SMP Islam Terpadu Ibnu Sina Makassar Kunjungi War Room Pemkot

Diposting pada

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Air sungai mengalir lembut bagai kaca yang sangat bening, jiwa dan raga terbasuh, desaku yang permai, Kamis (18/4/2019).

Ichwan Jacub Kepala Dinas Infokom Kota Makassar sangat mengapresiasi siswa(i) SMP Islam Terpadu Ibnu Sina dalam kunjungan ke War Room Pemkot.

“Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju olehnya itu Diskominfo. Kota Makassar mengajak dan memperkenalkan informasi teknologi War Room ke peserta didik kita yang Pemkot Makassar miliki. Tentu kita berharap kedepan dari kunjungannya ke War Room, peserta didik mempunyai pengalaman baru yang membuka wawasan mereka bisa lebih kreatif untuk pengembangan teknologi dimasa datang.” pungkas Ichwan Jacub.

War Room (Ruang kontrol) Pemeintah Kota Makassar ini berada di lantai 10 Kantor Balai Kota Makassar. Di dalam ruangan, ada layar lebar melengkung sekitar 6 x 2 meter yang menampilkan tayangan real time 69 kamera pemantau yang telah ditempatkan di titik-titik strategis di Kota Makassar.

Teknologi ruang kontrol yang dimiliki Makassar ini lebih canggih yang dimiliki Kota Bandung dan Surabaya, karena selain berfungsi sebagai kamera pemantau traffic jalan, kamera CCTV milik War Room Makassar dapat melakukan zooming berkali lipat, teknologi kamera infra merah, dan dapat berputar 180 derajat. Kemampuan menyimpan data rekamannya mampu hingga 5 tahun lamanya, dari beberapa mesin server yang berada di ruangan War Room.

Selain itu pula di War Room ini juga menampilkan data kependudukan, pemantauan cuaca dan iklim, serta aplikasi tracking GPS pada semua kendaraan layanan publik milik Pemkot Makassar.

“Tahap pengembangan operation room akan diintegrasikan data-data dari beberapa SKPD untuk mengarah ke Big Data sesuai tujuan operation room sebagai pusat pengambilan keputusan berbasis data. Tahap selanjutnya melakukan virtualisasi beberapa aplikasi yang telah ada di SKPD dan integrasi ke operation room,” tutup Ichwan Jacub. (*)

Editor: Sy

Bagikan Ke