Arti senam
Senam adalah (Foto: dbs.com)

Senam: Sarana Penyehat Tubuh, Hingga 4 Atlet Berprestasi

Diposting pada

Senam, “Seksisme dan misogini” dalam dunia olahraga bukanlah berita baru. Hampir semua cabang olahraga menyimpan sisi gelap tersebut. Secara tradisional identik dengan wanita, cabang olahraga senam nyatanya tak bisa terlepas dari mimpi buruk hasil ketidakmampuan pria mengendalikan syahwatnya.”

Beritaku.id, Olahraga – Allah Swt menciptakan setaiap bagian tubuh manusia dengan tujuan yang istimewa. Dari ujung rambut hingga ujung kaki, semua diciptakan-Nya dengan fungsi berbeda. Agar manusia bisa mempertahankan eksistensinya di alam semesta.

Oleh: Riska Putri (Penulis Olahraga)

Setiap helai rambut, setiap jengkal kulit, merupakan bukti cinta Allah kepada manusia. Sekaligus pengingat agar manusia senantiasa bersyukur atas nikmat karunia-Nya. Maka, sudah sewajarnya manusia menjaga tubuh pemberian itu dengan sebaik-baiknya.

Salah satu cara manusia menjaga tubuhnya adalah dengan berolahraga. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, olahraga di definisikan sebagai aktivitas untuk melatih tubuh seseorang. Tubuh dalam hal ini tidak hanya berarti tubuh secara fisik (jasmani), melainkan juga secara mental dan spiritual (rohani).

Berabad sudah manusia eksis di muka bumi. Peradaban telah banyak berganti, timbul tenggelam bersama pergantian zaman. Bersamaan dengan itu, imajinasi serta ilmu pengetahuan manusia telah melahirkan beragam bentuk dan cabang-cabang olahraga.

Salah satu cabang olahraga itu bernama senam. Cabang olahraga yang identik dengan atlet wanita ini, menyimpan sisi gelap seksisme dan misogini yang berbau busuk. Berikut pembahasannya.

Senam dan Tubuh Wanita: Pikiran Cabul yang Mengeksploitasi

Sebelum membahas sisi gelap dunia senam, ada baiknya kita mengenal olahraga ini terlebih dahulu. Secara istiliah, senam adalah salah satu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan. Tiap-tiap rangkaian gerakan dalam olahraga ini membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan keserasian fisik yang teratur.

Senam
Kayang sebagai salah satu senam lantai. (Sumber Helfer Photo)

Dalam pelaksanaannya, siapapun dapat melakukannya secara mandiri maupun berkelompok. Senam juga dapat berfungsi sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga lain. Meskipun menuntut rangkaian gerak yang teratur, olahraga ini justru memiliki sifat fleksibel. Artinya, ia dapat di lakukan untuk rekreasi, relaksasi, atau sekadar menenangkan pikiran.

Rangkaian gerakan yang teratur dan dinamika naik turunnya irama jantung yang lebih stabil akan menghasilkan efek therapeutic.  Maka tak perlu heran, jika kaum hawa banyak menggandrungi olahraga ini. Karena pada dasarnya para wanita cenderung lebih lihai dalam beraktivitas secara multitasking.

Hanya dengan melakukan satu aktivitas, dua manfaat berupa kesehatan fisik dan ketenangan mental bisa kita dapatkan. Olahraga senam juga memegang peranan penting dalam melatih kelenturan tubuh. Karena formulasi gerakannya yang banyak serta menyerupai tarian.

Memang banyak gerakan senam yang mengambil inspirasi dari koreografi dansa pop modern maupun ballet tradisional. Sehingga wajar jika liukan tubuh saat bersenam kerap terlihat indah dan anggun.

Keindahan gerakan itulah yang menjadi asal muasal sisi gelap dunia senam. Di tambah lagi pakaian olahraga yang ketat membalut tubuh. Membuat semakin banyak pria-pria bermental cabul memanfaatkan moment olahraga itu untuk memuaskan napsu. Tak ayal para pelaku olahraga ini, baik atlet maupun ibu rumah tangga biasa, lumrah di jadikan objek seksual pria hidung belang.

Manusia memang kerap di kalahkan oleh nafsu dan rasa penasaran. Tapi, sangatlah tidak pantas olahraga yang seyogyanya bertujuan untuuk menyehatkan tubuh, malah di jadikan objek fantasi seksual.

Pandangan Lelaki Hidung Belang Mengganggu Wanita Pesenam

Seperti di katakan sebelumnya, gerakannya banyak terinspirasi dari berbagai jenis tarian. Bahkan, tak jarang para koreografer memasukkan bagian tarian tertentu ke dalam rangkaian gerakan senam.

Contohnya, Poco-poco dan Senam Maumere, yang mengambil inspirasi dari lagu daerah. Gerakan tari Salsa juga umum muncul dalam rangkaian senam. Racikan-racikan gerakan sering pula memasukkan gerak tari Waka-waka ala Shakira. Atau yang belakangan populer adalah gerakan-gerakan tarian K-Pop dan Dangdut Koplo.

Senam
Aly Raisman. (Sumber Film MagicGilbert Carrasquillo)

Sama seperti lagu dan tari, olahraga ini juga memiliki berbagai macam jenis. Masyarakat Indonesia umumnya mengenal beberapa jenis senam, seperti:

  1. Senam Lantai
  2. Senamm Hamil
  3. Aerobik
  4. Senam Pramuka
  5. Senam Kesegaran Jasmani (SKJ)

Ambil SKJ sebagai contoh. Rasanya hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal cabang yang satu ini. SKJ memiliki rangkaian gerakan yang repetitif, mudah dicerna, tetapi tetap mampu mengaktifkan fungsi-fungsi metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, jenis SKJ ini akhirnya menjadi kurikulum sekolah, mulai dari sekolah dasar.

Pertanyaannya, apakah SKJ juga kerap di jadikan objek seksual? Nampaknya tidak, karena gerakannya sangat sederhana dan sasaran utamanya adalah anak-anak.

Baca Juga Beritaku: Olahraga Basket, Sejarah, Cаbаng dаn Wadah Induk

Lalu, jenis senam mana yang biasanya menjadi objek seksual?

Jawaban paling mudah adalah senam lantai dan aerobik. Kedua jenis tersebut memiliki rangkaian gerakan yang jika dilakukan wanita, akan menonjolkan lekuk tubuh, bentuk payudara, bokong, dan bagian lainnya.

Bahkan, ada perkataan bahwa kedua jenis senam tersebut merupakan “jenis yang memanjakan mata lelaki”. Namun, kita harus meyakini bahwa tidak semua laki-laki memiliki pikiran seperti itu pada saat menyaksikan wanita melakukan gerakan senam.

Erotika dalam aktivitas-aktivitas yang sama sekali tak berhubungan dengan aktivitas ranjang, sesungguhnya adalah masalah mental belaka. Bagi orang-orang bermental lemah, banyak hal normal dan biasa-biasa saja yang di anggap erotis.

Sudah sepatutnya para atlet wanita mendapatkan penghargaan sebagai seorang professional yang menekuni bidangnya dengan sepenuh jiwa. Pertunjukkan senam pun harus dipandang sama dengan olahraga lainnya, yaitu sebagai aktifitas yang bertujuan menyehatkan. Dan bukan untuk memuaskan segelintir kalangan hidung belang.

Akan sangat baik sekali jika setiap orang, baik Islam maupun non-Islam, dapat menerapkan perintah Allah mengenai menundukkan pandangan. Karena sungguh, banyak bencana bermula dari meliarkan pandangan mata kepada hal-hal yang tidak seharusnya.

Perbedaan Gimnastik dan Aerobik

Beranjak dari pembahasan mengenai sisi gelapnya, di bagian ini kita akan membahas tentang salah dua jenis senam secara spesifik. Yaitu senam gimnastik dan aerobic.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gimastik berarti senam, gerak badan, atau olahraga. Sedangkan jika di lihat padanan katanya dalam Bahasa Inggris, kata gymnastic memiliki arti “senam” secara umum. Berdasarkan pengertian tersebut, gimnastik adalah aktivitas olahraga senam dalam cakupan umum.

Istilah gimnastik seringkali merujuk pada jenis senam lainnya, yaitu senam irama (senam ritmik). Kesalahpahaman ini terjadi karena senam irama umumnya di lakukan di dalam gedung olahraga (gym). Karenanya, terasa wajar jika orang awam kemudian salah kaprah.

Berkenaan dengan senam irama, namanya tersebut tersemat karena jenis ini memiliki gerakan yang mengikuti irama. Tak hanya berasal dari musik, irama dapat pula berasal dari tepukan tangan, ketukan, nyanyian, dan sebagainya.

Senam irama bisa di lakukan secara perorangan maupun kelompok. Para penonton akan mudah terkagum-kagum saat menyaksikan aksi para pesenam satu ini, berkat koreografinya yang kental nuansa akrobatik. Para pesenam dapat mengeksekusi koreografi tersebut dengan tangan kosong maupun bantuan properti berupa bola, pita, tali, gada, dan simpai.

Sementara itu, senam aerobik adalah sejenis yang berfokus pada penggunaan oksigen secara tepat dan cepat. Ciri utamanya adalah gerakan yang cepat, repetitif, dan umumnya di lakukan dalam durasi 20-30 menit saja.

Perbedaan Gerakan:

Mengenai gerakan, senam aerobik bisa memiliki rangkaian gerakan yang terpola maupun tidak. Hal terpenting adalah peningkatan fungsi metabolisme tubuh melalui gerakan yang mengikuti irama musik. Untuk menunjang tujuan tersebut, musik yang di gunakan biasanya memiliki tempo cepat dan bergairah, serta memiliki ketukan ritmis, kesinambungan, dan durasi sesuai kebutuhan. Contohnya seperti music music dangdut remix yang biasa di putar di warung kopi atau angkutan umum.

Kedua jenis senam tersebut sama-sama bermanfaat untuk menyehatkan badan. Bedanya, untuk aerobik umumnya bertujuan membakar banyak kalori dalam waktu singkat, maupun sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga lain yang lebih rumit. Sedangkan senam irama lebih mengutamakan keindahan dan ketepatan gerak tubuh dalam mengikuti irama yang ada.

Baca Juga Beritaku: Olahraga Renang: Keindahan Hingga Berat Badan Ideal

Senam Lantai nan Gemulai

Senam

Selanjutnya kita akan membahas senam lantai yang kerap di anggap sensual. Seperti namanya, aktivitas satu ini dilakukan di atas lantai menggunakan alas berupa matras. Sedangkan secara teknis, senam lantai merujuk pada aktivitas senam yang menggunakan seluruh anggota badan, dan memiliki kombinasi terpadu.

Dalam melakukan senam lantai, ada beberap teknik yang biasa digunakan, antara lain:

  1. Sikap Lilin
  2. Berguling Depan (forward roll)
  3. Berguling Belakangan (backward roll)
  4. Berdiri dengan Kedua Tangan (handstand)
  5. Guling Lenting (neck spring)
  6. Kayang
  7. Loncat Harimau
Para ahli memformulasikan teknik-teknik di atas secara khusus untuk menghasilkan manfaat, sebagai berikut:
  1. Memperkuat otot lengan, kaki, paha, pinggang, perut, dan dada.
  2. Menambah kekuatan fisik.
  3. Meningkatkan kemampuan gerak tubuh agar lebih lincah.
  4. Menjaga keseimbangan.
  5. Melatih lompatan.
  6. Meluruskan tubuh yang bungkuk.
  7. Melatih fokus.
  8. Membakar lemak.
  9. Melancarkan sirkulasi aliran darah.
  10. Meningkatkan kekuatan jantung.
  11. Menurunkan berat badan.

Senam lantai memang mengedepankan teknik. Karena bila dilakukan secara gegebah dapat menyebabkan cedera otot atau patah tulang yang parah. Sepintas memang terlihat sederhana, namun tanpa latihan khusus tentu saja dapat barbahaya.

Senam ini merupakan fondasi bagi kekuatan otot, kelenturan, dan kelentukan para atlet untuk melakukan gerakan yang lebih rumit. Tanpa menguasai teknik gerakan senam lantai yang benar, atlet manapun tidak akan naik tingkat.

Tidak seperti aerobic atau senam ritmik yang mudah dilakukan oleh masyarakat umum, senam lantai umumnya dilakukan oleh atlet. Karena memang membutuhkan pengawasan dari seorang ahli agar pesenam tidak cedera. Sayangnya, gerakan senam yang sulit ini tidak pula luput dari hujaman hawa nafsu hidung belang.

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) Ika Yuliati, kasus pelecehan terhadap atlet perempuan marak terjadi di cabang olahraga senam. Hal ini dikarenakan kontak fisik selalu terjadi selama proses latihan, baik sesama atlet maupun atlet dengan pelatih. Bayangkan betapa banyaknya bibit unggul yang gagal tumbuh karena tindakan immoral itu.

Kita sebagai generasi yang lebih teredukasi dan melek teknologi, sudah sepatutnya lebih menghormati sesama manusia. Terutama dalam bidang profesi seperti para atlet perempuan itu. Kita juga harus menyebarkan gagasan positif agar wanita dihargai sebagai manusia yang utuh dan bukan objek seksualitas.

Atlet Senam Wanita Berprestasi

Setelah berpanjang lebar membahas hal-hal negatif yang identik dengan olahraga ini, kami akan membahas prestasi gemilang para atletnya di segmen terakhir ini. Semoga Anda yang berminat menekuni bidang ini lebih termotivasi. Berikut ini 4 pesenam wanita paling berbakat sepanjang sejarah.

Simone Biles

Simone Arianne Biles adalah pesenam asal Amerika Serikat, yang memiliki julukan “The Most Decorated American Gymnast”. Julukan tersebut didapatkan Biles setelah mengantongi medali ke-30 dari ajang Olimpiade dan Kejuaraan Senam Dunia. Bersamaan dengan itu, pesenam yang akan berulang tahun ke 24 ini juga merupakan pesenam dengan medali terbanyak ketiga di seluruh dunia.

Simone Biles
Simone Biles. (Sumber Getty Images)

Aly Raisman

Pesenam kelahiran tahun 1994 bernama lengkap Alexandra Rose Raisman merupakan atlet yang pernah mewakili negara asalnya, Amerika Serikat, sebanyak dua kali di ajang Olimpiade. Pada Olimpiade 2016, Aly berhasil menyabet medali perak untuk nomor individu, dan medali emas untuk nomor kelompok.

Gabby Douglas

Gabrielle Christina Victoria Douglas yang akrab disapa Gabby adalah atlet wanita keturunan Afrika-Amerika pertama yang menyabet gelar “Individual All-Around Champion” pada ajang Olimpiade 2012. Di tahun yang sama, atlet asal Amerika Serikat ini juga dinobatkan sebagai pesenam Amerika pertama yang menyabet medali emas pada cabang olahraga senam nomor individu dan kelompok dalam perhelatan Olimpiade yang sama.

Gabby Douglas
Gabby Douglas. (Sumber Wikipedia)

4. Márta Károlyi

Pesenam kelahiran Hungaria ini adalah pelatih senam dan mantan koordinator tim nasional Amerika Serikat. Tangan besinya telah melahirkan 9 jawara Olimpiade, 15 jawara dunia, 16 jawara Eropa termasuk:

Márta Károlyi
Márta Károlyi. (Sumber santafenewmexican.com)

  • Mary Lou Retton
  • Betty Okino
  • Kerri Strug
  • Teodora Ungureanu
  • Phoebe Mills
  • Nadia Comăneci
  • Kim Zmeskal
  • Dominique Moceanu

Baca Juga Beritaku: Senam Olahraga Jodoh: Pengertian, 3 Prinsip & Induk

Daftar Pustaka

  1. Anshel, Mark. 1991. Dictionary of the Sport and Exercise Sciences. Illinois: Human Kinetics Books.
  2. Gunarsa, Singgih. 2004. Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
  3. Shinabargar, Nancy. 1989. Sexism and Sport: A Feminist Critique. London: T&T Clark.
  4. Jusuf, Jeane Betty Kurnia, Andri Tria Raharja, dan Nanda Alfian Mahardila. 2019. The Development of Rhythmic Gymnastics Model to Improve Basic Movement and Interest in Rhythmic Gymnastics. Samarinda: Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. https://media.neliti.com/media/publications/274156-the-development-of-ritmic-gymnastic-mode-d32662d5.pdf. Diakses pada 2 Maret 2021.
  5. Windayanda, Rakha Fakhreza. 2020. Senaam Lantai adalah Kegiatan Olahraga yang Dilakukan di Lantai, Ketahui Manfaatnya. Jakarta: Merdeka. https://www.merdeka.com/jatim/senam-lantai-adalah-kegiatan-olahraga-yang-dilakukan-di-lantai-ketahui-manfaatnya-kln.html. Diakses pada 2 Maret 2021.
  6. 2021. Bukan Kasus Keperawanan, Senaam Lebih Rentan Pelecehan Seksual. https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20191129171359-178-452736/bukan-kasus-keperawanan-senam-lebih-rentan-pelecehan-seksual
  7. Simone Biles. Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Simone_Biles. Diakses pada 2 Maret 2021.
  8. Aly Rasisman. Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Aly_Raisman. Diakses pada 2 Maret 2021.
  9. Gabby Douglas. Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Gabby_Douglas. Diakses pada 2 Maret 2021.
  10. Márta Károlyi. Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/M%C3%A1rta_K%C3%A1rolyi. Diakses pada 2 Maret 2021.