Definisi Komunikasi Verbal
Definisi komunikasi verbal (Foto: binus.ac.id)

Definisi Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Serta Contoh!

Diposting pada

Apa Itu Komunikasi? Dalam dunia komunikasi terdapat komunikasi Verbal & Non Verbal, bagaimana definisi dan contohnya?

Oleh : Sri Rahayu
Penulis Organisasi dan Komunikasi

Beritaku.Id, Organisasi dan Komunikasi – Selamat datang di website kesayangan anda. Bagaimana kabar hari ini? Menyenangkan bukan? Semoga hari ini kamu punya semangat tinggi untuk menjalani kehidupan.

Artikel ini, bersumber dari penulis ternama, untuk membahas secar amendalam tentang Komunikasi Verbal maupun Non Verbal, lengkap definisi dan juga bagaimana contohnya.

Sebagian dari kita pasti pernah mendengar dan mengucapkan kata “komunikasi” pada segala aktivitas sehari-hari, sebagai manusia sosial pastinya berkomunikasi merupakan cara untuk bertahan hidup.

Definisi Komunikasi Verbal dan Non Verbal
Contoh Komunikasi Verbal dan Non Verbal Pada Bayi dan Ibu (Foto: Sehatq)

Apakah kamu pernah merasakan gerogi saat berkomunikasi bersama orang? Jika iya, artikel ini sangat tepat untuk kamu!

Bagi yang sering melakukan komunikasi, selamat! Kamu lolos, tapi kamu harus pahami beberapa hal penting yang ada dalam komunikasi.

Kamu harus tahu! Kemampuan melakukan sebuah komunikasi merupakan kebutuhan penting untuk masyarakat.

Karena ketika kita tidak bisa menyampaikan, merumuskan  apa yang kita bicarakan pastinya akan berdampak pada sebuah persoalan.

Miss Komunikasi

Persoalan itu adalah “miss komunikasi”.Kehidupan ini selalu menghadirkan presepsi yang berbeda. Maka dari itu kita memerlukan sebuah strategi komunikasi yang efektif.

Beberapa permasalahan yang tidak efektif dari sebuah komunikasi kerap terjadi. Yuk kita teliti permasalahan yang ada :

  • Permasalahan Presepsi yang salah dari penerima dan pemberi pesan.
  • Berkomunikasi tanpa tatap muka.

Dari kedua permasalahan yang ada di atas apakah kamu pernah merasakan? Atau pernah menangani masalah tersebut?

Sebelum masuk kedalam topik pembahasan yang ada, Kamu perlu Ketahui bagaimana faktor sebuah komunikasi agar bisa berjalan dengan baik.

Ketahui Faktor-Faktor Komunikasi

For your information, menurut sumber yang ada, terdapat beberapa faktor agar komunikasi agar berjalan dengan baik. Menurut Effendy (2011) beberapa faktor tersebut adalah :

Komunikasi Itu Harus Tepat Waktu dan Tepat Sasaran!

Dalam berkomunikasi kita sebagai pemberi informasi harus mampu menyampaikan dengan tepat waktu dan tepat sasaran. Mengapa? Karena apabila penyampaian komunikasi tidak tepat waktu maka kemungkinan apa yang sudah kita sampaikan tidak bermanfaat.

Komunikasi Harus Lengkap Ya!

Ketika kita menyampaikan sebuah komunikasi harus mudah di mengerti oleh penerima komunikasi. Cara yang bisa kita lakukan dengan memberikan komunikasi yang lengkap. Tujuannya agar tidak menimbulkan sebuah keraguan bagi penerima komunikasi.

Perhatikan Situasi Dan Kondisi

Menyampaikan sebuah komunikasi perlu pengertian secara mendalam, faktor situasi dan kondisi ini perlu menjadi perhatian. Agar komunikasi mampu berjalan dengan baik.

Hindari Kata-Kata Jelek!

Ini merupakan masalah yang sepele, namun memilih sebuah kata dalam menyampaikan sebuah pesan adalah keharusan. Memang sulit, tapi untuk menghindari kesan yang tidak baik. Dari sebuah pemilihan kata-kata yang buruk. Jalan terbaik adalah menghindari dari kata-kata yang kurang enak kita dengar nih.

Jadi harus bisa memilih kata ya guys…

Baca juga: Retorika: Pentingnya, Sejarah Perjalanan, Definisi, 8 Unsur Utama

Komunikasi Dan Persuasi

Perihal komunikasi perlu kita pahami tentang cara persuasi. Bukan mengenal dekat dengan pasangan saja. Haha. Tapi mengenal secara dekat dengan audience sangat penting dalam sebuah komunikasi.

Pasti kamu pernah mendengar pepatah Tak Kenal Maka Tak Sayang itulah persuasi dalam sebuah komunikasi.

Sekarang muncul pertanyaan di fikiran kita. Memangnya tujuan persuasi itu apa? Tujuan persuasi adalah meningkatkan empati antara manusia yang sedang berkomunikasi.

Perlu kamu ketahui nih, komunikasi memiliki beberapa tujuan dan fungsi. Menurut Effendy (2003), ada 4 tujuan dari komunikasi yaitu perubahan sikap, perubahan pendapat, perubahan perilaku, perubahan sosial. Fungsi komunikasi adalah menyampaikan informasi , mendidik, menghibur dan mempengaruhi.

Sebagai manusia yang hidup di bumi ini., Komunikasi sangatlah penting dan perlu perhatian khusus untuk kita

Komunikasi sebagai gambaran yang perlu kamu perhatikan. Maka dari itu kita juga harus paham antara Komunikasi Verbal dan Nonverbal.

Menurut Edy Sutrisno (2011) Proses Penyampaian informasi dengan berbagai dimensi contohnya komunikasi satu arah dan dua arah. Komunikasi satu arah merupakan komunikasi yang terjadi karena sebuah pesan.

Sedangkan komunikasi dua arah terjadi karena diskusi antara pengirim pesan dan penerima pesan sehingga penerima pesan akan merasa puas karena merasa terlibat.

Manfaat ketika kamu melakukan komunikasi satu arah yaitu komunikasi tersebut akan lebih cepat dan efesien, tampak lebih rapid an beraturan. Beda dengan komunikasi dua arah dengan terjadi diskusi antara pengirim pesan dan penerima sehingga penerima pesan akan merasa puas.

Nah berbicara tentang Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Apakah kamu pernah mendengar kata tersebut? Mari kita bedah satu-persatu pada artikel kali ini. Let’s check it out!

Definisi Komunikasi Verbal

Untuk kamu yang masih stay di Beritaku.id, apa sih maksud dari kata Komunikasi? Walaupun kita sering mendengar kata komunikasi tapi tak jarang dari kita melupakan definisi umum dari kata komunikasi (verbal maupun non verbal).

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia arti dari kata Komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi, berita, atau pesan oleh dua orang atau lebih sehingga maksud dari pesan tersebut dapat kita pahami.

Kata Komunikasi muncul dalam bahasa inggris yaitu Communication berasal dari bahasa latin Comunicatio dan bersumber dari bahasa latih nih yaitu Communis.

Dengan arti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.

Kalau tadi definisi dari sebuah komunikasi, lantas Apa sih definisi atau arti sebenarnya komunikasi verbal? Menurut sumber yang ada komunikasi verbal adalah suatu proses pertukaran pengertian yang menggunakan kata-kata, baik tertulis maupun secara langsung.

Penggunaan komunikasi verbal paling banyak penggunaan-nya dalam hubungan antar manusia. komunikasi verbal mengungkapkan perasaan, emosi, pemikiran, gagaasan, fakta,data dan informasi yang menjelaskan.

Selain itu, komunikasi verbal juga menggunakan perasaan dan pemikiran. For your information, unsur terpenting dalam komunikasi verbal adalah bahasa dan kata [Cangara,2007].

Bagaimana komunikasi verbal secara lisan? Komunikasi verbal melalui lisan.

Artinya menyampaikan dengan langsung ataupun tatap muka selain itu bisa menggunakan media seperti telepon, video call dan lain-nya.

Namun dalam pelaksanaan komunikasi verbal melalui lisan ini terkadang lamban dan berlaku hanya satu arah.

Lalu komunikasi verbal melalui lisan pelaksanaan-nya tidak langsung antara komunikator dengan komunikan. Dengan menggunakan kata-kata melalui email, surat, ataupun aplikasi chat lain-nya.

Berkomunikasi secara verbal sebagai manusia yang melakukan harus memiliki bahasa dan pemahaman yang sama, agar terjadi saling pengertian.

Bukan soal pasangan saja yang saling mengerti, tapi berkomunikasipun juga harus saling mengerti.

Hal ini di dukung oleh 3 fungsi yang erat hubungan-nya dalam menciptakan sebuah komunikasi yang efektif.

Komunikasi efektif menciptakan ikatan-ikatan dalam kehidupan manusia. Mari kita bahas teori bagaimana manusia mampu berbahasa!

Teori Operant Conditioning Theory

Pernah mendengar teori ini?
Atau baru mendengar?
Teori ini hasil karya seorang ahli psikologi behavavioristik yang bernama B.F, Skinner (1957).

Teori ini menekan unsur rangsangan (stimulus) dan tanggapan respon. Contoh singkatnya adalah anak-anak mengetahui bahasa karena ia diajar oleh orang tuanya atau meniru apa yang diucapkan oleh orang lain. Bagaimana mudah bukan?

Teori Cognitive

Intinya pada teori menjelaskan bahwa kemampuan berbahasa yang ada pada manusia merupakan pembawaan biologis yang dibawa dari lahir.

Teori Penengah

Pada teori Ini menyatakan manusia dalam mengembangkan kemampuan berbahasa tidak hanya bereaksi dari luar saja, tetapi juga mempengarui proses internal yang terjadi dalam dirinya.

Bagaimana menarik bukan? Dari penjelasan tentang bahasa dapat kita Tarik sebuah kesimpulan bahwa bahasa merupakan sebuah simbol yang digunakan untuk berkomunikasi.

Komunikasi verbal tidak selalu menggunakan sebuah kata-kata dalam bentuk bahasa, namun terkadang juga menggunakan sebuah simbol.

Lalu gimana sih prinsip komunikasi verbal yang ada? Berdasarkan sumber yang ada komunikasi verbal terdapat tiga prinsip komunikasi verbal, diantara-nya :

  1. Hal pertama adalah menciptakan makna.
  2. Komunikasi merupakan aturan yang harus dipandu.
  3. Penekanan makna.

Sampai sini kamu sudah mengerti bukan? Itu tadi penjelasan komunikasi verbal secara umum. Tapi jangan skip artikel ini dulu, karena masih ada yang harus kita ketahui untuk berkomunikasi. Selain komunikasi verbal ada juga komunikasi nonverbal! Seperti apa komunikasi nonverbal?

Definisi Komunikasi Nonverbal

Setelah mengetahui definisi dan membahas komunikasi verbal, Beritaku.id akan membahas komunikasi Nonverbal. Singkatnya, Beritaku.id akan berikan contoh dari kehidupan sehari-hari kamu!

Misalnya pasangan kamu sedang marah denganmu. Ketika dia marah, dia mengeluarkan sebuah kata-kata yang memaki disamping itu dia juga mengeluarkan ekspresi melotot dan tangan-nya memukul meja ataupun menuding muka kamu.

Baca juga: aca juga: Orasi Dan Pidato: Sejarah, Definisi, Persamaan Dan 5 Perbedaan

Hal utama dalam pembahasan komunikasi adalah, komunikasi verbal dan nonverbal mempunyai sifat saling melengkapi. Meskipun beda cara tapi mempunyai tujuan yang sama.

Contoh Komunikasi Non Verbal
Latihan Komunikasi Non Verbal Depan Cermin (Foto: Ayosemarang)

Komunikasi nonverbal lebih kepada peristiwa yang terjadi di luar kata-kata yang terucap dan tertulis.

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, ternyata ada pesan-pesan nonverbal yang bisa kamu pahami di sini.

Menurut Jalaludin Rahmat (1994) pesan nonverbal yang ada sebagai berikut :

  1. Pesan Kineksik. Apa itu pesan kinesik. Singkatnya pesan ini menggunakan gerakan tubuh.
  2. Pesan fasial. Pesain ini menggunakan mimik muka.
  3. Pesan gestural. Maksudnya adalah gerakan sebagian anggota badan seperti mata dan tangan untuk berkomunikasi.
  4. Pesan postural gerakan keseluruhan anggota badan.
  5. Pesan proksemik disampaikan melalui jarak dan ruang.

Berdasarkan sumber yang ada komunikasi nonverbal dibedakan dalam beberapa jenis yaitu (Wood, 2007) :

Sentuhan

Maksudnya bagaimana? Ya sentuhan disini merupakan sebuah pesan nonvisual dan nonvokal ya. Sebagai contoh adalah kulit, yang mampu menerima dan membedakan emosi yang disampaikan orang melalui sentuhan.

Komunikasi Objek

Komunikasi objek contoh sederhananya adalah pakaian. Saat kamu berpakaian, orang akan menilaimu dengan cara berpakaianmu.

Kronemik

Apakah kamu pernah mendengar kata Kronekmik? Jadi kronemik adalah sebuah komunikasi nonverbal yang pelaksananya menggunakan waktu, dan berkaitan dengan budaya dalam sebuah konteks tertentu.

Yuk Ketahui Contoh Komunikasi Verbal Di Dunia Kerja!

Setelah kamu mengetahui secara rinci apa itu komunikasi dan elemen yang terkandung dalam sebuah komunikasi. Pembahasan berikutnya adalah contoh komunikasi verbal di dunia kerja.

Tentunya, informasi ini akan berguna untuk kamu yang sedang merintis sebuah bisnis atau usaha lain-nya.

Pentingnya sebuah komunikasi merupakan kunci keberhasilan akan usaha yang sedang kamu rancang.

Jadi jangan pernah menyepelekan sebuah kata “Komunikasi”. Bayangkan jika sebuah perusahan sunyi tidak ada komunikan ataupun komunikator ? bagaimana perusahaan itu akan berjalan dengan lancar.

Secara logika, ketika kita menjalankan sebuah bisnis yang besar, maka dalam pelaksanaan menejemen di dalam perusahaan harus menerapkan proses sebuah komunikasi yang berjalan secara efektif nih.

Komunikasi Verbal Dalam Rapat Kerja!

Apakah kamu pernah mengikuti rapat kerja? Atau belum sama sekali? Yaps! Rapat kerja  ada yang paling bosan da nada yang paling singkat.

Ketika kamu bergabung dalam sebuah rapat kerja itu artinya kamu sedang melakukan komunikasi verbal di tempat kerja.

Komunikasi Verbal Dalm Bentuk Komunikasi Bisnis

Presentasi merupakan salah satu cara untuk komunikais verbal. Selanjutnya Presentasi yang ada dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu secara internal maupun eksternal.

Presentasi akan mendorong seseorang untuk saling berkomunikasi secara verbal satu sama lain. Sehingga presentasi yang dilakukan secara verbal akan lebih mudah.

Komunikasi Antar Karyawan

Dalam ruang lingkup pekerjaan, karyawan yang berada di dalam sebuah kantor pasti menyempatkan waktu untuk beristirahat. Menjadi karyawan tidaklah mudah banyak sekali hal-hal diluar kantor yang masuk kedalam pemikiran para karyawan. Maka dari itu perlu adanya diskusi atau membicarakan sebuah rencana  bersama karyawan yang ada lainya.

Inilah yang disebut dengan komunikasi verbal tadi.

Penjelasan ini belum berakhir ya! Masih banyak pembahasan lain di Beritaku.id. So Keep Read! Ya!

Contoh Komunikasi Untuk Sebuah Kegiatan Sosial, Pendidikan dan Kesehatan

Sudah kita pelajari tentang hal komunikasi. Secara umum komunikasi verbal maupun non-verbal adalah elemen penting dalam melakukan kegiatan sehari-hari bersama masyarakat yang ada di muka bumi.

Komunikasi dalam kegiatan sosial juga bisa dilakukan secara verbal maupun non-verbal!

Contoh kecilnya ketika kita sedang berbincang kepada tetangga yang ada dirumah kita. Atau saat berorganisasi maupun komunitas yang ada di kampung.

Apakah dari kamu? Pernah mencoba untuk menjadi komunikator dalam sebuah organisasi kampung?

Jika belum, ini bisa menjadi challenge! Untuk kamu agar semakin tertata dalam menyampaikan sebuah informasi yang ada.

Kegiatan sosial juga bisa menjadi ajang pengetahuan untuk kamu sebagai referensi bagaimana harus bertindak dan bersikap agar tujuan komunikasi tersampaikan.

Hindari miss komunikasi dalam sebuah forum kegiatan sosial karena itu akan berdampak buruk untuk kegiatan yang akan dilakukan.

Dalam pendidikan pun sama! Masyarakat yang ada dalam ruang lingkup sekolah menjadi objek untuk melakukan sebuah komunikasi. Baik secara verbal ataupun nonverbal. Karena semakin banyak kamu melakukan sebuah komunikasi di lingkungan sekolah atau pendidikan kamu akan mendapatkan banyak manfaat.

Seperti relasi, informasi serta pengetahuan yang tak terduga. Dewasa ini, memang banyak orang yang sedang belajar bagaimana untuk beradaptasi dalam sebuah lingkungan.

Kita perlu untuk memahai hal tersebut agar nantinya mempermudah dalam pelaksanaan komunikasi ini.

Pada ranah kesehatan komunikasi secara verbal dan nonverbal pun terjadi. Komunikasi ini juga mempunyai banyak strategi serta manfaat.

Kesimpulan-nya adalah bahwa komunikasi itu sangat penting untuk menunjang kehidupan bermasyarakat serta perjalanan hidup kamu dalam sehari-hari.

Untuk kamu yang masih mengurung diri, cobalah keluar melihat isi dunia ini. Komunikasi adalah faktor penting untuk semua hal.

Penutup

Komunikasi bukan persoalan bisa bicara saja tapi komunikasi bisa berupa hal-hal tentang pemikiran dan penghayatan lain-nya.

Mari kita belajar sedikit demi sedikit tentang pentingnya memahami komunikasi.

Artikel ini merupakan jawaban untuk kamu yang masih terkurung dalam ketakutan berbicara.

Terimakasih untuk kamu yang sudah baca sampai akhir artikel ini! Dengan menjelaskan tentang definisi pada Komunikasi verbal maupun Non verbal, dengan contoh dalam berbagai kondisi atau situasi.

Semoga kamu bisa mendapatkan ilmu banyak untuk artikel ini. See You On The Next Artikel …!

Sumber:

  1. Salamadian,
  2. Gurupendidikan.
Bagikan Ke