Induk organisasi dari olahraga boling
Olahraga bowling (Foto: klikdokter.com)

Induk Organisasi Boling Indonesia Dan Dunia: Sejarah, 5 Teknik

Diposting pada

Induk organisasi boling, adalah salah satu cabang olahraga dari Indonesia, yang telah melahirkan berbagai atlet andalan. Mulai dari pertandingan nasional, hingga kancah Internasional. Maka, terdapat pengertian, serta serta beberapa penjelasan lain dari olahraga ini.

Beritaku.id, – Olahraga_ Obor mulai membara, mengelilingi sebuah arena bernama pertandingan. Para atlet mempersiapkan diri dengan memperlihatkan masing-masing taring, dan kemampuan mereka. Lalu bertemu, saling hormat. Dan saat itu, mereka mulai menunjukkan siapa mereka, dalam sebuah arena itu.

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Olahraga)

Hai, bertemu lagi dengan tagline tulisan yang dirindukan. Teruntuk kamu, yang sekarang sedang menunggu, sebuah asa yang mungkin sebenarnya, sudah tak dapat menerka, atau bahkan merasa.

Meski sudah tidak dirasa, sebuah asa tidak boleh padam, bahkan terpendam hingga tak dapat menemukan kembali. Harus ada jalur yang dapat memantiknya.

Bisa lewat berprestasi dalam dunia induk dari organisasi boling, ataupun sejenisnya. Mengingat kita sudah begitu paham bagaimana dunia perolahragaan Indonesia, sudah mulai memunculkan taringnya kepada kancah Internasional.


Sejarah Boling Dunia Dan Indonesia

Induk organisasi dari boling
Kepopuleran dari olahraga bowling (Foto: popular-world.com)

Namun, bicara masalah dunia olahraga, kita paham betul bagaimana dunia tersebut memiliki begitu banyak cabang, sehingga kita dapat menyalurkan berbagai bakat kita dalam dunia tersebut.

Sebut saja seperti olahraga bowling, yang mana sudah banyak negara yang melirik cabang olahraga ini. Bahkan sudah ada induk organisasi yang menaungi olahraga bowling ini.

Sejarah Bowling Dunia

Sejarah mencatat bahwasannya permainan bowling ini berasal dari para orang-orang Belanda, yang membawanya ke Amerika Serikat, yang berakhir pada kepopulerannya di sana.

Sebelum kejadian itu, nama “bowling” sendiri bukanlah nama asli dari permainan tersebut. Tepatnya pada tahun 1600-an, permainan ini dikenal dengan nama “Dutch Pins”, yang sangat terkenal di kalangan orang-orang Belanda yang ada di Amerika tersebut.

Dari situlah permainan tersebut terkenal dan populer, serta berganti nama yakni “bowling”. Lalu pada tahun 1900-an, permainan bowling semakin populer di Amerika, yang mana pada akhirnya membuat organisasi resmi untuk permainan ini. Yaitu ABC, atau singkatan dari American Bowling Congress.

Baca juga beritaku: Sejarah Olahraga Biliar: Definisi Hingga Induk Organisasi

Namun dalam beberapa literatur lain, mengatakan bahwa olahraga bowling sudah ada sejak zaman Romawi, yakni sekitar 7000 tahun yang lalu. Dengan bukti kuburan-kuburan Mesir kuno yang menjadi media untuk bermain bowling ini.

Sejarah Bowling di Tanah Air

Di tanah air sendiri, olahraga bowling baru ada dan terkenal saat setelah benua Eropa memperkenalkan dan akhirnya booming di beberapa negara, termasuk negara-negara yang dalam kategori Asia, salah satunya adalah Indonesia.

Tepatnya pada tahun 1960-an, beberapa negara Asia, termasuk Indonesia mulai tertarik dengan permainan bowling ini. Sayangnya permainan ini baru berkembang dan mulai dilirik oleh negara sekitar pada tahun 70 sampai tahun 80-an.

Orang pertama kali yang melirik permainan ini, adalah Achmad Tahir, yang mana saat itu beliau menjabat sebagai menteri Pariwisata Pos serta Telekomunikasi.

Beliau mengenalkan olahraga ini dengan sebutan “bola gelinding”, yang mana nama itu menjadi singkatan dari olahraga bowling.

Lalu pada sekitar tahun 1980-an, olahraga ini diikutsertakan dalam pertandingan memperbutkan piala presiden pada era Soeharto. Lalu, dari hal tersebut, tercanangkanlah ide membuat organisasi resmi untuk olahraga ini secara nasional, yakni PBI, atau singkatan dari Persatuan Bowling Indonesia.


Peralatan dan Perlengkapan Olahraga Boling

Peralatan bowling (Foto: dianisa.com)

Terlepas dari hal tersebut, sebuah permainan bola, entah dalam induk organisasi dari boling, ataupun sejenisnya. Pasti membutuhkan peralatan untuk menjalankan permainan dengan lebih nyaman, dan penuh strategis dari sang pemain.

Maka, beberapa peralatan permainan bowling, antara lain:

Tas Bowling

Tas bowling sangat penting bagi bola tersebut. Yang mana tas tersebut melindungi bola dari beberapa masalah seperti debu, benturan dari benda yang mungkin sama kerasnya, dan sebagainya.

Sehingga saat akan dipakai untuk bermain, akan lebih nyaman, dan pastinya tidak ada kecacatan apapun dari bola tersebut. Perlu kita ketahui, bahwasannya bola bowling mempunyai tiga lubang.

Yang harus selalu kita bersihkan setiap akan bermain. Karena bisa saja beberapa kuman dan sebagainya, bersarang dari sela-sela lubang tersebut.

Bola Bowling

Yang selanjutnya ada bola bowling, yang menjadi peralatan kita untuk melakukan beberapa teknik permainan bowling. Pastikan bola tersebut dalam keadaan baik, tidak terdapat debu, dan sebagainya.

Sepatu Bowling

Yang terakhir adalah sepatu bowling, yang mana sepatu ini menahan kita nantinya jika akan menggelindingkan bola bowling ke arena, serta menjadikan kita fokus dalam posisi kaki yang pas agar sesuai dengan target.

Baca juga beritaku: Olahraga Biliar: 8 Pemain Tercantik, Tata Cara, Induk Organisasi

Yang mana hal tersebut berimbas pada ketepatan, dan skor yang kita prediksi bisa kita rebut dengan mudahnya. Mengingat permainan ini sangat membutuhkan stategi, ketelitian, serta ketepatan dari teknik kita menggelindingkan bola.


Teknik Boling

Teknik dari bowling (Foto: blog.elevenia.co.id)

Adapun beberapa teknik dasar untuk kalian, yang mungkin ada niatan untuk terjun kedunia olahraga boling, termasuk mengenal induk organisasi dari permainan tersebut.

Teknik paling utama, adalah posisi dari jari-jari tangan, yang mana posisinya harus kita pahami terlebih dahulu. Seperti jari tengah, jari manis, serta jari jempol, harus masuk ke dalam lubang-lubang dari bola tersebut. Adapun teknik lain seperti:

  • Pemain harus memposisikan diri dengan tubuh tegap sebelum menggelindingkan bola ke arena
  • Pastikan juga posisi dari bola bowling berada di depan dada, sebelum bersiap untuk menggelindingnya ke arena.
  • Gunakan satu tangan untuk menopang bola, serta satu tangannya lagi untuk bersiap menggelindingkan bola ke arena permainan.
  • Saat akan menggelinding bola, pastikan langkah kaki harus pada posisi belakang garis start, sehingga kita bisa memperkirakan energi yang akan kita keluarkan untuk menggelindingkan bola tersebut.

Itulah beberapa teknik dasar yang perlu diketahui. Yang mana nantinya, hal tersebut dapat kita ulas lebih dalam.


Induk Olahraga Boling Dunia

IBF logo (Foto: cn.linked.com)

Terlepas dari pembahasan tersebut, adapula induk organisasi dari olahraga boling, yang mana menjadi cikal bakal permainan ini mendunia, bahkan sudah melahirkan berbagai atlet profesional, dan bertengger namanya pada deretan atlet terbaik seluruh dunia.

Menjadi wadah dari berbagai induk organisasi olahraga bowling, IBF atau singkatan dari International Bowling Federation, tercanangkan dan memiliki beberapa struktur organisasinya.

Organisasi ini resmi ada pada tahun 1900-an, yang mana tujuan dari organisasi ini, adalah menjembatani berbagai organisasi bowling di beberapa negara belahan dunia, serta mengadakan berbagai pertandingannya.

Saat ini, organisasi tersebut sudah mempunyai zona pengurus, yakni zona Asia, Eriopa, Afrika, Amerika, serta yang terakhir adalah Oceania.


Induk Organisasi Boling Indonesia Beserta Struktur

Induk organisasi nasional boling
PBI logo (Foto: pemilu.antaranews.com)

Namun, dalam Indonesia sendiri, kita sudah menyinggung bahwasannya tahun 1980-an, olahraga ini resmi dengan membentuk organisasi yang menaungi para pegiat olahraga bowling di penjuru daerah Indonesia.

PBI, atau singkatan dari Persatuan Bowling Indonesia, menjadi wadah bagi para pegiat, serta organisasi-organisasi lain yang berkecimpung dalam dunia bowling.

Baca juga beritaku: Mengenal Olahraga Pilates Dengan 7 Manfaat dan Efek Sampingnya

Saati itu juga, PBI, iktu bergabung dalam naungan dari Federasi Internasional olahraga Bowling, dan sering mengadakan berbagai pertandingan kancah internasional.

Dan hal tersebut juga yang membuat struktur organisasi terbentuk. Untuk ketua pertama pada organisasi ini, ialah Percha Leanpuri, beserta jajarannya beranggotakan 16 pengurus, dengan periode kepengurusan sampai dengan 2022 nanti.

Adapun pengurus dari berbagai cabang, serta pelindung dari organisasi tersebut. Untuk pelindungnya sendiri, adalah pemerintah daerah dari tempat organisasi tersebut berlangsung. Serta pembinanya adalah jajaran atau elemen pemerintahan daerah.

Maka, tidak jarang ada berbagai pertandingan tingkat regional, yang mana menjadi pintu awal untuk dapat berpartisipasi dalam pertandingan dengan jenjang yang lebih luas.


Nama Pemain Boling Tercantik Indonesia Dan Asia

Atlet bowling cantik asal Indonesia (Foto: riauonline.co.id)

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwasannya apapun jenis olahraga, pasti akan ada saatnya mereka melahirkan para pemain ataupun atlet yang menjadi andalan sebuah negara, ataupun wilayah tertentu. Dan berikut listnya:

Tannya Roumimper

Adalah salah satu atlet kebanggaan Indonesia, yang menjadi perwakilan atlet bowling untuk Indonesia pada SEA Games tahun 2018 lalu.

Tannya merupakan anak yang terlahir dari keluarga yang juga memiliki background sebagai seorang atlet profesional. Tannya lahir pada tanggal 11 Oktober 1990.

Sharon Adelina Liman Santoso

Pasti sudah tidak asing dengan atlet bowling yang satu ini, yakni Sharon, atlet yang mengharumkan bangsa pada SEA Games tahun 2017.

Sharon adalah atlet bowling andalan dari Indonesia, yang lahir pada tanggal 24 Oktober 1981. Sederet prestasi pernah ia gaet, salah satunya SEA Games pada tahun 2017, serta tahun 2014, yang mana pada ajang Asian Games, berada pada tangga ke 5 dengan perolehan poin terbanyak. Pertandingan tersebut berlangsung di Incheon, Korea Selatan.

Aldila Indryati

Adalah salah satu atlet Indonesia juga yang berkecimpung dalam induk dari organisasi boling, pada tahun 2019, di pertandingan SEA Games.

Dirinya bertanding bersama dengan seniornya, yakni Ryan Lalisang, yang juga menjadi atlet bowling kebanggaan Indonesia.

Manfaat dari Olahraga Boling

Manfaat olahraga bowling (Foto: merahputih.com)

Adapun beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari permainan bowling ini, seperti kita dapat melatih otak dengan segala rumus strategi agar mendapatkan skor yang sesuai ekspektasi. Ada juga lainnya, seperti:

  • Membakar kalori
  • Menjadi lebih fleksibelitas, mengingat mereka ada pelatihan untuk meregangkan tubuh agar lebih rileks.
  • Membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik
  • Penglihatan menjadi lebih jeli, teliti, dan sejenisnya.
  • Meredakan stress

Penutup

Itulah beberapa hal mengenai induk organisasi dari olahraga boling, yang semoga menjadi referensi kalian dalam mulai meluncurkan langkah, menjadi atlet yang dapat membanggakan bangsa.

Indonesia adalah negara kaya, dengan segudang SDM yang memiliki kualitas masing-masing, dalam bidang yang mereka geluti.

Dan sudah saatnya Indonesia memperlihatkan bagaimana gigi taringnya begitu tajam, bahkan mengalahkan para predator yang ada.

Kita juga dapat berkompetisi dalam berbagai hal, berbagai bidang, dan berbagai inovasi. Yang mana akan memudakan manusia nantinya, pada kehidupan masa depan selanjutnya.

Begitulah kiranya hal yang perlu kita persiapkan untuk Indonesia pada masa depan. Jangan hanya melangkah sampai disini, namun jalan masih panjang, begitu juga perjuangan yang terus, harus berjalan. Agar apa yang diinginkan dapat tercapai.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Daftar Pustaka

  1. https://www.jatikom.com
  2. https://www.padamu.net
  3. https://id.sportsinfotv.com
  4. https://www.materiolahraga.com
  5. https://organisasi.co.id
  6. https://www.viva.co.id
  7. https://www.klikdokter.com