Daftar Surah Pendek

Daftar Surah Pendek: Keutamaan Bagi Ummat Muslim

Diposting pada

Daftar Surah Pendek yang juga termasuk firman yang diturunkan Allah dengan tujuan agar umat Muslim dapat hidup dengan jalan yang benar.

Beritaku.id Berita Islami – mendapatkan keselamatan, keberkahan, serta ridho dari Allah. Allah menurunkan firman-Nya lewat para Rosul yang diutus untuk menyebarkan agama Allah di muka bumi.

Firman-nya tertuang dalam Al-Qur’an. Tersirat makna dan tujuan yang terdapat dalam ayat-ayat suci Al-Qur’an yang terhimpun dalam satu surah. Termasuk hal ini adalah surah-surah pendek.

Dan berikut pembahasan mengenai daftar surah pendek.

Assalamualaikum, bagaimana kabar hari ini? Alhamdulillah sampai detik ini Allah masih memberikan kita kesempatan untuk melihat dunia, merasakan kesegaran udara, serta beragam kenikmatan lain yang Allah berikan untuk kita.

Betapa sayang dan cintanya Allah kepada ummat yang ada di muka bumi.

Dan sudah sepatutnya kita sebagai ummat-Nya, sering-sering melantunkan ayat-ayat-Nya yang indah, bahkan lebih Indah dari berbagai karya puisi yang diciptakan oleh para penyair terkenal di dunia.

Ada banyak makna yang tersirat di dalam surah yang Allah turunkan kepada manusia sebagai pedoman hidup mereka, termasuk dalam surah pendek. Jadi, apa saja maknanya? Mari kita bahas.

Pengertian surah pendek

Sebelum membahas lebih dalam tentang surah pendek, tidak ada salahnya jika kita mengenal terlebih dahulu tentang definisi dari surah pendek.

Banyak sekali literatur yang mengatakan, bahwa surah pendek merupakan juz terakhir Al-Qur’an yang berisi berbagai surah pendek mulai dari An-Nas s/d An-naba.

Rata-rata dari beberapa surah-surah pendek tersebut, merupakan surah yang turun di Mekkah.  Surah-surah pendek tersebut mempunyai berbagai arti, dan hal itu sesuai dengan kejadian yang ada di Mekkah.

Dikisahkan pada waktu itu, Al-Qur’an belum terhimpun dengan baik, tidak seperti sekarang.

Namun yang menolong adalah, beberapa sahabat Rosul menghafal ayat-ayat Al-Qur’an yang turun melalui Rosul, dan mereka menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an.

Mengingat pada zaman itu, belum ada teknologi yang canggih seperti sekarang. Orang-orang lebih suka berlatih untuk menghafal, serta mulai mencerna beberapa ayat Al-Qur’an yang turun ke Bumi lewat Rosul.

Orang yang melakukan pengumpulan Daftar surah pendek

Daftar Surah Pendek
ilustrasi membaca alquran

Maka, ada salah satu orang yang sekaligus sebagai sahabat beliau, membukukan Al-Qur’an menjadi satu mushaf, termasuk surah-surah pendek yang menjadi penutup jumlah juz Al-Qur’an. Ialah sahabat Utsman bin Affan.

Utsman bin Affan adalah salah satu Khulafaur Rasyidin yang menggantikan kepemimpinan Ummat Islam setelah Umar bin Khattab.

Ide tentang membukukan Al-Qur’an sebenarnya sudah ada sejak masa kepemimpinan Abu Bakar As-Sidiq.

Namun baru terlaksana pada kepemimpinan Utsman bin Affan, setelah keadaan ummat Islam yang jarang mengalami peperangan, tidak seperti masa kepemimpinan terdahulu.

Utsman bin Affan merupakan sahabat Nabi yang terkenal dengan harta yang melimpah, tapi beliau sangat dermawan.

Beliau lebih mementingkan Ummat Muslim dengan cara menyumbangkan hartanya untuk kepentingan Jihad di jalan Allah, daripada harus terus menimbun hartanya untuk dirinya sendiri.

Hal tersebut pula yang membuat Rasulullah kagum pada kepribadian dari Utsman bin Affan.

Baca Juga Beritaku: Tata Cara Sholat Hajat Ada 19 Agar Keinginan Tercapai, Rezky Dan Jodoh Terbuka

Kisah Utsman Bin Affan

Dikisahkan bahwa Utsman adalah orang yang menikahi anak Rasulullah sebanyak 2 kali, ialah Ruqayyah yang meninggal pada Perang Badar, serta Ummu Kultsum yang sebelumnya menikah dengan Utaibah bin Abi Lahab.

Beliau pun menjadi khalifan untuk menggantikan Umar bin Khattab setelah menginjak usia 70 tahun.

Pada masa Utsman bin Affan, beliau menorehkan prestasi baik untuk Agama dan ummat.

Utsman merupakan satu-satunya pemimpin yang melakukan perluasan Masjidil Haram di Mekkah, serta Masjid Nabawi di Madinah.

Pada masa Utsman, beliau dapat menaklukan beberapa wilayah antara lain:

Syiria, Afrika Utara, Palestina, Persia, dan beberapa negara Islam yang lain. Hingga kebijakan yang membuat orang mengingat kepemimpinan Utsman, ialah kebijakan mengenai penyatuan ayat-ayat Al-Qur’an menjadi satu mushaf.

Meski begitu, ada juga beberapa hal yang menjadi kontra saat kepemimmpinan Utsman berlangsung, hingga berubah menjadi malapetaka bagi beliau.

Utsman adalah salah satu pemimpin yang sering gonta-ganti kepemimpinan Gubernur untuk wilayah kekuasaanya.

Menurut Utsman, beberapa orang yang beliau turunkan jabatannya, kurang cakap dalam memimpin wilayahnya, sehingga membuat orang tersebut menjadi tidak kredibel di mata Utsman.

Karena hal tersebutlah, beberapa orang yang merasakan penurunan jabatan oleh Utsman, membuat rencana untuk membunuh beliau dengan membuat kelompok pemberontak kepemerintahan Utsman.

Setidaknya sampai dengan 40 hari Utsman mengalami pengepungan saat kepemerintahannya berlangsung. Dan hari ke 40, beliau meninggal dengan cara para pemberontak memaksa untuk masuk ke rumah beliau, dan akhirnya menusuk Utsman dari belakang saat sedang membaca Al-Qur’an.

Daftar surah pendek beserta penjelasan singkat faedahnya

Daftar Surah Pendek
Makna dan faedah dari membaca surah pendek

Adapun beberapa makna serta faedah dari surah-urah pendek yang menjadi juz terakhir dari Al-Qur’an, antara lain;

1. Daftar Surah Pendek: Surah An-Naba

tergolong dalam surah-surah pendek yang terdapat pada juz 30. Surah ini juga termasuk dalam kategori Makkiyah, atau turun di Mekkah. Surah ini terdiri dari 40 ayat, serta merupakan urutan surah yang ke-78.

Apabila kalian membaca surah An-Naba sebagai amalan, maka surah ini akan memberikan manfaat seperti menghindari diri dari sikap syirik.

Mengingat Allah tidak suka dengan orang yang syirik, dan syirik termasuk dalam dosa besar, di mana Allah tidak bisa mengampuninya.

Surah ini juga memberikan kalian manfaat lain seperti mendapatkan syafaat saat hari kiamat datang.

Mengingat pada hari kiamat tersebut, banyak orang yang tidak menyadari bahwa kiamat sudah datang ke dunia.

Hanya orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah yang bisa dengan cepat tahu bahwa hari kiamat sedang berlangsung.

2. Daftar Surah Pendek: Surah An-Nazi’at

Merupakan surah yang tergolong dalam surah Makkiyah, dengan jumlah ayat sebanyak 46 ayat. Surah ini turun dengan urutan ke- 79.

Dalam surah An-Nazi’at, terdapat penjelasan bahwa hari akhir merupakan hari yang tidak bisa diprediksi oleh siapapun. Ummat manusia yang ada di dunia, akan menjadi dua golongan saat masa tersebut terjadi.

Lalu dalam surah tersebut, juga menjelaskan bagaimana Fir’aun adalah orang yang sangat kafir dengan mendustakan keagungan Allah melalui Musa a.s.

Maka Fir’aun mendapatkan siksaan yang sangat kejam atas perbuatan yang ia buat.

Juga menjelaskan tentang proses malaikat-malaikat pencabut nyawa tersebut dalam menjalankan tugas dari Allah untuk mencabut hati ummat manusia yang ada di bumi.

Oleh karenanya, dalam riwayat hadist banyak mengatakan bahwa dengan membaca surah An-Nazi’at, kita akan merasakan hari hisab yang sangat singkat, bahkan rasanya seperti waktu melaksanakan sholat fardhu di bumi.

Juga beberapa riwayat lain mengatakan, jika kita sering membaca surah An-Naziat, maka kita akan menjadi orang yang paling beruntung dan Bahagia pada akhir zaman nanti.

Baca Juga Beritaku: Dzikir Pagi dan Petang: Waktu, Bacaan dan Bonus Khasiat 40 Macam

3. Daftar Surah Pendek: Surah ‘Abasa

Surah ‘Abasa merupakan surah Makkiyah, serta memiliki jumlah ayat sebanyak 42 ayat dan menjadi ayat ke 80 yang turun ke dunia.

Ayat ini menceritakan tentang Rasulullah yang bersikap murung saat ada seseorang yang buta huruf ingin mendengar Rasulullah membacakan surah dari Allah yang turun ke bumi.

Maka, saat itu juga Allah menurunkan Surah ini.

Dalam riwayat hadist, jika kita sering membaca surah ‘Abasa, maka kita akan tergolong sebagai orang yang Bahagia saat kiamat tersebut datang. Mengingat mereka akan mendapatkan pertolongan dari Allah melalui para utusan-Nya yang akan ke bumi.

Dalam riwayat hadist juga, mengatakan bahwa kita akan menjadi orang-orang yang termasuk dalam golongan yang terlindungi dari sifat yang tidak baik saat berada di dunia serta di akhirat nanti.

4. Daftar Surah Pendek: Surah At-Takwir

adalah surah Makkiyah yang urutan turunnya adalah ke 81. Surah ini memiliki jumlah ayat sebanyak 29 ayat.

Beberapa riwayat hadist, mengatakan bahwa jika kita sering membaca surah At-Takwir, maka kita akan mengerti bagaimana proses hari kiamat tersebut.

Mulai saat hari tersebut, datang, hingga ke proses selanjutnya.

Dalam salah satu hadistr riwayat, juga menyebutkan jika kita membaca surah At-Takwir, akan melindungi kita dari sifat jelek yang tidak Allah sukai, baik saat di dunia maupun di akhirat.

5. Daftar Surah Pendek: Surah Al-Infithar

Surat pendek selanjutnya ialah surah yang merupakan surah ke 82 dengan jumlah ayat sebanyak 19 ayat.

Surat ini memiliki faedah yang sangat banyak bagi ummat Muslim yang senantiasa membaca surah ini.

Kebermanfaatan tersebut tertuang dalam beberapa hadist riwayat. Keutamaan tersebut yang pertama adalah, kita akan dalam keadaan baik saat hari akhir tersebut datang.

Lalu surah Al-Infithar dalam riwayat hadist, juga menyebutkan bahwa kita akan mendapatkan banyak sekali kebaikan, bahkan hitungannya seperti tetesan air yang turun ke bumi.

6. Daftar Surah Pendek: Surah Al-Mutaffifin

Surah pendek lainnya adalah surah Al-Mutaffifin. Merupakan surah Makkiyah yang terdiri dari 36 ayat dengan urutan surah ke 83.

Surah ini menceritakan tentang bagaimana baiknya seorang berjualan dengan lebih mementingkan faedah untuk orang banyak serta tidak mengambil laba yang terlalu besar dalam melakukan kegiatan berdagang agar mendapatkan ridho dari Allah.

Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan membaca surah Al-Mutaffifin, kita terhindari dari tindakan curang saat melakukan kegiatan jual beli.

Kita juga mendapatkan keberkahan dalam berjualan, mengingat kita mendapatkan ridho dari Allah SWT.

7. Daftar Surah Pendek: Surah Al-Insyiqaq

Surat pendek dengan memiliki jumlah ayat sebanyak 25 ayat, serta merupakan surat Makkiyah yang ke 85.

memiliki banyak faedah serta kebaikan yang sangat banyak untuk umat Muslim yang membaca surah Al-Insyiqaq ini.

Salah satunya adalah dari riwayat hadist yang mengatakan bahwa dengan membaca surah Al-Insyiqaq, maka kita akan mendapatkan hitungan ringan saat hari hisab pada hari kiamat nanti.

8. Surah Al-Buruj

Merupakan salah satu surah yang juga tergolong dalam surah Makkiyah. Memiliki jumlah ayat sebanyak 22 ayat.

Surah ini berada dalam urutan ke 85 yang turun ke bumi.

Isi dari surah ini memberikan kita berbagai manfaat untuk ummat muslim yang sering membaca surah Al-Buruj ini.

Ummat muslim akan mendapatkan kemudahan dalam segala urusan di dunia. Entah perkara yang ringan, maupun berat sekalipun.

Dengan membaca surah Al-Buruj, ummat muslim juga akan terlindungi dari berbagai hal negatif yang mengancam saat kita berada di suatu tempat.

Baca Juga Beritaku: Khasiat Surat Al Ikhlas Untuk Hajat, Melindungi Diri Saat Tidur Hingga Qiamat

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi surah-surah pendek yang belum di bahas.

Tapi dari beberapa surah-surah pendek yang telah terkupas tuntas tadi, kita bisa mendapatkan berbaga faedah yang ada baik dalam hidup kita di dunia maupun di akhirat nanti.

Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat.

Bagikan Ke