Himantura Chaophraya, jenis ikan terganas di lautan
Salah satu jenis ikan terbesar di lautan (Foto: pinterest.com)

Himantura Chaophraya: 10 Jenis Ikan Air Tawar Monster Lainnya

Diposting pada

Himantura Chaophraya, merupakan salah satu dari berbagai jenis ikan air tawar dengan ukuran raksasa yang ganas dan bisa memakan korban sebesar manusia, bagaimana sajakah bentuk-bentuk dari ikan tersebut?

Beritaku.id, Lestari – Allah SWT menciptakan alam, gunung dengan pemandangan pohon dalam hutannya, lembah dengan airnya yang berisi ikan, baik tawar maupun laut. Selain indah, namun juga ada yang berbahaya sebab ganasnya bak monster.

Oleh: Ayu Mesaroh (Penulis Lestari)

Bumi mempunyai berbagai kekayaan alam yang sangat menakjubkan. Membentang lautan dengan warna biru yang menambah kecantikan bumi. Dan hijau suburnya berbagai hutan, membuat bumi terlihat begitu damai. lalu dengan kicauan burung, seakan melengkapi suasana keceriaan yang ada di bumi.

Rasanya, semua mahluk hidup yang ada di dalamnya, hidup rukun berdampingan, saling melengkapi satu sama lain. mereka terdiri dari berbagai jenis, dengan kelebihan dan kekurangan yang mereka bawa. Membuat perbedaan seakan wajar, dan memang sudah sepantasnya hidup berdampingan itu, membutuhkan perbedaan yang menyatukan.

Ada yang baik, ada yang buruk. Ada yang biasa saja, namun ada yang terkenal dengan keganasannya. Bahkan, hal tersebut berlaku juga untuk seekor hewan, baik hewan yang hidup di daratan, maupuj di lautan. Termasuk dengan jenis-jenis ikan yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Sebagaimana 5 Jenis Ikan Air Payau: Unsur, Tempat Menambak, dan Caranya, ternyata terdapat beberapa jenis ikan yang memiliki ukuran raksasa, yakni:

Himantura Chaophraya

Jenis Himantura chaophraya
Jenis Himantura chaophraya (Foto: alocthetron.com)

Adapun Himantura Chaophraya dengan nama lain Urogymnus Polylepis, merupakan jenis ikan dari keluarga dasyatidae (atau kita kenal ikan pari cambuk).

Pada air tawar, Himantura Chaophraya merupakan jenis ikan seukuran monster pada jenisnya, sehingga bobotnya mencapai 650 Kilogram.

Baca juga beritaku: 5 Jenis Ikan Air Payau: Unsur, Tempat Menambak, dan Caranya

Panjang dari Himantura Chaophraya adalah mencapai 1,9 meter atau 6,2 kaki. Dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Himantura Chaophraya berwarna cokelat, bagian dada berwarna putih
  2. Cakram sirip pada dada berbentuk oval dan tipis,
  3. Moncong memanjang, memiliki alas yang lebar,
  4. Mata kecil dan jarak antar mata yang lebar,
  5. Himantura Chaophraya memiliki ekor punggung belakang yang berwarna hitam,
  6. Punggung bergerigi pada dekat ekor pangkal.

Piranha (Pygocentrus nattereri)

Ikan Piranha (Foto: idntimes.com)

Yang selanjutnya adalah ikan Piranha atau nama latinnya adalah Pygocentrus nattereri. Ikan yang pernah menggemparkan dunia maya, dengan beritanya yang pernah memakan manusia, dan ditelan hidup-hidup. Namun hal berhembus itu kemudian dibantah dengan adanya penelitian.

Yang mengatakan bahwasannya, memang ikan ini merupakan jenis ikan yang sangat ganas, dan perlu untuk diwaspadai. Namun belum ada sejarah yang mengatakan bahwa ikan ini pernah memakan manusia hidup-hidup.

Terlepas dari penjelasan tadi, ada beberapa list jenis ikan Piranha yang terkenal di dunia, berikut listnya:

1. Jenis Piranha Merah (RBP)

Jenis ini, banyak sekali diperjual-belikan ke beberapa tempat di Indonesia. Dari bentuknya, mereka hampir mirip dengan ikan bawal. Hanya saja yang membedakan, adalah mempunyai lebih dari 1 warna, serta mereka mempunyai bintik-bintik yang menjadi identitas jenis ikan piranha merah ini.

2. Jenis Piranha Hitam

Jenis piranha yang satu ini, terbilang jarang yang menemukan, bahkan langka. Hal tersebut juga yang berimbas kepada harga setiap satu ekornya yang masih kecil. Untuk satu ekornya, bisa mencapai 1 juta lebih. Bentuk mereka yang tidak begitu besar, dengan warna dominan adalah hitam, membuat mereka terlihat unik dan langka.

3. Piranha Hitam dengan Bintik

Hampir seperti yang sebelumnya, jenis ini juga merupakan jenis piranha hitam, tapi yang membuat mereka unik adalah, bagian depan mereka berwarna kuning, dan hampir dari seluruh tubuh mereka mempunyai bintik, yang menjadi identitas mereka. Jenis piranha ini juga banyak peminat dari beberapa kolektor.

4. Pike Piranha

Jenis piranha satu ini, tergolong piranha yang sangat langka di Indonesia. Mereka mempunyai tubuh yang mudah untuk kita kenal, mengingat bentuk tubuh mereka yang memanjang dan tidak begitu pipih. Panjangnya bisa sampai 15 cm lebih. Dan karena kelangkaannya, tidak heran jika ikan ini memiliki harga yang sangat fantastis untuk satu ekornya.

Belut listrik (Electrophorus electricus)

Belut listrik (Foto: bobo.grid.id)

Yang selanjutnya adalah belut listrik atau nama latinnya adalah Electrrophorus electricus. Mereka adalah jenis ikan air tawar, yang mana termasuk ke dalam jenis belut berbahaya. Mereka dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 650 volt, dan itu tercatat sebagai rekor tagangan listrik terkuat yang dihasilkan oleh seekor hewan.

Bahkan banyak peneliti mengatakan, bahwa hewan ini, dapat mengalirkan listrik untuk ke beberapa rumah, serta mereka bisa membuat mati seketika seekor kuda.

Ikan Kepala Ular/Snakehead

Ikan kepala ular (Foto: liputan6.com)

Snakehead atau ikan kepala ular, merupakan jenis ikan yang banyak diminati, namun juga ditakuti. Namun terlepas dari hal tersebut, ikan ini merupakan ikan yang cukup unik, dengan bentuk badan yang sedikit pipih, lalu bagian depan badan agak bulat, hampir seperti ular.

Baca juga beritaku: Bentuk Daging Ikan Termahal Dunia, Tekstur, Kandungan, Syarat, 5 Daftar

Dan yang membuat mereka sangat mirip dengan ular, adalah sudut-sudut mulut mereka yang sangat tajam, yang mana menjadi senjata mereka dalam mencari mangsa. mereka juga mempunyai beberapa sirip, yakni di ekor, dan satunya lagi di punggung.

Ikan Muskellunge (Esox masquinongy)

Ikan Muskellunge (Foto: dictio.id)

Jenis ikan ini merupakan spesies asli dari Amerika Utara. Mereka adalah kelompok famili dari Esocidae, yang mana mereka adalah terbesar dari famili tersebut.

Ikan jenis ini juga mendapat julukan sebagai “tombak buruk”. Mereka dapat tumbuh dan berkembang hingga berat badan mencapai lebih dari 30 kg, setara dengan anak umur 6 s/d 7 tahun. Mereka juga tergolong dalam jenis ikan air tawar terganas yang pernah ada.

Pari Air Tawar Raksasa (Himantura chaophraya)

Pari Air Tawar Raksasa (Foto: news.okezone.com)

Ikan pari ini, merupakan jenis ikan air tawar terbesar di Asia. Bahkan banyak yang mengatakan bahwasannya ikan jenis ini, adalah predator terkuat di habitatnya.

Mereka dapat tumbuh dan berkembang, hinggap panjang tubuh mereka mencapai angka 40 cm. Warna tubuh dari ikan ini, rata-rata adalah cokelat keabu-abuan. Dan mereka dapat menyamar di air keruh. Makanya perlu kehati-hatian saat kalian berada di habitat mereka, terutama di perairan air tawar.

Ikan Payara (Hydrolycus scomberoides)

Jenis lain dari Himantura Chaophraya, yakni ikan terganas di dunia
Ikan Payara (Foto: nakamaaquatics.id)

Jenis yang satu ini atau nama latinnya adalah Hydrolycus scomberoides ini, mereka adalah jenis ikan dari sungai Amazon, Amerika Serikat. Yang mana mereka tergolong dalam jenis predator agresif, dengan mulut mereka yang lebar, ikan ini dapat memakan beberapa ikan-ikan kecil, sebagai makanannya.

Baca juga beritaku: Jenis Ikan Laut Dangkal dan Dalam:Perbedaan, Ciri, dan 4 Zona

Selain itu, mereka juga dijuluki sebagai “ikan vampire”. Hal tersebut karena gigi taring bagian bawah mereka yang sangat tajam, dan maju ke depan. Untuk menutup mulut mereka, ada lubang yang berada di atas, membantu mereka menutup mulut.

Ikan Candiru (Vandellia cirrhosa)

Jenis ini juga termasuk terganas, seperti Himantura Chaophraya
Ikan Candiru (Foto: travel.detik.com)

Jenis ini merupakan jenis family dari ikan lele, yang mana sangat ditakuti oleh kebanyakan manusia, terutama yang tinggal berada di dekat sungai Amazon, Amerika Serikat. Siapa sangka, bahwasannya mereka dapat mengkonsumsi alat kelamin manusia, terutama penis para pria.

Meski mereka bertubuh kecil, nyatanya hal tersebut masih ditakuti oleh orang-orang sana sampai degan sekarang. Hal tersebutlah yang membuat mereka, dikategorikan sebagai predator yang perlu diwaspadai.

Hiu Banteng (Carcharhinus leucas)

Hiu Banteng (Foto: hewanpedia.com)

Apa yang terlintas dari kalian, jika mendengar kata “hiu”? Pasti tidak lain dan tidak bukan, adalah gambaran dari seekor predator raksasa, yang siap memakan jenis mangsa apapun dengan sigap. Tapi apa kalian kenal dengan jenis Hiu Banteng ini?

Mereka adalah jenis hiu paling agresif yang pernah ada di dunia. Mereka hidup di habitat air yang dangkal, dan hangat. Dan karena hal tersebut, hiu jenis ini, terancam punah. Bahkan jumlahnya di dunia, hampir menipis.

Aligator Gar (Atractosteus spatula)

Aligator Gar (Foto: gerava.com)

Tidak jarang dari kebanyakan orang yang menyukai jenis ikan ini. Padahal kita sudah paham, bahwasannya mereka memiliki bentuk mulut yang unik, namun sebagai senjata agar mereka dapat melumpuhkan mangsanya.

Baca juga beritaku: Rahasia Allah Dalam Lautan, Ikan Nun Dan Misteri Kapal Nabi Nuh

Disamping itu, Ikan Aligator Gar ini, juga jenis ikan yang bisa tumbuh dan berkembang sampai dengan panjang tubuh hingga 3 meter, dan berat badan lebih dari 140 kg. Maka untuk memelihara ikan ini, disarankan untuk membuat kolam ikan sendiri.

Ikan Macan (Hydrocynus vittatus)

African Tiger Fish (Foto: ilmugeografi.com)

Ikan macan, atau nama lainnya adalah African Tiger Fish, adalah jenis ikan predator yang setara dengan ikan hiu, bahkan diatasnya. Mereka adalah jenis ikan yang bisa tumbuh dan berkembang, hingga panjangnya mencapai 100 cm lebih, dan berat badannya lebih dari 70 kg.

Persebaran habitat mereka cukup luas. Mulai dari perairan Afrika, sampai dengan beberapa laut yang ada di Mesir. Dan yang membuat mereka unik serta menarik, adalah pola warna mereka yang hampir mirip dengan singa.

Penutup

Itulah beberapa jenis ikan yang ada di dunia, yang mana tergolong ke dalam jenis ikan predator terganas. Tetapi, beberapa dari mereka, juga ada yang bisa kalian pelihara. Dan jika adapun, jangan terlalu menjarah ya. Karena beberapa jenis dari mereka, juga tidak jarang ada yang hampir punah.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sebagai manusia, mulai melindungi mereka yang lemah, yang sudah berada di ambang kepunahan. Bukan untuk kebaikan kita, namun generasi Indonesia selanjutnya.

Sehingga mereka akan leboh paham, bahwa pada dasarnya, peradaban di dunia ini, bukan hanya sebatas pada kehidupan mereka yang sudah canggih, dan bertemankan dengan teknologi digital.

Setidaknya ada hal yang mereka kenang, dan itu menjadi ilmu pengetahuan baru bagi mereka, dan menumbuhkan rasa aware kepada lingkungan, bahkan sesama makhluk ciptaan-Nya. Terutama beberapa jenis ikan tadi, yang mana walaupun mereka ganas, mereka juga butuh uluran tangan manusia.

Mereka juga membutuhkan perlindungan untuk tetap hidup, dan beregenerasi. Agar nantinya mereka dapat terus bertahan, dan memperlihatkan kepada dunia dengan generasi selanjutnya. Mereka ada, dan bertahan sampai dengan sekarang.

Sekian ulasan kali, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka:

  1. https://www.ikanesia.id
  2. https://www.idntimes.com
  3. https://id.wikipedia.org
  4. https://richocean.wordpress.com
  5. https://penyuluhpi.blogspot.com
Bagikan Ke