Rasul Ulul Azmi Beserta Nabi Dan Kitabnya, Utusan Allah SWT
Ulul Azmi dalam Islam (Foto:Bilabil.com)
Rasul Ulul Azmi Beserta Nabi Dan Kitabnya, Utusan Allah SWT

Nabi dan Rasul Ulul Azmi, merupakan Nabi yang terpilih dari Allah SWT karena memiliki beberapa keistimewaan.

Beritaku.id, Kisah Para Nabi Dan Rasul – Nabi berjumlah 125.000 sementara Rasul berjumlah 313. Yang wajib adalah 25 Nabi dan Rasul.

Menjadi 25 yang wajib diantara Ratusan ribu orang adalah sesuatu yang sangat membanggakan. Namun tahukah anda bahwa, diantara yang 25 orang masih ada yang lebih Istimewa. Yakni Ulul Azmi.

Nabi dan Rasul Ulul Azmi

Adapun Nabi Dan Rasul yang masuk dalam kategori Ulul Azmi adalah:

  1. Nabi Nuh Alaihissalam
  2. Nabi Ibrahim Alaihissalam
  3. Nabi Musa Alaihissalam
  4. Nabi Isa Alaihissalam
  5. Nabi Muhammad SAW

Dengan Kisah singkat para Ulul Azmi sebagai berikut:

Nabi Nuh AS

Merupakan Nabi yang diutus ke kaum Bani Rasib di daerah sekitar Sungai Eufrat dan Tigris (Iraq) saat ini. Dalam waktu 950 tahun menjalankan syiar Agama.

Namun hanya sedikit yang menjadi pengikutnya. Bahkan anaknya yang bernama Kan’an menjadi salah satu dari kaum yang berdosa melawan Nabi Nuh AS.

Akhirnya turun perintah kepadanya untuk membuat sebuah perahu. Kaumnya mentertawakannya. Dan dianggap sebagai manusia yang tidak waras.

Pada akhirnya, seluruh kaumnya tenggelam oleh banjir air bah. Sementara Nabi Nuh AS dan pengikutnya selamat setelah menaiki perahu tersebut.

Nabi Ibrahim AS

Nabi Ibrahim As sering diidentikkan sebagai Nabi pencari Tuhan. Dan setelah bertemu Tuhan, ia hancurkan seluruh berhala yang dianggap tuhan.

Ia dilahirkan di Syria, meski ada yang berpendapat bahwa ia di Babilonia.

Ia dalam kisah perjuangan untuk Mentauhidkan Allah SWT. Bahwa tidak ada dzat yang pantas disembah selain Allah SWT.

Namun Raja Namruds yang memerintah daerah itu menolak, bahkan membakar Nabi Ibrahim.

Atas kejadian itu, Nabi Ibrahim tidak terbakar, bahkan keluar dari api dalam keadaan dingin menggigil. Sebab Api telah dijinakkan oleh Allah SWT.

Nabi Musa AS

Nabi Musa AS menghadapi Firaun, Raja yang Dzalim dan kejam. Nabi Musa sendiri merupakan anak angkat dari Firaun, setelah dihanyutkan disungai Nil. Dan ditemukan Oleh St Asyiah istri Firaun.

Seiring perjalanan waktu, Nabi Musa tumbuh Dewasa. Dan mulai melakukan Syiar. Namun Firaun menolak Syiar Nabi Musa, bahkan hendak membunuhnya.

Hingga ia harus berlari, meninggalkan Firaun dan bala tentaranya. Dan terjebak di laut merah.

Dengan tongkatnya ia berhasil membelah laut merah, sementara Firaun dan balatentaranya ikut tenggelam.

Nabi Isa AS

Merupakan Nabi yang dilahirkan tanpa seorang ayah. Namun karena kuasa Allah SWT, St Maryam mengandung, hingga melahirkan Nabi Isa AS.

Dalam perjalanan Syiar yang ia lakukan berhadapan dengan umat yang menolak seluruh ajarannya. Hingga ada rencana pembunuhan buatnya.

Namun dikemudian hari, Judas yang disalib sebab wajahnya dirubah mirip dengan Nabi Isa AS. Sementara Nabi Isa As, belum wafat hingga kini, sebab dirinya diangkat kelangit oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW

Sosok Nabi terakhir yang menyampaikan risalah dan penyempurnaan Agama, dari agama sebelumnya. Untuk mengajarkan tauhid kepada seluruh umat.

Berbeda dengan rasul sebelumnya, Nabi Muhammad SAW mengajarkan agama dalam beberapa tahun. Namun pengikutnya sangat banyak. Dan menyebar keseluruh dunia.

Nabi Dan Kitabnya

Kitab suci merupakan representasi Firman AllaH SWT. Dan yang diberikan kitab oleh Allah SWT adalah merupakan nabi yang terpilih. Adapun para nabi dan kitab tersebut adalah:

  1. Nabi Daud AS diberikan kepadanya kitab zabur,
  2. Nabi Musa As diberikan kitab taurat,
  3. Nabi Isa As Diberikan kitab injil,
  4. Nabi Muhammad SAW Diberikan Kitab Al-Qur’an, sebagai kitab yang menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya.

Beritaku: Daftar Lengkap 25 Mukjizat Nabi dan Rasul Allah SWT

Tinggalkan Balasan