Demo, Solidaritas Jukir Minta Pemkot Makassar Evaluasi Kinerja PD. Parkir Makassar Raya
Aksi demonstrasi Solidaritas Juru Parkir Makassar di depan Balaikota Makassar
Demo, Solidaritas Jukir Minta Pemkot Makassar Evaluasi Kinerja PD. Parkir Makassar Raya

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Binatang itu kini mulai tertawa melihat si lemah termangu tak berdaya, wajahnya sinis berkesan bengis meningkahi rasa lapar para pengemis. Solidaritas Jukir.

Sekumpulan juru parkir yang mengatasnamakan Solidaritas Juru Parkir Makassar melakukan aksi demonstrasi di depan Balai Kota Makassar, Jl. Ahmad Yani, Kamis (8/8/2019).

Aksi tersebut meminta pihak Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Pj Wali Kota Makassar, Iqbal untuk mengevaluasi kinerja dari PD. Parkir Makassar.

Hal tersebut dilakukan lantaran banyaknya masalah yang terjadi pada juru parkir yang ada di Kota Makassar.

Salah satunya pengadaan Terminal Parkir Elektronik (TPE) di Makassar yang ditetapkan beberapa waktu lalu yang awalnya juru parkir adal mitra dari Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya menjadi karyawan pihak ke tiga. Yang dimana juru parkir menjadi karyawan PT. Kiarya.

Hal itu membuat para jukir menjerit lantaran sebelumnya jukir tersebut tidak digaji oleh siapapun dan memiliki pendapatan yang cukup untuk menafkahi keluarga. Namun setelah menjadi pihak ke tiga dalam artian menjadi karyawan PT, Kinarya, jukir hanya digaji sebesar 50/hari total sebulannya 1.500.000 tidak sesuai dengan UMK Makassar.

Selain gaji yang diberikan tidak sesuai UMK, jukir-jukir itu juga ditarget setoran oleh PT. Kinarya sebesar Rp200.000/hari. Apabila tidak memenuhi targetbmakan para juru parkir tersebut akan di Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Sementara itu, penggembokan kendaraan parkir oleh Dishub Kota Makassar, padahal jukir menjalankan tupoksinya sesuai Perda no 17 tahun 2016 yaitu parkir di tepi jalan dengan syarat membayar retribusi kepada pihak PD Parkir. Namu pihak PD Parkir selaku penerima retribusi malah tidak bertanggung jawab dan parahnya malah menyalahkan juru parkir.

(Surat Tuntutan Solidaritas Juru Parkir Makassar)

Permasalahan lain juga yakni pembagian atribut yang tidak merata serta korupsi di tubih PD Parkir Makassar Raya yang sampai saat ini belum menemukan titik terang.

Adapun tuntutan Solidaritas Juru Parkir :

  1. Cabut TPE dan Tolak kenaikan setoran
  2. Bagikan atribut Juru Parkir secara merata
  3. Meminta tanggung jawab PD. Parkir Makassar Raya terhadap penggembokan lahan parkir yang terjadi
  4. Usut tuntas kasus korupsi yang menjerat PD. Parkir Makassar Raya

Tinggalkan Balasan