Seni bela diri dari kempo
Seni bela diri kempo (Foto: matranews.id)

Sejarah Hingga Induk Organisasi Seni Bela Diri Kempo

Diposting pada

Seni bela diri kempo, salah satu ilmu bela diri yang mana sampai detik ini menjadi ilmu bela diri yang banyak diminati oleh kebanyakan orang, di berbagai lapisan masyarakat. Terdapat pula sejarah hingga induk organisasi dari bela diri ini. Maka, begini jelasnya.

Beritaku.id, – Olahraga_ Mencekam, terdengar suara hentakan. Lalu gadis itu berlari, menyusuri lorong-lorong yang mencekam. Hingga pada akhirnya ia pasrah kepada sang Ilahi, meminta dan berdoa pada sebuah keselamatan. Hingga pada akhirnya ia pun belajar, dalam balutan bela diri, dan menjadi senjata kini.

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Olahraga)

Hai, kembali lagi dengan tagline tulisan yang dirindukan. Halo, apakabar semuanya. Kita tidak bisa memungkiri bahwasannya manusia harus mempunyai sebuah perlindungan diri sendiri jika sewaktu-waktu menghadapi permasalahan.

Yang paling utama adalah ketika saat kita akan pergi ke suatu tempat, yang mana mungkin pada waktu yang “rawan”. Hal tersebut juga yang kadang, membuat siapa saja takut, dan sejenisnya.

Maka, tidak heran jika kebanyakan orang sekarang mulai open minded dengan teknik bela diri, yang dapat dipelajari dengan mudah. Seperti seni bela diri muatay, kempo, pencak silat, dan sejenisnya.

Hal tersebut merujuk kepada perlindungan mandiri, namun bukan berarti meremehkan orang yang ingin melindungi kita. Tapi, tidak ada salahnya bukan jika kita mempelajari tentang hal tersebut?


Sejarah Bela Diri Kempo

Sejarah dari seni ilmu bela diri kempo
Sejarah bela diri kempo (Foto: matranews.id)

Bicara masalah seni bela diri dari kempo, ternyata mempunyai sejarah yang dapat kita pelajari. Kempo, atau yang sering dikenal dengan Shorinji Kempo, adalah ilmu bela diri asal Jepang, yang sekarang sudah cukup banyak orang mengenalnya.

Ilmu bela diri ini berasal dari Jepang, yang mana tercetuskan oleh Doshin So, pada tahun 1947. Shorinji Kempo tersebut juga terdiri dari beberapa istilah.

Yakni “sho” artinya kecil lalu “rin” artinya hutan, “ji” artinya kuil, lalu “ken” artinya tinju atau kepalan, serta “po” artinya sebuah metode.

Namun di beberapa literatur lain, kata dari “Shorinji” ini merupakan modifikasi dari nama sebuah kuil di Tiongkok, yang mana berasal dari huruf kanji bahasa Tionghoa, yang mana jika dibacaakan berbunyi Shaolinsi.

Seni bela diri dari kempo ini, menitikberatkan pada tiga keuntungan. Yang pertama adalah meningkatkan kesehatan, lalu melatih pertahanan diri, serta yang ketiga adalah mengasah pelatihan diri mengenai ilmu bela diri tersebut.


Perbedaan Dasar Kempo, Karate dan Pencak Silat

Perbedaan kempo, pencak silat, dan karate (Foto: solotrust.com)

Namun, yang namanya ilmu bela diri, tidak hanya kempo saja. Ada beberapa jenis ilmu bela diri yang sampai detik ini menjadi ilmu bela diri populer, banyak peminatnya, bahkan tidak jarang sudah melahirkan para atlet dari ilmu bela diri tersebut.

Ialah pencak silat serta karate. Yang mana jika kita amati lebih dalam, ketiga jenis ilmu bela diri ini mempunyai perbedaan serta persamaan yang tidak beda jauh. Maka, begini penjelasannya:

Dasar Pengertian Karate

Mungkin dari kita, menyangka bahwa karate ini adalah salah satu ilmu bela diri dari Jepang. Nyatanya dalam sejarah, karate ini adalah jenis ilmu bela diri yang berasal dari China, namun berkembang di Okinawa, Jepang.

Jenis bela diri ini tercipta oleh Darma, yang merupakan guru Budha yang Agung, pada abad ke 16 Masehi. Dulu nama dari karate ini adalah “Tangan China”, yang mana akhirnya mereka memberikan nama “okinawa- te”, ketika kota Okinawa menjadi bagian dari Negara Jepang.

Lambat laun,kota tersebut menjadi salah satu bagian dari Jepang, ilmu bela diri tersebut berubah nama yang awalnya adalah “okinawa -te” menjadi Karate. Dan hal tersebut membuat ilmu bela diri tersebut semakin populer di berbagai kalangan, bahkan hingga ke belahan dunia.

Hingga pada akhirnya, pada tahun 1970, terbentuklah WKF, atau singkatan dari World Karate Federation, yang menjadi wadah para organisasi karate di seluruh dunia.

Teknik mendasar dari jenis karate ini, hampir sama dengan kempo, namun yang membedakan adalah dalam peraturannya tidak boleh membawa persenjataan apapun, dalam artian tangan kosong.

Dasar Pengertian Pencak Silat

Hampir semua orang setuju, bahwasannya pencak silat adalah ilmu bela diri warisan leluhur asal Negara Indonesia. Nyatanya, pencak silat ini merupakan salah satu ilmu bela diri yang mana ada dan tersebar di beberapa wilayah Asia tenggara. Baik Malaysia, Singapura, Filipina, dan beberapa Negara Asia Tenggara lain, dengan istilah yang berbeda.

Meski demikian, dalam sejarah, pencak silat dulunya digunakan sebagai salah satu alat dalam memperluas wilayah kekuasaan dengan membangun pendidikan berbasis untuk mempelajari pencak silat ini.

Pencak silat sendiri awalnya di temukan pada abad ke 7, yang mana saat itu sangat terkenal pendekar-pendekar pencak silat handal dari beberapa kerajaan terbesar di Indonesia, yakni kerajaan Sriwijaya, serta Majapahit.

Namun, literatur lain mengatakan bahwasannya, pencak silat tersebut ditemukan di beberapa relief candi yang ada di Indonesia, seperti di Candi Prambanan, serta Candi borobudur, yang ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Donal F, Dreager.

Hingga pada sekitar abad XVII, terciptalah organisasi IPSI atau singkatan dari Ikatan Pencak Silat Indonesia, yang resmi berdiri pada tahun 1988.

Teknik dasar dari pencak silat ini, adalah kuda-kuda, lalu ada sikap pasang, gerak langkah, serta jurus. Pencak silat ini identik juga dengan menggunakan jurus serang yang dibarengi dengan menggunakan senjata, serta menggunakan seragam khas dari pencak silat tersebut.

Jadi, perbedaan dari kempo, pencak silat, serta karate, itu apa? Yang pasti dari asal muasal adanya jenis-jenis ilmu bela diri ini.

Yang mana kempo berasal dari Jepang, lalu karate adalah ilmu bela diri yang asalnya dari China, lalu berkembang di Okinawa, Jepang.

Sementara pencak silat sendiri merupakan ilmu bela diri yang pyur berasal dari Negara-negara Asia tenggara, terutama Indonesia.

Perbedaan selanjutnya adalah, untuk karate dan kempo mereka sama-sama tidak menggunakan senjata untuk beraksi, sedangkan pencak silat, tidak jarang menggunakan senjata untuk perlindungan diri saat melakukan seni bela diri tersebut.


Teknik Dasar Olahraga Kempo

Pelatihan atlet kempo di NTB (Foto: suarantb.com)

Lalu, bagaimana teknik dasar dari olahraga seni bela diri jenis kempo? Ada beberapa jenis teknik dasardari ilmu bela diri ini, antara lain:

Teknik Zazen

Adalah jenis teknik kempo yang berupa sebuah meditasi. Teknik ini lebih menitikberatkan kepada sebuah pembebasan pemikiran dari hal-hal buruk, dan sejenisnya.

Juga teknik ini melatih mental, serta mengatur pernafasan agar lebih teratur. Untuk posisi meditasi ini hampir sama dengan jenis posisi meditasi pada umumnya.

Teknik Goho

Adalah teknik pertahanan yang mana jenis ini menitikberatkan pada pengalihan serangan daripada lawan yang ada dihadapannya.

Jenis teknik ini sangat “keras”, mengingat teknik tersebut selain menangkis, juga dapat mencari celah pada posisi mana kita dapat membalikkan posisi lawan menjadi yang kita serang.

Teknik Juho

Jenis teknik ini bisa dibilang sebagai teknik banting, atau kuncian, yang mana ketika seorang lawan mengalami serangan jenis ini, maka secara otomatis, keseimbangan mereka akan goyah.

Mengingat teknik juho, adalah jenis teknik yang lebih menekankan pada keseimbangan lawan dengan cara mengunci lawan lewat teknik banting, guna mendapat celah yang mudah saat menyerang.

Teknik Taisabaki

Adalah jenis teknik kempo yang lebih menitikberatkan pada penghindaran diri dari serangan lawan, dengan bentuk pukulan, tendangan, serangan secara langsung, dan sebagainya.

Ada beberapa jenis taisabaki yang sangat terkenal, salah satunya adalah jenis yokufurimi, yang merupakan teknik menghindarkan diri dari serangan lawan lewat kaki kanan, lalu mengayunkannya lagi ke arah lawan guna menjadi serangan balik.


Jenis Kelas Pertandingan Kempo

Kejuaraan kempo (Foto: beritasatu.com)

Adapun beberapa jenis kelas pertandingan untuk seni bela diri dari kempo ini. Yang mana terdapat dua unsur, dan juga tidak dapat terpisahkan.

Yakni Randori, serta embu. Randori adalahnama dari regu atlet dari kempo, yang mana terdiri dari 6 orang. Untuk pertandingannya bisa secara individual, namun jika regu harus ber-6.

Untuk embu sendiri adalah teknik dari pertandingan kempo yang akan terselenggara. Durasi dari pertandingan menggunakan teknik, antara 1 hingga 2 menit. Jika lebih dari itu, maka akan di diskualifikasi secara otomatis.

Dan untuk menentukan adanya pemenang, salah satu regu dari randori harus menghasilkan sebuah hard contact, yang mana membuat pihak lawan tidak dapat berkutik. Hanya saja perlu kita ingat bahwa tidak sampai membuat lawan cidera.

Untuk penilaiannya sendiri, dari teknik embu dijumlahkan nilainya, adalah 100 dari teknik yang ditentukan, serta apa yang menjadi sasaran dari teknik tersebut.


Induk Olahraga Kempo Dunia dan Nasional

Karena kempo ini semakin mendunia dan banyak orang yang berminat pada jenis ilmu bela diri ini, oleh karenanya tercetuslah beberapa induk organisasi, baik untuk cakupan Nasional, maupun dunia.

Induk Oganisasi Nasional

Induk organisasi seni bela diri kempo
Porkemi logo (Foto: porkemi.com)

Kempo sendiri baru saja menjadi salah satu seni ilmu bela diri baru yang resmi di Indonesia. Dengan berdirinya PORKEMI, atau singkatan dari Persatuan Olahraga Kempo Indonesia, kempo Indonesia, siap go internasional.

PORKEMI sendiri lahir dan resmi menjadi organisasi kempo di Indonesia, pada tanggal 10 November tahun 2018 kemarin, sekitar 3 atau 4 tahun yang lalu.

Porkemi sendiri memiliki beberapa struktur organisasi, antara lain:

  • Ketua umum yang mempunyai wakil ketian I dan II
  • Sekretaris bersama dengan wakilnya
  • Bendahara dan wakilnya, lalu
  • Pengurus organisasi tingkat daerah
  • Tingkat Provinsi atau kabupaten, hingga
  • Pengurus DOJO.

Induk Organisasi Internasional

Logo kempo dunia (Foto: aturanpemain.blogspot.com)

Untuk induk organisasinya sendiri, tahun berdiri hampir sama dengan karate. Yang mana tumbuh besar pada tahun 1947, di Jepang, hingga sekarang menjadi tempat kepengurusan dari organisasi internasional ilmu bela diri kempo.

yang mana bernama WSKO atau singkatan dari World Shorinji Kempo Organization, yang mana menaungi banyak sekal organisasi-organisasi kempo di seluruh dunia, hingga saat ini. Termasuk dengan Indonesia.


Daftar Atlit Kempo Tercantik

Atlet cantik dan berprestasi (Foto: lamurionline.com)

Namun, nyatanya hal tersebut melahirkan beberapa atlet, yang notabennya sebagai atlet cantik, maupun sejenisnya. Jadi, berikut beberapa listnya:

Suci Kurnia Dewi

Yang mana merupakan seorang atlet dari Papua, dan siap mengharumkan nama Papua pada kancah nasional lewat kepiawaiannya lewat ilmu bela diri kempo ini.

Dikutip dari Nusantaranews.com, Suci adalah salah satu atlet kempo Andalan yang mana telah menorehkan prestasi dengan mendapatkan medali emas pada tahun 2014, 2016, serta yang terakhir adalah 2018.

Cherly Mersilly

Adalah atlet kempo asal Medan, yang mana menjadi tiket masa depan dari Medan untuk melenggangkan diri di pertandingan PON mendatang.

Hal tesebut merujuk kepada prestasinya pada dunia bela diri kempo, meski umurnya masih muda, yakni ia lahir pada tahun 2002. Salah satu prestasinya adalah mendapatkan medali emas pada tingkat pertandingan kota di Medan, yang terselenggara pada tahun 2018.

Rahmayani

Juga merupakan salah satu atlet kempo yang menjadi andalan dari kota Makassar yang juga siap untuk melebarkan sayapnya di dunia bela diri kempo.

Hal tersebut merujuk kepada salah satu prestasi gemilangnya, ialah menjadi juara pertama untuk jenis olahraga kempo, pada pertandingan PORDA tahun 2018.

Penutup

Sekian ulasan kali ini mengenai seni bela diri kempo. Yang pasti semua ilmu bela diri itu baik, dan mempunyai berbagai manfaat untuk manusia.

Yang membedaka adalah dari segi tujuan mereka, hal yang mendasari mereka, mengapa mereka ingin belajar tentang sebuah ilmu bela diri tertentu.

Terimakasih, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://id.wikipedia.org
  2. https://www.yuksinau.id
  3. https://www.gurupendidikan.co.id
  4. https://organisasi.co.id: Seni Bela Diri Kempo
  5. http://www.nusantaranews.net/
Bagikan Ke