Suku Indonesia Tercantik: 7 Daftar di Indonesia

Diposting pada

Semua wanita memang terlahir cantik namun tahukah bahwa beberapa suku di Indonesia terkenal akan keturunannya yang memesona dan tercantik. Dua puluh suku di Indonesia punya banyak wanita cantik lho.

Beritaku.Id, Budaya – Makna dari cantik cenderung subjektif. Meskipun demikian, hasil dari sebuah survei tahun 2019 menyatakan bahwa sebanyak 82,5% responden wanita Indonesia beranggapan bahwa cantik berarti memiliki kulit yang cerah dan bercahaya. Oleh sebab itu industri perawatan dan produk kecantikan menjadi yang paling laku saat ini.

Oleh: Walid Kaishar (Penulis Budaya)

Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan suku, budaya dan ras tergambar pada keragaman rupa dan ciri fisik yang menonjol pada masyarakat suatu wilayah. Hal ini menjadi pengaruh subjektivitas standar kecantikan bagi wanita Indonesia.

Nyatanya tidak harus berkulit putih, banyak sekali wanita Indonesia yang rupawan dan menarik hati. Kira-kira dari mana sajakah wanita cantik di Indonesia berasal? Nah, berikut ini merupakan 25 suku di Indonesia yang terkenal sebagai penghasil keturunan cantik. Yuk, simak selengkapnya!

Suku Tercantik Wilayah Barat Indonesia, Sumatera

Pesona kecantikan Suku Indonesia di Sumatera sudah terakui hingga dunia

Dari sebelah barat, mari lihat kecantikan wanita dari beberapa suku di sana. Di Sumatera, beberapa suku sudah terkenal akan pesona kaum wanitanya. Suku apa sajakah itu?

Suku Aceh

Suku Aceh

Dari sudut barat, Suku Aceh yang berdiam di wilayah pesisir dan pedalaman punya kecantikan rupa dan imannya. Tidak hanya pandai dalam merawat diri, mereka juga selalu menjaga syariat agamanya.

Nyaris semua masyarakat Suku Aceh memeluk agama Islam. Oleh sebab itu, para wanita di sana mengenakan pakaian tertutup sesuai dengan ajaran agama. Bisa jadi, wanita dari Suku Aceh merupakan sosok istri idaman.

Suku Batak

Suku Batak

Suku Batak berasal dari daerah Sumatera Barat. Selain terkenal akan keunikan bahasa, adat dan kebiasaannya, masyarakat di Tanah Air pasti setuju bahwa wanita keturunan Suku Batak sangat cantik dan menawan.

Meskipun memiliki stereotip nada bicara yang tinggi, wanita Suku Batak punya banyak kelebihan. Setelah cantik, mereka juga pandai, berpenampilan sederhana serta  pekerja keras.

Suku Melayu

Suku Melayu

Di Indonesia, keberadaan keturunan Suku Melayu tersebar secara merata. Sementara penduduk asli suku ini sebenarnya merupakan orang dari wilayah Sumatera selatan, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Bengkulu dan masih banyak lagi.

Secara fisik, wanita keturunan Suku Melayu memang cantik dan menawan. Sayangnya terdapat stereotip negatif tentang wanita Melayu. Kehidupannya yang bersahaja dan menjaga harga dirinya membuat wanita suku ini kerap disebut pemalas dan kurang termotivasi untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan hidupnya.

Suku Minang

Dunia hiburan dan pertelevisian Tanah Air kerap diwarnai kehadiran artis berdarah Minang. Dengan paras rupawan, tidak mengherankan jika banyak artis dari Suku Minang yang malang-melintang di jagat entertainment.  

Wanita dari Suku Minang memang cantik. Bentuk matanya yang tajam dan bulat berpadu dengan bentuk dagu runcing dan senyum manisnya membuat mereka sangat enak saat dilihat.

Baca Juga Beritaku: Suku Tercantik Indonesia: 5 Daftar Yang Wajib Diketahui

Kecantikan Orang Jawa

Tidak hanya menjadi pulau terpadat, Jawa punya tiga Suku Indonesia dengan keturunan yang  cantik dan menawan.

Pulau Jawa merupakan pulau terpadat yang ada di Indonesia. Banyak pendatang yang merantau dan akhirnya menetap di pulau ini. Meskipun begitu, beberapa suku dari pulau tersebut dikenal punya paras yang ayu. Suku apa sajakah itu?

Suku Sunda

Suku Sunda

Berasal dari Tatar Pasundan, Suku Sunda sudah terkenal memiliki gadis-gadis berparas paling cantik di Pulau Jawa. Adapun yang termasuk dalam Tatar Pasundan ini, yaitu Jawa Barat, Banten, Jakarta serta sebagian kecil wilayah Jawa Tengah.

Tidak hanya wajahnya yang menarik saja, wanita Sunda juga ramah dan menjaga kesopanannya. Banyak sekali kalangan selebritis nasional yang merupakan keturunan suku ini lho.

Suku Jawa

Suku Jawa

Sebagai salah satu suku paling besar di Indonesia, Jawa juga memiliki keturunan wanita cantik dan anggun. Keturunan suku tersebut memang sudah tersebar di seluruh pelosok negeri namun biasanya mereka tinggal di Provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Kecantikan wanita Jawa sangat alami dan terawat berkat berbagai jamu dan ramuan tradisional. Mereka juga dikenal karena kesantunan perilakunya hingga membuat banyak pria jatuh hati dengannya

Suku Betawi

Suku Betawi

Biasanya masyarakat Suku Betawi asli bertempat tinggal di daerah Jabodetabek. Dahulu Belanda mendatangkan berbagai suku ke Batavia sehingga secara biologis, keturunan Betawi adalah mereka yang berdarah campuran tersebut.

Perempuan Betawi memiliki gaya yang apa adanya dan cenderung ceplas-ceplos. Disitulah letak pesona dari wanita Betawi. Selain itu , mereka juga terkenal berjiwa sosial tinggi dan berpegang teguh pada nilai keagamaan.

Wanita Kalimantan Memang Sudah Terkenal Kecantikannya

Kecantikan wanita dari beberapa suku di Kalimantan bukan isapan jempol belaka. Suku di pulau Kalimantan berikut ini menghasilkan banyak wanita cantik lho. Yuk, simak selengkapnya!

Suku Dayak

Suku Dayak

Ini merupakan suku terbesar di Kalimantan. Suku ini ternyata memiliki enam rumpun yang masih terbagi menjadi 405 sub-etnis. Meskipun demikian, suku tersebut memiliki berbagai kesamaan, yaitu rumah adat, hasil budaya serta perspektif tentang alam dan mata pencaharian.

Keturunan Suku Dayak sudah banyak yang berpindah ke daerah maupun kota besar lainnya. Oleh karenanya kecantikan wanita keturunan Dayak terkenal akan kecantikannya. Biasanya para wanita Dayak berpostur tinggi dan paras menarik. Kulitnya yang putih dan bersih membuat banyak orang terpesona dengan mereka.

Suku Banjar

Suku Banjar

Urang Banjar atau Suku Banjar berdiam di wilayah Kalimantan Selatan serta sebagian Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Suku Banjar asli di Kalimantan terkenal menghasilkan banyak wanita cantik. Masih ingat Olla Ramlan atau Pevita Pearce? Aktris cantik ini ternyata merupakan keturunan Suku Banjar. Selain cantik parasnya, wanita Banjar juga ramah dan rajin. Tidak heran para lelaki akan mudah jatuh hati pada mereka.

Suku Kutai

Suku Kutai

Tinggal di sebagian besar wilayah Kalimantan Timur, Suku Kutai atau Dayak Kutai merupakan rumpun Suku Dayaak Ot Danum. Sebenarnya penamaan suku ini muncul karena penemuan prasasti Yupa oleh orang Belanda kala itu.

Mengingat bahwa Suku Kutai merupakan salah satu rumpun Dayak, tidak heran kalau wanita keturunannya punya rupa yang cantik dan menawan. Seperti suku aslinya, mereka juga cenderung memiliki kulit bersih.

Baca Juga Beritaku: Mengenal Pulau Sulawesi, Dengan Suku Bugis Makassar Yang Dominan

Suku Penghasil Wanita Cantik di Sulawesi dan Maluku

Berikut ini merupakan suku penghasil wanita cantik di Sulawesi dan Maluku. Salah satu suku di Maluku ada yang punya penampilan seperti orang Eropa. Suku apakah itu?

Suku Minahasa

Suku  Minahasa

Bagi masyarakat moderen di Indonesia, sebutan Manado jauh lebih akrab ketimbang Suku Minahasa. Sebagai salah satu suku di  Pulau Sulawesi, Minahasa tidak hanya memiliki destinasi wisata yang menarik. Wanita keturunan Suku Minahasa juga punya rupa cantik dan unik.

TIdak datang begitu saja, kecantikan wanita dari Suku Minahasa berasal dari nenek moyangnya yang memiliki keturunan dari bangsa Belanda, Spanyol dan Portugis. Alhasil wanita keturunan suku tersebut punya paras menarik dan tak pernah membosankan untuk dipandang.

Suku Bugis

Suku Bugis

Berasal dari Sulawesi Selatan, Suku Bugis adalah suatu kelompok etnik yang tergolong ke dalam suku Melayu Deutero. Kecantikan perempuan Bugis juga sudah terkenal di seluruh Tanah Air.

Tampak anggun dan memiliki pancaran aura tersendiri, wanita Bugis memang senang memerhatikan kecantikannya sejak zaman dahulu. Mereka selalu fokus pada perawatan kulit yang cerah dengan ramuan tradisional bernama Bedda Lotong.

Suku Toraja

Suku Toraja

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia mengetahui stereotip bahwa perempuan asli Toraja dikenal karena adat  dan budayanya yang cenderung mahal. Bukan terkenal karena stereotip negatif saja, perempuan Suku Toraja juga dikenal karena parasnya yang cantik dan kemandiriannya.

Berbeda dengan perempuan Indonesia lainnya, keturunan Toraja akan memegang peranan penting dalam suatu keluarga, sistem perekonomian dan adat. Tak mengherankan,perempuan dari suku tersebut sangat gigih, pekerja keras dan memiliki loyalitas tinggi.

Suku Lingon

Suku Lingon

Bergeser ke Maluku, Suku Lingon juga memiliki keturunan yang sangat unik. Tak hanya cantik, ternyata mereka juga memiliki fisik yang mirip dengan keturunan bangsa Eropa. Mereka memiliki tubuh yang tinggi serta kulit yang bersih.

Nenek moyang Suku Lingon di Halmahera adalah orang ras Melanesia, Polinesia, Weddoid serta Mongoloid. Pesona yang dimiliki oleh wanita dari suku tersebut ialah matanya yang biru atau hijau serta kulitnya yang bersih dan rambut berwarna pirang.

Dua Suku di Papua yang Punya Keturunan Eksotis dan Cantik dari Sananya

Dari Papua, banyak bermunculan wanita dengan kecantikan yang alami dan eksotis. Dua suku di Papua ini punya keturunan wanita yang masih menjaga adat dan punya fisik menarik.

Suku Asmat

Suku asmat

Kecantikan terbukti tak hanya milik si kulit putih saja. Dari Indonesia bagian Timur, Suku Asmat menyimpan para wanita eksotis dengan kecantikan yang tidak biasa.

Disebut sebagai suku titisan dewa di bumi Papua, masyarakat Suku Asmat memiliki ciri fisik menyerupai ras Polinesia. Hasilnya keturunan mereka berkulit gelap dengan rambut keriting. Biasanya tinggi wanita suku ini sekitar 162 centimeter.

Suku Dani

Suku Dani

Selain Asmat, Suku Dani merupakan suku yang cukup terkenal di Papua. Suku ini tinggal di wilayah Pegunungan Tengah, tepatnya di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya.

Di sana, poligami sudah menjadi budaya masyarakat. Terkenal sebagai petani terampil, kehidupan mereka disokong oleh kegiatan cocok tanam. Kecantikan eksotis masih menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, wanita Suku Dani juga pekerja keras, taat terhadap adat dan bersifat keibuan.

Baca Juga Beritaku: Mengenal Pulau Sumatera Dengan Suku Melayu Yang Mendominasi

Suku di Bali dan Nusa Tenggara, Cantiknya Luar Biasa!

Pulau Bali dan Nusa Tenggara tidak hanya termasyur karena destinasi wisata alamnya yang indah. Tiga suku dari kedua pulau ini juga cantik dan memesona.

Suku Bali Aga

Suku Bali Aga

Suku Bali merupakan etnik yang mendiami wilayah Provinsi Bali dan sebagian kecil daerah di Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah serta Bengkulu dan Lampung. Salah satu sub-suku Bali yang familiar didengar adalah Suku Bali Aga.

Wanita keturunan Suku Bali Aga memiliki daya pikat dari kecantikannya. Meski tanpa balutan riasan wajah, mereka tetap percaya diri dan tampak tetap memesona saat beribadah mengenakan kebaya khas.

Keturunan Bali Aga juga memiliki sifat positif. Mereka gemar menolong sesama dan mampu hidup mandiri.

Suku Sasak

Suku sasak

Mendiami Pulau Lombok, Suku Sasak punya banyak wanita cantik eksotis dengan penampilan khas dan tradisional. Penduduk suku ini ternyata juga masih memegang teguh budaya dan adat istiadatnya, termasuk peraturan pernikahan .

Bagi orang luar yang hendak meminang gadis dari Suku Sasak, mereka harus membayar mahar yang tidak murah. Mereka juga masih menjalankan tata cara dan tahapan meminang anak gadisnya lho!

Suku Manggarai

Suku Manggarai

Bagi wanita Suku Manggarai, wanita keturunannya harus terus melestarikan kebudayaan dan tradisinya. Rupanya tidak hanya cinta terhadap hukum adatnya, mereka juga punya wajah menarik dan cantik.

Suku Manggarai sendiri merupakan suku bangsa yang berdiam di Pulau Flores bagian barat. Wilayah tersebut merupakan bagian dari daerah administratif provinsi Nusa Tenggara  Timur.

Bagikan Ke