Puasa Tahun 2021
Jadwal Puasa Tahun 2021 (Foto: Ist)

Puasa Tahun 2021, Wajib Dan Sunah Lengkap Jadwal

Diposting pada

Ada yang berbeda pada puasa di tahun 2021. Corona belum pergi dan menimbulkan nuansa berbeda terutama di bulan puasa. Jadwal puasa Ramadhan sebaiknya mulai mendapat perhatian. Menjalankan puasa sunah juga semoga mampu memberi kebaikan di tahun ini. Simak jadwalnya berikut.

Beritaku.id, Berita Islami – Tingkat sabar paling tinggi terletak dari kemampuan menahan diri. Puasa adalah salah satu pelatihan mengenai sabar. Macam-macamnya akan membawa kita kepada kebaikan.

Oleh Tika (Penulis Berita Islam)

Puasa tahun 2021, tinggal menghitung hari dan bulan kedepan, bulan suci itu akan datang kerumah-rumah kita, dan mengisi ruang jiwa setiap insan muslim/muslimah.

Baca juga beritaku: Jadwal Puasa Ramadhan 1441H Tahun 2020, Dan Kebiasaan

Hadist Dan Ayat Tentang Puasa Ramadhan

Dalam Islam terdapat satu bulan yang sangat special. Bulan itu adalah bulan Ramadan.

Pada bulan ini seluruh umat muslim wajib berpuasa. Walaupun demikian Islam tidak memaksa beberapa golongan untuk berpuasa. Ibadah puasa merupakan rukun Islam yang ke tiga.

Puasa Adalah Bulan Suka Cita
Pelaksanaan Bulan Puasa Merupakan Bulan Suka Cita (Foto:Istem)

Dalam agama Islam ada dua jenis puasa yaitu sunnah dan wajib.

Puasa wajib datang setiap tahun yaitu puasa Ramadan. Syarat dari puasa Ramadan adalah berusia dewasa atau Baligh dan berakal.

Ayat tentang puasa terdapat dalam Qur’an surat al-Baqarah ayat 183. Artinya adalah Hai orang-orang yang beriman wajib atas kamu untuk berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu. Hal ini agar kamu bertakwa.

Lanjut pada ayat 183 yang artinya barangsiapa dari antara kamu yang sakit dalam perjalanan maka wajib baginya berpuasa sebanyak hari ia tidak dapat menjalankannya pada hari-hari yang lain.

Membayar Fidyah

Menjaga Waktu Puasa Tahun 2021
Bulan Puasa Dengan Membaca Alquran Mendapat Pahala Berlipat Ganda (Foto: Ist)

Namun bagi orang yang berat menjalankannya maka harus membayar Fidyah yaitumemberikan makan bagi seorang miskin.

Barangsiapa dengan rela hati mengerjakan kebaikan maka itu lebih baik baginya dan puasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Masih dalam surat Al Baqarah puasa juga terdapat pada ayat 185. Beberapa hari yang telah tercantum untuk puasa ialah bulan Ramadan.

Bulan ini merupakan bulan turunnya Alquran sebagai petunjuk manusia serta penjelasan mengenai petunjuk itu. Alquran juga merupakan pembeda antara yang haq dan bathil.

Karena itu barangsiapa diantara kamu yang pada bulan itu ada di negerinya maka hendaknya ia berpuasa dan barangsiapa yang sakit atau sedang dalam perjalanan lalu ia berbuka maka wajib baginya berpuasa pada hari-hari yang lain sebanyak hari yang ia tinggalkan.

Allah menginginkan kemudahan bagimu dan tidak menyukai kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya. Dan hendaklah pula kamu mengagungkan Allah atas petunjuknya supaya kamu bersyukur.

Quran surat al-baqarah ayat 187 juga menerangkan bahwa halal bagi kamu pada malam hari di bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu.

Mereka merupakan pakaian bagimu dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah juga mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu.

Karena itu Allah memaafkan dan memberi maaf padamu maka sekarang campurilah mereka dan Ikutilah apa yang telah menjadi ketetapan Allah untukmu.

Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yaitu pada waktu fajar.

Sempurnakan Puasa

Kemudian sempurnakanlah puasa itu hingga datangnya malam dan janganlah kamu mencampuri mereka sedangkan kamu beri’tikaf dalam masjid.

Itulah larangan dari Allah maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayatnya kepada umatnya supaya mereka bertakwa.

Muslim meriwayatkan sebuah hadits Dari Abu Hurairah mengenai puasa yaitu seluruh amalan kebaikan manusia akan Allah lipat gandakan menjadi 10 hingga 700 kali lipat. Allah ta’ala berfirman pahala puasa adalah untukKu dan Aku yang akan membalasnya karena orang yang berpuasa telah meninggalkan syahwat dan makannya karenaKu.

Sebuah hadis lain dari Ahmad Ahmad menerangkan bahwa telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah.

Maka kalian wajib melakukan ibadah puasa. Tertutuplah pintu-pintu neraka dan setan-setan telah terbelenggu. Pintu-pintu surga pun terbuka. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Maka barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikan itu berarti ia telah benar-benar terjauhkan dari kebaikan

Sebuah hadits riwayat Muslim juga menyebutkan bahwa salat lima waktu antara salat Jumat ke salat Jumat dan Ramadhan ke Ramadan merupakan penghapus dosa antara keduanyanya.

Baca juga beritaku: Puasa Bulan Rajab Pada 27 Rajab 1441 H, Jatuh Pada?

Hadist Tentang Puasa Sunah

Selain puasa wajib ada pula puasa sunnah. Banyak hadits yang telah menjelaskan mengenai keutamaan berpuasa salah satunya menyebutkan bahwa puasa merupakan benteng dari godaan setan.

Puasa juga merupakan perisai yang menghalangi kaum Mukmin dari api neraka. Barangsiapa yang berpuasa satu hari di jalan Allah maka Allah akan menjadikan antara neraka dan dirinya nya sebuah sungai yang besar.

Bahkan ketika Rasulullah mendapatkan pertanyaan mengenai amalan yang dapat memasukkan umatnya ke dalam surga maka beliau bersabda untuk berpuasa karena tidak ada yang semisal dengannya.

Sebaik-baik puasa adalah puasa pada bulan Ramadan karena hal itu merupakan fardhu ain.

Korma Sebagai Pasangan Ideal Bulan Puasa (Foto: Brief)

Jenis Puasa Sunah

Adapun puasa sunnah antara lain, yakni:

Puasa Pada Bulan Haram

Puasa di bulan haram. Ada empat bulan haram yaitu Dzulqodah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab sehingga Rasulullah sangat menganjurkan untuk berpuasa pada bulan tersebut. Firman Allah dalam Quran surat at-Taubah ayat 36 yaitu sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan dan diantaranya terdapat 4 bulan haram.

Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad bersabda bahwa berpuasa sehari di bulan haram dapat menyamai puasa sebanyak 30 hari pada bulan lainnya. Dan puasa sehari di bulan Ramadan menyamai puasa 30 hari pada bulan bulan haram. Hadits lain menyebutkan bahwa barang siapa yang berpuasa selama 3 hari berturut-turut di bulan haram yaitu hari Kamis Jumat dan Sabtu maka Allah akan menjauhkannya dari siksa api neraka.

Puasa Syawal

Puasa sunnah 6 hari Syawal sangat baik jika mengerjakannya sesudah bulan Ramadhan usai. Jenis puasa ini merupakan perpisahan sekaligus pengganti kekurangan puasa pada bulan Ramadan.

Pahalanya sangat besar yaitu sebagaimana sabda Rasulullah barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan kemudian berpuasa kembali 6 hari lagi di bulan Syawal maka ia seakan telah berpuasa sepanjang zaman.

Puasa Arafah

Adapun puasa Arafah jatuh pada 9 Zulhijjah.

Dalam sebuah riwayat puasa ini dapat menghapuskan dosa selama 2 tahun. Para ulama berkata Arafah merupakan sebaik-baik hari untuk berpuasa.

Akan tetapi jika sedang menjalankan Haji maka tidak disunahkan untuk berpuasa. Tujuannya adalah agar kuat menjalankan ibadah di padang Arafah serta melanjutkan manasik haji nya.

Puasa Asyura

Selanjutnya, Puasa Asyura jatuh pada tanggal 10 Muharram.

Puasa tersebut akan menghapuskan dosa selama setahun. Sebuah hadits Dari Abu Hurairah Radhiallahu Anhu dia berkata Rasulullah pernah bersabda Artinya seutama-utamanya puasa setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Muharram. Dan seutama-utamanya salat sesudah salat fardhu adalah salat malam.

Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh atau tiga hari pertengahan bulan hijriah.

Setiap bulan selama 3 hari terdapat puasa yang memiliki pahala serupa dengan puasa sepanjang zaman. Puasa ayyamul bidh adalah pada tanggal 13 14 dan 15 setiap bulan. Sebenarnya jika berpuasa di hari-hari selain itu tidak mengapa hanya saja pada tanggal-tanggal tersebut adalah lebih baik.

Sama pula jika berpuasa sebanyak 3 hari secara terpisah. Nabi Muhammad pernah bersabda yang artinya Nabi Nuh telah berpuasa sepanjang masa, Nabi Daud berpuasa setengah masa, sehari berpuasa dan sehari berbuka.

Nabi Ibrahim berpuasa sepanjang masa dan berbuka pula sepanjang masa. Namun kita berpuasa 3 hari setiap bulan dengan pahala yang setara dengan puasa mereka. Semoga Allah selalu melimpahkan Shalawat kepada mereka semua.

Puasa Nabi Daud

Puasa Daud puasa ini merupakan puasa yang kerap dilakukan oleh Nabi Daud Alaihissalam.

Yaitu puasa sehari dan berbuka sehari. Puasa sunnah ini merupakan puasa yang lebih baik dari puasa sepanjang hidup hujjatul Islam Imam Al Ghazali berkata puasa Nabi Daud dapat melatih diri ketimbang puasa sepanjang masa.

Puasa Senin Kamis.

Setiap minggunya Rasulullah mengerjakan puasa Sunah Senin dan Kamis. Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa dalam 2 hari ini amal perbuatan akan Allah tampilkan. Dan aku ingin amalanku dipaparkan dalam keadaan berpuasa.

Berpuasa pada hari Jumat juga memiliki keutamaan namun dalam melaksanakannya sebaiknya digabung dengan puasa hari Kamis atau hari Sabtu.

Dari Abu qatadah radhiallahu anhu bahwa Nabi Muhammad pernah mendapat pertanyaan tentang berpuasa di hari Senin Nabi Muhammad menjawab bahwa hari Senin merupakan hari kelahirannya dan hari Wahyu di turunkan kepadanya

Jadwal Puasa Ramadhan Pada Tahun 2021

Tahun Hijriah memiliki jumlah hari yang lebih sedikit dari tahun Masehi sehingga pelaksanaan Puasa Ramadhan dari tahun ke tahun selalu mengalami kemajuan.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa 2021
Puasa Tahun 2021 (Foto: Misk)

Pada tahun 2021 puasa Ramadan menurut pemerintah akan jatuh pada tanggal 13 April 2021. Tentu saja hal ini akan menunggu keputusan resmi dan juga munculnya Hilal.

Sedangkan hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 13 dan 14 Mei 2021.

Daftar Puasa Sunah Tahun 2021

Tahun 2021 kan memulai puasa ayyamul bidh pada tanggal 26 27 dan 28 Januari. Lanjut pada tanggal 25 26 dan 27 Februari.

Puasa Ayyamul Biidh kemudian pada tanggal 27-28 dan 29 Maret yaitu bertepatan dengan pertengahan bulan Rajab.

Lalu umat muslim menjalankan h puasa Ramadan pada tanggal 13 April hingga 13 Mei. Puasa sunnah setelah Ramadhan sebanyak 6 hari yaiitu terhitung mulai tanggal 14 Mei hingga 19 Mei 2021.

Kembali dengan puasa Ayyamul bidh pada tanggal 25 26 dan 27 Mei. Lalu bulan Juni puasa ayyamul bidh berlaku pada tanggal 24 25 dan 26 Juni. Pada bulan Juli pada tanggal 11 hingga 20 Juli merupakan 10 hari awal bulan Dzulhijjah dimana pada tanggal 19 Juli umat muslim melaksanakan puasa Arafah.

Lanjut pada tanggal 20 Juli yaitu hari Raya Idul Adha. Kemudian pada tanggal 24 dan 25 Juli melaksanakan puasa ayyamul bidh seperti biasa. Pada bulan Agustus 2021 itu merupakan tahun baru Hijriyah.

Pada tanggal 10 Agustus kemudian tanggal 18 Agustus umat muslim melaksanakan puasa sunnah tasu’a. 19 Agustus puasa Asyura lanjut pada tanggal 22 23 dan 24 Agustus yaitu puasa ayyamul bidh.

Memasuki September 2021, muslim melakukan puasa sunnah ayyamul bidh pada tanggal 21 dan 22 September. Lalu di bulan selanjutnya puasa ayyamul bidh jatuh pada tanggal 20 21 dan 22 Oktober.

Di bulan November jatuh pada tanggal 18 19 dan 20 sedangkan pada bulan Desember puasa ayyamul bidh ada pada tanggal 18 19 dan 20.

Demikian jadwal puasa Sunnah pada tahun 2021

Yang Istimewa Pada Puasa Ramadhan Tahun 2021 Dengan Tahun Lainnya

Belum nampak apa yang istimewa dari puasa Ramadhan tahun ini. Harapannya adalah smeoga Corona segera selesai dan kita dapat melaksanakan ibadah bulan Ramadhan dengan tenang. Semoga akan ada lagi Sholat Taraweh, Sholat Witir, Itikaf dengan ramai, hingga tadarus Al Qur’an dengan hati gembira tanpa kecemasan.

Bagikan Ke