Dinas Perdagangan Kota Makassar Himbau Masyarakat Jangan Panik Berbelanja Selama Ramadhan
Dinas Perdagangan Kota Makassar Himbau Masyarakat Jangan Panik Berbelanja Selama Ramadhan

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar Nielma Palamba menghimbau kepada masyarakat Makassar agar Jangan Panik dalam berbelanja selama ramadan, Jumat (10/5/2019).

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan timnya, pasokan komoditas pangan selama bulan ramadhan hingga idul fitri sangat mencukupi.

Permintaan yang tinggi meyebabkan kenaikan harga pangan, khususnya bawang putih yang dilakukan oleh pedagang eceran di pasar tradisional ini hanyalah bentuk faktor psikologi pasar.

“Banyaknya masyarakat yang berbelanja di pasar hingga otomatis permintaan banyak, di sinilah pedagang eceran biasanya mengambil kesempatan menaikkan harga barangnya. Sebagai contohnya bawang putih,
kita cek distributor ternyata harganya hanya Rp 42 ribu per kilo, pedagang eceran ada yang sampai jual Rp 55 ribu per kilogram, inikan agak keterlaluan ya,” ucap Nielma Palamba

Untuk mengintervensi pasar, kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar menggandeng Bulog dalam menggelar operasi pasar di seluruh kecamatan.

“Kita pakai truk pengendali inflasi ini untuk keliling, harga yang kita pakai jauh dibawah harga eceran pasar sehingga warga bisa membeli tanpa terbebani harga mahal. Saya harap masyarakat tenang, jangan jadi panik karena pemerintah ada,” tutupnya. (RM)

Editor : Sy

Tinggalkan Balasan