Judul Ceramah
Judul Dalam Ceramah

Judul Ceramah: 5 Tema dan Beragam Pembahasan

Diposting pada

Judul Ceramah atau pidato dapat menjadi cerminan dari isi suatu tema, yang akan disampaikan ke hadapan para audiensnya. Tujuan dari ceramah atau pidato tersebut, sejatinya agar dapat memberikan informasi penting yang berguna.

Beritaku.id, Organisasi dan Komunikasi – Tugas utama seorang penceramah adalah, menyampaikan suatu fakta dan kebenaran. Semuanya menjadi indah, saat dikemas menjadi suatu naskah yang dapat menjadi renungan, inspirasi dan motivasi.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Organisasi dan Komunikasi)

Judul Ceramah atau pidato sangatlah penting untuk dipikirkan, karena akan menjadi pencerminan dari isinya. Melalui ceramah, pembicara dapat memberikan informasi berguna, bagi kepentingan orang banyak. Isi dari ceramah yang baik, juga dapat memberikan dampak positif, serta menjadi suatu bahan renungan dan inspirasi, yang memotivasi.

Berikut ini adalah beberapa contoh judul ceramah dan pidato beserta narasi singkat, nya untuk berbagai macam tema dan kegiatan.

Berbagai Judul Ceramah Tentang Narkoba

Tema Ceramah
Suasana Ceramah

Contoh-contoh dari judul ceramah tentang narkoba ini, naskahnya dibuat berdasarkan berbagai sudut pandang dari pembicaranya.

 Judul Ceramah Tentang Bahaya Narkotika Bagi Generasi Muda

Judul Ceramah Tentang Narkotika
Jauhi Narkotika

Salam sejahtera bagi kita semua. Terima kasih atas kepercayaannya, untuk dapat menyampaikan ceramah kepada para hadirin di ruangan ini . 

Pada kesempatan baik ini, judul ceramah yang akan saya sampaikan, adalah mengenai narkotika dan bahayanya terhadap generasi muda kita.

Berdasarkan survey yang saya amati, anak muda  yang mengalami kecanduan narkotika, umumnya  terjerumus karena rasa penasaran.

Rasa penasaran yang salah arah tersebut, terjadi akibat kurangnya pengetahuan dan informasi, tentang barang terlarang ini. Karena tidak mengetahui dengan benar mengenai resikonya, maka rasa penasaran itu menjadi ajang “coba-coba”. 

Dari kejadian fatal semacam ini, seharusnya dapat menjadi pembelajaran untuk kita semua, bahwa betapa pentingnya penyuluhan dan sosialisasi. Rengkuhlah semua anak muda di setiap lapisan masyarakat. Jangan biarkan lagi mereka terjerumus karena rasa penasaran yang menyesatkan, dan butanya akan informasi penting.

Selamatkan generasi muda kita dari bahaya narkotoka. Kita dapat memulainya dari lingkungan terdekat dahulu. Bekali anak-anak di lingkungan terdekat kita,  mengenai pengetahuan tentang resiko narkotika. 

Demikian ceramah singkat ini, semoga dapat menjadi tanggung jawab kita semua, agar dapat melindungi anak-anak kita, dan semua generasi muda. 

Selamat malam dan terima kasih.

Judul Ceramah Narkotika di Kalangan Para Pelajar

Pertama- tama, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena selalu melindungi kita semua di sini.

Pada pertemuan kali ini, izinkan saya untuk dapat mengutarakan pembahasan singkat mengenai obat-obatan terlarang narkoba. Menurut hemat saya, hal ini sangat penting untuk dibahas, mengingat negara besar kita sedang berkenalan dengan teknologi.

Hasil dari kemajuan modernisasi ini, memang membuat kita semua mudah dalam melakukan pencarian apapun yang dibutuhkan. Namun sayangnya, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab, untuk memanfaatkannya sebagai ajang jualan barang haram.

Salah satunya adalah dengan menjual Narkoba, yang pastinya akan sangat berbahaya bagi para pelajar. Mereka tidak mengerti akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh barang mematikan ini.

Barang terlarang tersebut merupakan musuh yang wajib kita berantas sampai ke sumbernya. Banyak udah generasi muda kita yang kehilangan masa depan mereka, karena sudah terlanjur menjadi pecandu, dan akhirnya berakhir dengan kematian. 

Baca juga beritaku: Contoh Acara Resmi dan Tidak Resmi

Sebelum masuk sesi  pembahasan, izinkan saya untuk  menjelaskan dengan singkat mengenai barang ilegal ini. Narkoba merupakan salah satu dari jenis obat-obatan yang dapat mengakibatkan rusaknya jaringan tubuh, apabila salah dalam menggunakannya.

Hanya para dokter dan para ahli yang boleh menggunakannya, sebatas untuk keperluan medis dan bahan penelitian. Indonesia sendiri telah mengeluarkan larangan dalam bentuk undang-undang, yang dengan tegas melarang penggunaan narkoba secara bebas.

Maksud dan tujuan saya menyampaikan ceramah ini adalah, agar para pelajar khususnya, dapat menjauhkan diri dari narkoba, maupun yang sejenisnya. Apabila terlanjur mengkonsumsinya, fakta yang sebenarnya, dapat mengakibatkan halusinasi.

Selain itu, maksud dari ceramah ni adalah, agar para pelajar dapat terbebas dan memahami  tentang obat ini, serta bahaya dibaliknya.

Para hadirin dan sahabat saya yang cintai, demikianlah ceramah ini dapat saya sampaikan. Saya mengharapkan, agar negara kita dapat terbebas dari para pengedar, dan juga pengguna narkoba, yang sudah dalam batas mengkhawatirkan. 

Mohon maaf jika ada kata-kata saya yang salah. Dan atas perhatiannya, saya mengucapkan banyak terima kasih. 

Wassalamualaikum.Wr.Wb.

Tema – Tema Pidato Tentang Kejujuran

Tema Pidato Dalam JUdul Ceramah
Suasana Pidato

Kejujuran selama kita masih hidup, merupakan suatu hal yang sangat penting. Manusia yang berdasarkan fungsinya juga sebagai makhluk sosial, tidak dapat menjalani kehidupannya sendiri. Semuanya  harus saling berinteraksi bersama orang lain. 

Ketika melakukan interaksi tersebut, terkadang  sulit untuk berkata jujur. Terutama,  jika harus berhadapan dengan situasi tertentu. Namun ironisnya adalah, ketika sudah terlanjur berbohong, kecenderungannya akan lebih mudah untuk berbohong kembali. 

Judul Pidato Kejujuran Merupakan Keberkahan

Assalamualaikum wr.wb.

Selamat siang, bagi para hadirin di ruang serbaguna ini. Semoga pada kesempatan ini, kita dapat saling menimba ilmu.

Kepada rekan-rekan yang saya hormati, serta para sahabat yang saya cintai. Marilah kita memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan izin-Nya, kita dapat berkumpul bersama di ruangan ini.

Suatu kejujuran selama kita masih hidup di dunia, merupakan hal yang sangat penting. Dan bukan suatu hal yang tidak mungkin, jika kebohongan dapat berakibat buruk bagi diri kita sendiri. Dan dampaknya bagi orang lain adalah, hilangnya suatu kepercayaan yang sangat berharga.

Para hadirin sekalian. Ada nasihat bijak yang mengatakan, terkadang kebohongan dapat membuat kita kehilangan kepercayaan, dan rasa hormat dari orang lain. Jadi sebaiknya, jagalah selalu kepercayaan itu, selagi kita masih dapat melakukannya.

Begitu pentingnya selalu jujur dalam kondisi apapun, akan membuat kita menjadi seorang manusia yang baik. Dan sebagai bonus, kita mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Bahkan bukan tidak mungkin, terkadang kejujuran dapat membawa berkah dan keberuntungan bagi siapa saja yang melakukannya. Selain itu, kejujuran juga akan membuat ketenangan dan kedamaian, pada diri kita sendiri.

Pada pidato kali ini, saya ingin mengajak teman-teman semua untuk selalu jujur mulai saat ini, dalam kondisi dan kepada siapapun. Walaupun tidak jarang terdapat hal-hal yang sifatnya rahasia, tetaplah berusaha untuk mencari cara agar tetap jujur.

Berkata jujur akan selalu menyenangkan, jika sudah menjadi kebiasaan yang baik. Semoga kejujuran dapat membuahkan keberkahan bagi kita semua, baik di dunia maupun saat kembali ke akhirat nantinya. Amin.

Demikianlah pidato singkat tentang kejujuran, yang baru saya sampaikan. Semoga dapat menjadi motivasi, dan memberikan pengaruh yang baik,  bagi kita semua. Jika ada kesalahan dalam tutur kata saya, mohon kiranya untuk dapat dimaafkan. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak Terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb.

Judul Pidato Kejujuran Adalah Segalanya

Para sahabat yang saya hormati.

Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya untuk dapat menyampaikan sedikit  pidato, tentang  “Kejujuran adalah segalanya”.

Arti kata lain dari kejujuran adalah jauh dari kecurangan, dan melakukan kebohongan, dan terlihat dari ucapan maupun perbuatan. Kejujuran juga dapat membuat  kita mendapatkan kepercayaan, dan rasa hormat dari orang lain. 

Sekali saja kita berbohong kepada orang lain, seringkali akan memupus kepercayaan mereka kepada kita. Orang yang menghormati kejujuran, akan mendapatkan manfaat yang baik bagi dirinya, maupun orang lain. 

Berikut  ini adalah beberapa manfaat dari suatu kejujuran, terutama bagi diri kita sendiri :

  • Kejujuran dapat menaikkan rasa kepercayaan diri kita, karena mendapatkan penghargaan dan kehormatan dari orang lain.
  • Membuat kita dapat memiliki banyak sahabat, karena orang lain selalu percaya bahwa kita tidak akan pernah membohonginya.
  • Mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan hidup.
  • Selalu  semangat  dalam belajar.

Sahabatku semua, kejujuran juga disukai oleh setiap agama. Tanpa adanya kejujuran, dapat diibaratkan, bahwa akhlak kita belumlah sepenuhnya sempurna. Dan oleh karena itu, sama halnya dengan belum sempurna seutuhnya, menjadi seorang manusia yang baik.

Baca juga beritaku: Mc Acara Pengajian Rutin, Contoh Susunan Dan Pembukaan

Sekian sudah  pidato yang ingin saya sampaikan. Mohon maaf , jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati sahabat semua. Terimakasih.

Ragam Judul Ceramah Tentang Surah Al Quran

Tema Al Quran Dalam Judul Ceramah
Al Quran Merubah Kehidupan Manusia

Al Quran adalah pedoman hidup bagi Umat Islam, dan juga sebagai obat pelipur hati bagi manusia. Oleh sebab itu, sejatinya sebagai muslim yang baik, senantiasalah menjadikan kitab suci ini sebagai media untuk selalu berada di jalan Allah SWT.

Judul Ceramah Makna Surat Al Fatihah

Surah Al Fatihah Dalam Judul Ceramah
Makna dibalik Surah Al Fatihah

Yang saya cintai rekan-rekan semua, izinkan saya untuk dapat menyampaikan ceramah, tentang manfaat Surah Al Fatihah. Dan sebelum saya mulai, marilah kita selalu berdoa, agar kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.

Jika saya dapat bertanya kepada semua hadirin sekalian, surat apakah yang wajib kita baca saat melakukan shalat?. Saya meyakini, bahwa rekan – rekan semua dapat menjawabnya dengan Al Fatihah, sebagai surat yang mulia.

Namun, apakah kita semua mengetahui makna yang terkandung di dalamnya?. Untuk dapat membantu kita semua, maka saya sampaikan salah satu maknanya. Surat yang agung  ini memiliki beberapa kajian tauhid di dalamnya. 

Firman Allah SWT mengatakan, untuk mengajak para umat-Nya, untuk selalu mempercayai dan mengimani, akan keberadaan-Nya. Dan Allah SWT juga adalah Maha Pencipta, Yang Memberikan Rezeki, dan juga Yang Mengatur Alam Semesta ini.

Selain itu, para orang kafir di masa lalu, yang sempat berperang dengan Rasulullah SAW, mereka juga mempercayai, bahwa Allah adalah Yang Menciptakan Langit dan Bumi.

Surat Al Fatihah juga mengatakan, bahwa Allah mewajibkan kita untuk mengimani nama dan semua sifat-Nya yang begitu indah. Kandungan arti yang lainnya juga mengatakan, bahwa hanya kepada Allah SWT lah kita meminta pertolongan, dan beribadah.

Para hadirin sekalian, demikianlah ceramah singkat tentang Makna dari Surat Al Fatihah. Jika ada kesalahan dalam penyampaian saya, mohon untuk dapat dimaafkan. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak Terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb.

Judul Ceramah Kemuliaan Surah Al Qur’an

Judul Kemuliaan Al Quran Dalam Judul Ceramah
Al Quran dan Kemuliaannya

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Dengan memberikan pujian kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan anugerahnya di setiap waktunya. Dia yang Tidak pernah tidur dan selalu menjaga kehidupan setiap hambanya. 

Para hadirin sekalian, izinkan saya untuk dapat menyampaikan judul ceramah tentang kemuliaan Al-Quran. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Al-Quran adalah semua isi dari Firman Allah SWT. 

Keberadaanya telah diturunkan kepada manusia, melalui Nabi Muhammad SAW.  Al-Quran juga merupakan kitab penutup, dari seluruh kitab yang diturunkan sebelumnya, kepada para Nabi dan Rasul.

Hadirin semua yang berbahagia.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa  Al-Quran adalah jawaban dari setiap pertanyaan dan doa. Baik itu mengenai hal-hal duniawi, maupun akhirat. Al-Quran juga merupakan media komunikasi, antara manusia dengan Allah SWT.

Al-Quran merupakan jalan terbaik, untuk dapat mengenal Allah SWT, sekaligus sebagai Maha Karya Nya yang luar biasa. Bagaimana tidak? Karena jika kita rajin membaca dan meresapi arti yang terkandung di dalamnya, itu artinya sama dengan jalan menuju kedamaian. 

Tidak  dapat dihindari, bahwa waktu akan berjalan mundur pada akhirnya. Ada suatu masa, dimana seluruh makhluk hidup di alam ini, tidak dapat lagi melangkah ke depan atau ke belang. Pilihannya, hanyalah menuju ke atas. 

Sejatinya, manusia jangan pernah meninggalkan Al Quran, sebagai kitab suci yang Sempurna Seutuhnya, selama kita masih hidup di dunia. Dan jika kita melakukannya, maka sama artinya dengan meninggalkan suatu kehidupan yang telah sempurna.

Baca juga beritaku: Pembukaan MC Pengajian, 5 Susunan Acara Formal & Informal Islami.

Para hadirin sekalian, demikianlah judul ceramah tentang Kemuliaan Surah Al Quran. Jika ada kesalahan dalam penyampaiannya , mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak Terimakasih

Wassalamualaikum wr.wb.

Penutup

Suatu judul ceramah menjadi penting dalam fungsinya, karena dapat mewakili keseluruhan dari isi yang terkandung di dalamnya. Sejatinya, harus dipikirkan dengan matang sebelum mencantumkannya, agar tetap dapat selaras dengan yang ingin disampaikan.

Bagikan Ke