Gomphrena globosa. Sumber University of cambridge

2 Jenis Dan Cara Budidaya Spesies Gomphrena Celosioides

Diposting pada

Gomphrena celosioides memiliki 2 jenis yang jarang dijumpai. Spesies ini memiliki ciri-ciri unik yang dapat memikat setiap insan yang melihatnya. Dengan budidaya dan cara perawatan yang mudah, menjadikan banyak orang tertarik memilikinya untuk mempercantik pekarangan rumah.

Beritaku.Id, Lestari – Ketika dunia semakin keras untuk diluluhkan, Kemudian hati yang kalut akan mengisi ruang pikiran. Terkadang setiap insan membutuhkan ketenangan untuk dapat terus bertahan hidup. Tidak semua hari akan terasa baik-baik saja bagi mereka. Rehat sejenak sembari menikmati alam sekitar menjadi jalan terbaik dalam mengatasinya.

Oleh: Riska Putri (Penulis Lestari)

Berjalan menyusuri taman yang berhias oleh berbagai jenis bunga, dapat juga menjadi salah satu cara yang baik untuk melampiaskan setiap resah. Menghirup udara yang asri dengan pemandangan yang warna-warni, akan membuat setiap jiwa yang terbelenggu menjadi bebas. Bunga dapat membuat kita menemukan arti kata tenang sesungguhnya.

Taman bunga
Taman bunga. Sumber pinterest

Nampak dari kejauhan riuhnya burung-burung di pagi hari menyambut mentari di atas hamparan bunga-bunga. Kupu-kupu mulai keluar dari kepompongnya dan segera memilah bunga mana yang akan ia hinggapi. Kedua makhluk hidup itu terlihat sangat bahagia dengan kegiatan mereka sehari-hari.

Bebagai warna bunga terlihat selaras dengan langit biru dan juga pepohonan hijau di sekitarnya. Selanjutnya, Bunga-bunga tersebut menari pelan menikmati hembusan angin yang lewat begitu saja.

Maka, Mekarnya mereka disambut oleh seluruh makhluk hidup di dunia. Keelokan bunga yang mempesona setiap insan yang melihatnya.

Terlihat seorang puan menghampiri salah satu bunga yang indah, penasaran menyelubungi pikirannya. Bunga yang memiliki bentuk unik dan cantik. Bunga itu adalah Gomphrena celosioides. Sudah tahukah Anda apa itu bunga Gomphrena celoides?

Spesies Gomphrena Celosioides

Spesies ini berasal dari daerah Guatemala dan juga Panama Amerika Tengah. Persebarannya cenderung cepat. Di Indonesia tanaman ini juga dapat di jumpai di berbagai daerah.

Analisis spesies menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki senyawa yang dapat menjadi obat tradisional.

Kemudian nutrisi yang terkandung dan kualitas yang baik pada tanaman ini, dapat mengobati masalah pernafasan, pencernaan, infeksi kulit, dan beberapa penyakit yang menular.

Maka tidak jarang jika banyak orang memilih untuk memelihara tanaman ini karena memilki banyak manfaat.

Gomphrena ini juga merupakan salah satu tanaman obat asli Mato Grosso do Sul State yang mampu mengobati saluran kemih dan batu ginjal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek diuretik ekstrak etanolik dari Gomphrena jenis ini pada diuresis akut dan diperpanjang untuk memberikan dasar farmakologis untuk penggunaannya dalam pengobatan tradisional.

Menurut hasil, Gomphrena ekstrak menunjukkan efek diuretik dan juga natriuretik yang terkait dengan lebih dari satu mekanisme tindakan.

Mengingat bahwa semua obat diuretik saat ini tersedia untuk pengobatan gangguan volume dan elektrolit, terutama status hipertensi, hasil saat ini mungkin memiliki relevansi klinis dan membuka kemungkinan baru untuk pengembangan diuretik alami baru dari Gomphrena celosioides.

Klasifikasi ilmiah Gomphrena celodioides adalah:

  1. Kerajaan              : Plantae
  2. Clade                   : Trakeophytes
  3. Claade                 : Angiosperms
  4. Clade                   : Eudicots
  5. Urutan                 : Caryophyllales
  6. Keluarga              : Amaranthaceae
  7. Genus                  : Gomphrena
  8. Spesies                : G. celosioides

Baca Juga Beritaku: Bunga Edelweis: 6 Jenis, Cerita Mitos Dan Kiasan Kata Yang Menarik

Ciri-ciri Gomphrena

Penampakan Daun
Cir-ciri Gomphrena Celosioides

Tanaman Gomphrena memiliki cabang yang banyak dan menjalar. Cabang tersebut memiliki bentuk yang pendek. Tanaman ini termasuk pada tumbuhan gulma tahunan yang memiliki jangka waktu hidup relatif pendek. Akar tunggang pada tanaman ini berbentuk seperti tanaman.

Akarnya sangat kuat dan juga dekat dengan permukaan tanah. Tanaman ini dapat hidup dengan mencapai ketinggian maksimal 25 cm.

Bentuk daun tanaman celosioides adalah ellips, Spatulate, Oblong Lanceolate. Dengan tulang daun yang cenderung menyirip dan ujung daun yang meruncing.

Selanjutnya ukuran daun tanaman ini berkisar pada lebar 1-1,5 cm dan Panjang 3-4 cm. jika merabanya, permukaan daun bertekstur kasar dan berbulu halus. Daun hijau tersebut nampak seperti kain bludru yang tebal.

Bunga pada tanaman celosioides berada di ujung batang tanaman. Bunganya mirip dengan paku. Tanaman ini memiliki bunga yang lebat, tipis, juga dan memiliki warna putih dan merah jambu.

Bunga pada tanaman ini terlihat seperti duri-duri yang mengelilingi batang tanaman. Karena bentuk bunga yang bulat maka penamaan tanaman ini di awali dengan Globe yang artinya bola bumi.

Bunga Gomphrena
Bunga Gomphrena. sumber Zimbabweflora

Bunga yang tumbuh terkadang berada pada satu batang yang sama. Hal ini menyebabkan tanaman ini terlihat penuh seperti bunga liar pada semak belukar. Pada satu batang tanaman, terdapat satu hingga tiga bunga yang tumbuh. Batang pada Gomphrena memiliki panjang sekitar 10-15 cm. Bentuk batangnya pun kecil dan juga memanjang.

Tanaman celosioides biasanya mekar secara terus menerus pada awal musim gugur dan musim panas. Tanaman ini tahan pada suhu yang panas sehingga dapat mengatasi kekeringan. Tetapi suhu yang panas akan menyebabkan pertumbuhan tanaman ini terhambat. Pertumbuhan yang cepat akan terjadi bila tanaman memiliki sinar matahari yang penuh dan juga kelembapan yang stabil.

Tanaman ini berproses fotosintesis dengan cara yang umum, yaitu reaksi terang dan gelap. Reaksi terang adalah proses fotosintesis yang melibatkan spektrum warna.

Pada reaksi terang terdapat tiga tahapan yang akan berlangsung, tahapan tersebut adalah:
  1. Aktivasi klorofil. Aktivasi ini berawal dengan penangkapan foton yang berasal dari cahaya matahari. Penangkapan ini di dukung oleh klorofil yang memciu pelepasan electron yang berasal dari klorofil tersebut. Aktivasi ini menghasilkan klorofil yang tidak stabil.
  2. Fotolisis air. Tahap ini merupakan proses molekul air yang pecah akibat elektron yang dihasilkan dari fotosistem. Fotolisis ini akan membentuk ion H+, O2 dan electron. O2 ini nantinya akan terlepas ke udara.
  3. Sistem transport electron siklik da nonsiklik. Sistem ini merupakan rantai transport elektron yang berhubungan dengan fotosistem.

Sedangkan reaksi gelap adalah reaksi yang tidak memerlukan cahaya matahri langsung. Pada reaksi ini akan berlangsung serangkaian reaksi yang menghasilkan gula dengan melibatkan hydrogen yang berasal dari air dan karbondioksida CO2. Hasil dari reaksi gelap akan mengandung molekul karbon yang memiliki energi tinggi.

2 Jenis Gomphrena

Kedua jenis Gomphrena ini adalah hasil dari spesies menyilang yang di serbuki oleh hewan. Jenisnya antara lain adalah lebah, serangga, dan juga kupu-kupu. Hewan inilah yang memiliki peran penting dalam menentukan berhasil tidaknya reproduksi tanaman. Adapun kedua jenis tersebut antara lain:

Gomphrena
Gomphrena celosioides. Sumber phytoimages
  1. Gomphrena globosa L. Tanaman ini biasa di sebut dengan bunga kenop. Bunga pada tanaman ini berwarna ungu. Jenis ini menjadi salah satu ciri khas adat Bali. Bunga tersebut menjadi elemen terpenting untuk upacara keagamaan di Bali.
  2. Gomphrena sessillis. Tanaman ini biasa disebut dengan kremah. Ada anggapan bahwa tanaman ini sebagai gulma umum. Manfaat yang diberikan dari tanaman inipun sangat banyak. Antara lain untuk pengobatan wasir, bahan pembuatan minyak rambut obat, dan juga bermanfaat untuk mata.

Baca Juga Beritaku: Jenis Philodendron Mungil Yang Imut Menawan, 8 Spesies

Budidaya Gomphrena Celosioides

celosioides
Langkah perawatan dari tanaman Gomphrena Celosioides

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenali lebih dalam tanaman Gomphrena tersebut. Karena dengan mengenali ciri dan bagaimana habitat tanaman tersebut, hal ini akan memudahkan proses budidaya lebih efektif.

Kedua, persiapkan media tanam yang akan digunakan oleh tanaman ini. Celosioides memerlukan media semai . tanaman ini juga memiliki kebutuhan yang sama seperti tanaman lainnya. Seperti pupuk kompos, pasir halus, dan juga tanah humus. Kemudian langkah berikutnya adalah menyiapkan wadah atau tempat untuk penyemaian bibit tanaman.

Lalu, melakukan pembibitan tanaman Gomphrena celosioides. Pembibitan tanamn ini dapat dilakukan dengan bagian bunga yang sudah kering, seperti kelopak bunga. Bibit tersebut di sebarkan pada permukaan tanah yang sudah tercampur dengan bahan organik lainnya.

Setelah pembibitan selesai, lakukanlah perawatan tanaman sewajarnya. Lalu tanaman ini akan tumbuh dengan ketinggian sekitar 5-7 cm. tanaman yang telah tumbuh, harus di pindahkan pada pot tanaman yang lebih besar. Tujuannya agar pertumbuhan tanaman tidak terhambat oleh Batasan ruang untuk bergerak.

Karena terancam punahnya tanaman ini, maka budidaya sangat penting agar dapat melestarikan tanaman ini. Kebanyakan orang memilih untuk merawat tanaman ini tetapi tidak membudidayakannya. Padahal cara yang dilakukan cukup mudah dan efektif. Hal ini terjadi karena harga pada bunga ini relatif murah.

Harga bunga berkisar pada 40.000,00 – 70.000,00. Para pembudidaya di Indonesia hanya sedikit yang memilih untuk membudidayakan Gomphrena celosioides ini. Mereka beranggapan bahwa membudidayakan tanaman lain yang memiliki harga lebih mahal akan lebih menguntungkan pendapatan mereka.

Cara perawatan Gomphrena Celosioides

Bunga ini termasuk pada tanaman yang terancam punah. Hal ini disebabkan karena Sebagian orang tidak merawatnya dengan baik. Mereka mengira bahwa tanaman ini dapat tumbuh tanpa perlu perawatan yang berkala. Hal itu menyebabkan tanaman ini cepat kering dan mati. Padahal, perawatan yang diperlukan untuk tanaman ini tidak terlalu banyak, antara lain adalah:

Gomphrena globosa
Gomphrena globosa. Sumber University of cambridge
  1. Memantau kondisi media tanam. Pemantauan ini dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Media tanam seringkali terjadi pergeseran, hal ini mengakibatkan tanaman tidak memiliki ruang tetap dan terus bergerak. Proses tumbuhnya tanaman ini akan terhambat  karena media tanam yang rusak.
  2. Melakukan penyiraman untuk meningkatkan kesuburan tanaman dan menjaga area akan tetap kokoh. Semua tanaman memerlukan penyiraman. Tanah yang memiliki kelembapan cukup akan berpengaruh besar terhadap kualitas tanaman tersebut.
  3. Membuang bunga atau batang tanaman yang telah layu dengan cara menggunting bagian tersebut.
  4. Melakukan pemupukan secara berkala, pupuk yang di pakai dapat merupakan pupuk alami atau buatan. Pemupukan ini harus dilakukan secara terus menerus dalam rentang waktu 2-3 bulan. Tujuannya agar tanah tetap ternutrisi dengan kandungan yang baik.
  5. Melakukan penyemprotan anti aksida pada tanaman, agar tanaman dapat terjaga dari penyakit dan hama. Karena seperti yang kita tahu, jika tanaman di biarkan tanpa di berikan penyemprotan hama liar dan penyakit dapat mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut. Sehingga tanaman dapat layu dan tidak dapat hidup bertahan lama.
  6. Memastikan tanaman terpapar matahari yang cukup. Cahaya matahari di butuhkan untuk proses fotosintesis, semakin cukup cahaya mataharinya maka proses fotosistesis akan semakin cepat berjalan.

Dengan cara perawatan yang mudah, bunga ini akan cepat tumbuh dengan indah. Segala makhluk hidup di dunia memerlukan perawatan untuk dapat bertahan hidup. Salah satunya adalah bunga. Sudah cukupkah perawatan yang Anda berikan untuk tanaman Anda?

Baca Juga Beritaku: 4 Jenis Julukan Monstera Janda Bolong

Daftar Pustaka

  1. Bibit bunga Indonesia. 2012. Cara Menanam dan Merawat Bunga Kancing (Gomphrena). https://bibitbunga.com Cara menanam dan merawat bunga kancing gomphrena
  2. Mas Eko. 2020. Gomphrena celosioides Mart, Gulma Berbunga Cantik. https://www.planterandforester.com
  3. National Library of Medicine. 2017. Mechanisms underlying the diuretic effect of Gomphrena celosioides Mart. (Amaranthaceae). https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28315456/
  4. Quipper. 2020. Fotosintesis: Reaksi Gelap – Biologi Kelas 12 K13 Revisi. https://www.quipper.com
  5. Quipper. 2020. Fotosintesis: Reaksi Terang –  Biologi Kelas 12 K13 Revisi. https://www.quipper.com
  6. eFloraOfIndia. 2011. Gomphrena celesioides. https://efloraofindia.com
Bagikan Ke