Mengenal Pulau Sumatera
Mengenal Indonesia Maka Mari Kita Mulai Dengan Mengenal Pulau Sumatera

Mengenal Pulau Sumatera Dengan Suku Melayu Yang Mendominasi

Posted on

Negara Benua Maritim, dengan hamparan keindahan yang ada didalamnya. Membuat takjub pengunjungnya. Mari melihat Indonesia dengan Pertama Mengenal Pulau Sumatera

Beritaku.Id, Benua Maritim – Indonesia indah dengan gugusan pulau yang dimilikinya. Memiliki banyak keindahan didalam lautnya. Sepanjang pantainya yang indah. Batu karang yang menawan.

Sebagaimana penjelasan pada Benua Maritim Indonesia, Dengan Potensi Sumber Daya Alam Yang Kaya dan Arti Budaya Maritim Sebagai Kekuatan Ekonomi Bangsa Indonesia.

Ini Indonesia, negara dengan pulau yang mencapai 17.000 pulau. Di dunia ia menjadi nomor urut satu negara dengan pulau terbanyak.

Diantara 17.000 pulau tersebut. Terdapat benua yang besar salah satu diantaranya adalah pulau Sumatera yang kita kenal dengan pulau Andalas.

Mengenal Indonesia berarti kita mengenal pulau-pulau yang ada didlamnya termasuk Sumatera tersebut.

Pulau Sumatera membentang daru utara ke Selatan Indonesia atau dari Selatan ke Utara. Terbelah dengan garis imajiner khatulistiwa.

Ada kekayaan yang melimpah didalamnya. Lautnya, daratnya dan kajian antropologi. Menyimpan budaya yang sangat banyak.

Indah pantainya, daratan yang hijau, dan penduduk yang menawan. Jangan lupa gadis-gadisnya yang cantik.

Terletak di bagian Barat Indonesia, dimana Indonesia terletak antara Benua Australia dan Benua Asia.

Pulau Sumatera merupakan Pula pertama yang akan menjadi pertahanan dari angin hempasan dari Samudera Hindia.

Mari mengenal lebaih jauh lagi tentang Pulau Sumater, dengan perlahan kit abuka secara geografis.

Mengenal Pulau Sumatera Pada Posisinya

Ketika membuka atlas Indonesia, Pulau Sumatera gampang ditemukan, diposisi kiri Anda. Maka itu adalah Pulau Sumatera yang memiliki banyak keaneka ragaman didalamnya.

Nama Sumatera pada tahun 1345 oleh Ibnu Batutah asal Maroko yang melakukan perjalanan ke kerajaan Samudera di Aceh.

Ibnu Batutah menyebut Samudera dengan Samatrah. Dan akhirnya menjadi nama yang adopsi oleh Portugis ketika membuat peta dan menyebutnya Sumatera.

Ada beberapa kekayaan Indonesia yang hanya ada di Sumatera. Diantaranya, Gunung Kerinci sebagai gunung tertinggi Indonesia, ada di Pulau Sumatera.

Rafflesia Arnoldi, bunga endemik yang hanya ada di Sumatera.

1. Mengenal Astronomis Pulau Sumatera

Dari segi astronomis, pulau Sumudera atau Sumatera beradapa pada titik 6ᵒLU sampai 6ᵒLS kemudian diantara 95ᵒBB sampai 109ᵒBT.

Dengan posisi astronomis seperti itu berarti pulau Sumatera masuk kedalam kawasan tropis. Dan diantara Pulau di Indonesia yang dilewati oleh garis Khatulistiwa adalah Pulau besar Sumatera tersebut.

2.Mengenal Geografis Pulau Sumatera

Di Utara berbatas Teluk Benggala, dan di Timur berbatasan dengan Selat Malaka. Di Bagian Barat dengan  Samudera Hindia yang bisa disaksikan diatas puncng gunung Kerinci. Bagian selatan, pulau ini berbatas dengan selat Sunda.

Luas Pulau SUmatera 473.481 kilometer persegi. Dengan luas yang didiami oleh 70.000.000 penduduk yang memadati pulau Sumatera.

Di Pulau Sumatera ini dibagi menjadi 10 provinsi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

Adapun ke 10 Provinsi tersebut adalah :

1. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam

Paling ujung dari Pulau Sumatera, letaknya pulau Sabang dalam lagu dari Sabang sampai Merauke. Dengan Ibukota Banda Aceh.

Pergerakan dan persebaran Islam dimulai dari Aceh, dan menyebar ke Melayu. Dengan kondisi kehidupan Muslim tersebut, membuat Banda Aceh juga disebut sebagai Serambi Mekah.

2. Provinsi Sumatera Utara

Berbatasan dengan Naggroe Ace Darussalam, dengan Ibukota Medan. Horas Bang. Itu lebih dekat dan mengingat bahasa Batak sebagai salah satu suku di Sumatera Utara.

Disamping Batak juga terdapat Suku Melayu.

Di Sumut tersebut terdapat Danau yang sering kita dengar yakni Danau Toba.

Danau Luas, yang kadang remaja menyebut begini. Kamu kenal Danau Toba? Jika kamu kenal maka seluas itulah cintaku kepadamu. Lebbaai.

Lanjut ke Provinsi berikutnya.

3. Provinsi Sumatera Barat

Ibukotanya Padang, disini Suku Minang. Banyak ditemui. Pandai berdagang serta sangat pintar memasak. Jangan salah ketika banyak kita jumpai, Rumah Makan Masakan Padang. Entahlah kalau yang memasak itu orang padang.

Bentangan alamnya yang Indah (termasuk senyum gadis Padang), membuatmu terpesona.

Ingat masakan Rendang? Nah itu khas dari daerah ini. Soal keramahan, jangan ragu jika memiliki pacar orang Minang. Sebab pembawaannya lembut. Segera nikahi.

4. Provinsi Riau

Ibukota Pekanbaru. Selalu baru bukan mengganti istri tua dengan yang baru.

Memang namanya Pekanbaru. Suku Melayu banyak berdiam disini. Disini banyak sungai-sungai yang mengalir. Dan didalam buminya terdapat kekayaan sumber daya minyak melimpah.

Oran Riau ramah-ramah orangnya.

5. Provinsi Kepulauan Riau

Pulau Batam. Kenal? Nah itu ada di Kepulauan Riau. Merupakan provinsi pecahan dari Riau. Alamnya yang terletak di Pulau atau terpisah dengan Provinsi yang lain. Membuat tempat ini menjadi tempat kunjungan yang perlu direncanakan.

6. Provinsi Jambi

Gunung Kerinci ada disini. Provinsi ini adalah provinsi wasit antara Sumatera bagian utara dan selatan. Ditengah-tengah. Memiliki ibukota Jambi.

Provinsi ini memiliki gadis yang putih-putih, dan wajahnya menarik perhatianmu.

7. Provinsi Bengkulu

Suku Melayu disini, beribukotakan Bengkulu. Hutannya luas, maka perkebunan juga banyak disini. Jangan salah untuk wisata disini juga ada wisata hutan, dengan satwa liar yang ada di hutan.

Berani memasuki hutan dan bertemu dengan harimau?

Segitu saja takut. Katanya demi cinta, apapun kurela lakukan. Alai.

8. Provinsi Sumatera Selatan

Palembang merupakan nama Ibukota provinsi Sumatera Utara. Suku melayu. Sungai Musi merupakan sungai melegenda, dan disini banyak sekali pengambilan gambar-gambar sinetron. Karena lokasinya yang Instagramable. Penduduk ramah-ramah dan cerdas pula.

9. Provinsi Bangka Belitung

Beribukotakan Pangkal Pinang. Suku Melayu. Terpisah dari Pulau Sumatera atau sama dengan Provinsi Kepulauan Riau. Suku Melayu pesisir adalah suku asli masyarakat Bangka Belitung. Provinsi dengan 2 pula yakni  Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Maka namanya menjadi Bangka Belitung.

10. Provinsi Lampung

Ibukota Provinsi ini adalah Bandar Lampung. Memiliki penduduk asli suku melayu yang banyak berdiam di Provinsi ini. Dan Provinsi Lampung memiliki hutan yang luas dan memiliki banyak satwa didalamnya.

Pulau Sumatera yang membentang tersebut, memiliki banyak Suku didalamnya namun suku Mayoritas adalah Suku Melayu. Seperti Suku Ustadz Abdul Somad. Halusnya bahasanya juga begitu. Disini ada suku Mingkabau, Suku Batak dan lain sebagainya.

Mengenal banyak kekayaan budaya di Pulau Sumatera sekaligus membawa kita untuk mencintai Indonesia yang luas tersebut.

Kalau ada yang menyebut, Cinta kepadamu melebihi Samudera yang luas. Bisa saja pacarnya berasal dari Sumatera. Karena Sumatera = Samudera.

Sumber lain, Mengenal Sumatera

Bagikan Ke
  • 2
    Shares