Pulau Dayak, Borneo, Pulau Kalimantan, Pulau Ibu Kota Negara Baru
Pulau Kalimantan Biasa Diidentikkan Dengan Nama Pulau Borneo Atau Pulau Dayak
Pulau Dayak, Borneo, Pulau Kalimantan, Pulau Ibu Kota Negara Baru

Beritaku.Id, Budaya Maritim – Suku Dayak di Pulau yang berbatasan dengan Sabah dan Serawak malaysia. Sekaligus menjadi area alternatif jalur ilegal Tenaga Kerja Ilegal dan Human Trafficking.

Setelah sebelumnya dibahas tentang Pulau Sumatera. Mengenal Pulau Sumatera Dengan Suku Melayu Yang Mendominasi

Ini merupakan sebuah pulau di Indonesia yang belum banyak dijelajahi oleh wisatawan namun memiliki banyak keunikan dan daya tarik termasuk juga kaya dengan warisan budaya.

Pulau Kalimantan terkenal dengan hutan tropis serta memiliki sumber daya alam yang terbanyak di Indonesia.

Kekayaan alam, Flora dan fauna eksotis juga banyak di bumi Borneo Kalimantan.

Pulau Dayak Atau Borneo?

Pada awal mulanya, pulau ini dihuni oleh orang Dayak sebagai suku asli Kalimantan.

Biasanya mereka tinggal di dalam hutan dan hidup secara nomaden.

Namun saat ini perubahan dan arus modernisasi telah membawa beberapa masyarakat asli suku Dayak.

Untuk bergaul dengan berbaur menjadi satu dengan masyarakat dari berbagai suku di perkotaan.

Masyarakat Dayak tinggal di rumah panjang yang disebut Lamin atau Umat Daarul. Biasanya sebuah rumah dihuni oleh 50 orang atau lebih.

Ada banyak suku Dayak serta sub suku yang tercatat di pulau Kalimantan.

Sungai memainkan peranan yang sangat penting dalam komunikasi dan ekonomi penduduknya.

Sebagian besar masyarakat tinggal dan berpusat di sepanjang aliran sungai termasuk juga kegiatan mereka dan rumah rumah mereka.

Kalimantan terbagi menjadi 4 provinsi yaitu

  1. Kalimantan Timur,
  2. Kalimantan Selatan,
  3. Kalimantan Tengah, dan juga
  4. Kalimantan Barat.

Masing masing provinsi memiliki ciri khas, bahasa, potensi alam, budaya, dan keunikannya sendiri-sendiri

Taman Nasional Dan Cagar Alam

Kalimantan memiliki beberapa cagar alam yang digunakan untuk melindungi flora serta fauna unik dan langkah di tempat ini. Beberapa diantaranya adalah

Kersik luway berlokasi di Sungai Mahakam,

Taman Nasional Kutai yang berlokasi di Bontang,

Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, dan lain lain.

Trekking Dan Petualangan

Menjelajah di sepanjang sungai serta melakukan tracking ke berbagai tempat termasuk juga ke pedalaman merupakan kegiatan menarik yang sering di lakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kalimantan. Ada banyak desa tradisional yang masih mencegah serta melestarikan adat istiadat mereka di Kalimantan.

Kota Besar Di Pulau Dayak

Kalimantan yang terkenal sebagai salah satu pulau terluas di Indonesia ini memiliki beberapa kota terkenal yang menjadi kota kota utama di antaranya adalah

  1. Kota Balikpapan
  2. Kota Samarinda
  3. Kota Pontianak
  4. Kota Palangkaraya,
  5. Kontak Banjarmasin, dan sebagainya

Akomodasi

Terdapat banyak kota yang menarik. Yang memiliki banyak tempat penginapan. Yang bisa anda manfaatkan saat berkunjung ke Kalimantan dari hotel hingga losmen serta restoran tersedia di Kalimantan. Selain itu, Kalimantan juga memiliki kehidupan malam yang menarik dengan berbagai fasilitasnya.

Sarana Transportasi

Pulau Kalimantan yang luas memang tidak sebaik pulau Jawa. Jalan-jalan terlihat baik hanya di pusat kota dan jalan-jalan yang menghubungkan antar provinsi dan kota.

Namun beberapa jalan yang berada di desa atau berada di luar kota seringkali terlihat rusak dan belum terjamah oleh aspal.

Transportasi di Kalimantan tergolong lengkap mulai dari bus antar provinsi, angkot untuk di kota, taxi, dan juga bajaj ada disini.

Objek Wisata

Kalimantan memiliki banyak objek wisata menarik diantaranya adalah Sungai Kuin yang menjadi pusat pasar terapung di Sungai Barito.

Selain itu terdapat juga pusat perbelanjaan batu mulia di Martapura. Sedangkan di Kalimantan Timur anda bisa menemukan banyak pantai yang indah serta pemandangan bawah laut yang menarik.

Di antara beberapa tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Labuan Cermin, Berau, Parakan, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, dll.

Tugu Khatulistiwa di Kalimantan Barat yang berlokasi di kota Pontianak merupakan salah satu icon wisata pulau Kalimantan.

Bahasa

Bahasa yang digunakan di Kalimantan rata rata adalah bahasa Indonesia. Walau demikian, di beberapa daerah seperti di Banjarmasin. Atau Kalimantan Selatan masyarakat di sana menggunakan bahasa banjar sebagai bahasa sehari hari.

Sedangkan jika anda berkunjung ke Kalimantan Barat, maka masyarakat di sana lebih banyak menggunakan bahasa melayu.

Begitu juga dengan Kalimantan Tengah. Mereka memiliki bahasa sendiri yang berbeda dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Banyak penduduk yang datang dari luar daerah juga membawa bahasa mereka seperti bahasa bugis, bahasa jawa. Dan beberapa bahasa lainnya juga sering dipergunakan di pulau Kalimantan.

Sumber Bacaan Lain : Perairan Laut Dalam Dan Pulau-Pulau Kecil: Potensi Ekonomi Yang Masih Tertidur