Sejarah Danau Toba, Dan Misteri Tenggelamnya Kapal
Sejarah Danau Toba, dengan Cerita Mistik Didalamnya (Foto:Pegipegi.com)
Sejarah Danau Toba, Dan Misteri Tenggelamnya Kapal

Danau Toba memiliki sejarah, yang sangat menarik dan menyimpan cerita mistik, termasuk misteri tenggelamnya sebuah kapal Sinar Bangun.

Beritaku.id, Peristiwa – Sore itu sekira pukul 17.00 hingga 18.00, KM Sinar Bangun yang beroperasi di danau Toba. Tiba-tiba tercebur bak di telan air danau Toba.

Menjadi sebuah misteri, yang membuat banyak warga bertanya-tanya, ada apa dengan danau Toba.

Nah, Mau mengenal Danau ini lebih jauh?

Sejarah Danau Toba

Jangan kaget ketika danau toba disebut sebagai salah satu penyebab matinya populasi manusia diseluruh dunia hingga 60% penduduk bumi. Ketika itu penduduk bumi diperkirakan berjumlah 70 juta jiwa.

Tahukah anda, bahwa hakikatnya Danau Toba bukanlah sebuah danau, melainkan sebuah Gunung. Laiknya gunung yang menjulang tinggi. Namun karena letusan hingga menyebabkan gunung tersebut membentuk Kaldera (kawah akibat letusan).

Apa hubungan antara letusan Gunung Toba dengan musnahnya populasi manusia?

Begini ceritanya. Gunung toba, merupakan gunung teraktif dan gunung vulkanik terbersar dunia. Volume letusannya diperkirakan 3 kali letusan.

Yakni pada 750.000 tahun lalu, letusan pertama, disusul letusan kedua pada 500.000 tahun yang lalu. Terakhir pada 73.000 – 75.000 tahun lalu. Terjadi letusan ketiga.

Dengan letusan ketiga yang sangat dahsyat.

Bayangkan, 3.000 KM kubik magma dimuntahkan dari gunung tersebut pada letusan pamungkas (ketiga), sekaligus merubah peradaban yang ada di dunia. Internasional.

Pada skala ledakan hingga 8.0 Volcanic Explosivity Index (VEI), dengan daya ledak 26000 megaton TNT. Bagaimana bayangan dengan daya ledak bermegaton TNT ini?

Nah ini bayangannya, ingat peristiwa pemboman Hirosima dan Nagasaki. Nah Kota diJepang itu di ratakan dengan tanah, hanya dengan ledakan 0,015 megaton TNT.

Artinya jika dibandingkan dengan gunung Toba, terdapat 1,733,333 kali lebih besar dari ledakan Hirosima dan Nagasaki. Bisa dibayangkan, apa yang terjadi setelah ledakan tersebut.

60 KM ketinggian abu dan material yang diterbangkan. Dan menutupi cahaya matahari hingga beberapa tahun lamanya. Menurunkan suhu bumi, hingga 5,5 derajat celcius. Dengan efek gelombang Tsunami yang menghantam seluruh dunia.

Adapu Danau Toba saat ini, Luasnya mencapai hampir 1200 Km persegi dengan 7 kabupaten yang memeluknya.

Sebagai Danau terbesar di Asia Tenggara, dan Gunung Vulkanik terbesar dunia.

Misteri Di Danau Yang Mistik

Selain sejarahnya yang mengerikan, Disana juga mengandung banyak misteri yang hingga kini belum terpecahan:

Menangkap Ikan Mas Raksasa Dan Tenggelamnya Kapal

Tepatnya tahun 2018, warga menangkap Ikan Mas Raksasa dengan berat hingga 15 Kg. Hal itu dipercaya sebagai penyebab hilangnya 185 orang, meninggal 3 orang dan selamat 21 orang. Akibat Tenggelamnya kapal yang mereka tumpangi secara tiba-tiba.

Dikaitkan dengan cerita masa lampau, tentang mistiknya ikan. Di danau Toba dipercaya terdapat 3 ikan mas besar berwarna merah, hitam dan putih. Panjang mencapai puluhan meter.

Sebagai penunggu danau tersebut. Dan mendiami semenjak dulu saat terbentuk danau toba.

Gubug Pengasingan Soekarno

Selama 3 Minggu, sang Proklamator dijauhkan dari Jakarta pada tahun 1948. Mengingat gencarnya dia dengan gerakan Nasionalisme. Akhirnya Belanda mengasingkan dirinya ke sekitar Danau Toba dengan menempati gubug reyot.

gubug soekarno
Gubug di pinggir Danau Toba (Foto: Hipwe)

Sebagai suatu tempat bersejarah, maka lokasi tersebut kini dibangun sebuah wisma pemerintah Sumatera Utara. Untuk tujuan menerima tamu dari luar.

Sayangnya tempat itu kini mengandung mistik, sebab lokasi bekas pengasingan Soekarno, terkadang didengar suara langkah kaki. Bahkan suara orang berbincang mirip suara Soekarno.

Ternyata Sejarah Indonesia, ada irisan di Danau Toba sebagai tempat mengasingkan Sang Presiden pertama yah?

Kakek Tua Yang Misterius

Suatu ketika mahasiswa laki dan perempuan, datang kepinggir danau Toba untuk kegiatan alam mereka.

Mereka memasang tenda dipinggir danau. Tidak lupa mereka mengabadikan keindahan alam disekitar danau.

Siapa sangka, dalam foto-foto mereka muncul sosok wajah dibelakang mereka, menyerupai postur tubuh monyet dan kakek tua yang membungkuk. Dan sangat memprihatinkan.

Tangisan Misterius

Lain lagi dengan pengalaman warga, yang ketika menjelang magrib di Danau Toba. Ketika mereka berada dipinggir danau. Sering mendengar tangisan seorang perempuan.

Dari suaranya, seperti wanita berumur 20an tahun (masih muda).

Suara ini kerap didengar oleh pengunjung lain ketika mereka menikmati susasan danau menjelang malam (magrib).

Jangan Berbuat Mesum Di Area Danau

Suatu ketika dua anak muda, berduaan diarea danau. Sepasang kekasih ini terlihat oleh warga sore hari itu sedang bersama-sama.

Mereka tampak mesra satu sama lain. Sudah diingatkan oleh warga, mengenai perlunya menjada sikap. Namun keduanya mengindahkan.

Akhirnya kedua anak itu lenyap entah dimana. Keesokan harinya ia dicari, namun tidak ditemukan. Setelah 3 hari, jasadnya ditemukan dalam kondisi mengapung. Dengan bekas remasan disekujur tubuhnya.

Warga berpikir bahwa keduanya di remas oleh penunggu Danau.

Munculnya Naga di Danau Toba

Lain lagi dengan pengalaman seorang warga yang menaiki perahu, ketika malam hari. Ia melihat sosok ular besar yang melintang diatas danau tersebut.

Namun warga tersebut tidak mengganggunya. Sebab dia percaya bahwa sosok itu adalah sosok penunggu Danau yang tidak akan mengganggu apabila kita tidak mengganggu.

Misteri Hilangnya Kapal Tiba-tiba

Lain dengan kejadian awal, dimana kapal tenggelam dan menewaskan 3 orang. Kali ini, kejadiannya kapal atau perahu warga yang di simpannya dipinggir danau. Keeseokan harinya hilang, hingga tak ditemukan sampai saat ini.

Demikian kisah-kisah mistik dan misterius di Danau Toba, diyakini bahwa Jin sebagai pengganggu danau sering menakut-nakuti manusia. Wallahu Wa’lam.

Beritaku: Jin Sungai Nil, Tradisi Tumbal, Dan Power Umar Bin Khattab

Tinggalkan Balasan