Relief Taman
Contoh Relief Taman Bentuk Kolam

Relief Dalam Pengertian, Jenis dan Harga

Diposting pada

Relief adalah seni pahat dan ukiran 3 dimensi, pada batu, kayu maupun material lain yang menyerupai bentuk asli (alam, rumah dan sebagainya).

Beritaku.id, Lestari – Mendengarkan denting air air yang menetes dari atas ke bawah tentu dengan percikannya dan suaranya yang khas bergemericik.

Bisa jadi Ia seperti keluar dari dalam tebing yang mengalir ke bawah tertadah oleh bebatuan berikutnya terus menempati ruang ruang hingga bertemu dengan kolam ikan atau apapun benda yang ada di bawah.

Ada banyak cara untuk melakukan modifikasi ruang-ruang tertentu termasuk pada taman untuk mempercantik dan menciptakan suasana keindahan dan seni penataan landscape yang ada di pekarangan rumah.

Itulah Relief

Ukiran 3 dimensi ini biasanya menjadi salah satu pemandangan menarik di rumah-rumah mewah. Sebagaimana ada orang yang memiliki kemampuan lebih akan mencoba menciptakan sebuah suasana baru dengan mengadopsi bentuk dari alam.

Dalam pembahasan kita kali ini adalah lebih fokus kepada bagaimana bentuk seni pahatan tersebut yang ideal untuk kondisi pekarangan yang sempit.

Tentunya ini akan sesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Karena sekali lagi pembuatan relief tentu berbeda dengan pembuatan dinding biasa ini memiliki nilai dan tarikan seni. Dan mereka yang mengerjakannya harus dengan tangan yang terampil tentu dengan pengalaman yang tidak sedikit.

Artikel ini akan membahas tentang pengertian dari pada seni 3 dimensi, jenis dan taksiran harga yang kita butuhkan ketika mau membuat hal tersebut.

Jenis Relief

Ada berapa jenis kerajinan tangan pengrajin dengan seni ukir ini yang kita sebut relief?

Sebenarnya tidak ada patokan jenis, sebab pada perkembangannya. Apalagi pada dunia teknologi sekarang, banyak bermunculan kreasi-kreasi baru dengan kombinasi berbagai bahan.

Terdapat beberapa jenis relief, yakni: taman, motif kayu taman dinding, air terjun, taman tebing, taman Batu, taman minimalis taman kolam ikan, tembok taman.

Selanjutnya kita akan membahas satu persatu dari pada bagian-bagian yang bisa menjadi inspirasi. Dan untuk Anda adopsi dan anda pergunakan ketika mau memperindah halaman rumah Anda.

Atau pada posisi bagian belakang rumah Anda yang mungkin terdapat tanah yang kosong.

Untuk Anda yang memiliki jiwa Adventure. Akan sangat cocok dengan model ini, karena mengunjungi tempat wisata Air Terjun misalnya.

Itu pasti butuh biaya dan waktu. Sementara dengan membuat ini maka anda bisa menciptakan suasana air terjun di rumah Anda tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

Baca juga beritaku: Keindahan Hutan

Relief Taman

Pahatan 3 dimensi taman dengan memanfaatkan taman.

Ini adalah merupakan yang paling mudah, dalam hal bahan karena membutuhkan bahan seperti batu bata kemudian semen pasir.

Kita sebut bahwa paling mudah karena bahan-bahannya tersedia pada bahan bangunan.

Hanya dengan mengatur dan menyusun daripada batu bata merah yang kemudian melakukan proses penebalan pada bagian tertentu. Pada batu bata merah tersebut Lalu membentuknya sesuai dengan konsep yang akan kita buat.

Taman Rumah Dengan 3 Dimensi
Taman Rumah Dengan 3 Dimensi Seni

Perlu kita ketahui juga bahwa proses untuk membuat seni pahat yang baik itu adalah harus memiliki konsep atau alur cerita awal.

Contoh misalnya ketika mau membuat keindahan tentang kehidupan petani misalnya, tentunya ini akan berhubungan Bagaimana membuat gambaran seperti daratan untuk bersawah dan sebagainya.

Atau ketika misalnya hendak membuat reflika yang paling umum adalah air terjun.
Maka alurnya adalah menciptakan beberapa bagian susunan pada batu. Yang kita buat tersebut untuk menjadi tempat mengalirnya air dan bersusun beberapa bagian seperti anak tangga.

Seni pada taman ini karena dia penyebutannya adalah taman. Maka Berarti ada perpaduan antara dinding dengan lantai. Dalam pengertian menyiapkan Space khusus seperti biasanya pengembangannya ini adalah pembuatan kolam ikan pada area Taman tempat jatuhnya atau penampungan air sendiri.

Tentu berbeda ketika dia adalahhiasan dinding karena biasanya jenis hiasan dinding ini adalah dia lebih cenderung hanya mengutamakan bagaimana keindahan pada dinding itu. Dan ini akan kita bahas pada bagian lain.

Pada intinya relief taman itu memiliki ruang dan tempat khusus.

Taman 3 Dimensi Motif Kayu

Bentuk taman motif kayu dari namanya kita sudah bisa menebak. Bahwa hal ini adalah menggunakan bahan kayu. Atau bisa menggunakan tembok dengan pengecatan yang menyerupai kayu.

Keindahan daripada seni berbentuk kayu ini. Juga menarik karena pada kenyataannya terdapat beberapa rumah yang menghiasi taman mereka yang mewah. Dengan menggunakan bahan-bahan membentuk dari tembok dengan bentuk serta pengecatan yang sangat mirip dengan kayu tersebut.

Menata Taman dengan Bentuk Kayu
Jenis Motif Kayu Untuk Memperindah Taman

Jika memilih untuk menggunakan model ini, dengan menggunakan bahan kayu. Tentu harus mempersiapkan bahan yang tahan terhadap air jika bahan (kayu) tersebut akan kita pasang dengan mengkombinasikan daripada penggunaan air terjun.

Akan tetapi jika itu adalah kita pergunakan untuk tempat duduk. Misalnya kursi atau meja tentu akan memberikan suasana tersendiri yang biasa kita saksikan beberapa rumah mewah. Menggunakan kayu asli sebagai bagian dari proses untuk memodifikasi ruang mereka.

Bentuk daripada taman motif kayu ini. Biasanya mereka menghiasi taman yang luas dengan penggunaan motif kayu yang menjadi pembatas jalan.

Atau mencoba untuk bentuk kayu bergantung pada dinding-dinding teras.

Relief Taman Dinding

Taman pada dinding, bukan taman dan dinding. Paham kan maksud kalimat ini?

Seni taman dinding yang jelas ini ada upaya untuk mengkombinasikan daripada taman dengan dinding.

Meskipun pada kenyataannya bahwa keindahan pahatan taman dinding biasanya itu memanfaatkan dinding untuk dijadikan taman. Maka tidak heran pada model bentuk ini itu biasanya proses untuk perputaran airnya itu berputar pada area dinding dan tidak sampai ke taman.

Relief Taman Dinding
Jenis Relief Taman Dinding

Karena dia modelnya adalah taman (pada) dinding. Maka bentuknya bisa berupa pembuatan kolam ikan pada dinding atau menempatkan kolam ikan tersebut pada dasar atau lantai.

Pada sisi lain keindahan jenis ini juga. Biasanya mengatur sedemikian rupa dengan membentuk pot pada dinding.

Sehingga dinding tersebut penuh dengan tanaman hidup.

Atau penggambarannya seakan-akan tumbuhan tersebut secara alami tumbuhnya.

Tentu tanaman yang memiliki akar seperti bunga yang tidak akan merusak daripada kontur seni yang kita buat.

Sebab jika menanam jenis tanaman dengan akar tunggang itu beresiko akan merusak daripada keindahan tersebut.

Baca juga beritaku: Panel Surya

Relief Taman Air Terjun

Yang paling umum adalah seni dengan percikkan air yang jatuh berbentuk air terjun. Hampir rata-rata pembuatan relief taman pada dinding rumah setiap orang yang mencintai pahatan. Konsepnya adalah konsep dengan air terjun.

Sebab Memang pada kenyataannya seni ini adalah merupakan bentuk yang paling mudah untuk dibuat.

Dan teratur serta memiliki banyak contoh yang mudah untuk kita adopsi.

Taman Air Terjun
Taman Air Terjun

Tentu pembuatan jenis pahatan 3 dimensi ini biasanya menggunakan konsep air terjun keluar dari batu atau air terjun keluar dari kendi dan lain sebagainya.

Pada prinsipnya ini adalah harus ada air yang jatuh dari atas. Kemudian dia tertadah sampai di bawah.

Apakah pada bagian bawah proses penadaan daripada air tersebut ada kolam ikan. Atau hanya sekedar tempat untuk penampungan untuk Sirkulasi air berikutnya itu tergantung dari pada perancangan pembuat jenis ini.

Keindahan Taman Tebing

Pahatan Indah taman tebing. Air terjun dari ketinggian atau tebing. Namun tidak semua tebing itu adalah punya air terjun. Membuat konsep air terjun (umum) namun juga ada yang membuat tebing merupakan jenis seni pahat yang kering.

Pada kenyataannya relief tebing ini. Adalah merupakan bagian dari pada air terjun. Pada penyusunan tertentu jenis ini. Mengkombinasikan kan juga dengan taman dinding tebing biasanya ter susun sedemikian rupa material untuk membentuk tebing.

Taman Tebing
Bentuk Taman Tebing

Untuk pembuatan jenis ini membutuhkan dinding yang agak tinggi dengan ketinggian minimal 2 M agar bisa berbentuk. Atau bahkan ada yang lebih dari 2 meter untuk membentuk karakternya.

Pada beberapa rumah mewah menempatkan Taman tebing ini di tengah rumahnya. Sehingga pemandangan ini menjadi sangat indah karena matahari bersentuhan secara langsung dengan nilai seni tersebut. Atau tidak tertutup.

Maka bersantai dengan keluarga pada taman dengan tebing ini akan membawa anda terbang bercengkrama dengan alam dengan tebingnya.

Taman Batu

Selanjutnya Taman Batu karena dia penyebutannya batu. Maka berarti penggambarannya ini adalah merupakan susunan batu yang berbentuk kars ataupun batu kerikil lainnya. Yang menambah suasana keindahan dari taman.

Penggambaran batu Ini juga biasanya menjadi hiasan dengan memodifikasi menyerupai batu. Pada pembuatan kursi meja yang ada di taman atau bahkan membentuk aquarium mini pada pekarangan.

Taman Batu
Bentuk Taman Batu

Tentu pembuatan daripada jenis ini, agak berbeda dengan taman jenis tebing.

Karena bahan-bahannya berupa batu lebih banyak menggunakan bahan yang yang padat.

Seni Pahatan Taman Minimalis

Berikutnya Seni pahatan indah taman minimalis. Menyebut kata minimalis berarti dia sangat identik dengan ruang-ruang kecil yang begitu minimalis adalah lebih banyak kepada proses dengan corak yang yang kotak.

Bentuk daripada jenis ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki taman yang tidak terlalu luas. Sehingga proses pembuatannya adalah mencocokkan daripada ruangan yang tidak terlalu luas tersebut.

Taman Minimalis
Contoh Taman Minimalis

Dengan mengatur ukuran besar daripada jenis ini yang akan dibuat dan menyesuaikan dengan luas lahan pada taman yang akan kita tempati, menciptakan karya seni yang menarik sebagai tempat santai keluarga.

3 Dimensi Taman Kolam Ikan

Jenis ini karena ada penyebutan ikan berarti, ikannya harus tampak. Baik dengan memposisikan kan air tersebut sejajar dengan lantai ataupun modifikasi sedemikian rupa dengan menggunakan kaca pada dinding.

Jadi jenis ini adalah mengutamakan kita bisa menyaksikan ikan berenang.

Relief Taman Kolam Ikan
Jenis Taman Kolam Ikan

Tentu jenis ini adalah merupakan jenis ini bagi mereka yang senang berlama-lama dengan ikan.

Adapun jenis ikan yang menjadi di bagian dari ini tentu bermacam-macam ikan koi, dan ikan hias lain.

Baca juga beritaku: Hutan Mangrove

Harga Pembuatan

Tentu karena ini adalah merupakan sebuah karya seni yang indah maka pasti kita akan bertanya tentang Berapa biaya yang kita butuhkan dalam pembuatan seni ini.

Dalam menghitung biaya pembuatan itu ada dua, yakni biaya bahan dan biaya pengerjaan.

Ada beberapa bahan yang memiliki harga yang tinggi dalam pembuatannya.

Jika Misalnya menggunakan bahan dengan material asli. Contohnya jika anda membuatnya motif kayu dengan menggunakan kayu jati asli.

Maka tentu berbeda biayanya ketika menggunakan batu yang didesain sedemikian rupa lalu dicek menyerupai daripada jati asli.

Begitupun juga dengan biaya yang di peruntukan kepada pengrajin. Ini akan berhubungan dengan siapa pengrajin (tukang) tersebut dan pengalamannya bagaimana.

Namun disarankan supaya tidak kecewa jangan menggunakan, tukang yang tidak memiliki pengalaman untuk membuat indah Karena beda tukang batu dengan pengrajin relief.

Begitu juga berbeda antara tukang kayu dengan membuat seni itu sendiri.

Syarat Pengrajin

Sebab syarat utama seorang pengrajin adalah mereka memiliki nilai seni yang tinggi. Mesjid sebenarnya juga tukang kayu dan tukang batu itu juga butuh nilai seni.

Akan tetapi untuk membutuhkan jiwa pemberontakan seorang seniman dalam menciptakan karya seniman yang maksimal.

Yang pada artinya seorang seniman keindahan ini cukup mengetahui apa konsepnya lalu kemudian mereka akan mengalir seperti mengalirnya air terjun dengan ide-idenya untuk mewujudkan.

Karya seni berkualitas tinggi secara inovatif dan tentu futuristik.

Pada kenyataannya, proses untuk menentukan harga biaya pembuatannya.

Ada dua yakni biaya borongan, atau biaya pembuatan.

Maksudnya ketika biaya borongan adalah seluruh bahan dan pengerjaan kita serahkan kepada senimannya. Artinya kita hanya terima beres

Sementara untuk biaya pengerjaan kita hanya sepakat biaya yang dibutuhkan untuk pengerjaan unit. Sementara bahan-bahannya kita yang menyediakan.

Tentu memiliki plus minus. Biaya borongan akan membutuhkan biaya yang relatif tinggi tetapi kita menghemat waktu. Sementara ketika kita yang membeli langsung bahan kita bisa menghemat biaya tapi kita boros waktu.

Adapun bayangan harga untuk pembuatannya ini pada ukuran 1 x 2 m adalah biaya pengerjaan 500 hingga 1 juta. Tetapi mereka yang memiliki kemampuan berlebih bahkan Tidak segan untuk mengeluarkan biaya lebih dari itu.

Untuk pemesanan pembuatan Relief, silahkan ke 081250636116

Nah kira-kira tipe mana yang akan anda gunakan pada pekarangan anda?

Sumber:

  1. Relief Taman
  2. Dekorasi Taman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *