Pengertian budaya maritim
Pengertian budaya maritim (Foto: goodnewsfromindonesia)

Pengertian Budaya Maritim: 10 Wisata Spektakuler Indonesia

Diposting pada

Pengertian Budaya Maritim terbatas pada pemberdayaan wilayah maritim di Indonesia. Baik dari aspek ekonomi maupun ketahanan.

Beritaku.Id, Budaya Maritim – Simpanan kekayaan negeri ini terhampar luas. Inilah sebuah daya tarik yang perlu selalu lestari.

Oleh Tika (Penulis Budaya Maritim)


Pengertian Budaya Maritim

Budaya maritim merupakan kompleks ide, gagasan, pengetahuan, norma, nilai dan aturan yang terkait bidang maritim.

 Hal-hal itu menjadi pedoman perilaku bisnis, ekonomi, politik individu, jasa atau kelompok masyarakat baik nelayan dan non nelayan.

Tujuannya untuk mencapai kepentingan sosial ekonomi. Fungsinya adalah untuk menghasilkan produk.

Ia menjadi identitas dan kekayaan bangsa. Untuk itulah perlu melestarikannya. Tidak hanya mengeksploitasi segala aspek kemaritiman namun juga menjadikannya sektor ketahanan.

Prinsipnya adalah, kemaritiman memberi kehidupan maka selayaknya kita selalu mempertahankannya.

Unsur dalam Budaya Maritim

Pengertian budaya maritim
Unsur budaya maritim (Foto: kolom.tempo.co)

Kebudayaan merupakan tindakan praktek berpola, sistem-sistem, serta karya manusia untuk proses berkehidupan. Sedangkan kebudayaan maritim merupakan sistem-sistem kognitif yang dipakai oleh masyarakat pendukungnya.

Dalam hal ini adalah masyarakat maritim. Tujuannya untuk pengelolaan Sumber Daya Alam dan pemanfaatannya. Tidak hanya itu, tujuannya juga untuk merekayasa manfaat lingkungan laut bagi kehidupannya.

Dalam pengertian budaya maritim, terdapat tujuh unsur yang penting. Mereka adalah:

Sistem Kognitif/Ideasional/Mental

Dalam sistem ini terdiri atas: – Gagasan atau ide

Media interaksi antara manusia dengan alam serta makhluk ghaib di sekitarnya adalah dengan menangkap ikan. Interaksi tersebut juga kepada Tuhan dan penjaga laut tersebut.

Tidak hanya itu, laut akan memberi manfaat bagi manusia jika mereka menggunakannya dengan kerja keras dan doa.

– Sistem Pengetahuan

Sangat penting untuk mengetahui pengetahuan mengenai pelayaran, lingkungan sumber daya laut, serta tentang lingkungan sosial.

Dalam hal pelayaran, masyarakat perlu mengetahui gejala-gejala alam, musim, dan lainnya untuk menentukan kapan sebaiknya melakukan pelayaran.

Baca juga beritaku: Budaya Maritim: Konsep, 7 Unsur, Hingga Contoh

Mereka juga penting untuk mengetahui kondisi populasi baik hayati dan non hayati. Termasuk pengetahuan mengenai lingkungan.

Penting bagi nelayan untuk mengetahui dengan siapa mereka berinteraksi serta siapa kira-kira yang akan menimbulkan konflik, terutama perihal perebutan potensi laut.

– Sistem Nilai

Merupakan pedoman bagi individu maupun kelompok untuk menentukan tindakan dan sikap serta memaknai hubungan yang layak dan tidak antara manusia dengan lingkungan.

-Sistem Aturan / Norma

Fungsinya adalah untuk mengatur perangkat kelompok maupun individu. Contohnya adalah penerapan bagi hasil, norma penentuan harga, larangan penggunaan bom, hingga peraturan keselamatan pelayaran.

Bahasa

Masyarakat maritim memiliki bahasa yang berbeda dengan masyarakat darat. Perbendaharaan kata mereka terpacu pada unsur-unsur gejala alam fisik serta flora dan fauna, lingkungan sosial, serta sektor kerja dan teknologi.

Organisasi sosial

Tujuan terbentuknya organisasi sosial adalah untuk meringankan pekerjaan rumit dan berat di laut, mengatur mekanisme perolehan modal dan pemasaran,

menjadi wadah dan media pembelajaran, sebagai lembaga dan media tolong menolong, serta sebagai mekanisme distribusi risiko.

Sistem Teknologi Kebaharian

Terdiri atas berbagai tipe perahu tradisional milik kelompok suku bangsa Indonesia. Sedangkan teknologi penangkapan ikannya terdiri dari pancing, net, bubu, teknik lain, serta tombak atau panah.

Sistem Ekonomi Kebaharian

Terdiri atas industri, perikanan, jasa, dan perdagangan. Perikanan contohnya adalah budidaya dan penangkapan. Contoh jasa adalah pengerukan dasar laut dan pembangunan pemukiman pantai.

Untuk sistem produksi mencakup kepemilikan pribadi, kelompok, negara, hingga pemanfaatan secara bebas dan terbuka.

Sistem pemasaran pengertian budaya maritim di Indonesia mengikuti pemilik modal terkuat.

Seni Kebaharian

Di Indonesia, terdapat ukiran-ukiran yang berada di perahu-perahu nelayan dari berbagai wilayah. Bahkan kombinasi warna perahu mereka pun berbeda-beda dan mencerminkan sesuatu.

Sistem Religi dan Keyakinan

Ancaman ombak, binatang yang buas, hingga angkernya kondisi laut mereka pasrahkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Oleh sebab itulah mereka membangun sistem pertahanan spiritual yang kokoh dan kuat.


Sosial Ekonomi Budaya Maritim

Pengetahuan budaya maritim tak ubahnya sebuah dinamika yang terus berubah. Hal-hal yang berubah contohnya adalah sistem budaya, teknologi, dan sikap bertahan.

Tentu saja tidak semua hal berubah. Terdapat tradisi-tradisi yang melekat yang mana ketika bercampur dengan sebuah dinamika akan menghasilkan pembaharuan keadaan sosial ekonomi.

Sektor ekonomi dan sosial dalam pengertian budaya maritim menghasilkan tumbuhnya sektor-sektor ekonomi baru serta semakin berkembangnya sektor-sektor ekonomi lama.

Perubahan itu nampak dari perubahan teknologi, sistem-sistem budaya kemaritiman yang mencakup gagasan, pengetahuan, kepercayaan, norma atau aturan, serta nilai dan perubahan struktural,


Fungsi Budaya Maritim

Terdapat beberapa aspek yang menjadi pengertian fungsi dari budaya maritim. Dalam bidang budaya, maritim ini merupakan ciri khas cikal bakal berkembangnya suatu kebudayaan.

Hal itu bercampur dengan laut yang mampu menambah pengembangan dan kekayaan kebudayaan. Dengan demikian, citra negeri semakin indah di kancah internasional.

Perdagangan baik dalam negeri maupun luar negeri beserta kerjasamanya menjadi peran yang sangat baik. Intinya, budaya maritim adalah sebagai keberlangsungan hidup bangsa.

Wisata Menarik Di Indonesia

Pantai pink Lombok (Foto: travelspromo.com)

Melihat birunya laut sungguh menentramkan jiwa. Tidak perlu pergi jauh, nyatanya di Indonesia telah terdapat begitu banyak wisata maritim.

Jika mengamati melalui peta, maka cukup jelas nampak wilayah perairan pengertian budaya maritim Indonesia yang mengiringi kepulauan-kepulauan.

Semuanya memiliki keindahan dan pemandangan yang natural. Dimana sajakah kira-kira?

Pantai Pink Pulau Komodo

Jika melihat hamparan pasir pantai berwarna putih atau hitam sudah biasa, kali ini di Pulau Komodo kita dapat melihat pantai dengan pasir berwarna pink.

Penasaran? Ternyata tidak hanya pantainya yang memukau, namun juga hijaunya kumpulan pojhon bakau di sekitarnya membuat tempat ini semakin nampak natural.

Darimana asal warna pink pasir pantai? Hal itu ternyata berasal dari serpihan karang dan biota laut yang terdampar di pinggir pantai terbawa arus.

Jika belum puas berada di sekitar pantai, maka cobalah melakuakn snorkeling dan diving.

Pantai Nihiwatu

Memang tidak sepopuler pantai Kuta, namun nama pantai ini cukup menarik perhatian banyak orang terutama bagi yang hobi berselancar. Pantai Nihiwatu termasuk ke daurutan 17 dari 100 pantai terbaik di dunia.

ia juga menjadi satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih dalam CNN World’s 100 Best Beaches in The World. Terletak di Sumba Barat, NTT ternyata pantai ini berhasil mengalahkan Pantai Hanalei Bay di Hawai.

jadi, bagi pecinta selancar, tidak perlu jauh-jauh mencari ombak ganas hingga ke mancanegara. Indonesia ternyata memiliki apa yang kamu cari!

Pantai Derawan

Berlokasi di Kalimantan Timur, Pantai Derawan berada di Kabupaten Berau. Ia berada di urutan ke 63 di CNN World’s 100 Best Beaches in The World.

hamparan pasirnya yang putih serta airnya yang jernih memberikan daya tarik tersendiri bagi para penyelam.

Mereka dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan sangat jelas termasuk terumbu karang dan hewan-hewan yang berada di dalamnya.

Trio Gili

Tidak hanya pantai yang menakjubkan, namun juga gili atau pulau-pulau kecil yang memukau dengan perairan di sekitarnya. Terdapat Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno di Pulau Lombok.

Kita dapat melihat banyaknya anemon laut di dalam air serta berbagai jenis terumbu karang. Suasana airnya cukup tenang sehingga benar-benar menyejukkan mata.

Pantai Ora

Berlokasi di Maluku Tengah, Pantai Ora memiliki keindahan serupa dengan Pantai Boracay di Filipina . Kondisi lautnya sangat jernih membuat kita mampu melihat pemandangan bawah air dengan jelas dari atas perahu.

Tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk mendapatkan pemandangan indah, cukup 2-3 meter saja maka kita sudah dapat menilik segala habitat di dalam air.

Kepulauan Wakatobi

Merupakan sebuah kepualuan di kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara. Tidak hanya berisikan peisisr yang indah, namun juga terdapat sebuah taman nasional dengan nama yang sama dengan luas sekitar 1,39 juta hektar.

Terdapat panorama keindahan alam bawah laut serta keanekaragaman hayati laut. Kurang lebih terdapat 25 gugusan terumbu karang, yakni sekitar 93 jenis spesies ikan, penyu, dan beberapa jenis burung laut.

Adapun kegiatan favorit para wisatawan adalah snorkeling, menyelam, dan berenang demi melihat gugusan terumbu karang yang indah.

Bahkan kebudayaan masyarakat sekitarnya pun sangat menarik untuk diamati.

Kepulauan Palaido

Sangat memukau dan tidak banyak yang mengetahuinya, Kepulauan Palaido hadir di Papua dan memberikan sensasi berbeda.

Ketika yang terkenal hanyalah Raja Ampat, objek wisata bahari ini cenderung belum tergarap dengan maksimal. Biarpun demikian, pemandangan bawah lautnya sangat memukau.

Baca juga beritaku: Kehidupan Masyarakat Pesisir, 3 Ciri dan Karakteristik

Ia tak terjamah sehingga cocok bagi siappaun yang berjiwa petualang.

Cara menuju ke Kepulauan Padaido, bisa menggunakan perahu bermotor yang berada di Pelabuhan Titoti di Biak Timur. Kemudian boleh mampir di destinasi populer seperti Samberpasi.

Hal yang indah selain menikmati keindahan pantai dan biota bawah laut, memancing dan melihat lumba-lumba bermigrasi menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini.

Take bonerate

Take Bonerate terletak di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan.

Sama halnya dengan taman nasional lainnya, lokasi ini menawarkan keindahan lautan dengan air syang bening.

Pemandangan lainnya yang indah adalah cantiknya keanekaragaman hayati bawah laut. Mereka adalah terumbu karang serta beberapa hewan spesies langka. Contohnya adalah penyu hijau, penyu belimbing Pasifik, dan penyu sisik,.

Wilayah ini merupakan atol nomor tiga di dunia setelah kedua posisi teratas adalah Maladewa dan Kepulauan Marshall. Tersedia 50 titik menyelam dan inilah yang menjadi daya tarik kelompok penyelam.

Sekalipun pemandangannya sangat indah, namun tempat ini jarang pengunjung. Penyebabnya adalah karena jauhnya akses menuju ke lokasi ini.

Bayangkan harus menempuh perjalanan sekitar 10 jam dari kota Makassar untuk sampai kemari. Tentu akan sangat melelahkan. Oleh sebab itu sebaiknya menyiapkan persiapan yang cukup baik dari perbekalan, dana, hingga fisik.

Pulau Pahawang

Pulau ini berada di Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Hamparan pasirnya lembut sehingga menarik perhatian para wisatawan.

Kita bisa melihat wisata pengertian dari budaya maritim beberapa tempat snorkeling seperti Cukuh Bedil, Gosong Pancong, Tanjung Putus, dan Gosong Bekri.

Keindahannya juga tidak hanya ada pada terumbu karang dan ikan,namun di sini terdapat instalasi buatan penduduk berupa tulisan, candi mini, dan gapura.