Kegiatan Pengajian
Pengajian Bagi Siswa (Foto: Infokyai)

Pembukaan MC Pengajian, 5 Susunan Acara Formal & Informal Islami.

Diposting pada

Saat melakukan pengajian, tausiyah, atau acara Islam lainnya membutuhkan MC (Master Of Ceremony) dalam pembukaan acara, untuk mengarahkan jalannya kegiatan.

Beritaku.Id, Organisasi dan Komunikasi – Kegiatan Pengajian yang rutin oleh Ibu-ibu, maupun juga pengajian rutin dalam kegiatan pada Masjid-masjid, membutuhkan pemandu acara.

Tujuannya pemandu acara adalah untuk mengarahkan jalannya acara sesuai dengan waktu dan tujuan secara terencana.

Sebelum melaksanakan tugas untuk membaca teks mc (master of ceremony) formal Islami, maka untuk memudahkan, berikut ini akan kita uraikan bagaimana cara membuka acara pengajian.

Kata-Kata Pembukaan MC Pengajian

Pembukaan MC Pengajian
Kegiatan Pengajian Yang Terlaksana Oleh Panitia, Dengan Peserta Ibu-ibu (Foto: Majalah Arisalah)

Pemilihan kata yang baik, dan mudah dipahami oleh peserta, menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pembawa acara.

Oleh karena acara tersebut merupakan acara pengajian Islam. Maka seharusnya lebih awal memiliki kostum yang bernuansa Islami, sebelum menjadi MC.

Dengan menggunakan pakaian tertutup aurat, jilbab besar dan sebagainya bagi akhwat, juga pakaian Islam bagi ikhwan dengan memakai peci.

Bagaimana contoh teks pembawa acara Pengajian?

sebelum membuat teks Maka lebih awal kita menulis susunan acara, misalnya:

  1. Pembukaan Oleh Pembawa Acara (MC),
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-quran
  3. Pengajian Islami oleh Ustadz atau Ustadzah (Sebutkan nama dan gelarnya)
  4. Tanya Jawab dan Diskusi
  5. Penutup

Pembukaan Oleh MC

Assalamu Alaikum War. Wab.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ ورَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ

Bacaan, Alhamdulillaahil ladzii kaana bi’ibadihi khabiiran bashiraa, tabaarokal ladzii ja’ala fis samaa’i buruujaw waja’ala fiihaa sirojaw waqomarom miniira. Asyhadu an-laa ilaa ha-illallah, wa asy-hadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh, alladzii ba’atsahu bil haq basyiiraw wanadziiroo. Wa da’iyan ilal haqqi bi’idznihi wa sirojam muniiraa. Allahumma shalli ‘alaihi wa’alaa alihi wa shohbihi wa sallim tasliman katsiroo. Amma ba’du.

(Baca juga: Pembukaan MC Menarik, 8 Syarat, Tugas Serta Contoh Susunan Acara).

Kegiatan Pengajian
Salah Satu Kegiatan Pengajian Pada Lapangan Terbuka (Foto: Blokbojonegoro)

Bapak dan Ibu, Para Hadirin Yang Di Rahmati Allah SWT.

Alhamdulillah pada kesempatan ini kita sempat berkumpul bersama pada kegiatan yang terselenggara oleh (Sebutkan apa nama komunitas atau organisasi pelaksana, misalnya Remaja Masjid, atau Ibu-Ibu Majelis Taklim).

Pula tidak akan kita lupakan mengirimkan salam dan Taslim kepada Nabi termulia yakni Nabi Muhammah SAW, yang datang memadamkan api kebatilan dengan air kebaikan. Rahmat bagi seluruh alam semesta.

Bapak Ibu Para Hadirin Semoga mendapat Rahmat dari Allah SWT, Maka dari itu marilah kita membuka acara ini dengan sama-sama mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”

Biasakan menyebutkan “Bismillahirrahmanirrahim” bukan dengan mengatakan “Mengucapkan Basmalah”. Sebab dengan demikian para hadirin akan berkata “Basmalah”Note

Pembacaan Ayat Suci Al-quran

Selanjutnya, kita akan mendengarkan pembacaan ayat suci Al Quran yang akan dibacakan oleh Bapak/Saudara/adik …………. *) pilih yang sesuai dan sebutkan namanya.

Setelah selesai lantunan ayat suci Al Quran.

Terima kasih kepada yang telah membacakan Ayat Suci Alquran, semoga mendapatkan Ridha Allah SWT, Amin.

Pengajian Islami

Berikutnya, kita akan memasuki acara inti pada malam/siang/sore*) hari ini yakni, Pengajian Islami yang dengan khusus menghadirkan Ustadz atau Ustadzah (Sebutkan nama dan gelarnya).

Untuk menggunakan waktu sebaik mungkin, maka dengan kita persilahkan kepada pembicara.

Setelah Ustadz/Ustadzah memberikan materi pengajian.

Bapak ibu yang kami hormati, Alhamdulillah, selanjutnya pengajian tadi telah memberikan kita banyak pelajaran penting. Dan jelas ini merupakan hal yang penting untuk kehidupan keseharian kita.

Sehingga terdapat hal-hal penting yang dapat kita garis bawahi dari materi tadi yaitu: (Sebutkan apa isi pengajian yang penting secara garis besar).

Tanya Jawab dan Diskusi

Meskipun pemateri tadi telah memberikan penjelasan yang baik. Namun tidak menutup kemungkinan, ada hal-hal yang akan kita tanyakan.

Untuk hal tersebut, maka dengan ini kami mempersilahkan kepada para hadirin yang hendak bertanya kepada pamateri.

Untuk terkendalinya acara, sebaiknya membatasi jumlah pertanyaan, sesuaikan dengan waktu. Misalnya hanya 3 pertanyaan.Note

Setelah penanya memberikan pertanyaan.

Terima kasih kepada penanya, yang telah memberikan pertanyaannya, maka dengan ini kita persilahkan kepada pak Ustadz untuk memberikan jawaban, atau menjelaskannya.

Setelah Pemateri memberikan jawaban.

Demikian jawaban dan penjelasan oleh pemateri. Kepadanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Penutup

Para hadirin yang kami hormati.
Kita sampai pada penghujung acara kita, hingga kita harus mengakhiri pertemuan ini. Terima kasih kepada pemateri dan juga pembaca ayat suci Al Quran.
Demikianlah susunan acara kita pada saat ini, semoga saja kita mendapatkan Rahmat Allah SWT. Amin!

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Demikian narasi Pembukaan acara oleh MC pengajian hingga penutupan acara.

Acara Formal Dan Informal Islami

Adapun Acara pengajian adalah salah satu acara formal dalam kegiatan Islami, terdapat beberapa acara lain, seperti:

  1. Acara Pernikahan,
  2. Kegiatan Lamaran Pernikahan,
  3. Tauziah,
  4. Peringatan Hari-hari Besar Islam

Dalam Islam ada acara-acara yang masuk dalam kategori formal, serta ada pula yang Informal.

Kita sebut formal seperti pernikahan, Tauziah dan sebagainya. Keberadaannya hampir menjadi keharusan. Sementara yang masuk dalam kategori informal adalah yang tidak harus terlaksana, misalnya: kajian-kajian Islam yang tanpa ada perencanaan sebelumnya.

Adapun contoh naskah mc acara formal dan non formal singkat, hampir sama dengan acara pembukaan pengajian tersebut sebelumnya. Hanya saja terdapat beberapa perubahan kalimat sesuai dengan tema kegiatan.

Demikian Artikel tentang pembukaan acara oleh pembawa acara, semoga memberikan manfaat buat kita semua.

Baca juga Beritaku: Retorika Perang Azerbaijan Dan Armenia Gagal, Konflik Sejak 1988

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *