Senam kegel sederhana yang dapat kita pelajari
Senam Kegel (Foto: klikdokter.com)

Senam Kegel Sederhana

Diposting pada

Senam kegel sederhana, jenis kegiatan yang menitikberatkan kekuatan panggul. Hal tersebtu mengakibatkan kesuburan dan peredaran darah lancar sampai ke area tersensitif dari manusia. Hingga pada akhirnya menjaga keharmonisan sebuah rumah tangga. Jadi, bagaimana jelasnya?

Beritaku.id, Lifestyle – Engkau dalam doa, seraya kami terus bersimpuh kepada-Nya. Mendapatkanmu rasanya harus jatuh bangun, hingga bangkit, lalu tersungkur kembali. Apa benar Dia menyayangi kami, sedangkan engkau tak kunjung datang dalam hidup, dan meriahkan hari-hari kami?

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Lifestyle)

Kebugaran dari pada manusia, memang menjadi salah satu komponen penting, dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Apalagi dengan manusia yang semakin hari semakin banyak tuntutan, yang mana membuat semuanya harus membutuhkan tenaga, fisik, mental dan fikiran.

Yang mana jika beberapa komponen tersebut terganggu, akan ada banyak hal yang menjadikan manusia terbatas semua aktivitasnya. Oleh karena itu sangat penting bagi manusia dalam menjaga kesehatannya, entah kebugaran dalam hal fisik, mental, sampai dengan psikis mereka.

Untuk mengawalinya, manusia dapat melakukan apa yang mereka suka, dan juga memberikan manfaat yang lebih banyak ketimbang mudaratnya. Misalnya saja seperti senam jenis kegel sederhana, yang dapat dipelajari dengan baik.

Pengertian Senam Kegel

Pengertian senam kegel sederhana
Pengertian senam kegel (Foto: mamapapa.id)

Ada begitu banyak jenis senam yang ada di dunia. Bahkan jika kita mau untuk mengulik tentang berbagai cabang dari senam, pasti akan ada banyak, dan bisa kalian urai dari pengertiannya saja.

Namun, sebelum mengenal lebih dalam tentang jenis dari senam, terutama dalam hal ini adalah jenis kegel sederhana. Senam sendiri memiliki artinya yang dapat kita simpulkan.

Yang mana menurut beberapa ahli seperti Mahendra, mengatakan bahwasannya “senam” adalah aktivitas yang mana sangat bermanfaat untuk mengembangkan fungsi dari beberapa komponen gerak tubuh, serta mengembangkan kapasitas dalam bergerak.

Baca juga beritaku: Induk Organisasi Senam Indonesia & Dunia; 8 Cabang

Hal tersebut juga hampir senada dengan ahli lain seperti Margono, mengatakan bahwa “senam” adalah suatu gerakan yang tercipta secara tersusun, terencana secara sistematis, guna membentuk pribadi yang lebih harmonis.

Jadi, bisa kita simpulkan, bahwasannya “senam” sendiri, adalah kumpulan dari beberapa jenis gerakan, yang tersusun dan terencana sistematis dan harmonis, guna membuat tubuh lebih sehat secara fisik ataupun mental.

Lalu, bagaimana dengan senam kegel? Senam kegel ini menurut beberapa literatur yang ada, bahwasannya jenis ini adalah kumpulan gerakan yang lebih menitikberatkan pada otot panggul dan beberapa bagian tubuh bagian bawah lainnya.

Tujuannya adalah meningkatkan fungsi dari otot bagian bawah, termasuk dari panggul sampai dengan bawah. Terutama untuk beberapa orang seperti ibu hamil, orang yang mengalami obesitas, yang mana otot panggul mereka sudah mulai menurun, dari tingkat fungsi dan kekuatannya.

Jadi, sangat baik untuk beberapa orang menggunakan senam ini, agar nantinya otot panggul mereka dapat kuat, serta berfungsi lebih baik, ketimbang dengan sebelumnya.

Makna Senam Kegel

Makna senam kegel (doktersehat.com)

Tapi, apa sih sebenarnya makna dari senam kegel ini? Mulai dari definisinya saja, senam ini merupakan senam yang menitikberatkan pada bagian bawah tubuh manusia.

Terutama daerah panggul, yang mana bertujuan agar otot panggul bisa lebih kencang, dan kekuatannya meningkat ketimbang pada awalnya.

Yang terpenting adalah peredaran darah lancar antara bagian paha satu dengan yang lainnya. Makanya ada beberapa gerakan-gerakan yang menitikberatkan pada menahan bagian panggul ke arah tertentu, guna meningkatkan peredaran darah semakin lancar.

Terlepas dari hal terebut, ada beberapa manfaat dari jenis senam kegel ini, antara lain:

  • Kandung kemih semakin baik fungsinya
  • Memudahkan wanita saat akan melahirkan
  • Mengurangi beberapa keluhan dari para ibu hamil.

Sehingga sangat baik melakukan senam kegel ini setiap harinya. Tapi, ternyata ada beberapa manfaat lain, yang bahkan banyak dari berbagai kalangan menjadikan senam kegel ini, senam favorit mereka setiap harinya. Kenapa ya?

Senam Kegel Favorit Keluarga, Kenapa?

Senam kegel favorit keluarga (lFoto: lemonilo.com)

Dari beberapa manfaat tersebut, menjelmalah mereka menjadi kegiatan olahraga favorit, oleh berbagai kalangan. Dari kalangan biasa, hingga elite sekalipun. Seakan senam ini memang ditujukan kepada mereka, serta menjadikan mereka sebagai kegiatan nomor satu untuk mengatasi masalah kesehatannya.

Karena bagaimanapun, jika kita lihat dari segi fleksibelitas, senam kegel ini sangat mudah untuk dipelajari, serta dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Baca juga beritaku: Dzikir Tengah Malam dan Khasiatnya Bagi Kehidupan

Yang menjadi titik berat dalam senam ini hanya konsentrasi untuk melakukan kegiatan mereka, dan tidak dianjurkan untuk membayangkan hal-hal aneh saat melakukan kegiatan ini.

Yang terpenting juga adalah, kemudahan dari mempelajari senam kegel ini. Ada beberapa gerakan yang hampir semuanya menumpu pada tubuh bagian bawah.

Sehingga pembakaran lemak yang ada, dapat tertarget sesuai dengan rencana awal. Tapi kembali lagi, perlu adanya pelurusan dari tujuan melakukan kegiatan ini, dan tingkat konsentrasi yang juga perlu untuk kita tingkatkan.


Senam Kegel Merapat Miss V, Benarkah?

Senam kegel merapatkan miss V (Foto: halodoc.com)

Kita juga sangat memahami, bagaimana senam kegel ini sangat banyak manfaatnya, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Yang mana ternyata salah satunya adalah senam kegel ini, dapat mengencangkan kembali, atau merapatkan kembali miss V wanita.

Hal tersebut beralasan dengan miss V yang menjadi komponen penting bagi wanita, sebagai “mahkota penting” mereka, yang perlu adanya penjagaan, peremajaan, perawatan, dan sebagainya.

Jadi, pertanyaan benarkan senam ini dapat merapatkan miss V wanita? Jawabannya adalah benar. Bahkan ada beberapa manfaat yang dapat wanita rasakan setelah melakukan senam segel pada area miss V, dan lainnya. Manfaat tersebut antara lain:

  • Miss V perempuan akan kembali mengencang setelah melakukan persalinan
  • Sirkulasi darah yang ada pada bagian vagina menjadi lebih lancar
  • Menghindarkan diri dari penyakit ambeyen, apalagi bagi wanita yang melakukan persalinan secara normal.
  • Mencegah terjadinya pelemahan otot pada bagian panggul wanita.
  • Sangat penting bagi ibu hamil untuk melakukan hal ini, agar nantinya dapat memberikan jalan yang lebih mudah untuk bayi lahir ke dunia.

Yang mana ke 5 poin tersebut sangat penting bagi wanita, agar nantinya dalam masalah apapun seperti miss V tidak kencang, sulit dalam bersalin, dan sebagainya. Dapat teratasi dengan mudah. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakuka senam kegel setiap harinya.

Dapat Mencegah Ejakulasi Dini,Benarkah?

Senam kegel dapat mencegah ejakulasi dini (Foto: batamnews.co.id)

Tapi senam kegel ini bukan hanya berlaku untuk wanita semata. Pria pun juga mempunyai keuntungan yang hampir sama, terutama pada area reproduksi sperma mereka.

Apalagi dengan kata-kata “ejakulasi dini”, yang sampai detik ini masih menjadi bahan pembahasan, yang terus diulas, hingga pada bagian bagaimana cara mengatasinya.

Tetapi siapa sangka bahwasannya senam kegel ternyata memiliki manfaat, bahkan menghindarkan diri dari “ejakulasi dini”, saat bercinta dengan pasangan.

Baca juga beritaku: Senam Akrobatik: 4 Teknik, Manfaat Dan Sensualisme

Akan terasa sangat akward bukan jika tiba-tiba kalian mengalami ejakulasi dini, padahal pasangan kalian belum merasakan “titik puncak” dari sensasi bercinta yang sedang berlangsung. Alhasil, perseteruan menjadi senjata ampuh untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Meski permasalahan mengenai ejakulasi din sudah lumrah dan tidak sedikit para pria yang mengalaminya, sayangnya hal itu justru semakin serius, bahkan sudah merambah kepada kelanggenan sebuah hubungan, entah pasangan, ataupun suami istri.

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa manfaat lain dari senam kegel ini, bagi pria selain ejakulasi dini tadi. Antara lain:

  • Melancarkan sirkulasi dari pembuangan urine di dalam tubuh
  • Menghindarkan diri dari penyakit serius, seperti kanker prostat
  • Ereksi semakin kuat dan mengeras. Hal tersebut menjadi indikasi bahwasannya peredaran darah mereka dari jantung ke penis, sudah membaik dan stabil.

Waktu Tepat Untuk Melakukannya

Waktu yang tepat melakukan senam (Foto: suara.com)

Tapi akan ada pertanyaan lain, yang mungkin juga menyangkut hal ini, dan pastinya menjadi sesuatu yang penting. Benar, yakni masalah waktu yang pas dalam melakukan senam kegel ini.

Meski demikian, yang namanya senam, jika kaji melalui dari kata tersebut, senam merupakan segala aktivitas, yang pada dasarnya akan sangat berpengaruh baik, jika kita melakukannya secara rutin, setiap hari.

Yang pasti pada pagi hari. Mengingat pagi hari adalah waktu yang mana belum terlalu banyak polutan yang mengudara, dan mencemarkan udara yang ada.

Begitu juga dengan senam kegel, meski sederhana, tapi dapat dilakukan setiap hari, dan merupakan aturan yang memang sudah seharusnya, jika menginginkan hasil yang lebih maksimal. Dan ini tidak hanya berlaku untuk satu gerakan senam saja.

Jadi, sangat disarankan untuk melakukan kegiatan senam kegel ini setiap hari, serta sesuai dengan aturan. Dalam beberapa literatur yang ada, banyak yang bilang melakukan senam kegel ini sebanyak 15 sampai dengan 20 kali, setiap setnya.

Tapi kembali lagi, harus diseimbangkan dengan kemampuan dari badan kalian, dan tidak boleh memaksa. Karena, pada dasarnya sesuatu yang dipaksa, akan menghasilkan tuaian yang tidak sesuai pula.

Gerakan Mudah Senam Kegel

Senam kegel sederhana untuk ibu hamil
Senam kegel untuk ibu hamil (Foto: sehatq.com)

Oleh karena itu, ada gerakan yang cukup mudah, yang mana ditujukan agar nantinya dapat melakukan senam kegel ini. Jadi, ada beberapa gerakan mudah yang dapat dilakukan, entah untuk wanita, ataupun pria. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pastikan posisi badan kalian dalam keadaan telentang, lalu kedua tangan berada di sisi-sisinya, serta kedua kaki di tekuk.
  • Perlahan, angkat bokong kalian ke atas, sambil menahan perut, atau istilahnya seperti “mengunci” perut.
  • Untuk posisi tangan, tetap berada di sisi-sisi tubuh, dan kaki pada bagian paha sampai lutut, lurus. Sehingga posisi mengangkat bokong, dan semua tumpuannya berada di bokong.

Baca juga beritaku: Senam Olahraga Jodoh: Pengertian, 3 Prinsip & Induk

  • Tahan pada posisi demikian selama kurang lebih 3 sampai dengan 5 detik.
  • Setelah itu, turunkan kembali, dan biarkan seperti posisi semula. Sambil lakukan pernafasan.
  • Ulangi tahap yang tadi, hingga sampai dengan 10 atau 15 kali. Tergantung dari kemampuan individual masing-masing.

Itulah beberapa cara untuk melakukan senam kegel yang terbilang cukup sederhana. Dan itu bisa dilakukan untuk pemula sekalipun. Sangat mudah bukan?

Induk Organisasi Senam Kegel

Logo PERSANI (Foto: wowkeren.com)

Untuk induk organisasi dari senam kegel ini, sebenarnya sudah ikut dalam kategori senam umum. Yang mana senam umum ini, termasuk dalam bawah naungan dari organisasi PERSANI, atau singkatan dari Persatuan Senam Indonesia.

Yang mana organisasi tersebut, sudah berdiri lama, bahkan tahun berdirinya adalah 1963. Sekaligus mempunyai beberapa jenis senam, yang tidak sedikit dari jenisnya, sudah ikut beberapa perlombaan, baik dalam kancah nasional, maupun internasional.

Seperti contohnya adalah senam artistik, senam ritmik, dan sebagainya. Untuk organisasi internasionalnya sendiri, adalah FIG, yang mana awalnya tercetus dan terbentuk pada tahun 1881, tepatnya di negara Belgia.

Penutup

Sekian ulasan kali ini mengenai senam kegel sederhana. Pada dasarnya, semua senam, apapun itu. Kegiatan tersebut terbentuk dan tersusun dengan rapih serta sistematis, beguna agar kebugaran dan kesehatan manusia tetap terjaga.

Entah dari sisi mental, fisik, serta psikologisnya. Sehingga manusia dapat beraktivitas seperti biasa. Terus berinovasi, dan membanggakan bangsa. Semoga terinspirasi.

Daftar Pustaka:

  1. https://www.alodokter.com
  2. https://teks.co.id
  3. https://www.republika.co.id
  4. https://www.popmama.com
  5. https://tirto.id
  6. https://medikaplaza.co.id
  7. https://www.halodoc.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *