Wanita sholehah tercantik
Wanita Sholehah (Foto: mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com)

Wanita Sholehah Tercantik: 5 Daftar Zaman Rosulullah

Diposting pada

Wanita sholehah yang tercantik terkenal memiliki akhlaq yang mulia. Selain itu, kebaikan akhlaqnya juga di iringi dengan kecantikan wajah serta tutur katanya. Siapa saja wanita sholehah tercantik yang pernah tercatat dalam sejarah? Mari kita simak.

Beritaku.id, Berita Islami. – Sebaik-baik manusia adalah yang bertakwa. Sebaik-baik wanita adalah yang tercantik akhlaknya, yang sholehah cara berfikirnya. Mereka adalah akar dari peradaban untuk membentuk generasi emas selanjutnya.

Oleh: Ulfiana (Penulis Berita Islami)

Begitu banyak wanita sholehah yang memiliki rekam jejak yang mengagumkan. Selain terkenal akan parasnya yang cantik, adabnya juga membuat banyak orang menghormati serta mengaguminya.

Jika kita mendengar kata “wanita”, maka pertama kali yang terlintas di fikiran orang awam adalah kecantikannya. Kecantikan merupakan daya tarik yang wanita miliki.

Sehingga, sejak dari dulu sampai sekarang pun para wanita berlomba-lomba untuk menjadi wanita yang tercantik.

Seiring dengan semakin majunya zaman, definisi tentang cantik itu mulai bergeser di masyarakat. Sebenarnya, bagaimana definisi kecantikan itu sendiri? Dan wanita yang bagaimana yang bisa di katakan cantik?

Berikut ini mari kita ulas bersama definisi dari wanita cantik serta sholihah.

Definisi Wanita Cantik?

Definisi wanita sholehah tercantik
Wanita cantik muslimah (Foto: islampos.com)

Pertanyaan demikian merupakan pertanyaan yang umum ada di masyarakat. Namun, dalam definisi islam, wanita cantik adalah wanita yang mampu menjaga dirinya sendiri. Entah itu apa yang ada di luar dirinya ataupun apa yang ada di dalam dirinya.

Penampilan fisik itu penting, namun penampilan akhlaq jauh lebih penting. Dua-duanya haruslah selaras dan seimbang.

Ia yang tercantik, adalah yang paling mampu untuk membersihkan dirinya serta merawat apa yang Allah telah berikan kepadanya. Baik itu dalam bentuk luar maupun apa yang ada di dalam hatinya.

Menurut beberapa sumber, definisi wanita cantik adalah wanita yang bisa membuat semua orang di sekitarnya merasa nyaman. Artinya, setiap tindak tanduknya itu tidak menyakiti atau mendzolimi hak-hak orang lain.

Ciri wanita cantik

Selain itu, dalam pandangan islam, ciri wanita cantik adalah:

  1. Ia adalah wanita yang selalu menjaga marwah atau kehormatan diri nya sendiri maupun keluarganya.
  2. Ia adalah seorang yang memiliki rasa malu dalam dirinya. Malu untuk melakukan sesuatu yang melanggar perintah Tuhannya.
  3. bersikap rendah hati akan apa yang ia miliki dan tak memiliki kesombongan untuk memamerkan apa yang menjadi miliknya.
  4. Bijaksana dalam melihat semua persoalan .
  5. Memiliki kesabaran yang tinggi untuk menghadapi persoalan dalam dirinya.

Definisi semua itu tentu merujuk pada sifatnya. Karena, saat ini orang kebingungan mendefinisikan kecantikan.

 Apa yang mereka bayangkan tentang definisi tentang cantik adalah melulu soal fisik.

Ia yang memiliki kulit putih dan glowing. Hidung mancung, bibir tebal, badan langsing, serta semua hal yang bersifat fisik.

Definisi itu tentu akan bergeser dari hakikat sebenarnya tentang kecantikan.

Menurut salah satu tokoh di indonesia, cantik itu bersifat ruhaniah, bukan material. Sederhananya, jika kita bilang:

“Tolong diambilkan hidungnya sedikit”,

maka tentu, kita bisa mengambilkannya. Namun, jika permintaannya adalah:

“minta tolong diambilkan cantiknya sedikit”.

Tentu kita akan kebingungan.

Itu menunjukan betapa cantik itu bukan sebuah perkara material yang tak bisa kita lihat dengan mata. Namun, hanya bisa kita rasakan dengan nurani.

 Itu sebabnya, banyak definisi yang mengatakan cantik itu relatif.

Pengertian Wanita Sholehah Tercantik

Di atas kita telah membahas definisi tentang wanita cantik. Bahwa, wanita cantik adalah di lihat dari sisi ruhaniyah-nya.

Maka, jika kita sambungkan dengan wanita sholehah, wanita sholehah merupakan wanita yang memiliki ketakwaan yang tinggi kepada Allah.

Ia menjalankan semua perintahnya serta berusaha menjauhi larangannya.

Wanita sholehah merupakan upgrade tertinggi dari wanita cantik itu sendiri. Wanita cantik fokus pada apa yang ada di luar dan dalam dirinya. Sedangkan, wanita sholihah adalah yang sangat memperhatikan aturan agamanya.

Ia berlaku bukan hanya pada moral-moral yang di bentuk oleh masyarakat, namun moral yang Allah ajarkan melalui RasulNya. Jika hanya mengandalkan kebijaksanaan moral di masyarakat, maka moral itu akan dinamis. Atau, selalu mengalami perubahan.

 Bahkan, mengalami pergeseran-pergeseran dari yang seharusnya.

Pengertian dari wanita sholehah yang tercantik adalah, wanita yang bertaqwa kepada Allah serta mampu menjaga serta merawat dirinya. Baik apa yang ada di fisiknya, hatinya, serta imannya.

Tutur katanya lembut namun tegas. Sikapnya mampu membuat orang yang ada di sekitarnya nyaman dan bersyukur kepada Allah SWT.

Mulai dari ilmu, akhlak serta tauhid, adalah bagian lengkap dari wanita sholehah yang cantik.

Ciri wanita sholihah

Wanita yang sholehah memiliki ciri-ciri berikut ini:

  1. Hatinya tak pernah berhenti mengingat allah
  2. Setiap tindak tanduknya selalu yakin bahwa ia sedang di awasi oleh Allah. Lisannya juga tak henti mengingat Allah SWT.
  3. Takut kepada Allah
  4. Ikhlas
  5. Bagi wanita sholehah, ikhlas merupakan sifat yang selalu ia bangun. Ikhlas dalam melakukan hal apa saja termasuk beramal dalam kebaikan.
  6. Zuhud

Salah satu sifat yang tercantik dari seorang wanita sholehah adalah memiliki sifat zuhud. Zuhud adalah sikap yang menjauhi keduniaan.

Ia tidak bangga dengan kemewahan yang ia miliki, dan tidak merasa sedih jika kemewahan materi itu terlepas darinya.

Wanita zuhud tidak menyukai rasa berbangga diri pada dunia dan memamerkannya. Sikapnya takzim pada apa yang Allah berikan. Serta, tidak berlebih-lebihan mencintai apa yang Allah titipkan.

Sebenarnya jika kita telusuri, contoh profil wanita seperti ini telah ada sejak zaman Nabi.

Daftar Wanita Sholihah Tercantik Zaman Rasulullah

Berikut ini adalah daftar wanita sholihah yang tercantik dari zaman Rasulullah Muhammad SAW:

Khadijah binti Khuwailid, Wanita Sholihah yang Tercantik

Khadijah merupakan istri pertama Rasulullah SAW. Sebelumnya, Khadijah di kenal sebagai seorang janda yang thaharah, artinya yang suci dan terjaga.

Ia memiliki kecantikan paras yang menawan. Tutur katanya lembut dan ia tak pernah mengeluarkan perkataan yang buruk. Rumahnya sunyi dari teriakannya.

Selain itu, ia juga terkenal akan kecerdasannya. Itu terbukti ketika ia meraih keberhasilan dalam berdagang. Ia juga  orang pertama yang mempercayai agama Allah.

Khadijah merupakan seorang wanita yang pertama-tama masuk islam. Ketika awal kemunculan islam, ia selalu shalat bersama Rasulullah di rumahnya.

Ketakwaannya kepada Allah begitu tinggi hingga Allah memberikannya istana di surga.

Ia merupakan seorang wanita sholehah yang bisa menjaga dirinya serta keluarganya. Itu sebabnya, khadijah merupakan wanita yang pasti masuk dalam daftar wanita sholehah tercantik di zaman rasulullah SAW.

Aisyah Binti Abu Bakar

Tentu kita tak asing mendengar kecantikan Aisyah. Ia adalah seorang wanita yang memiliki julukan khumayra, atau yang berpipi kemerah-merahan.

Aisyah merupakan seorang wanita yang cantik, baik dalam segi fisik maupun akhlaq.

Selain itu, ia memiliki kelebihan berupa kecerdasan yang sangat bermanfaat bagi umat muslim. Dari lisannya, ia telah meriwayatkan hadist nabi dengan jumlah yang besar.

Bahkan, tiap kali ada sebuah permasalahan yang tak terpecahkan, para ulama mendatangi aisyah untuk mencarikan solusinya.

Aisyah adalah seorang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Ia di didik langsung oleh Rasulullah dalam hal agama. Tentu, ini memberinya kelebihan di bandingkan dengan wanita lainnya.

Ia adalah wanita yang sholehah yang banyak orang menyeganinya karena ini.

Fatimah binti Muhammad

Putri Rasulullah SAW ini juga terkenal akan kecantikannya. Ia adalah seorang wanita yang memiliki sikap pemalu.

Fatimah juga merupakan istri dari Ali bin Abi Thalib. Ia memiliki sikap yang tenang serta istiqomah yang sangat mirip dengan Rasulullah SAW.

Wanita sholihah ini menjadi seorang yang pertama kali menyusul Rasulullah dari ahlul bait. Bahkan, ia juga masuk dalam jajaran 4 wanita penghulu surga bersama khadijah, asiyah, serta maryam. Ini menunjukkan tingkat kesholihahan dari fatimah.

Zainab Binti Jahsy

Salah satu wanita sholihah yang tercantik selanjutnya dalah Zainab Binti Jahsy. Zainab terkenal akan kecantikan parasnya. Sosoknya sangat di kagumi oleh banyak laki-laki sehingga banyak yang ingin meminangnya.

Ia juga merupakan seorang wanita yang sholihah. Hal ini ia tunjukkan ketika ia mau menikahi Zaid Bin Haritsah karena Allah dan RasulNya.

Ia menunjukkan ketaatan kepada Allah meski sebenarnya saat itu ia tidak menyukai Zaid. Namun, Allah menganugrahi keikhlasannya itu dengan memberikan Rasululah SAW untuk menjadi suaminya.

Hafsah Binti Umar

Wanita ini merupakan salah satu istri Rasulullah SAW yang juga merupakan putri dari Umar Bin Khatab. Hafsah memiliki paras yang cantik serta ketegasan mirip dengan ayahnya.

Ia juga merupakan seorang wanita yang sholihah. Ini terbukti dari perkataan jibril kepada Rasulullah yang saat itu berniat menceraikannya.

Jibril berkata, hafasah merupakan seorang wanita yang gemar berpuasa dan melakukan shalat lail. Ia akan menjadi istri Rasulullah di surga juga.

Itu merupakan sedikit dari daftar wanita tercantik yang sholihah di zaman Rasulullah. Namun, tentu yang belum tercatat di luar sana masih banyak lagi.

Baca juga beritaku: 35 Shahabiyah zaman Rasulullah

Wanita Tercantik Sholihah Dalam Sejarah Perjuangan Islam (Setelah Zaman Rasulullah)

Wanita sholehah setelah zaman Nabi (Foto: today.line.me)

Setelah zaman Rasulullah SAW, sejarah melahirkan banyak wanita cantik yang sholehah. Berikut ini merupakan beberapa nama wanita sholehah dan tercantik di zamannya

Rabiah Al Adawiyah

Wanita yang terkenal sebagai wanita sufi ini hidup di Basra, Irak pada abad ke 8 M. Ia adalah seorang wanita yang sholihah dan takzim pada kecintaannya kepada Allah SWT.

Selain itu, ia juga di kenal akan kecerdasannya. Ini terbukti melalui banyaknya murid yang ia miliki.

Fatima al Fihri

Wanita ini merupakan orang yang pertama yang mendirikan universitas tertua yang ada di dunia. Ia hidup pada sekitar tahun 880 M.

Sosoknya begitu dermawan sehingga ia mewakafkan sebagian besar mliknya untuk mendirikan sebuah Masjid di maroko. Tepatnya Masjid Al Qarawiyin.

Ia merupakan seorang wanita yang cantik dan memiliki ke-sholihah-an tinggi. Soal kecerdasannya, tentu tak perlu di ragukan lagi.

Nana Asma’u

Ia adalah seorang wanita yang begitu cerdas sehingga menguasai banyak bahasa. Ia juga terkenal sebagai seorang sufi. Nana asma’u hidup pada tahun 1793 – 1864 SM.

Ia berasal dari Afrika. Keshalehan nya juga menjadi inspirasi bagi banyak wanita muslim di Afrika.

Ia terkenal sebagai seorang yang fokus pada pendidikan wanita sehingga pergi ke seluruh wilayah untuk mendidik mereka.

Nana Asma’u merupakan putri dari Shehu Utsman Dan Fidoya yang merupakan seorang pemimpin gerakan Sokoto yang ada di Afrika Barat.

Epilog

Demikianlah daftar nama-nama wanita sholehah yang tercantik di zamannya. Semoga kita semua dapat meneladani mereka. Serta, mulai memiliki motivasi untuk melahirkan generasi sholihah seperti mereka.

Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Sumber:

Islampos, pakdosen, republika, mensobsession

Bagikan Ke