Media Sosial, Strategi Komunikasi Pemasaran Dan Prospek Kerja
Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Medsos (Foto: Winstarlink.com)
Media Sosial, Strategi Komunikasi Pemasaran Dan Prospek Kerja

Dalam hal memperluas penjualan, berikut strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial, Dan Prospek Kerja Masa Datang.

Beritaku.Id, Organisasi Dan Komunikasi – Persaingan semakin tinggi, tanah strategis semakin sempit, sehingga memaksa pemerintah melakukan ekspansi kota.

Dibeberapa kota melakukan perluasan daerah kota atau bahkan memindahkan ibukota. Tujuannya adalah meningkatkan lalu lintas ekonomi menjadi lebih baik.

Namun di era digital, kehadiran lokasi fisik berupa rumah toko (ruko) bukan lagi hal yang prioritas. Yang strategis ada di dunia maya. Cyberspace.

Sebab Dalam Jaringan (Daring) atau internet telah merubah beberapa sendi kehidupan. Termasuk dalam hal ekonomi.

Pergeseran tersebut, membuat pelaku usaha harus melakukan perubahan metode pemasaran, dengan membuat strategi pemasaran melalui media sosial atau jejaring sosial.

Beritaku, Komunikasi Daring: Komponen, Dampak Positif Dan Negatif dari Kemajuan Informasi Daring.

Bentuk dan Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial

Sebelum membahas tentang Strategi Komunikasi yang membahas secara sistematis polarisasi pemasaran melalui akun media sosial. Maka lebih awal dibahas tentang Definisi Komunikasi Pemasaran.

Terdapat beberapa ahli yang menjelaskan tentang Strategi Komunikasi Penjualan tersebut, yakni:

Terence A. Shimp (2003)

Menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran. Atau lazimnya disebut “marketing communication” adalah aspek penting. Dalam keseluruhan misi penjualan produk, menjadi penentu dari suksesnya suatu pemasaran adalah Komunikasi.

Sutisna (2006)

Menurutnya komunikasi pemasaran adalah suatu usaha untuk menyampaikan sebuah pesan kepada publik. Dengan sasaran utama konsumen, mengenai perbedaaan produk di pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran adalah serangkaian usaha dalam mewujudkan suatu produk. Jasa, ide, menggunakan mekanisme pemasaran (marketing mix). Berupa iklan (advertising), penjualan langsung (personal selling). Promosi penjualan (sales promotion), komunikasi massal dan publisitas (public relation and publicity) serta pemasaran langsung (direct marketing).

William G. Nickles (2006)

Menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran adalah proses pertukaran informasi dalam rangkaian secara persuasif. Dengan tujuan proses pemasaran dapat berjalan efektif dan efisien.

Soemanegara, (2006).

Komunikasi pemasaran adalah salah satu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk memperkuat strategi pemasaran guna meraih segmentasi pembeli produk yang luas.

Apakah Ada Perbedaan Antara Promosi Dengan Komunikasi Pemasaran?

Sering didapatkan istilah promosi, apakah kata tersebut memiliki perbedaan dengan kata strategi komunikasi pemasaran?

Dari beberapa penjelasan ilmiah, menyebutkan bahwa promosi dengan komunikasi pemasaran memiliki persamaan.

Hal ini sesuai dengan teori yang disampaikan oleh Crosier yang menjelaskan kedua istilah itu disamaartikan. Karena konten (isi) dengan pengertian yang sama. Dalam hal memahami komponen 4P yang merupakan singkatan dari Product, Price, Place, dan Promotion (Ditulis oileh Prisgunanto, 2006).

Prospek Kerja Komunikasi Pemasaran Di Era Daring

Daring (Dalam Jaringan) atau internet adalah ruang Prospek Kerja bidang Komunikasi. Dan termasuk bidang pemasaran menjadi sarana terbaik di era digital saat ini.

Media Sosial
Media Sosial Di Era Internet sebagai Sarana Komunikasi Sosial (Foto: Benhil.net)

Rumah Toko strategis tidak lagi berada dipinggir jalan raya. Tapi ke akun media sosial yang memiliki follower atau pertemanan yang banyak.

Sehingga pemasaran di Era Daring adalah sebuah prospek yang sangat menjanjikan. Kenyataanya, pemasaran tersebut tidak hanya pada bidang ekonomi. Namun saat ini telah bergeser ke dunia politik.

Media Massa Di Geser Oleh Media Sosial

Media Massa
Media Massa, TV dan Media cetak Telah Tergeser Oleh Media dengan Basis Internet (Foto: Dictio.Id)

Jika sebelumnya, penyiar TV pada TV Favorit hampir dihafal mati. Kini bergeser, bahwa yang paling gampang diingat namanya adalah Ria Ricis, Atta Halilintar dan sebagainya.

Siapa mereka? Mereka adalah pemilik akun Youtube dengan channel penggemar hingga belasan juta. Berhasil mengkudeta posisi TV di Indonesia.

Sehingga diperkirakan, akan banyak TV yang gulung tikar dimasa datang.

Urbanisasi Pemasaran, Pada Strategi Komunikasi Media Sosial

Jejaring Sosial Atau Media Sosial berhasil mematahkan kekuasaan Media Massa. Sehingga menjadikan penonton TV menurun drastis. Sementara penonton hiburan dan sebagainya melalui media sosial meningkat tajam.

Disparitas penonton ini banyak dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki produk untuk merubah cara pemasaran. Dari menulis di kolom sebuah surat kabar yang dibayar perbaris (iklan baris) hingga bentuk adventorial mengisi halaman lebih besar.

Biayanya cukup mahal. Menjadikan mereka meracik sendiri strategi pemasarannya melalui akun media sosial.

Media Sosial atau Sosial Media Adalah Peluang Bisnis

Strategi untuk melakukan pemasaran melalui Akun media Sosial, adalah sebuah peluang di Negara Indonesia.

Berbeda kondisinya di Korea Utara, yang mengunci akses internet hanya untuk kalangan tertentu.

Namun bagaimanapun, kemajuan internet saat ini memiliki dampak positif dan negatif dari sistem teknologi. Tapi Dampak positif tidak bisa dipungkiri.

Strategi Komunikasi Penjualan Produk Dengan Memafaatkan Akun Media Sosial

Adapun strategi dari komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan jejaring sosial adalah:

Siapa Pembeli Anda?

Beda umur, pendidikan, pekerjaan, Jenis Kelamin membuat perbedaan kebutuhan setiap orang. Sehingga penentuan target pasar adalah hal yang harus di pikirkan.

Tetapkan Misi Dari Komunikasi

Strategi dengan menggunakan komunikasi pemasaran. Pada media sosial yang kedua ini adalah menetapkan komunikasi yang akurat dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran sederhana.

Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan penelitian postingan. Khalayak anda suka dengan postingan yang bagaimana bentuknya.

Cara mengukurnya adalah melihat dari berapa banyak yang berkomentar dan memberikan respon like dan sebagainya.

Tujuan Akhir Dari Pesan

Jika komunikasinya adalah untuk meningkatkan tingkat terkenalnya atau meningkatkan jumlah penjualan. Maka strategi penulisannya berbeda.

Dalam hal komunikasi, pembaca tidak terlalu senang dengan pernyataan “Saya sampaikan bahwa produk saya ini adalah produk terbaik”

Atau apapun formulasi bahasa yang dipergunakan dalam hal penjualan, yang bernada subjektif. Saya, aku kurang tepat.

Namun sebaliknya, pembaca akan senang untuk menjawab rasa penasarannya. Jika ada testimoni produk.

Rancang Pesan, Singkat Padat Bermakna

Dalam hal membuat pesan untuk pemasaran melalui media sosial, maka kalimatnya harus diatur dengan baik dan bijak.

Edit kata dan kalimat yang ada didalamnya, hindari menggunakan bahasa atau kalimat yang “tajam” atau bahasa bersayap.

Tampillah secara alamiah, meski dibawah gempuran pesaing. Usahakan tidak menyerang dengan emosional pesaing-pesaing tersebut.

Lakukan pengejaan yang baik dari semua pesan yang telah dibuat. Gunakan satu dua kata yang unik didalamnya.

Contoh: Pernah Dengar sebuah produk bernama “Mie Setan”, atau apalah nama unik sebuah produk.

Secara singkat nama dari produk diatas kurang bagus karena “setan” namun dalam hal pemasaran. Dia berhasil membuat branding produk yang ia miliki.

Peluncuran Promosi Ke Media Sosial

Facebook, Twitter, Whatsapp, Youtube dan sebagainya. Tidak akan melakukan filter apapun pesan yang akan dikirimkan. Sehingga sebelum mengirim, maka lakukanlan pemeriksaan dari isi pesan.

Ketahui bahwa media sosial memiliki karakteristik tersendiri dalam hal jumlah pesan.

Misalnya Instagram, lebih kepada memunculkan gambar, sehingga pilihlah gambar yang elegan.

Twitter, lebih kepada judul yang menarik. Sehingga buatlah judul semenarik mungkin.

Begitupun dengan akun media sosial yang lainnya. Memiliki karakteristik tersendiri, sehingga harus disesuaikan antara pesan yang akan di publikasi dengan fasilitas di media sosial tersebut.

Pemeriksaan Berkala

Kolom komentar dan like yang akan menjadi dasar melakukan evaluasi sebuah postingan yang dikirim. Sehingga dalam hal mengetahui dan mengevaluasi dari sebuah produk, harus selalu melakukan pemeriksaan berkala dari postingan-postingan yang dibuat.

Postingan Jangan Kaku

Pakai rumus postingan 4:1

Apa itu rumus 4:1? Rumus tersebut adalah membagikan postingan orang lain 4 kali dan 1 produk yang kita miliki.

Maksudnya 4 postingan orang lain adalah postingan kata bijak, atau video orang lain.

Tujuannya adalah agar penggemar tidak bosan membaca, postingan yang kita buat.

Penggemar akan mendapatkan notifikasi postingan. Berupa promosi yang dibuat. Terlalu sering, akan membuat mereka bosan atau malah memilih untuk unsubscribe atau dislike.

Pembaca atau penggema, disamping membutuhkan pesan yang disampaikan seorang penjual, mereka juga membutuhkan hiburan.

Demikian cara melakukan pemasaran di jejaring sosial, yang kini telah menjadi prospek kerja bidang komunikasi yang sangat menjanjikan.

Bagaimana? Sudah siap untuk meraih untung dari akun media sosial anda?

Sumber Lain: Criminallirolific.com