jenis tanaman philodendron

Jenis Philodendron Mungil Yang Imut Menawan, 8 Spesies

Diposting pada

Beberapa jenis philodendron mungil yang imut dan menawan kini menjadi incaran banyak masyarakat. Dari masing-masing jenisnya pun memiliki ciri-ciri yang sangat unik, untuk perawatannya pun juga berbeda setiap jenisnya. Setidaknya kini ada 8 spesies tanaman philodendron yang tengah populer.

Beritaku.Id, Lestari – Di tengah maraknya tanaman hias, rupanya membuat tanaman philodendron semakin populer. Tanaman hias ini memiliki banyak jenis, dan setiap jenisnya hampir menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Lifestyle)

Bagi para pecita tanaman hias tentunya sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini.

Tanaman hias yang tengah menjadi primadona ini sangat ramai menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Harganya pun kian melambung setelah beberapa saat ini banyak yang memburunya. Philodendron merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari suku Araceae.

Nama tanaman hias tersebut berasal dari bahasa Yunani yaitu philo yang artinya cinta dan dendron yang artinya pohon.

Nama tersebut diambil sebab kebanyakan spesies dari tanaman hias ini daunnya berbentuk hati. Namun ada beberapa spesies yang daunnya tidak berbentuk hati.

Warna daun dari masing-masing spesiesnya pun juga beragam, ada yang hijau polos, hijau bercak putih, dll.

Hebohnya tanaman ini di kalangan masyarakat sebab keindahannya yang begitu menawan. Meskipun tanaman hias ini berukuran mungil, namun keindahannya tidak perlu kita ragukan.

Agar lebih jelas, yuk kenali beberapa spesies tanaman philodenron yang dapat mempercantik halaman rumah anda.

1. Philodendron Epipremnum Aaureum, Yang Menawan

Jenis  Epipremnum Aaureum

Jenis philodendron yang satu ini hampir mirip dengan tanaman sirih, sehingga banyak yang menyebutnya dengan sirih gading.

Nama ilmiah dari tanaman mungik ini adalah Philodendron Epipremnum Aaureum.

Tanaman hias ini tengah populer di kalangan para pecinta tanaman hias. Pasalnya, jenis philodendron yang satu ini tampak begitu segar dan indah untuk dipandang.

Keindahannya menjadikannya begitu populer dan banyak yang meminati sirih gading ini.

Jenis philodendron yang satu ini memiliki daun berbentuk hati yang berwarna hijau segar.

Tanaman ini tumbuh dengan menjuntai, sehingga untuk menanamnya lebih cocok dengan cara menananmnya pada pot gantung.

Meski demikian, tanaman ini juga bisa tumbuh meski tanpa digantung. Kebanyakan para pecinta tanaman hias lebih suka menanamnya dengan cara digantung.

Jenis philodendron yang satu ini sangat cocok untuk jadi penghias halaman rumah. Warna hijaunya yang begitu segar dapat memberi kesan sejuk dan menyegarkan saat memandangnya.

Untuk menanam sirih gading yaitu dengan cara stek pada bagian batangnya. Sirih gading ini termasuk tanaman yang bandel, sehingga cara menanamnya pun cukup mudah.

Cukup dengan menanamnya pada media tanam seperti tanah, air, lumut atau hydrogel.

Perawatannya pun tidak terlalu sulit, cukup dengan rutin menyiraminya sehari satu kali. Jika terdapat daun yang mulai mengering dapat anda ambil dan buah agar tanaman tampak selalu segar.

Baca juga beritaku : Tanaman Puring Serta Klasifikasi Jenisnya Hingga Cara Perawatan

2. Philodendron Imperial Red Cardinal, Si Ungu Yang Indah

Jenis Imperial Red Cardinal

Jenis philodendron yang satu ini juga masih menjadi incaran para penggemar tanaman hias. Bahkan pada tahun 2007 tanaman ini sempat menjadi tanaman paling populer, hingga harganya pun cukup mahal.

Pada tahun kejayaannya, satu helai daun philodendron ini mencapai Rp 500.000,-.

Banyak orang lantas mencari tanaman hias ini untuk mengikuti trend, ada juga yang menjadikannya sebagai peluang bisnis. Kini, untuk mendapatkan jenis tanaman ini tidak lagi mahal.

Sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya, hampir setiap penjual tanaman hias menjual jenis tanaman ini.

Harganya pun kini tak sehebat pada masa kejayaannya, meski demikian tanaman hias ini masih ada saja yang mencarinya.

Terlebih di masa pandemi ini, banyak orang yang mendadak menjadi pecinta tanaman untuk mengisi waktu luangnya.

Nama latin philodendron ini adalah Philodendron Imperial Red Cardinal. Philodendron yang satu ini berdaun merah dan berbentuk hati yang memanjang.

Tanaman hias ini memiliki tingkat daya tahan yang cukup tinggi terhadap suhu ruangan dingin. Sehingga tanaman ini sangat cocok berada di dalam rumah sebagai penghias setiap sudut.

Tanaman hias ini tidak memerlukan perawatan yang sulit, cukup dengan rutin menyiraminya dan memastikan kelembapan media tanamnya.

Jenis philodendron yang satu ini juga memiliki daya tahan yang sangat baik, sehingga lebih mudah dalam merawatnya.

Baca juga beritaku : Mengenal Hanjuang Dan 9 Tanaman Anti Pelet Dan Santet

3. Tanaman Philodendron Moonlight, Lonjong dan Mungil

Jenis Moonlight

Salah satu spesies philodendron lainnya adalah Philodendron Moonlight, tanaman hias ini juga memiliki nama lain yaitu Philodendron Lemon Orange Juice.

Hal tersebut lantaran warna daunnya yang sedikit kuning menyerupai warna kulit lemon.

Jenis tanaman ini berdaun lonjong dan mungil, warna daunnya sedikit bercampur dengan warna kuning lemon. Tak heran jika banyak yang menyebutnya dengan Philodendron Lemon Orange Juice.

Tanaman ini kerap menjadi pajangan di setiap sudut dalam rumah atau di atas meja. Sebab tanaman jenis ini memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap suhu dingin, sehingga sangat cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Jenis tanaman ini memberi sensasi sejuk saat memandangnya, tidak jarang kebanyakan orang juga menjadikan tanaman hias ini sebagai pelengkap di meja.

Dengan menanamnya pada pot yang memiliki ragam bentuk dan unik, tanaman ini semakin terlihat menawan.

Agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur, anda cukup memperhatikan kelembapan media tanamanya. Pastikan untuk menyiramnya secara rutin (sehari satu kali). Letakkan tanaman ini pada area yang cukup sinar matahari.

4. Philodendron Pastazanum, Bercorak Dan Berkarakter

Jenis Pastazanum

Jenis tanaman hias ini memiliki daun berbentuk hati yang begitu menawan. Jenis ini terbilang langka, sehingga harganya di pasaran pun memang masih mahal.

Tanaman hias ini bersifat crawler, yaitu batangnya tumbuh secara vertikal dan membawa daun.

Keunikannya coraknya dan karakternya yang sangat kuat menjadikan tanaman hias ini cukup mahal, untuk ukuran kecilnya saja berkisar Rp 600.000,-.

Meskipun harganya yang tidak wajar, namun para pecinta tanaman hias rela merogoh dompet demi mendapatkannya.

Di beberapa marketplace juga sudah banyak yang enjual tanaman hias ini, harganya pun bervariasi tergantung dengan besar kecilnya tanaman.

Bagi pecinta tanaman yang hendak membeli tanaman ini di marketplace, harap mencari toko yang terpercaya agar hasil yang didapat sesuai dengan harapan.

Untuk merawat tanaman hias ini beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu media tanam, cahayadan kelembapan.

Agar tanaman ini dapat tumbuh dengan baik, gunakan media tanam yang sesuai dengan campuran pupuk organik untuk tanaman berdaun.

Pastikan tanaman hias ini terkena sinar matahari yang cukup untuk membantunya dalam proses fotosisntesis. Perhatikan pula kelembapan media tanamnya, berilah air secukupnya secara rutin.

Baca juga beritaku : Philodendron, 10 Jenisnya Yang Menjadi Incaran Kolektor Tanaman

5. Philodendron Crocodile, Mungil Dan Unik

Crocodile

Di Eropa, tanaman philodendron ini terkenal dengan istilah Philodendron Crocodile. Hal tersebut lantaran bentuk daunnya yang menyerupai ekor buaya.

Tanamann ini memiliki ukuran daun yang mungil namun memiliki keunikan.

Banyak para pecinta tanaman hias memburu jenis tanaman ini untuk dijadikan sebagai penghias ruangan dan meja.

Cara perawatannya pun terbilang mudah, cukup dengan menyiramnya secara rutin dan melakukan penggantian media tanam selama 6 bulan sekali.

Tanaman hias ini juga memiliki daya tahan terhadap suhu dingin yang cukup tinggi, sehingga tidak perlu risau untuk menempatkannya di dalam ruangan.

Tanaman mungil ini juga tidak begitu mahal, dan untuk mendapatkannya pun cukup mudah.

Hampir setiap penjual tanaman hias menjual tanaman ini. Kepopulerannya semakin meningkat semenjak adanya pandemi covid-19.

Sama seperti tanaman hias lainnya yang kian melejit dan memiliki pasar tersendiri.

6. Philodendron Monstera Deliciosa, Yang Ngehits

Monstera Deliciosa

Jenis philodendron yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Sebab banyak selebgram atau youtuber yang menggunakan tanaman ini sebagai pelengkap dekor. Bentuk daunnya yang begitu menawan membuatnya banyak diincar.

Tanaman ini juga memiliki nama lain Philodendron Monstera Deliciosa. Tanaman hias jenis ini termasuk tumbuhan yang mudah untuk tumbuh, perawatannya pun juga sederhana.

Cukup dengan memberinya sinar yang cukup dan menyiramnya secara rutin.

Bagi pemula, menanam tanaman jenis ini sangat cocok. Selain harganya yang ekonomis dan perawatannya yang sederhana, tanaman ini juga dapat berfungsi sebagai pelengkap suasana di dalam ruangan rumah.

Dengan adanya tanaman ini di dalam rumah, maka kesan sejuk pun dapat anda rasakan.

Tak hanya untuk diletakkan di dalam ruangan, tanaman ini juga dapat ditaruh di luar ruangan.

Monstera Deliciosa ini termasuk tanaman yang daya tahannya terhadap suhu dingin cukup baik, sehingga aman berada di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Baca juga beritaku : 10 Jenis Tanaman Caladium, Harga dan Cara Perawatan

7. Philodendron Monstera Obliqua, Bermotif Unik

Monstera Obliqua

Tanaman hias yang memiliki motif unik ini tengah menjadi primadona para pecinta tanaman hias. Banyak yang menyebutnya dengan monstera atau janda bolong.

Sebutan tersebut sebap motifnya yang berlubang-lubang pada daunnya.

Menurut beberapa pedagang tanaman, philodendrum jenis ini lebih laku dari pada philodendron jenis monstera deliciosa, sebab perawatannya yang lebih mudah dan dapat dikreasi lebih banyak.

Tanaman hias ini cocok berada di luar ruangan atau di dalam ruangan, sebab jenis philodendron yang satu ini juga memiliki daya tahan terhadap suhu dingin yang sangat baik.

Sehingga tidak menjadi masalah apabila eletakkannya di dalam ruangan.

Banyak pecinta tanaman yang kemudian mengkreasikannya sebagai penghias ruangan, meja dan halaman rumah.

Tanaman hias jenis ini terbilang mudah untuk memencarnya, cukuo dengan memotong batangnya dan menanamnya pada media tanam yang dicampur dengan pupuk organik untuk tanaman berdaun.

Media tanamnya pun juga bervariasi, seperti tanam, air, lumut dan hydrogel. Banyak yang menyukai tanaman ini sebab bentuknya yang unik serta mudahnya dalam perawatan. Tak hanya itu, harganya pun cukup ekonomis.

8. Philodendron Scandens Medio Pictum, Berdaun Segar

Scandens Medio Pictum

Philodendron yang satu ini termasuk jenis tanaman hias gantung yang memiliki banyak peminat.

Daunnya yang segar membuatnya banyak direkomendasikan untuk melengkapi koleksi tanaman hias di halaman atau di dalam ruangan.

Bentuk daunnya yang mirip dengan tubuhan siirih menjadikannya sangat cocok untuk tanaman hias gantung.

Warna daunnya yang hijau segar juga menjadikan suasana halaman atau ruanga semakin asri dan sejuk. Hal tersebut yang menjadikan tanaman ini kian laris di pasaran.

Tanaman hias ini memiliki nama ilmiah Philodendron Scandens Medio Pictum, namun banyak yang menyebutnya dengan Flame Leaved Heart Plant. Sebab bentuk daunnya yang berbentuk hati dan begitu rindang.

Baca juga beritaku : Bunga Edelweis: 6 Jenis, Cerita Mitos Dan Kiasan Kata Yang Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *