Profil Kampus Kesehatan Favorit, Teruji Oleh Waktu Dengan Pengalaman
Foto Staff Dan Dosen Kampus STIK Makassar, Profil Kampus Kesehatan Favorit (Foto:Beritaku)
Profil Kampus Kesehatan Favorit, Teruji Oleh Waktu Dengan Pengalaman

Memilih untuk kuliah pada pendidikan kesehatan maka pemilihan kampus harus cermat, berikut profil perguruan tinggi favorit pada Kawasan Timur Indonesia

Beritaku.Id, Pendidikan – Bergabung dengan kampus kesehatan, merupakan salah satu upaya bergabung dengan profesi kesehatan tanah air. (Baca lengkap oerganisasi profesi kesehatan pada: 25 Organisasi Profesi Kesehatan, Tahun Berdiri Dan Syarat Anggota).

Pada musim gencarnya persaingan antar kampus atau perguruan tinggi kesehatan, maka masyarakat yang hendak melirik kampus sebagai tempat untuk menimbah ilmu. Harus jeli, sebab salah menentukan pilihan akan menyebabkan hal fatal pada masa datang.

Untuk hal tersebut, maka redaksi Beritaku.Id mengumpulkan berbagai informasi mengenai kampus favorit yang ada pada Kota Anging mammiri Makassar.

Profil Kampus Kesehatan Favorit

Sore itu, ketika matahari hendak pergi meninggalkan siang, kami menyusuri jalan Pettarani, selanjutnya ke Jalan Maccini. Sekira 200 meter kami menghentikan kendaraan.

Nampak beberapa mahasiswa keluar dari kampus. Penampilannya rapi, dan senyumnya santun menyapa satu sama lain. Bagi kami ini menarik, sikap ramah ini bukanlah sesuai yang kebetulan.

Kampus STIK Makassar
Tampilan Kampus STIK Makassar Pada Malam Hari (Foto:Beritaku.Id)

Ada preposisi mengenai keramahan tersebut, baik adat istiadat, maupun pengalaman, atau latar belakang pendidikan.

Kami melihat tulisan kampus STIK Makassar. Selama ini, kami hanya menyaksikan melalui beberapa pemberitaan.

Hari ini kami menyaksikannya secara langsung, gedung megah yang berdiri ini.

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STK) Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi. Pada Provinsi Sulawesi Selatan dengan posisi berada pada tengah – tengah Kota Makassar.

Akses mudah dari Pettarani, Urip Sumohardjo, sementara itu posisinya berada Di Pusat Kota Makassar, sebagai Lokasi Strategis Kawasan Timur Indonesia.

Akses dari dan ke Jalan Tol sangat dekat, bukan hanya itu, kampus ini juga dekat dengan kantor pemerintah. Yakni DPRD Provinsi, Kejaksaan Negeri dan Tinggi. Serta Menara Pena (Fajar)

Fokus Dan Sejarah Pendidikan STIK Makassar

STIK Makassar bergerak pada bidang pendidikan khususnya penyelenggaraan pendidikan tinggi bidang kesehatan. Arah pendidikannya mendukung kegiatan yang mengarah pada perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kami memarkir kendaraan pada parkiran kampus yang luas, setelah senyum ramah pengamanan (security) kampus mengarahkan kami keparkiran.

Dari data yang kami temukan bahwa kampus STIK Makassar Beroperasi sejak 07 Oktober 1998. Berdasarkan surat keputusan menteri Pendidikan dan kebudayaan No. 132/D/O/1998.

Dengan membina tiga program studi dengan jenjang program strata satu yaitu  program studi kesehatan masyarakat. Dan program studi  Ilmu keperawatan, serta jenjang profesi yaitu program studi profesi  Ners. 

Bahwa kualitas kampus berhubungan dengan kualitas pendidik. Ini yang berbeda dan menjadikan kampus dengan Ketua STIK bernama Esse Puji Pawenrusi, SKM., M.Kes menjadi kampus idola. Betapa tidak, sebab Jumlah kualifikasi dosen S2: mencapai 21 orang. S3: 3 orang dan beberapa dosen yang sementara dalam  masa studi lanjut.

Dosen Dan Staff
Pejabat Struktural, Dosen Dan Staff STIK Makassar (Foto:Beritaku.Id)

Dosen yang mengajar pada kampus tersebut dominasi dosen yang masih fresh. Sebab usianya masih muda, namun soal kualitas sangat bersaing dengan kampus lain.

Menjadikan kampus ini menujukkan profil kampus kesehatan yang mampu menaklukkan tantangan dan persaingan dengan kampus lain.

Akreditasi Kampus

Ini Pentting, akreditasi kampus menjadi salah satu tanda prestasi kampus, dengan menggunakan berbagai indikator penilaian, oleh lembaga akreditasi.

Sebab pada kenyataannya, pada kampus lain, memiliki alumni yang tidak terserap dalam instansi sebab kendala akreditasi. Tapi hal itu tidak berlaku bagi kampus ini, sebab semua program studi yang mereka bina, lengkap dengan Akreditasi masing-masing, yakni:

#1. Program Studi kesehatan Masyarakat  terakreditasi pada tahun 2005 dengan peringkat B berdasarkan SK dengan No. 023/BAT-PT/Ak-IX/S1/XII/2005, dan akreditasi kedua pada tahun 2011 mendapat peringkat C berdasarkan SK dengan No.  036/BAN-PT/Ak-XIII/S1/I/2011 dan akreditasi ketiga oleh LAM PT-Kes mendapat Peringkat B tahun 2016 berdasarkan SK No. 0798/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2016.  

#2. Program studi Ilmu Keperawatan kali pertama terakreditasi dengan nilai C berdasarkan SK No.013/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VII/2011  dan terakreditasi kedua kalinya pada tahun 2016 oleh LAM PTKes dengan Peringkat B berdasarkan SK No. 0572/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2016

#3. Program studi Profesi Ners oleh LAM PTKes dengan peringkat Bberdasarkan SK No.0573/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2016. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Makassar mengajukan akreditasi Institusi setelah melakukan berbagai evaluasi perbaikan dan kemajuan dan terakreditasi oleh BAN PT dengan Peringkat B berdasarkan SK No. 230/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2018.

Akreditasi kampus dengan peringkat B adalah sebuah pencapaian yang tidak mudah bagi kampus-kampus yang ada saat ini, tetapi STIK Makassar mampu meyakinkan publik bahwa Kampus tersebut, konsisten pada orientasi pendidikan.

Kualitas itu, urusan pengakuan publik. STIK Makassar telah berdiri selama 21 tahun dengan menekankan proses belajar mengajar pada mutu sehingga luaran yang mereka hasilkan siap berkompetisi pada era pasar bebas.

Wawancara Dan Klarifikasi Mutu

Berdasarkan hasil wawancara kami dengan beberapa pemakai alumni kampus ini menyatakan sangat puas dan senang dengan kinerja alumni kampus tersebut.

Staff kami, ada luaran STIK Makassar memiliki kinerja yang baik dalam menjalankan tugas, selain itu mereka juga memiliki etika kerja yang baik, tidak salah memilih kampus tersebut untuk melanjutkan pendidikan.

dr. Vani, Owner Sebuah Klinik Makassar

Orangtua mahasiswa juga memeliki Kepuasan tersendiri pada kampus tersebut, setelah menyelesaikan studi pada kampus ini

Anak saya menyesaikan pendidikan Pada STIK Makassar, Biaya kuliah murah, dan anak saya tidak menganggur, sebab beberapa instansi memanggilnya bekerja.

Ir. Aswandi (Orangtua Mahasiswa/Alumni)

Visi Misi Kampus

Tidak ada hasil tanpa sebuah proses yang terstruktur dan sistematis dengan perencanaan yang matang.

Karena pendidikan ini merupakan sebuah pendidikan profesi kesehatan, maka perencanaannya harus bernafaskan pendidikan dan keilmuan dengan landasan melekat pada Body Of Knowledge yang sesuai.

Untuk pencapaiannya membutuhkan visi dan misi, adapun arah pencapaian STIK Makassar, terjabarkan sebagai berikut:

Visi STIK Makassar adalah Menjadi perguruan tinggi kesehatan yang terkemuka, inovatif dan unggul sebagai mitra terdepan pemerintah dan masyarakat dalam penyelesaian masalah kesehatan komunitas dan mencapai reputasi international pada tahun 2028.

Terkemuka dan Inovatif serta unggul menjadi sebuah ide futuristik dari kampus ini, memandang jauh kedepan pada tahun 2028 untuk merebut nama baik dunia. Sehingga bisa terbayang bagaimana “mesin” ilmu kampus ini akan terus memobilisasi segala sumberdaya yang mereka miliki.

Misi STIK Makassar yaitu:

#1. Menyelenggarakan tatakelola organisasi perguruan tinggi yang berstandar internasional untuk mencapai institusi yang terkemuka, inovatif dan unggul,

#2. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi berstandar international untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam menyelesaikan masalah kesehatan komunitas,

#3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan publikasi bereputasi international yang berorientasi pada penyelesaian masalah kesehatan komunitas,

#4. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat berstandar international guna menyelesaikan masalah kesehatan komunitas.

Persiapan Persaingan Masa Datang

Profil Kampus Kesehatan STIK Makassar, Sejak berdiri pada tahun 1998 hingga saat ini berbagai proses telah mereka lalui menjadikan STIK Makassar memiliki kekuatan pada satu sisi dan siap bersaing sisi yang lain.

STIK Makassar terus bebenah ke arah yang jauh lebih baik. STIK Makassar telah menjalin kemitraan dalam skala nasional maupun Internasional dalam segala aspek untuk menujang tri dharma perguruan tinggi.

Beberapa prestasi yang diraih STIK makassar antara lain masuk kategori 20 perguruan tinggi TOP se sulawesi yang diberi penilaian oleh lldikti wilayah IX.

STIK Makassar berada diperingkat 24 PTS dari 237 PTS di Sulawesi Tahun 2020. Lulusan mampu diterima bekerja baik di dalam  maupun di Luar Negeri. Dengan Kerjasama Internasional yang dimilki STIK Makassar mengantarkan beberapa alumni  terserap di dunia kerja  Jepang dan  Arab Saudi.

Dalam upaya mendukung Pengembangan sistem Manajemen dan Informasi Akademik telah terhubung dengan beberapa aplikasi berbasis tehnologi seperti SISTER Ristekditki yang merupakan akronim dari Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi.

Sisi lain juga terintegrasi dengan program  yang disebut E-Campus STIK Makassar dan WEB STIK Makassar yang dapat diakses secara online serta program SINTA dan Akses jurnal online. Yang berkaitan dengan penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.

Pelayanan akademik untuk mahasiswa ditertibkan dengan menggunakan mesin nomor antrian.

STIK Makassar juga mendapat penghargaan sebagai Peraih nilai rata-rata terbaik rangking 2 se-regional XII pada uji kompetensi nasional Ners periode April 2019. Pada Rapat Tahunan anggota untuk cluster 61-100 dan peringkat ke- 3 pada UKOM periode Juli 2019 untuk cluster 41-60.

Prestasi mahasiswa dan alumni kampus ini terlah teruji, sehingga menjadikannya sebuah pilihan adalah langkah bijak untuk melanjutkan pendidikan.

Akses Kampus Secara Online, STIK Makassar

Baca Beritaku Yang Lain:

  1. Air Mata di Bumi Cendrawasih, Alumni Yapma Lakukan Hal Ini
  2. Esse Puji Pawenrusi Hadiri Peringatan HARDIKNAS, Ini Harapannya
  3. 322 Mahasiswa STIK Makassar Resmi Menyandang Gelar Sarjana

Profil Kampus

Peliput Khusus: Wawan Dan Syahrul Hakim

Tinggalkan Balasan