butterfly
gambar kupu-kupu

Famili Nymphalidae, Jumlah Spesies Dalam 11 Daftar

Diposting pada

Mari mengenal famili Nymphalidae si kupu-kupu cantik yang memiliki berbagai macam jumlah spesies. Selain keelokannya, kupu-kupu ini memiliki spesies yang tersebar di seluruh dunia setidaknya lebih dari 5.000 spesies, pada artikel ini akan kita bahas 11 dari daftar spesies famili nymohalidae tersebut.

Britaku.id, LestariKupu-kupu menjadi salah satu hewan serangga yang memiliki pesona indah. Keelokannya tersebut menjadi hal menarik untuk kita bahas.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Lestari)

Siapa yang tidak terpana dengan keindahan dari kupu-kupu? salah satu hewan serangga yang memiliki bentuk indah, sayapnya yang berwarna-warni membuatnya tampak begitu cantik dan anggun saat terbang.

Kupu-kupu dan ngengat merupakan serangga yang tergolong dalam ordo lepidoptera, yaitu serangga yang memiliki sayap bersisik.

Perbedaan dari kupu-kupu dan ngengat ada pada waktu aktif terbangnya, hal tersebut merupakan ciri-ciri dari fisiknya. Umumnya, kupu-kupu akan terbang aktif pada siang hari.

Selain itu, perbedaan lainnya ada pada sayapnya. Saat kupu-kupu hinggap untuk beristirahat, dia akan menegakkan sayapnnya, namun berbeda dengan ngengat. Dia akan membentangkan sayapnya ketika hinggap untuk beristirahat.

Umumnya kupu-kupu memiliki warna cerah dan indah, sedangkan ngengat pada umumnya memiliki warna pada badan dan tubuhnya yang cenderung gelap dan kusam.

Kupu-kupu dan ngengat memiliki banyak sekali jenisnya, jenis seranggat ini bukanlah serangga yang berbahaya bagi manusia dan tumbuhan. Kupu-kupu justru berperan sebagai pembantu tanaman dalam proses penyerbukan.

Baca juga beritaku : Memotret Geliat Kehidupan Kupu-Kupu Malam, Siklus 3 Kajian Berbeda

Kupu dapat bertahan hidup dengan menghisap sari-sari madu pada bunga, ada juga yang justru menyukai cairan yang ada pada buah-buahan yang jatuh di tanah dan yang sudah membusuk.

Awal mula kupu-kupu hidup berasal dari ulat, kemudian ulat tersebut akan makan banyak untuk proses metamorfosis. Mereka akan makan banyak kemudian berdiam diri selama beberapa hari dan berkembang menjadi larva.

Larva tersebut yang nantinya akan berubah menjadi kupu-kupu yang cantik. Jenis kupu-kupu juga memiliki banyak sekali, salah satunya adalah famili nymphalidae yaitu kupu-kupu berkaki sikat.

Jumlah Spesies Dan Sebaran Nymphalidae

Famili Nymphalidae adalah jenis keluarga kupu-kupu yang memiliki setidaknya 5.000 spesies. Spesies tersebut tersebar di seluruh dunia.

Kupu-kupu yang termasuk dalam keluarga nymphalidae ini umumnya memiliki ukuran yang sedang hingga besar. Mereka juga mempunyai sepasang tungkai depan yang sedikit pendek dan sayap yang berwarna indah dan terang.

Di bagian bawah sayapnya biasanya akan berwarna sedikit gelap atau pucat. Pada beberapa spesies, bagian bawah sayapnya akan tampak seperti daun yang layu atau kering.

Kupu-kupu yang tergolong dalam family nymphalidae adalah yang banyak dikenal oleh masyarakat, sebab keelokan sayapnya.

Beberapa penelitian di Indonesia, setidaknya ada 11 spesies yang ada dan tersebar di berbagai wilayah. Mereka akan semakin banyak kita temukan di berbgai wilayah yang memiliki ttanaman inang dan buah-buahan penghasil nektar.

Kupu-kupu spesies ini umumnya memiliki penyebaran yang begitu luas, keanekaragamnya menjadikan kupu-kupu dalam famili ini memiliki persebaran yang lebih luas.


11 Daftar Nymphalidae

Sebenarnya jumlah spesies dari kupu-kupu jenis ini ada sekitar 5.000 spesies, namun pada artikel iini akan kita bahas 11 daftar saja dari famili tersebut.

Kupu-kupu yang termasuk dalam spesies nymphalidae yaitu :

Morpho – Famili Nymphalidae

gamar kupu Morpho

Morpho adalah salah satu jenis kupu-kupu nymphalidae yang memiliki ciri khas yang unik. Jenis kupu-kupu ini memiliki sayap yang berukuran cukup besar dengan warna biru cerah.

Warna sayapnya terdiri dari berbagai gradasi warna biru dan hitam, penampakan sayapnya begitu mempesona. Terdapat bintik putih dan merah juga di sekitar sayapnya.

Kupu-kupu yang termasuk dalam spesies nymphalidae ini memiliki perpaduan gradasi biru dan hitam dengan adanya bintik-bintik putih dan merah menjadikan kupu-kupu jenis ini tampak lebih elegan.

Glasswing Butterfly

gambar glasswing butterfly

Kupu-kupu jenis ini juga memiliki ciri khas yang sangat unik, banyak masyarakat yang begitu kagum dengan penampilan dari kupu-kupu jenis ini.

Glasswing butterfly ini memiliki sayap yang pada beberapa bagian akan berwarna dan beberapa bagial lainnya tembus pandang (transparan). Hal tersebut merupakan keunikan dari jenis kupu-kupu ini.

Kupu-kupu ini memiliki sayap yang berwarna hitam dengan gradasi sedikit orange dan putih di beberapa bagian, di bagian sayap lainnya akan tembus pandang.

Malabar Banded Peacock – Famili Nymphalidae

Malabar Banded Peacock - Famili Nymphalidae

Jenis kupu-kupu mampu membuat orang terkesima dengan keindahan bentuk dan warnanya. Kupu-kupu malabar banded peacock memiliki bentuk sayap yang sedikit berbeda dari kupu-kupu pada umumnya.

Di bagian ujung bawah sayapnya, kupu-kupu jenis ini memiliki ujung sayap yang memanjang warna dari kupu-kupu ini juga terbilang unik. Warnanya yaitu perpaduan antara hitam dan turquoise yang membuatnya terlihat lebih anggun.

Kupu-kupu jenis ini dapat kita jumpai di daerah Ghats barat India, populasi kupu-kupu ini memang sudah mulai berkurang.

Issoria Lathonia

Gambar Kupu Issoria Lathonia

Issoria Lathonia adalah kupu-kupu dalam spesies nymphalidae yang memiliki ukuran sedang dan lebar sayap sekitar 38 – 46 milimeter. Sayapnya berwarna orange tua dengan adanya bintik-bintik hitam di sekitar sayapnya. Pada kupu-kupu betina akan terdapat banyak bintik-bintik abu kehijauan.

Kupu-kupu ini di bagian belakang sayapnya terdapat hiasan dengan bintik-bintik nacreous yang menyerupai mutiara besar dan ada lintasan dari barisan bintik mata hitam postdiscal seperti mutiara.

Issoria Lathonia sangat mirip dengan Speyeria Aglaja, Febriciana Adippe dan Brenthis Daphnne. Keempatnya sama-sama memiliki warna sayap yang sama, yaitu orange di bagian atas sayapnya.

Perbedaan dari keempatnya hanya pada bintik-bintik di sayapnya dan tidak adanya bintik mutiara besar pada bagian belakang sayap.

Melanargia Galathea – Famili Nymphalidae

Gambar Melanargia Galathea - Famili Nymphalidae

Jenis kupu-kupu ini masih termasuk dalam spesies Nymphalidae, penampilannya begitu klasik. Spesies ini dapat kita temukan di sekitar wilayah Eropa, Rusia bagian selatan, Asia kecil dan Iran.

Kupu-kupu jenis ini tidak dapat kita jumpai di Irlandia, Inggris Utara, Skandinavia (kecuali hanya di Denmark) dan Portugal atau Spanyol.

Melanargia Galathea memiliki sayap yang berwarna dasar putih, di bagian ujungnya terdapat list berwarna hitam dengan adanya bintik-bintik putih di sekitarnya.

Di bagian sayap yang mendekati tubuh akan berwarna abu-abu kehitaman dengan bintik-bintik besar seperti mutiara di beberapa bagian.

Glanville Fritillary

Gambar Kupu Glanville Fritillary

Glanville Fritillary atau sebutan lainnya Melitaea Cinixa adalah kupu-kupu keluarga Nymphaliade. Nama tersebut berasal dari naturalis yang saat itu menemukan adanya pola papan catur di bagian sayap kupu-kupu tersebut.

Kupu-kupu ini hidup hampir di seluruh Eropa, terutama di Filandia dan bagian barat laut dari Afrika. Meraka tidak akan ada yang berada di ujung utara Eropa hingga Semenanjung Iberia.

Kupu-kupu ini hanya kawin sebanyak satu kali di bulan Juni atau Juli, kemudian mereka akan bertelur. Namun sayangnya, umur dari kupu-kupu ini hanya singkat.

Sebagian hidup mereka akan banyak menjadi ulat, kemudian mereka akan memasuki tahap diapause, yaitu periode selama musim dingin.

Jenis kupu ini sangat menyukai pisang raja dan ribwort. Spesies jenis ini beresiko mengalami penurunan populasi, sebab mereka bukan spesies yang mau berimigrasi.

Vanessa – Famili Nymphalidae

Gambar Kupu Vanessa

Kupu-kupu spesies ini adalah genus kupu-kupu yang berkaki sikat di famili Nymphalidae. Persebarannya termasuk yang merata dan termasuk spesies yang terlihat mencolok seperti Laksamana Merah.

Nama genus tersebut mungkin berasal dari karakter Vanessa yang ada dalam puisi Jonathan Swift yang berjudul “Cadenus and Vanessa”. Dalam puisi tersebut menjelaskan bahwa Vanessa disebut sebagai “nimfa” sebanyak 11 kali.

Genus tersebut memiliki keterkaitan erat dengan genus Nymphalidae yang sebelumnya telah memiliki nama. Spesies ini termasuk spesies Amerika Utara yang dapat bertahan hidup di cuaca dingin saat dewasa.

Blue Moon Butterfly

Gambar Blue Moon Butterfly

Kupu-kupu ini memiliki nama lain yaitu Hypolimnas Bolina, The Great Eggfly dan Common Eggfly. Spesies kupu-kupu ini banyak kita jumpai di Madagaskar hingga Asia san Australia.

Ciri-ciri pada kupu-kupu jantan yaitu berwarna hitam legam dan adanya tiga pasang bintik putih yang berada di sayap depan (2 bintik) dan di sayap belakang (1 bintik).

Bintik-bintiknya dikelilingi oleh warna ungu , sisi atas sayapnya memiliki serangkaian titik-titik putih kecil.

Sedangkan ciri-ciri pada kupu betina adalah bagian sayapnya yang berwarna hitam kecoklatan dan tidak memiliki bintik-bintik seperti pada kupu-kupu Blue Moon Butterfly jantan.

Di bagian tepi sayapnya terdapat tanda putih yang hampir mirip dengan gagak India.

Compton Tortoiseshell – Famili Nymphalidae

Gambar Compton Tortoiseshell - Famili Nymphalidae

Kupu-kupu ini juga banyak yang menyebutnya sebagai Nymphalis Vaualbum atau N.I Album. Spesies ini adalah spesies yang masih termasuk dalam famili Nymphalidae.

Spesies ini memiliki lebar sayap antara 6,4 – 7,8 cm, sisi atasnya berwarna orange kecoklatan dengan dasaran sayap yang lebih gelap dan terdapat bercak hitam.

Ada satu titik konsta putih di sayap bagian depan dan belakangnya. Terdapat pula verso berbintik abu-abu dan coklat dengan dasaean tepi yang gelap.

Antara daerah discal terdapat kontras yang begitu besar, yaitu pada kupu-kupu jantan berwarna lebih pucat dan pada kupu-kupu betina warnanya tidak terlalu gelap.

Pada verso belakang memiliki tanda putih yang berbentuk V dan bersampingan dengan sel di S4. Dalam beberapa spesies, V tersebut ada yang berbentuk L, C, J dan skalanya terdiri dari warna putih atau bahkan tidak ada sama sekali.

Baca juga beritaku: Kupu-Kupu Malam, Gadis, Janda atau Wanita Bersuami, Bagaimana Hukumnya

Small Heath

Gambar Kupu Small Heath

Spesies kupu fjenis ini adalah kupu-kupu yang tidak mencolok yang terbangnya hanya di bawah sinar matahari. Umumnya mereka jarang menetap lebih dari jarak satu meteer di atas tanah.

Sayapnya selalu tertutup saat hinggap untuk beristirahat, sisi depan sayapnya memiliki bintik -bintik mata di bagian ujung. Hindwingnya terlapisi dengan warna coklat, abu-abu dan krem.

Jumlah induknya dan perioded penerbangan dapat bervariasi, kupu-kupu dewasa dapat kita lihat pada akhir bulan April hingga September di beberapa lokasi di Inggris bagian selatan.

Kupu-kupu ini juga relatif tersebar luas dan menempati beberapa tipe habitat, meskipun jangkauannya hanya sedikit berubah namun banyak koloni yang telah menghilang pada beberapa dekade tarakhir ini.

Nymphalis Antopia – Famili Nymphalidae

Gambar Kupu Nymphalis Antopia - Famili Nymphalidae

Kupu spesies ini banyak dikenal sebagai jubah berkabung di Amerika Utara dan di Inggris. Nymphalis Antopia adalah kupu-kupu besar dari Eurasia dan Amerika Serikat.

Bila belum dewasa, kupu-kupu famili nymphalidae jenis ini kadang-kadang terkenal sebagai ulat elm yang berduri. Nama lainnya yang lebih tua untuk spesies jenis ini adalah Grand Surprise dan White Petticoat.

Kupu jenis ini merupakan kupu-kupu yang kuat dalam terbang, spesies ini banya kita jumpai di daerah yang jauh dari jangkauan. Biasaya hal tersebut kita jumpai saat mereka melakukan migrasi.

Baca juga beritaku : Polyura Cognata: Jenis Kupu-kupu Unik Dan Wilayah Persebarannya

Bagikan Ke