Gambar Olahan Daging Ikan

Bentuk Daging Ikan Termahal Dunia, Tekstur, Kandungan, Syarat, 5 Daftar

Diposting pada

Mengenal berbagai bentuk daging ikan termahal dunia kali ini kita mulai dari mengenali terlebih dahulu tekstur dan apa saja kandungan yang ikat tersebut miliki. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat menjadi kategori ikan termahal. Setidaknya ada 5 daftar jenis ikan termahal di dunia yang akan kita bahas.

Britaku.id, Makanan – Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin yang baik bagi tubuh, beberapa kandungan terbaik juga dapat kita temukan pada berbagai bentuk daging ikan.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Lifestyle)

Luar biasa, kali ini kita akan membahas seputar bentuk daging ikan. Yap! daging yang akan kita bahas yaitu dagang ikan, bukan sembanga ikan tentunya. Melainkan daging ikan yang harganya paling mahal di dunia.

Wah, menarik ya. Oke, langsung saja kita bahas dari pengetahuan dasar dulu seputar daging ikan ya.

Daging ikan sendiri merupakan sumber protein yang sangat mudah untuk tubuh kita serap. Dari berbagai jenis sumber protein daging lainnya, protein yang terkandung dalam ikan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Hal tersebut karena protein yang terkandung dalam daging ikan memiliki kandungan asam amino yang lebih sederhana dari daging hasil peternakan.

Protein tersebut akan berfungsi sebagai pembentukan jaringan yang ada di dalam tubuh, meregenerasi ensin dan hormon dalam tubuh yang hilang serta menjadi sumber energi.

Baca juga beritaku : 5 Jenis Ikan Air Payau: Unsur, Tempat Menambak, dan Caranya

Selain protein, sumber energi yang dapat tubuh kita peroleh dari daging ikan adalah asam lemak omega-3. Ada kandungan EPA (asam eikoosapentonat) dan DHA (asam dokosaheksonat) dari daging ikan yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh.

Kebaikan lainnya yang akan kita dapatkan dari mengonsumsi daging ikan adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigleserida yang ada di dalam darah.

Daging ikan juga dapat mencegah adanya potensi penggumpalan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberi asupan penting dalam pertumbuhan otak dan janin. Sehingga ibu hamil dan anak-anak sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi daging ikan.


Tekstur Daging Ikan Termahal

Untuk mendeskripsikan seperti apa tekstur dari bentuk daging ikan termahal yang ada di dunia, kita akan memberikan beberapa contoh. Sebab masing-masing tekstur dari ikan termahal di dunia berbeda-beda.

Bluefin Tuna

Bluefin Tuna Termahal
Bluefin Tuna (Foto: Guideline)

Tuna memang merupakan jenis ikan yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Selain rasanya yang gurih dan enak, ikan ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.

Puffer Fish

Sama seperti tuna, daging dari ikan puffer memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Untuk rasanya sendiri gurih dan sedikit manis.

Tahukah anda apa yang dimaksud Puffer Fish? Berikut bentuknya.

Ikan Buntal
Jenis Ikan Buntal atau Puffer Fish (Foto: Kompasiana)

Todak

Ikan todak juga merupakan salah satu ikan termahal di dunia, rasanya pun nikmat dan tidak memiliki bau. Ikan todak memiliki tekstur daging yang lunak, jika anda menyentuhnya dengan kuku maka tidak akan meninggalkan bekas pada daging.

Bentuk Ikan Todak
Bentuk Ikan Todak (Foto: Merdeka)

Baca juga beritaku : Qurban Online, Pembagian Daging, Serta Bagaimana Hukumnya

Yellowfin Tuna

Berbagai jenis ikan tuna menjadi makanan termahal di dunia, yellowfin tuna yang merupakan salah satu jenis tuna yang memiliki harga fantastif.

Jenis Ikan Yellowfin Tuna
Yellowfin Tuna (Foto:Maxt)

Bentuk daging ikan ini memiliki tekstur daging yang keras, kenyal dan elastis. Tekstur ikan tuna ini berbeda dari kebanyakan jenis tuna lainnya yang memiliki tekstur daging lembut dan lunak.

Wild King Salmon

Ikan salmon memiliki tekstur daging yang kenyal saat kita sentuh menggunakan jari. Ketika sudah anda masak, tekturnya akan berubah menjadi padat dan empuk.

Wild King Salmon
Wild King Salmon (Foto:Rekt)

Dari beberapa ikan yang termasuk dalam daftar ikan termahal di dunia, dapat kita ambil kesimpulan bahwa tekstur dari ikan-ikan mahal tersebut berbeda-beda tergantung dengan jenisnya.


Kandungan Dalam Ikan Termahal

Banyak dari kita pasti bertanya-tanya sebenarnya apa yang membuat ikan-ikan tersebut berharga fantastis. Selain rasa dan teksturnya, hal yang membuat ikan-ikan tersebut berharga mahal adalah keberadaannya dan kandungannya.

Keberadaan ikan-ikan tersebut terbilang langka, sebab tidak banyak orang yang dapat membudidayakannya. Ikan-ikan tersebut rata-rata hidup di laut lepas, dan pelayan ikan tidak mudah untuk mendapatkannya.

Kandungan yang ada di dalam daging ikan tersebut juga tentunya memiliki banyak manfaat bagi tubuh apabila mengonsumsinya. Kandungan tersebut akan kami jelaskan berdasarkan dari masing-masing bentuk daging ikan, sebab mereka memiliki perbedaan.

Baca juga beritaku : Dinas Peternakan Kabupaten Gowa Jamin Ketersediaan Daging Menjelang Puasa

Daging Ikan Bluefin Tuna

Gambar Ikan Bluefin Tuna

Kandungan yang ada di dalam daging ikan bluefin tuna yaitu magnesium sebanyak 64 gram per 100 gram ikan tuna. Dalam 85 gram daging tuna mengandung kurang lebih 185 hingga 265 mg fosfor.

Selain itu daging ikan bluefin tuna juga mengandung omega-3, zat besi, collagen, kalori, lemak, natrium, karbohidrat, protein, vitamin B6, vitamin B12 dan vitamin D.

Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu proses tumbuh kembang otak agar lebih cerdas dan kandungan baik lainnya juga dapat memperhalus permukaan kulit kita.

Tidak jarang produk-produk kecantikan juga menggunakan ikan tuna sebagai bahan campuran untuk membuat beberapa kosmetik atau obat kecantikan yang dapat dikonsumsi.

Daging Puffer Fish

Gambar Bentuk Ikan Puffer

Kandungan baik lainnya juga terdapat dalam ikan puffer fish atau disebut juga sebagai ikan buntal. Kandungan yang ada dalam daging ikan ini yaitu 78,9% air, 16,5% protein, 0,7% lemak, 2,5% karbohidrat dan 1,4% abu.

Perlu anda ketahui bahwa ikan buntal ini sebenarnya memiliki kandungan racun yang sangat berbahaya apabila kita konsumsi. Untuk itu dalam mengolahnya perlu anda perhatikan bagian mana saja yang dapat kita olah.

Karena menjadi salah satu daging ikan termahal di dunia, ikan ini jarang sekali diolah secara rutin di setiap rumah-rumah. Umumnya ikan ini hanya dapat kita jumpai di restoran-restoran terkenal.

Di Jepang dapat kita jumpai restoran-restoran mahal yang menjual sajian yang berbahan dasar dari bentuk daging ikan buntal.

Baca juga beritaku : Aktifitas Perikanan Dan Covid-19, Serta PSBB Dan Dampak Ekonomi

Daging Ikan Todak

Gambar Ikan Todak

Ikan todak biasanya tersaji dalam keadaan mentah, sebab kandungan gizinya jauh lebih banyak dalam keadaan mentah daripada dalam keadaan matang atau yang sudah kita masak.

Kandungan yang ada dalam daging ikan todak mentah yaitu energi, protein, fosfor, kalium, seng, retinol, niasin, magnesium, selenium, pantotenat, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, kolina dan lemak tak jenuh tunggal.

Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu sistem peredaran darah dengan baik, dapat membantu proses regenerasi rambut, kuku dan kulit.

Ikan ini juga bagus untuk proses reproduksi dan tumbuh kembang bagi. Kandungannya juga dapat membantu perkembangan otak dan sistem saraf lainnya.

Bagi anda yang memiliki masalah dengan tulan dan sistem kekebalan tubuh, mengonsumsi berbagai bentuk daging ikan ini juga dapat membantu proses pemulihan.

Daging Ikan Yellowfin Tuna

Gambar Daging Ikan Yellowfin Tuna

Ikan tuna ini memiliki kandungan kalori, lemak, natrium, karbohidrat, protein, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D dan zat besi.

Dari kandungan-kandungan yang ada di dalam daging ikan tuna tersebut anda akan mendapatkan manfaat yaitu : menyehatkan jantung, menjaga esehatan reproduksi, menurunkan tekanan darah tinggi, menyehatkan mata.

Selain itu kandungan lainnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung tumbuh kembang anak, menambah energi, mencegah terjadinya kanker, menjaga fungsi ginjal dan memperlancar sirkulasi darah.

Bentuk Daging Ikan Wild King Salmon

Gambar Wild King Salmon

Kandungan yang ada dalam ikan wild king salmon adalah kalium, selenium, vitamin B12, asam lemak dan omega-3.

Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk jantung, dapat menunjang perkembangan otak, baik untuk kulit dan rambut, membantu proses pertumbuhan tulang, mengatasi depresi.

Syarat-Syarat Daging Ikan Termahal

Menjadi daging ikan termahal tentunya harus memenuhi beberapa syarat, tentu bukan hal yang tanpa sebab mengapa daging ikan tersebut dapat terjual dengan harga yang mahal.

Daging-daging tersebut tentunya juga memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri yang tidak dapat kita temui pada daging ikan pada umumnya, hal tersebut juga menjadi salah satu ciri dari daging ikan termahal.

Untuk menjadi salah satu daftar daging ikan termahal, syarat-syarat yang harus terpenuhi yaitu :

Rasa

Syarat pertama untuk terdaftar menjadi daging ikan termahal yaitu soal rasa, daging ikan yang baik tentunya memiliki cita rasa yang tinggi. Entah bagaimana pengolahannya, rasa dari daging ikan tersebut akan memberikan cita rasa yang sedap.

Bahkan, tanpa dimasak pun ikan tersebut juga aman untuk kita konsumsi dan rasanya tetap enak dan segar. Sering kita jumpai restoran-restoran seafood yang menjual makanan dengan tanpa diolah.

Namun restoran-restoran tersebut tetap ramai dari pengunjung, hal tersebut karena daging ikan yang mereka jual memiliki cita rasa yang unik dan tentunya dapat memikat selera masyarakat.

Tidak hanya itu, menu yang mereka sajikan pada umumnya merupakan menu-menu yang memang merupakan favorit masyarakat, contohnya sushi, posh pie, dll.

Tekstur

Selain rasanya yang nikmat, tekstur dari daging ikan termahal juga umumnya memiliki perbedaan dari jenis-jenis ikan pada umumnya.

Tekstur yang ikan-ikan tersebut miliki yaitu lebih lembut, lebih kenyal, padat, apabila kita sentuh dengan ujung kuku tidak menimbulkan bekas. Akan tetapi setiap jenis daging ikan yang mahal juga memiliki perbedaan.

Tekstur Ikan
Tekstur Daging Ikan

Tidak semuanya bertekstur kenyal, ada juga yang teksturnya sedkit keras namun tetap lembut saat kita makan.

Ketersediaannya

Ikan tersebut memiliki harga yang mahal sebab keberadaannya cukup sulit untuk kita dapatkan. Tidak mudah untuk mendapatkan daging ikan tersebut, selain populasinya yang cukup langka, mereka pada umumnya tinggal di perairan yang sulit untuk dijangkau.

Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa harga daging ikan tersebut begitu mahal, tidak seperti daging ikan lainnya yang cara memperolehnya cukup mudah dan populasinya masih banyak.

Kandungan Yang Ada Di Dalamnya

Syarat lainnya tentu saja kandungan-kandungan yang ada di dalam daging ikan tersebut. Di dalam daging ikan tersebut memiliki berbagai kandungan yang sangat baik bagi tubuh apabila mengonsumsinya.

Karena kandungan baik tersebut banyak produk makanan, kesehatan dan kecantikan yang memanfaatkannya sebagai bahan dalam pembuatan produk.

Untuk menjadi daging ikan termahal, tentu saja harus memiliki kandungan yang bagus bagi tubuh.

Manfaat Yang Dimiliki

Agar terdaftar menjadi daging ikan termahal juga harus memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, dari kandungan yang ada di dalam daging tersebut, manfaat apa saja yang akan kita dapatkan setelah mengonsumsinya.

Untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi manfaat yang akan kita dapatkan tentunya bukan sesuatu yang sia-sia. Hal tersebut menjadi syarat utama masuk dalam daftar daging ikan termahal.


Daftar Jenis Ikan Termahal Dunia

Sampai saat ini ada 5 daftar jenis ikan termahal di dunia yang dapat kami ambil dari berbagai sumber. Ikan-ikan yang akan kita bahas tentunya sangat aman untuk kit akonsumsi apabila cara mengolahnya benar.

Dari daftar jenis ikan tersebut bahkan ada yang harganya mencamai ratusan juta atau bahkan miliaran. Berikut adalah beberapa daftar daging ikan termahal yang dapat kita rangkum.

  1. Platinum Arowana
  2. Ikan Pari Polkadot
  3. Bluefin Tuna
  4. Baby Eel
  5. Ikan Fugu

Dari beberapa daftar di atas, apakah anda tertarik untuk mencicipi ikan-ikan tersebut? Jika anda tertarik untuk mencicipinya, anda harus mempersiapkan dompet anda terlebih dahulu. Ikan-ikan tersebut juga tidak dapat kita temui di sembarang restoran.

Baca juga beritaku : 2 Sapi di Sinjai Positif Antraks, Hindari Beli Sapi Dari Sinjai

Bagikan Ke