dan Contoh

Cara membuat pidato Perpisahan singkat

Pidato
Pidato Perpisahan Sekolah

Apabila pembicara tidak memiliki banyak waktu untuk menyampaikan gagasan atau pikiran melalui kata-katanya, pidato singkat bisa menjadi alternatif yang cukup menarik.

Pidato singkat biasanya terpakai saat momen tertentu, seperti perpisahan sekolah, pamitan pindah rumah hingga pamitan pindah tempat kerja.

Agar tak kehilangan momen tersebut, pidato singkat memang paling tepat untuk memberikan kesan positif saat terakhir.

Tak boleh sembarangan, ada cara tersendiri untuk membuat pidato singkat. Supaya pendengar dapat menerima pidato singkat untuk sebuah acara, kita wajib mempersiapkan bahasan yang akan kita sampaikan.

Penggunaan kalimat di dalam pidato harus tersusun secara runtut dan sesuai dengan kaidah bahasa yang akan kita gunakan sehingga dapat menimbulkan kesan positif dari pendengarnya.

Contoh pidato perpisahan sekolah

Bagi siswa, memberikan pidato singkat perpisahan sekolah bisa menjadi momen berharga untuk berterima kasih kepada guru maupun teman-teman.

Supaya tidak bertele-tele, berikut ini merupakan contoh pidato singkat perpisahan sekolah oleh siswa.

Pembuka

As-salāmu ʿalaykum wa-raḥmatu -llāhi wa-barakātuh

Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat, Bapak kepala sekolah. Bapak, Ibu guru dan staf/karyawan SD/SMP/SMA…  yang saya hormati serta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat yang dilimpahkan-Nya, kita dapat berkumpul dalam acara perpisahan sekolah.

Pada pagi/siang/sore hari ini, izinkanlah saya menjadi perwakilan dari teman-teman kelas VI/IX/XII untuk menyampaikan sepatah atau dua patah kata dalam rangka perpisahan sekolah.

Isi

Saya hendak mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya kepada para guru yang dengan sabar mengajar dan mendidik kami.

Tanpa kenal lelah, Bapak dan Ibu guru telah membimbing kami dengan sangat baik hingga kami berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan ini.

Hasil jerih payah dan jasa yang tidak ternilai dari Bapak dan Ibu guru akan selalu kami ingat dan kenang. Semoga Bapak dan Ibu guru selalu dikaruniai kesehatan dan kebahagiaan.

Ucapan terima kasih juga saya haturkan kepada para staf dan karyawan yang selalu membantu kami.

Tanpa bantuan dan jasa dari Bapak dan Ibu, kami akan merasa kesulitan selama menempuh pendidikan di sekolah ini.

Tidak lupa untuk teman-teman yang saya kasihi dan banggakan. Momen perpisahan ini terasa berat, mengingat apa saja yang sudah kita lalui bersama selama enam/tiga tahun.

Semua kenangan tentang teman-teman selama di sekolah ini tidak akan saya lupakan.

Memang terasa berat untuk berpisah namun saya selalu mendoakan teman-teman untuk selalu diberikan berkat, kesehatan dan kemudahan dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya/masa depan setelah ini – untuk mencapai cita-cita dan impian kita masing-masing.

Penutup

Akhir kata, saya ingin mengucapkan terima kasih dan harapan supaya kita sukses dalam segala usaha untuk teman-teman dan keluarga sekolah ini. Doa dari saya menyertai kita semua. Amin.

Apabila ada kesalahan dalam berkata-kata dan tidak berkenan di hati para hadirin sekalian, saya minta maaf setulus-tulusnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga Beritaku: Orasi Dan Pidato: Sejarah, Definisi, Persamaan Dan 5 Perbedaan

Contoh pidato Perpisahan Atau Pamitan Pindah Rumah

Pidato singkat juga pas untuk acara tidak resmi, seperti pamitan pindah rumah. Acara ini cukup penting, apalagi untuk kita yang sudah lama tinggal di suatu wilayah.

Ingin meninggalkan kesan positif untuk para tetangga? Berikut ini merupakan contoh pidato atau sambutan pamitan pindah rumah yang singkat, padat dan jelas.

Kalimat Pembuka

ʾAs-salāmu ʿalaykum wa-raḥmatu -llāhi wa-barakātuh

Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat, Bapak Ketua RT….. . Yang saya hormati, Bapak/Ibu… selaku tokoh masyarakat serta Bapak dan Ibu sekalian yang saya kasihi.

Perkenankanlah saya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak  dan Ibu untuk hadir di rumah kami dalam rangka acara pamitan pindah rumah.  

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas limpahan rahmat dan berkat dari Yang Maha Kuasa karena Bapak dan Ibu hadirin sekalian dapat menghadiri acara sederhana dari kami.

Kalimat Isi Pidato

Selama tinggal dan menjadi warga RT…/RW … di Desa … kurang lebih …. tahun, saya merasakan banyak kebaikan dan kemurahan hati dari Bapak dan Ibu hadirin sekalian.

Banyak sekali kenangan berkesan tentang kegiatan dan aktivitas menarik di RT …  yang tak akan pernah kami lupakan. Sebagai warga, Bapak dan Ibu sekalian sudah menjadi teladan baik bagi kami sekeluarga.

Sikap tolong-menolong, bahu-membahu untuk memajukan RT dan solidaritas yang tinggi antar tetangga menjadi hal baik yang akan saya terapkan nantinya di rumah saya yang baru.

Kalimat Penutup

Sebagai warga dan tetangga, banyak kekurangan dan kesalahan yang kami lakukan.

Oleh sebab itu, momen kali ini menjadi kesempatan yang baik untuk meminta maaf atas segala kesalahpahaman serta kekurangan kami sekeluarga selama menjadi warga RT… .

Tidak henti kami mengucapkan terima kasih untuk semua kebaikan, doa dan harapan baik dari Bapak dan Ibu sekalian.

Teriring doa dan harapan dari kami sekeluarga untuk Bapak dan Ibu warga RT …/RW … / Desa … supaya terus dikaruniai berkat dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kiranya hanya itu yang bisa saya sampaikan kali ini. Apabila ada kurang dan lebihnya, saya mohon maaf setulus-tulusnya. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga Beritaku: Kalimat Penutup Islami: Pidato, Ceramah, 3 Organisasi Mahasiswa

Contoh Pidato Perpisahan Atau Pamitan Pindah Tempat Kerja

Pidato Perpisahan Singkat
Ilustrasi Kegiatan Pidato

Bagi pegawai yang hendak pindah tempat kerja, alangkah baiknya mempersiapkan pidato singkat yang akan disampaikan sebagai kata perpisahan.

Kata perpisahan yang jelas, runtut dan indah dapat memberikan kesan yang baik untuk pegawai lainnya.

Contoh pidato atau sambutan pamitan pindah tempat kerja dapat kita simak dengan baik berikut ini.

Kalimat Pembuka Pidato

As-salāmu ʿalaykum wa-raḥmatu -llāhi wa-barakātuh

Selamat pagi/siang/sore/malam, teman dan rekan kerja semuanya.

Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak/Ibu Pimpinan perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan kata perpisahan dari saya.

Tak lupa, saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman dan rekan kerja yang sudah menyempatkan waktunya untuk hadir di sini.

Isi Pidato

Perkenankanlah saya untuk memberikan sambutan perpisahan sekaligus pamitan kepada teman dan rekan kerja semua karena hari ini merupakan hari terakhir saya bekerja di perusahaan ini.

Selama … tahun, saya sudah bekerja, mencurahkan waktu dan tenaga saya untuk mengabdi di perusahaan ini. Sudah banyak sekali ilmu, kenangan dan kebahagiaan yang saya dapatkan di sini.

Perpisahan ini terasa sangat berat untuk saya. Keakraban yang terjalin antara rekan kerja semua, menjadikan kantor/tempat kerja seperti rumah kedua bagi saya.

Banyak sekali hal-hal menarik dan berkesan yang sudah saya alami selama bekerja di sini.

Yang saya ingat, kita sebagai pegawai saling membantu, memberikan dukungan, bertukar pendapat demi memberikan kontribusi untuk kemajuan dan masa depan perusahaan.

Bekerja di perusahaan ini selama … tahun memberikan banyak ilmu dan pengalaman yang berharga bagi saya.

Meskipun masih jauh dari kata sempurna, sebagai pegawai/karyawan di perusahaan ini saya hendak mengucapkan terima kasih atas bantuan dari rekan kerja sekalian serta Bapak/Ibu Pimpinan perusahaan.

Berkat bimbingan dan kesempatan yang Bapak/Ibu dan rekan sekalian berikan, ilmu dan pengetahuan saya bertambah.

Penutup

Saya juga mengucapkan permintaan maaf kepada rekan-rekan serta Bapak/Ibu Pimpinan.

Banyak kekeliruan sikap, kata dan perbuatan yang sudah saya perbuat selama bekerja di perusahaan ini.  

Saya selalu berharap untuk kemajuan perusahaan inis serta berkat dan kesuksesan untuk Bapak/Ibu Pimpinan serta rekan kerja sekalian.

Kiranya hanya itu yang bisa saya sampaikan kali ini. Apabila ada kurang dan lebihnya, saya mohon maaf setulus-tulusnya. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bagikan Ke