Ismi bersama ibunya
Ismi Naila Korban Gear Motor, Hampir seluruh jari kakinya putus.

10 Jari Kaki Ismi Naila Hampir Putus, Dirujuk Ke RSUD Namun Terkendala Kondisi Keuangan

Posted on

Tragis Jari Kaki Anak Ismi Naila Hampir Putus

Beritaku.Id, Mamuju – Kondisi didesa, menjadi dambaan banyak orang, kondisi alam yang masih belum terkena polusi banyak, menjadi daya tarik tersendiri, namun siapa sangka seorang anak yang harusnya riang, tiba-tiba menjerit karena seluruh jari kakinya hampir putus, Jumat 6/12/2019.

Jari Kaki Ismi Naila Dari akun facebook Wawan Iskandar (Mufc)

Anak perempuan ini bernama Ismi Naila dari Karanamu Kecamatan Tapalang pagi ini mendapat musibah hampir seluruh jari kaki kirinya terputus akibat masuk ke gear motor, saat ini Ismi akan dirujuk ke RSUD Kabupaten Mamuju namun kondisi keuangan dari keluarga Ismi tergolong kurang mampu dan tidak memiliki JKN (BPJS)

Bagi para dermawan yang ingin memberikan bantuan bisa menghubungi Kakeknya Ahmad (082347807731) atau bagi yang ingin transfer bisa langsung ke Rekening BNI Nurhasanah Azis, 584104118 dan konfirmasi via WA ke saya 085298808941, demikian Wawan Iskanda (Mufc).

Beritaku.Id, melakukan pemantaun terhadap postingan tersebut, dan para nitizen memberikan respon yang luar biasa, dengan ikut mereshare postingan dari Sabang sampai Merauke.

Tidak sampai 24 jam, para dermawan telah memberikan sumbangan kepada anak tersebut mencapai hampir 30 juta rupiah. Apakah pembaca ingin menyumbang? Terlambat, sebab penuturan akun Wawan Iskandar, akan menutup sumbangan sehubungan dengan cianggap cukupnya biaya dari sumbangan para dermawan yang terkumpul.

Banyak nitizen yang memberikan kontribusi, termasuk mereshare, berita Izmi tersebut membuat sumbangan banyak yang terkumpul dalam waktu yang singkat.

Dari Detik.Nesw.com

Jangan Panik Jika Jari Terputus

Bandung – Anda pasti tak pernah berharap ada bagian tubuh Anda yang terputus karena suatu sebab. Tapi sebagai antisipasi, tak ada salahnya jika kita mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan jika menghadapi kejadian tersebut.

Kepala Bagian Ortopedi RSHS Nucki Nur Sjamsi Hidadjat menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan saat menghadapi kejadian putus bagian tubuh misalnya saja putus jari.

Saat terpotong, jari yang terlepas harus langsung dibungkus kain kasa yang sudah dilembabkan. “Organ yang terputus tidak boleh langsung kena air. Jangankan pakai air, pakai alkohol juga jangan. Karena dikhawatirkan ada pembuluh darah atau jaringan yang terpotong mengalami kerusakan,\” ujar Nucki saat ditemui di Ruang Ortopedi RSHS, Jalan Pasteur, Rabu (30/6/2010).

Setelah itu kain berisi potongan jari dimasukkan ke dalam plastik steril kemudian diikat. Bungkusan plastik tersebut kemudian dimasukkan kembali ke plastik lainnya yang lalu diisi air dan es.

“Itu biar jaringan pembuluh darah tidak mati,\” katanya. Ikat kembali lalu masukkan ke dalam termos agar tetap dingin. Setelah itu baru dibawa ke RS.

“Dengan cara itu, kalau waktunya kurang dari 12 jam masih bisa disambung” tutur Nucki.

Sementara untuk bagian tubuh yang terpotongnya, hentikan darah yang keluar dari bagian yang terpotong dengan menutupkan kain bersih dengan agak ditekan agar pendarahan berhenti sampai berhenti. “Jangan sampai pendarahannya terus-terusan” tambahnya. Setelah itu dibawa ke RS.

“Kebanyakan masyarakat panik, jadi ngga bisa berfikir cara menanganinya” paparnya yang berharap saat terjadi kecelakaan terputus bagian tubuh masyarakat dapat melakukan tahapan yang disarankan tersebut.

Setelah kejadian, korban sebaiknya jangan diberi makan atau minum terlebih dahulu. Sehingga setelah sampai di RS bisa dilakukan operasi. “Jadi ketika datang bisa langsung dioperasi” tutupnya.

Disebutkan Nucki, saat belakangan banyak terjadi putuh bagian tubuh saat bekerja. Padahal sebelumnya, putus bagian tubuh banyak terjadi karena tindakan kejahatan. Karena itu, Anda patut wawpada.

Jari Kaki Ismi Naila
Ilutrasi Jari Kaki Putus Seperti Milik Ismi Naila

Apakah Jari Putus Bisa Disambung Lagi?

Ini Pertolongan Pertamanya

  1. Bertindak segera dan tak lebih dari 12 jam
  2. Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah membilas luka di jari atau tanganmu dengan air dan larutan garam steril
  3. Berikutnya, hentikan pendarahan dengan cara mengangkat jari atau tangan pada posisi berdiri
  4. Angkat jari atau tangan sejajar atau lebih tinggi dari jantung untuk meminimalkan pendarahan dan pembengkakan
  5. Perban bagian jari yang terpotong agar darah tidak terus-menerus mengucur, namun jangan terlalu kencang ya
  6. Ambil potongan jari yang terlepas dan taruh pada kain kasa yang lembap
  7. Jika tak ada kain kasa, kamu bisa menggantinya dengan handuk berbahan lembut dan lembap, namun bukan berarti basah

Apakah jari Ismi masih bisa tertolong?

Bagikan Ke