Atlet Perbakin Tercantik
Olahraga menembak (Foto: idntimes.com)

Atlet Perbakin Tercantik, Olahraga Dalam Kajian Islam Serta 10 Daftar

Diposting pada

Ada beberapa olahraga dalam kajian islam yang menarik untuk kita bahas, salah satunya cabang olahraga perbakin. Olahraga tersebut memiliki sejarah dan akan kami berikan 10 daftar dari olahraga tersebut. Menariknya lagi, ada atlet perbakin tercantik juga loh!

Beritaku.id, Olahraga – Halo pecinta olahraga, salah satu cabang olahraga perbakin di Indonesia rupanya memiliki atlet dengan paras yang cantik. Siapa sangka, atlet cantik tersebut selain memiliki wajah yang rupawan juga memiliki prestasi yang patut kita banggakan.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Olahraga)

Olahraga selalu identik dengan atlet prianya saja, padahal ada banyak sekali atlet-atlet wanita yang juga tak kalah berprestasi lainnya. Di Indonesia sendiri kita memiliki beberapa atlet wanita dari berbagai cabang olahraga.

Kini, tidak ada lagi perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Semuanya memiliki hak yang sama untuk berprestasi sesuai dengan bidang yang mereka sukai.

Dalam dunia olahraga pun juga demikian, perempuan memiliki ruang untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki dan berprestasi setinggi-tingginya.

Salah satu cabang olahraga yang menarik yaitu olahraga perbakin, cabang olahraga ini memiliki cukup banyak peminat. Mulai dari atlet laki-laki dan atlet perempuan.

Olahraga ini cukup keren, kita akan menembak pada suatu target menggunakan peralatan yang telah tersedia. Dari hasil tembakan yang kita hasilkan akan menghasilkan suatu nilai dari seberapa tepat kita mengenai target.

Sudah tahukah kalian bahwa salah satu cabang olahraga ini rupanya memiliki beberapa atlet cantik loh! bahkan beberapa dari mereka ada juga yang menggunakan hijab.

Wah, hebat sekali ya. Mereka ternyata juga memiliki prestasi yang cukup membanggakan, mulai tingkat nasional hingga internasional juga.

Semakin salut nih sama mereka, wajah boleh saja lemah lembut ya, namun tenaganya luar biasa loh. Mereka juga gesit saat membidik target nih. Sudah paket komplit ya.

Eh tapi tunggu dulu. Apakah dalam islam memperbolehkan kita untuk berburu? nah kita bahas nanti di bawah ya.

Baca juga beritaku : 29 Atlet Wanita Tercantik, Body Seksi dan Sensual Sepanjang Tahun 2019

Sejarah Berdirinya Perbakin

Menembak merupakan salah satu jenis olahraga yang juga membutuhkan keahlian khusus, bagaimana melakukan tembakan yang baik agar mengenai target bukanlah hal yang mudah.

Ada berbagai jenis senjata yang dapat kita gunakan sesuai dengan target yang akan kita bidik. Olahraga ini juga tengah populer di Indonesia, selain untuk melatih kefokusan juga dapat menjadi salah satu hiburan.

Kegiatan berburu sendiri sebenarnya sudah ada sejak zaman Belanda dulu, awalnya saat itu menembak merupakan salah satu kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu.

Saat itu pemerintah Belanda membentuk suatu perkumpulan untuk para pemburu dengan sebutan Nederlands Indische Jagersgenootschap yang disingkat dengan NJG.

Kemudian setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya, yaitu sekitar tahun 1960, kegiatan dari organisasi tersebut beralih ke organisasi baru yang bernama Perhimpunan Olahraga Perburuan Indonesia (Forpi).

Saat itu fokus utama dari organisasi tersebut adalah perburuan, sehingga hampir seluruh kegiatannya berpusat pada pelatihan untuk berburu. Sebab kegiatan menembak saat itu masih memiliki kendala.

Kendala yang terjadi antara lain belum tersedianya peralatan yang lengkap, mahalnya sasaran, sulitnya membangun lapangan dan perizinannya.

Olahraga ini terus mengalami perkembangan, peralatan mulai mengalami kemajuan dan hewan buruan saat itu masih cukup banyak. Peminat olahraga ini juga terus mengalami peningkatan.

Pada tahun 1960 olahraga ini mulai populer, saat itu ada sekelompok perwira Angkatan darat yang ikut mempopulerkan kegiatan menembak. Hal tersebut merupakan awal kepopuleran olahraga menembak.

Untuk pertama kalinya, di tahun 1960 Indonesia mulai mengirimkan atlet penembak untuk cabang olahraga menembak.

Selanjutnya pada tahun 1961 resmi berdirinya organisasi olahraga menembak dengan nama Perbakin (Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia). Organisasi tersebut juga ikut menjadi anggota dari Olympic games Federation.

Setahun kemudian, olahraga ini terus mengalami perkembangan mulai dari perlengkapan yang semakin canggih, lapangan tembak yang memenuhi standar. Hal tersebut membuat Indonesia berani mengirimkan atletnya untuk mengikuti kejuaraan di Asian Games IV.


Olahraga Berburu Dan Menembak Dalam Kajian Islam

Dalam islam, berburu diperbolehkan asal hewan yang menjadi mangsa tersebut sebelumnya telah kita doakan. Hewan yang menjadi sasaran tersebut juga hendaknya kita konsumsi.

Dengan demikian, untuk berburu hewan supaya memperhatikan apakah hewan tersebut halal atau haram. Sebab hewan yang sudah kita tembak supaya kita konsumsi, tidak untuk dibuang (mubadzir).

Dalam ilmu fiqih, berburu merupakan kegiatan menangkap hewan liar yang tidak memiliki pemilik. Namun ada beberapa orang yang oleh Allah dilarang untuk berburu, yaitu seseorang yang sedang haji dan umrah.

Rasulullah SAW pernah bersabda “Allah telah mengharamkan pada kalian untuk membunuh pada makhluk yang bernafas kecuali mempunyai alasan”.

senjata perbakin

Ada beberapa hadist yang telah melarang olahraga berburu dengan mangsa makhuk Allah yang memiliki nyawa. Salah satu hadist yang telah Rasulullah SAW sabdakan yaitu “Jangan kalian menjadikan target pada sesuatu yang bernyawa”.

Ketika itu Ibnu Umar perah melewati pada sekelompok orang yang sedang berpesta atas hewan buruan mereka. Kedatangan Ibnu Umar membuat mereka ketakutan.

Ibnu Umar lantas menghampiri mereka dan bertanya “Siapa yang telah melakukan perbuatan ini? sunggun Nabi dan Allah telah mengutuk pada mereka yang melakukan perbuatan ini (berburu hewan)”.

Pernah juga, ketika Nabi Muhammad SAW melewati sekumplan anak yang sedang berburu ayam menggunakan ketapel, beliau bersabda “Janganlah kalian melukai hewan malang tersebut”.

Dari beberapa hadist tersebut sudah jelas bahwa berburu pada suatu makhluk yang bernyawa itu hukumnya haram. Adapun yang Allah perbolehkan untuk berburu ada dalam Al-qur’an surat Al-Maidah : 4.

“Mereka bertanya padamu pada apa-apa yang halal bagi mereka. Maka katakanlah Muhammad, yang halal bagimu adalah apa-apa yang baik dan hasil buruan yang telah hewan buas kalian dapatkan (yang terlatih) dan sebutlah nama Allah atas hewan buas tersebut (sebelum melepaskannya) dan kalian bertakwalah pada Allah. Sesungguhnya Allah amat cepat hisaban-Nya”.

Baca juga beritaku : Atlet Muda 23 Tahun Cantik, Hoby Berpose Sexy, Bikin Lelaki Menelan Air Liur

10 Daftar dan Biodata Atlet Perbakin Tercantik

atlet perbakin wanita

Kaum hawa ini merupakan atlet-atlet perbakin Indonesia yang telah menjuarai berbagai tingkat kejuaraan menembak. Selain berprestasi, mereka memiliki paras yang tak kalah dengan pemain sinetron.

Almaas Rosi Nur Amalia – Atlet Perbakin Tercantik

Salah satu mahasiswi cantik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta ini memiliki hobi yang cukup unik. Ia mulai menekuni olahraga menembak sejak dirinya masih kecil.

Bakatnya pun mulai mencuri perhatian media, siapa sangka di balik wajahnya yang manis gadis berhijab tersebut sangat pandai dalam membidik.

Bagi sebagian kaum hawa, menembak mungkin cukup mengerikan dan masih tabu. Hal tersebut tidak berlaku bagi Almas, ia cukup menikmati kegiatan tersebut hingga menjadikannya sebagai salah satu kegiatan favoritnya.

Cukup unik memang, namun itulah kenyataannya. Meski dirinya masih sibuk dengan berbagai kegiatan kampus, Almaas tetap menyempatkan untuk menekuni olahraga tersebut.

Untuk mengenal atlet perbakin tercantik yang satu ini lebih dekat, berikut adalah biodata diri dari Almaas si cantik yang jago menembak.

Nama Lengkap : Almaas Rosi Nur Amalia

Tempat Tanggal Lahir : Yogyakarta, 18 Mei 1997

Hobi : Modelling, Menembak

Prestasi : 10 besar kategori Overall di kejuaraan Tembak Reaksi IPSC (International Practical Shooting Confederation) tingkat nasional

Sarah Ayu Tamaela

Gadis asli Bali ini selain memiliki postur tubuh yang atletis juga memiliki wajah yang manis. Gadis yang kerap disapa Sarah ini sudah beberapa kali mengantongi medali kemenangan.

Hobinya dalam menembak sudah lahir sejak dirinya masih usia belia, Ayu terus menekuni hobinya tersebut hingga kini sudah puluhan medali yang ia peroleh di berbagai kejuaraan mulai tingkat nasional hingga tingkat internasional.

Yuk kenalan lebih dekat dengan salah satu atlet perbakin tercantik asal Bali yang beberapa kali sudah mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan internasional.

Nama Lengkap : Sarah Ayu Tamaela

Tempat Tanggal lahir : Denpasar, 15 Maret 1999

Prestasi : New Zealand IPSC Nationals 2018, 5th Overall Open Division, 1st Lady Category Open Division, Asia Pacific Xtreme Open 2018, 1st Lady Category Open Shoot Off, 1st Lady World Xtreme Series, 3rd Open DIvision World Xtreme Series, 1st Malaysia Iskandar Shoot 2019 IPSC Level 3 Championship.

Baca juga beritaku : Permainan Bola Voli: Eksistensi, Sejarah Sejak Abad 18, Induk Organisasi

Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba – Atlet Perbakin tercantik

Salah satu penembak muda yang cantik ini sangat ahli dalam menembak menggunakan senapan angin. Berbagai perlombaan yang ia ikuti sudah membuahkan hasil yang memuaskan.

Ada banyak medali yang telah ia peroleh dari berbagai kejuaraan di tingkat nasional hingga tingkat internasional. Di usianya yang masih muda, ia berhasil membuktikan bakatnya tersebut.

Gadis manis asal Jawa Barat ini juga mengaku senang dan juga bangga dapat membawa nama Indonesia di berbagai kejuaraan dunia. Untuk lebih mengenal sosok Vidya, yuk simak biodata dirinya.

Nama Lengkap : Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba

Tempat Tanggal Lahir : Depok (Jawa Barat), 27 Mei 2001

Prestasi : SEA Games 2019 di Filipina (Senapan angin 10 m putri), SEA Games 2019 Filipina (Tim senapan angin campuran 10 m).

Lely Sampoerno

Perempuan pertama yang menjadi atlet menembak asia berasal dari Indonesia, maka banggalah kita menjadi warga Indonesia. Pada tahun 1960-an merupan awal mula perempuan merambah cabang olahraga menembak.

Saat itu Lely Sampoerno menjadi perempuan asia pertama yang memulai karir di cabang olahraga menembak. Untuk mengenal lebih dekat dengan sosok atlet perbakin tercantik yang satu ini, mari kita simak biodatanya.

Nama Lengkap Lely Koentratih

Tempat Tanggal Lahir : Sukabumi (Jawa Barat), 2 Desember 1935

Prestasi : Meraih 12 medali emas selama ikut serta dalam PON (Pekan Olahraga Nasional), meraih 8 medali emas dan 5 medali perak pada South East Asia Shooting Association (SEASA).

Baca juga beritaku : Induk Organisasi Senam Indonesia & Dunia; 8 Cabang

Nadia Eryaningrum

Gadis manis yang murah senyum ini memiliki bakat menembak yang tidak perlu kita ragukan lagi. Di perlombaan tingkat internasional, dirinya yang masih terbilang belia mampu memperoleh juara tiga.

Untuk ukuran remaja seusianya, hal tersebut merupakan prestasi yang membanggakan. Nadia adalah salah satu tamatan dari SMPN 1 Tanjungpinang. Berikut biodata atlet perbakin tercantik bernama Nadia yang tahun 2019 lalu mendapat juara di tingkat internasional.

Nama Lengkap : Nadia Eryaningrum

Prestasi : Juara 3 International South East Asia Shooting Association (SEASA) 2019 kategori 10 meter Air Rifle Woman Junior.

Shiva Awallu Nissa

Remaja manis lainnya yang juga jago menembak adalah Shiva, ditengah kesibukannya sebagai seorang mahasiswi, dirinya mampu membuktikan bakat yang ia miliki selama ini.

Dengan kegigihannya dalam berlatih, gadis manis itu sukses membawa pulang berbagai medali di beberapa perlombaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Berikut biodata Shiva yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber.

Nama Lengkap : SHiva Awallu Nissa

Tempat Tanggal Lahir : Medan, 11 April 2000

Prestasi : Meraih medali emas pada Kejurnas Indonesia dan South East Asia Shooting Association (SEASA) 2019.

Vegi Sepfriani Agripratama

Wanita cantik yang jago menembak ini ternyata seorang polwan loh, duh paket lengkap ya.. sudah cantik, masih muda, seorang polwan dan jago menembak lagi, siapa yang tidak penasaran dengan sosoknya coba.

Vegi memang memiliki hobi yang cukup unik, dirinya menyukai olahraga menembak. Selain kesibukannya sebagai seorang polwan, rupanya ia juga rutin melatih hobinya tersebut.

Ada berbagai prestasi yang berasil ia raih, meski demikian dirinya mengaku masih ingin teus melatih skillnya tersebut. Selain sebagai hobi, menurutnya menembak dapat melatih konsentrasinya. Yuk kenalan dengan sosok polwan cantik ini.

Nama Lengkap : Vegi Sepfriani Agripratama

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 24 September 1996

Prestasi : Meraih medali emas pada POn 2016 nomor 10 m air pistol standard beregu putri, Meraih penghargaan emas pada kejuaraan Kapolri Cup selama berturut sejak tahun 2010 hingga 2013.

Fidella Puspa Dewi

Gadis cantik alumni Universitas Muhammadiyah Palembang (UM Palembang) ini juga ikut membanggakan Indonesia berkat prestasinya di bidang olahraga menembak.

Keahliannya dalam menembak rupanya ia miliki sejak usianya masih belasan tahun, dengan rajin berlatih kini ada berbagai piaam dan medali yang berhasil ia raih. Kenal lebih dekat dengan Fidella yang mempunyai segudang prestasi dalam menembak.

Nama Lengkap : Fidella Puspa Dewi

Tempat Tanggal Lahir : Palembang, 10 Oktober 1994

Prestasi : Meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat 2016,.

Maharani Ardi

Salah satu atlet menembak wanita yang rela mengeluarkan dana milik pribadinya untuk melatih skillnya dalam menembak adalah Maharani. Ia tak tanggung-tanggung mengeluarkan dana pribadinya yang tidak sedikit.

Perempuan cantik ini juga sukses membuktikan bakat menembaknya dengan memenangkan berbagai kejuaraan di tingkat nasional dan internasional. Yuk simak biodatanya berikut ini.

Nama Lengkap : Maharani Ardi

Tempat Tanggal Lahir : Palembang, 14 November 1986

Prestasi : Meraih medali emas nomor 50 m Rifle Prone putri pada Sea Games XXVI 2011, meraih medali perak dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012.

Amber Jo Hill – Atlet Perbakin Tercantik

Siapa yang tak mengenal petembak cantik ini? di balik wajahnya yang terlihat feminin ternyata dirinya cukup garang saat memegang senapan. Keahliannya dalam menembak sudah beberapa kali mampu membawa pulang medali emas.

Kemampuannya tersebut sudah tidak dapat kita ragukan, di usianya yang masih muda, petembak cantik ini juga sukses menarik perhatian. Amber kini menjadi salah satu tim andalan Inggris. Berikut biodata dirinya.

Nama Lengkap : Amber Jo Hill

Tempat Tanggal Lahir : Windsor, 21 AGustus 1997

Prestasi : Juara 1 dalam ISSF (International Shooting Sport Federation) World Cup 2013.

Baca juga beritaku : Olahraga Renang: Keindahan Hingga Berat Badan Ideal

Bagikan Ke