Bayi Yatim Piatu, 3 Orang Tewas Setelah Makan Ikan Buntal

11/03/2020-Beritaku, Kesehatan, Nasional, Peristiwa, Sorot-355 dibaca

Beritaku.Id, Kesehatan – Ikan Buntal atau ikan buntek dalam bahasa inggris disebut Balloonfish, Globefish atau puffer fish, Rabu, (11/3/2020)

Setelah mengkonsumsi ikan ini, 3 orang penduduk Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Kota Banyuwangi, meninggal dunia seketika.

Ketiganya adalah anak, menantu dan mertua mengkonsumsi dengan lahapnya ikan hasil pancingan.

Ketiga orang meninggal tersebut adalah laki-laki Muhlis Hartono umur 65 tahun, Perempuan Dewi Ambarwati Umur 50 tahun, dan perempuan Siti Hafsah umur 80 tahun.

Hafsah adalah ibu dari Ambarwati, sementara Ambarwati adalah istri dari Muhlis

“Ya benar. Tiga orang meninggal diduga karena keracunan,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Selasa (10/3/2020).

Muhlis Hartono memnacing ikan tersebut. Sesampai dirumah Ambarwati memasak ikan hasil pancingan suaminya tersebut dengan racikan bumbu santan, selanjutnya di goreng.

Kronologi Ikan Buntal Memakan Korban

Pada tanggal 9 Maret, Muhlis memancing ikan dan mendapatkan ikan hasil pancingan. Setelah ikan dimasak, ketiganya menyantap hasil racikan terbaiknya tersebut.

Selesai mereka bersantap pada hari itu, perut mereka mulas, dan buang air besar, serta merasakan mual-mual.

Tidak menaru curiga dengan penyebab mulas tersebu. Dihari kedua atau tanggal 10 Maret 2020, ketiganya kembali makan bersama, dengan sisa ikan buntal sehari sebelumnya.

Setelah itu, mereka merasakan mual mulas yang sangat parah, dan muntah-muntah.

Karena hal tersebut, tetangga kemudian datang membantu. Dengan mengantarkan ke Puskesmas terdekat di Kecamatan Wongsorejo, namun naas karena ketiganya tidak tertolong.

“Saat ini kami lakukan penyelidikan. Sampel makanan kami akan uji laboratorium untuk mengetahui apakah kematian ketiganya karena ikan buntal ini,” pungkas Kapolresta.

Kasus Ikan Buntal Sebelumnya di Tuban

Pada Tanggal 3 Februari 2019, Kasus ikan buntal terjadi di Dusun Lebak, Desa Sumurgung, Kecamatan Montong, Jawa Timur.

Laki-laki Rudiyanto Wijaya Umur 37 tahun meninggal dunia dan seorang lainnya laki-laki. Bernama Muha umur 40 tahun harus diinpus, untuk anti oksidasi di RSUD Dr Koesma Tuban.

Apakah Ikan Ini Bisa Di Konsumsi?

Restoran di Jepang, China dan Korea. Ikan ini menjadi sajian khas yang paling banyak digemari, tentu dengan racikan chef yang profesional.

Pada beberapa pengunjung mengatakan bahwa ikan buntal sangat nikmat dan memiliki cita rasa yang berbeda dan khas.

Ikan jenis ini adalah termasuk karnivora atau pemakan hewan, dalam hal berenang ikan ini tidak terlalu ahli.

Untuk melindungi tubuhnya dari serangan predator. Maka ikan ini selalu memasukkan air kedalam tubuhnya sehingga mengembang dan membesar, membuat predator menjauh.

Penulis: Dhilah

PILIHAN Beritaku

Komentar