Tanaman Philodendron

Tanaman Philodendron: Ciri 10 Spesies Hingga Harga

Diposting pada

Salah satu jenis tanaman yang menjadi ciri rumah primadona saat ini adalah Philodendron. Setiap jenis memiliki karakter dan ciri khas yang membuatnya populer. Cara perawatannya ternyata cukup sederhana. Persebarannya yang luas

Beritaku.id, Lestari – Berkaitan dengan kondisi saat ini, bencana wabah COVID-19 telah memaksa setiap orang untuk lebih sering berdiam di rumah.

Oleh: Riska Putri (Penulis Lestari)

Bahkan di beberapa Negara, jutaan masyarakat terpaksa menjalani lockdown total selama berbulan-bulan.

Mereka tak bisa menemui sanak saudara, tak bisa mencari hiburan di luar rumah, dan harus rela melakukan kegiatan yang monotone bahkan cenderung membosankan.

Karena itulah banyak orang mencoba berbagai hal baru yang sebelum tak pernah mereka jajal. Hal ini membuat bercocok tanam di rumah menjadi salah satu hobi yang kembali populer.

Bahkan lebih terkenal dari sebelumnya. Jika dulu hobi ini dianggap sebagai kegiatan orang tua atau eyang kakung, kini anak muda pun berlomba-lomba memeliharan tanaman hias.

Ternyata menurut penelitian, kegiatan ini memang membawa banyak manfaat positif. Dan kita akan membahasnya di segmen terakhir.

Dalam hal bercocok tanam, setiap orang memiliki ketertarikan tersendiri soal tanaman yang ingin mereka tumbuhkan. Beberapa orang memilih bunga-bungaan, ada yang suka sayuran, ada pula yang tertarik dengan daun-daunan eksotis.

Di Indonesia sendiri, hobi itu tak pernah surut peminat karena iklimnya memang ideal untuk membudidayakan banyak sekali jenis flora. Salah satu yang sudah menjadi ciri idola tetap adalah tanaman hias daun.

Contohnya seperti Lidah Mertua, Kuping Gajah, Sri Rejeki, dan sebagainya. Saking populernya, kita bisa menemukan tanaman-tanaman itu dengan mudah di rumah orang-orang di berbagai daerah.

Salah satu tanaman daun hias yang juga marak digemari ialah Philodendron. Apa yang membuatnya menjadi primadona para pribumi? Mari kita bedah secara menyeluruh.

10 Jenis Dan Ciri Tanaman Philodendron Yang Populer

Warna hijau yang indah dengan bentuk daun yang beragam menjadi ciri tanama Philodendron begitu dicintai para kolektor.

Cukup letakkan beberapa pot saja, rumah Anda akan terlihat segar, hidup, dan sejuk. Meski tak berbunga, tanaman hias ini mampu membuat lingkungan lebih asri dalam sekejap.

Genus Philodendron sendiri memiliki spesies yang sangat banyak. Per September 2015, jumlah yang tercatat mencapai 489 spesies.

Menjadikannya anggota famili Araceae terbesar di dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang seluk beluk tanaman ini, langsung saja kita lihat uraian lengkapnya.

Tanaman Philodendron Selloum, Ciri Menarik

Philodendron Selloum
Mempunyai Istilah Lain Sebagai Philodendron Jari Atau Bergerigi

Para kolektor tanaman hias menyebutnya sebagai Philodendron Jari. Nama ini disematkan karena bentuk daunnya yang menyerupai jari-jari terbuka.

Philodendron selloum adalah tanaman khas di wilayah Amerika Selatan, namun tumbuh liar pula di Amerika Timur dan daerah teluk.

Selain dilihat dari daunnya yang hijau gelap, mengkilap, dan mewan, nilai tanaman ini terletak pula pada bagian batang dan akar. Jika ketiga bagian ini semakin unik dan langka, maka akan semakin tinggi pula harga jualnya.

Selain dipelihara dalam pot dan menjadi hiasan dalam rumah, spesies yang satu ini sering digunakan dalam dekorasi event. Contohnya seperti pernikahan, tunangan, ulang tahun, dan lainnya. Selloum sangat populer juga sebagai hiasan kamar atau café Instagramable.

Meski cantik, ternyata Philendron selloum mengandung racun yang berbahaya jika daunnya termakan. Oleh karena itu, pastikan tanaman ini berada di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan.

Tanaman Philodendron imperial red cardinal

 Imperial Red Cardinal
Imperial Red Cardinal

Puncak kejayaan spesies Philodendron yang satu ini adalah di tahun 2011. Kala itu, harganya bisa sampai jutaan karena dihitung berdasarkan jumlah daun yang terdapat di satu pohon.

Para kolektor tanaman mengagumi Philodendron imperial karena ciri semburat warna pada batang yang membuatnya terlihat unik dan eksotis.

Selain itu, spesies ini juga sangat mudah dirawat dan menyukai suhu udara sejuk. Oleh karena itu, ia sangat cocok menjadi tanaman hias di dalam rumah.  

Ciri Tanaman Philodendron Epipremnum Aureum

Epripemnum Aureum
Mempunyai Bentuk Daun Yang Seperti Tanaman Sirih

Jenis yang satu ini memiliki bentuk daun yang sangat mirip dengan tanaman sirih. Karenanya ia mendapat julukan “sirih-sirihan” atau Sirih Gading. Meski begitu, ia tidak memiliki khasiat pengobatan yang sama seperti sirih.

Cara tumbuhnya juga sama, yaitu dengan cara menjuntai ke bawah. Philodendron epipremnum aureum sangat cantik dijadikan tanaman gantung untuk menghias beranda Anda.

Tanaman Philodendron scandens Medio Pictum

Philodendron Scandens Medio Pictum
Berwarna Daun Hijau Dengan Kombinasi Warna Kuning

Jenis satu ini mendapat sebutan sebagai Sirih Belanda. Daunnya sangat mirip dengan Philodendron epipremnum aureum. Cara tumbuhnya pun sama-sama menjuntai. Perbedaannya terletak pada warna daun.

Philodendron scandens medio pictum memiliki dua warna pada daunnya. Pada setiap helaian daun, separuhnya berwarna kuning terang, sedangkan separuh lagi berwarna hijau. Permukaannya mengkilap sehingga terkesan sangat segar dan menawan.

Baca Juga Beritaku: 3 Cara Merawat Jenis Anggrek Dendrobium Yang Menggemaskan

Philodendron Congo Rojo

Philodendron Congo Rojo

Sementara itu, jenis kelima ini memiliki ciri yang mirip dengan Philodendron imperial red cardinal. Keduanya sama-sama memiliki batang yang berwarna kemerahan.

Perbedaannya terletak pada cara tumbuh, di mana daun Congo rojo tumbuh menjuntai. Sementara Red Cardinal tumbuh tegak.

Ciri Jenis Philodendron Monstera Obliqua

Philodendron Congo Rojo

Ini dia salah satu jenis Philodendron yang sedang booming. Para penikmat tanaman hias mempopulerkannya dengan nama Janda Bolong. Jika diletakkan di dalam rumah, seketika setiap orang pasti langsung tertuju padanya saat memasuki ruangan. Bagaimana tidak? Daunnya sangat unik dengan lubang-lubang yang besar sehingga memunculkan kesan eksotis dan enak dipandang.

Ia juga cocok untuk menghias beranda. Semua tamu yang datang pasti merasa senang disambut oleh tanaman hias nan elok ini.

Philodendron Monstera Deliciosa, Ciri Bentuk

Philodendron Monstera Deliciosa
Tampilan Monstera Deliciosa Yang Begitu Cantik

Monstera deliciosa sangat banyak digunakan sebagai properti photoshoot, dekorasi pernikahan, dekorasi café, dan rumah. Para desainer interior sering sekali merekomendasikan jenis tanaman hias ini karena memang karakternya yang sangat unik. Ia juga sangat cocok dengan berbagai gaya dekorasi terbaru.

Jika Anda penggiat graphic design, Anda juga akan melihat ribuan gambar ilustrasi dan animasi yang mengambil inspirasi dari Philodendron monstera deliciosa.

Philodendron prince of orange

philodendron Prince of orange

Sebagaimana tersirat dalam namanya, warna daun yang orens cerah menjadi daya tarik utama jenis Philodendron satu ini. Keunikannya tak berhenti di situ. Ketika daun beranjak tua, ia akan berubah warna menjadi hijau. Sehingga dalam satu pohon selalu terdapat berbagai macam warna daun. Membuatnya sangat indah dan menyejukkan pandangan.

Philodendron baumfreund

Philodendron Baumfreund

Philodendron baumfreund memiliki daun yang lebat dan sangat cantik dijadikan dekorasi di dalam serta luar rumah. Tanaman ini bersifat merambat. Jadi jika Anda ingin membuatnya tegak, Anda harus menyiapkan rangka besi atau kayu sebagai media tumbuh. Jenis ini juga terkenal dengan nama Sirih-sirihan Hijau.

Philodendron moonlight

Philodendron Moonlight

Warna hijau muda yang cerah bersinar membuatnya mendapatkna julukan Lemon Orange Juice. Para desainer pertamanan biasa menggunakan jenis yang satu ini sebagai pengisi di antara tanaman lain. Karena bentuknya yang kecil dan mungil. Ia sangat cocok ditanam di dalam pot untuk menghiasi meja tamu atau sudut ruangan.

Baca Juga Beritaku: Pohon Andalas & 3 Benda Adat Asal Pulau Sumatera

Cara Perawatan Tanaman Philodendron

Setelah mengetahui beragam jenis Philodendron, Anda pasti semakin tertarik untuk mengoleksinya. Namun bagi penghobi pemula, memelihara tanaman yang belum pernah Anda miliki bisa jadi sangat menakutkan. Karena menumbuhkan tanaman pasti memiliki resiko seperti terserang penyakit, hama, kekeringan, hingga mati.

Sebagai makhluk hidup, tentunya tanaman hias membutuhkan perhatian khusus. Beberapa spesies flora memang membutuhkan perawatan yang cukup menyita waktu dan tenaga Anda. Untungnya, Philodendron tidak termasuk dalam golongan tanaman yang rewel.

Anda cukup memastikan ia mendapatkan sinar matahari, pasokan air, dan pupuk yang tepat. Jika Anda menaruh Philodendron di luar rumah, pastikan ia tidak terpapar panas matahari secara langsung. Karena itu akan menyebabkan kekeringan dan warna hijau cantiknya pun memudar.

Ingat pula bahwa beberapa jenis Philodendron lebih suka tumbuh di udara dingin. Contohnya seperti Philodendron imperial red cardinal dan Philodendron moonlight. Jadi harus mereka disimpan di dalam ruangan ber-AC. Meski begitu, pastikan pula mereka mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Jangan terlalu banyak memberikan air. Salah satu ciri bahwa Anda memberikan jumlah air yang tepat adalah kondisi tanah di dalam pot terasa lembab namun tidak lembek. Untuk itu, penyiraman cukup dilakukan sebanyak 1-3 kali seminggu saja.

Sementara itu, pupuk dapat diberikan satu kali setiap bulannya jika suhu udara sedang dingin. Namun jika suhu udara panas, Anda boleh memberikan pupuk seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jika daun yang biasanya hijau gelap tiba-tiba terlihat pucat, itu tandanya ia kekurangan pupuk dan Anda boleh menambahkannya. Pilihlah pupuk cair yang mengandung mikro kalsium dan magnesium.

Meski Anda sudah merawat dan memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan, terkadang serangan jahat datang dari factor eksternal: hama. Terdapat beberapa hama yang dapat merusak keindahan tanaman Philodendron. Cara membasminya pun berbeda-beda. Berikut ini kami rangkum informasinya:

Hama kutu kapas

Serangga ini berukuran kecil dan berbentuk menyerupai kapas putih. Hama kutu kapas akan menyerap cairan pada Philodendron sehingga ia kekeringan dan rapuh. Untuk mengusirnya, cukup semprot dengan air biasa. Jika hama membandel, Anda bisa menyemprotkan insektisida.

Belalang

Hewan ini dapat memakan daun Philodendron hingga rusak atau bahkan habis tak bersisa. Jika hanya ada 1 atau 2 belalang yang hinggap, Anda cukup menangkapnya dan membuang jauh-jauh agar tak kembali. Namun jika belalang yang menyerang sangat banyak, Anda dapat melakukan fogging.

Bekicot

Hewan ini memang lamban dan terlihat tak berbahaya. Namun jika dibiarkan, napsu makannya yang besar dapat membuat daun Philodendron Anda rusak seketika.

Cara mengusirnya sangat mudah dan murah. Anda dapat membuangnya dengan tangan (pastikan mengenakan sarung tangan). Atau jika bekicot yang datang terlalu banyak, siramkan air larutan garam ke arah mereka. Ini akan menyebabkan mereka mati.

Laba-laba

Meski sangat kecil, jika hama ini dibiarkan ia akan menghisap cairan yang ada pada tanaman. Sehingga menyebabkan tanaman menguning. Untuk membasminya, semprotkan cairan akarisida hingga semua laba-laba yang menyerbu Philodendron musnah.

Ulat

Hama yang terakhir ini memiliki daya rusak yang meresahkan. Jika Anda menemukan 1 ulat saja, segera buang jauh-jauh supaya Philodendron tidak habis digerogoti olehnya. Untuk pencegahan jangka panjang, Anda bisa menanam tumbuhan kemangi di sekitar Philodendron agar ulat tak kembali.

Harga jual Tanaman Philodendron

Harga jual Philodendron sangat bervariasi karena ditentukan oleh umur tanaman, tingkat kesehatan, kelangkaan, dan juga asal-usulnya. Bahkan untuk spesies tertentu seperti Sirih Belanda, jumlah helai daun dalam satu pohon dapat menentukan harganya.

Nilai tanaman ini juga naik turun berdasarkan popularitas. Saat mencapai masa-masa viral, jenis yang harga normalnya hanya puluhan ribu pun dapat melonjak berkali-kali lipat. Berikut ini informasi mengenai harga Philodendron. Harap dicatat bahwa harga ini sangat mudah berubah.

NoJenisHarga Bibit (Rp)Harga Tanaman Dewasa (Rp)
1Philodendron Prince Of Orange20.000-60.00085.000-350.000
2Philodendron Baumfreund15.000-30.00080.000-250.000
3Philodendron Epipremnum Aureum15.000-30.00050.000-440.000
4Philodendron Imperial Red Cardinal45.000-125.000260.000-600.000
5Philodendron Selloum45.000-125.000260.000-600.000
6Philodendron Moonlight25.000-55.000200.000-1.200.000
7Philodendron Congo Rojo55.000-150.000600.000-1.500.000
8Philodendron Scandens Medio Pictum20.000-60.00085.000-350.000
9Philodendron Crocodile22.000-50.000150.000-1.000.000
10Philodendron monstera oblique35.000-50.000250.000-1.750.000
11Philodendron monstera deliciosa75.000-150.000350.000-1.000.000

Harga tersebut hanya kisaran semata. Perbedaan daerah juga dapat menjadi factor penentu harga yang ditawarkan oleh penjual. Jika penjual harus mengimpor atau mengambil dari daerah yang jauh, pasti harganya jauh lebih tinggi karena dikenakan biaya transportasi.

Baca Juga Beritaku: Daun Gedi: Pengertian, 7 Jenis, Kandungan, Manfaat, Serta Bahayanya

Manfaat Berkebun di Rumah

Lalu, apa yang membuat hobi berkebun menjadi pilihan banyak orang untuk menghabiskan waktu selama masa lockdown? Jawabannya karena kegiatan ini membawa banyak manfaat positif terhadap fisik dan mental.

Seperti yang sebagian besar orang rasakan, berdiam diri di rumah untuk waktu yang lama dapat memicu stress. Ternyata menyaksikan tanaman tumbuh dan terlibat langsung dalam proses itu, dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Ibaratnya seperti menanam bibit harapan, menyiram, menjaga, dan menyaksikannya bertunas hingga tumbuh indah.

Selain itu, berkebun juga membuat Anda tetap aktif. Bagi orang-orang yang belum pernah mencoba aktifitas ini, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan baru yang membuat bersemangat mengeksplorasi.

Anda akan merasakan saat bahagia yang anak kecil rasakan ketika ia mendapatkan mainan baru. Informasi tentang jenis tanah, pupuk, bibit, perawatan, memilih pot lucu, dan sebagainya bisa membuat Anda tidak sabar menunggu esok hari.

Berkebun juga dapat membuat kita terkoneksi dengan alam dan lebih mensyukuri setiap nikmat kecil yang biasanya luput dari perhatian. Seperti betapa indahnya kupu-kupu, kicau burung, dan sebagainya.

Selamat berkebun, ya!

Daftar Pustaka

  1. Philodendron Selloum.
  2. 2021. Cara Merawat Philodendron Birkin yang Harganya Sampai Jutaan.
  3. Natasha, Monica Dameria. 2020. Tanaman Mati, Ini Cara Mengusir Hama di Tanaman Philodendron.
  4. Popmama
  5. Harga Philodendron.
  6. Gardening during Lockdown.