Olahraga Wushu
Lindswell Kwok Altlet Wushu Indonesia

Olahraga Wushu: Sejarah Dan Kelihaian Dengan 10 Atlet Tercantik

Diposting pada

Olahraga Wushu banyak sekali memiliki penggemar, dari belahan dunia. Adapun keistimewaan wushu adalah, keindahan dan kelihaiannya yang memukau. Sebagai kombinasi antara seni pertunjukan dan beladiri. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak atlet cantik yang menggelutinya secara profesional. 

Beritaku.id – Olahraga Wushu adalah seni beladiri, yang menggunakan metode tendangan, lemparan, jepitan dan pukulan. Selain itu, olahraga ini juga menunjukkan kelihaiannya dalam memakai senjata, dengan gerakan yang sangat indah dan memukau. 

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Olahraga)

Keindahan & Kelihaian Olahraga Wushu

Olahraga Wushu selalu menampilkan keindahan dan kelihaian dalam setiap gerakanya. Seni beladiri dari China ini juga merupakan olahraga dunia, yang sudah memiliki ajang pertandingan berskala internasional. 

Wushu memiliki dua disiplin ilmu dalam penerapanya, yaitu Taolu atau kesenian dan Sanda atau duel. Dalam taolu, akan menilai dari segi kecepatan, keserasian, akurasi, dan juga fleksibilitas dalam setiap gerakan.

Sejarah Olahraga Wushu

Sejarah Olahraga Wushu
Sejarah Beladiri Wushu

Olahraga Wushu adalah seni beladiri yang sudah sangat tua umurnya, hadirnya juga bersamaan dengan lahirnya kebudayaan Tiongkok kuno. Namun pada tahun 1949, pemerintah China kembali mencoba untuk memperkenalkannya, lebih sebagai seni beladiri tradisional Cina.

Setelah akhirnya wushu  resmi menjadi olahraga internasional, barulah lahir International Wushu Federation atau IWUF, sebagai Induk Organisasi Internasional. Adapun fungsi dari keberadaan IWUF adalah, sebagai pelaksana Kejuaraan Dunia Wushu, setiap 2 tahun sekali.

Kejuaraan wushu pertama kali terselenggara pada tahun 1991, dengan Yuan Wen Qing yang berasal dari China sebagai pemenangnya. Dalam pertarungan wushu sendiri, memiliki dua disiplin ilmu, yaitu taolu (bentuk) dan sanda (perdebatan).

Sejarah beladiri wushu di Indonesia sendiri sudah lama populer, namun dengan nama lain, yaitu Kungfu. Dan pada 10 November 1992, KONI menggandeng Wushu Indonesia atau WI, yang menjadi wadah untuk pengembangan seluruh cabang olahraga ini di Indonesia.

Jenis Olahraga Wushu Di Indonesia

Pada dasarnya, ada dua jenis tipe wushu yang terdapat di Indonesia, yaitu:

Jingsia Taolu

Jiangsia Taolu adalah penggabungan dari berbagai macam jenis wushu, yang terbagi lagi menjadi  dua bagian cabang Taolu.

Taolu sendiri lebih menampilkan seluruh keindahan dari gerakan wushu, yang mayoritas latihannya hampir sama dengan senam lantai. Taolu juga  memiliki beberapa jenis jurus beladiri, seperti pada ulasan berikutnya.

Chang Quan, yang merupakan jurus wushu utara, berupa kuda – kuda panjang dan serangan jarak jauh. Dalam Jurus ini,  banyak memiliki teknik lompatan dan juga tendangan

Nan Quan, yang merupakan jurus selatan, berupa kuda – kuda pendek dan kokoh, serta mengandalkan kekuatan lengan. Dalam jurus ini lebih banyak menampilkan permainan jurus tangan seperti hewan, daripada teknik lompatan dan tendangan. 

Taiji dan Berbagai Jurus Senjata, yang merupakan jurus dengan berbagai gerakan dasar seperti kombinasi antara postur, tendangan dan  pukulan. Selain itu, juga terdapat lompatan, keseimbangan, sapuan dan lemparan.

Sanshou 

Sanshou adalah jenis wushu khusus untuk petarung. Jenis ini juga tidak memiliki konsep permainan jurus, hanya sekedar bertarung dengan gaya wushu. Atau pada dasarnya, mirip dengan kickboxing.

Induk Organisasi Olahraga Wushu Dunia

Induk Organisasi Olahraga Wushu Dunia
IWUF

Federasi Wushu Internasional  atau IWUF, merupakan Induk Organisasi Olahraga Wushu Internasional. Fungsi dari organisasi ini juga merupakan badan yang merupakan wadah bagi pengembangan dan kegiatan wushu di seluruh dunia.

IWUF sudah mendapatkan pengakuan dari Komite Olimpiade Internasional  atau IOC.

Adapun pengurus yang bertanggung jawab dalam IWUF adalah, Presiden, Dewan Eksekutif, Sekretariat, dan Kongres. Seluruh pengurus tersebut, akan bertemu setiap dua tahun sekali, untuk melakukan berbagai komite teknis. 

Kantor pusat IWUF berlokasi di Lausanne Swiss, walaupun  kantor operasionalnya sendiri berlokasi di Beijing, China. 

Induk Organisasi Olahraga Wushu Indonesia

Induk Organisasi Olahraga Wushu Indonesia
WI

Induk Organisasi Olahraga Wushu di Indonesia, berada dalam naungan WI atau Wushu Indonesia, yang juga menjadi anggota KONI. Organisasi ini terbentuk pada tanggal 10 November 1992.

Selain berfungsi bertujuan untuk lebih mengembangkan wushu di Indonesia, WI juga memiliki tujuan lainnya, seperti contoh pada ulasan berikut:

  • Merancang  dan  menjalankan program pembinaan, untuk meningkatkan prestasi atlet wushu di Indonesia
  • Membina dan mengembangkan WI, dan juga membentuk cabang organisasi wushu di seluruh daerah Indonesia.
  • Mengawasi serta mengarahkan seluruh kegiatan wushu di Indonesia.
  • Mengadakan hubungan dengan organisasi olahraga terkait lainnya, pada skala nasional dan internasional.

Struktur Pengurus Induk Organisasi Olahraga Wushu Indonesia

Pengurus Organisasi Wushu Indonesia saat ini adalah:

Ketua Umum

Sebagai Ketua Umum terpilih adalah Airlangga Hartarto, yang juga akan bertugas sebagai pembina wushu di Indonesia

Sekretaris Jenderal 

Adapun pejabat yang akan menempati posisi Sekretaris Jenderal adalah, Ngatino SH, MH, yang dalam masa jabatanya akan mendapatkan bantuan dari semua tim dan pihak terkait.

Bendahara Umum 

Untuk jabatan Bendahara Umum akan menempatkan Nicholas The, yang dalam jabatan ini, akan bertanggung jawab dalam segala hal pendanaan organisasi.

Daftar Pemain Wushu Tercantik Dunia

Beberapa Atlet Wushu yang telah berkiprah pada ajang dunia adalah:

Agatha Wong

Agatha Wong Dari Filipina
Agatha Wong Jagoan Filipina 

Atlet Wushu ini berasal dari Filipina, yang sudah mengantongi medali emas untuk ajang yang sama di SEA Games 2017, di Kuala Lumpur, Malaysia. Hal tersebut adalah kemenangan terbesar dalam karirnya saat itu.

Wajahnya yang cantik serta ketangguhannya saat bertanding, menjadikan Agatha menjadi sangat terkenal di negaranya.

Sandra Konstantinova

Sandra Konstantinova  dari Rusia
Pendekar Rusia Sandra Konstantinova

Sandra Konstantinova adalah seorang atlet wushu yang bersaing secara internasional untuk Rusia. Kemenangan yang pernah dia dapatkan adalah, terjadi pada Kejuaraan Dunia 2015 di China lalu.

Selain itu, atlet handal dalam olahraga wushu ini, berhasil meraih medali perak, pada Kejuaraan Dunia Wushu di Shanghai China 2019. 

Ng Shin Yii

Ng Shin Yi  Dari Malaysia
Jagoan Malaysia Ng Shin Yi

Ng Shin Yi adalah seorang atlet wushu Malaysia yang lahir pada 8 Januari 1989. Selain itu, gadis berprestasi ini juga pernah menorehkan prestasinya pertama kali, pada usia 17 tahun. Ketika itu dia telah memenangkan medali perunggu, pada Asian Games 2006 di Doha Qatar. 

Gadis cantik ini telah mewakili Malaysia pada setiap Kejuaraan Wushu Dunia sejak 2009. Prestasi yang pernah diraih adalah, memenangkan satu perak dan satu perunggu pada pertandingan  dunia di 2009 dan 2015. 

Selain itu, dia juga pernah berkompetisi pada dua Kejuaraan Taijiquan Dunia pertama, yang bertempat di Dujiangyan dan Warsawa. Saat itu gadis ini meraih tiga medali perak. 

Li Yi 

Li Yi Atlet Cantik Wushu China
Petarung Wushu Dari China Li Yi

Li Yi adalah atlet wushu dari Macau China, yang lahir pada 1 Januari 1992. Gadis cantik berhasil lolos pada Kejuaraan Wushu Dunia 2015, dan memenangkan satu medali emas serta dua perunggu.

Setelah itu pada Kejuaraan Wushu Dunia 2017, dia juga berhasil mendapatkan dua medali perunggu lagi. Prestasinya tersebut membuatnya memenuhi syarat untuk mengikuti Piala Dunia Taolu, dan akhirnya juga berhasil memenangkan dua medali perak.

Pada Kejuaraan Wushu Dunia 2019, dia juga berhasil memenangkan dua medali emas dan satu perak. Hal tersebut menjadikan dia sebagai salah satu atlet paling sukses di kompetisi tersebut.

Pada kompetisi Asian Games 2014 Li Yi kembali menoreh keberhasilan dengan meraih medali perak. Keberhasilan tersebut masih berlanjut pada Asian Games 2018, ketika dia berhasil meraih satu medali perak serta 2 emas. 

Zahra Kiani

Zahra Kiani Atilt Wushu Cantik Dari Iran
Selebriti Wushu Dari Iran

Zahra Kiani adalah adalah seorang atlet wushu dari Iran, yang lahir pada 26 September 1999. Keistimewaan dari Kiani adalah, dia merupakan atlet wanita Iran pertama, yang memenangkan medali di kejuaraan Wushu Dunia ketika memenangkan medali perak. 

Kompetisi internasional pertamanya adalah, ketika dia berusia 10 tahun pada kejuaraan Wushu Junior Dunia, ketika dia berhasil memenangkan medali perak.

Kiani juga telah memenangkan 17 medali di kejuaraan dunia dan Asia, sejak 2010 lalu. Hal tersebut telah berhasil membuatnya menjadi atlet wushu Iran paling berprestasi.

Daftar Pemain Wushu Tercantik Indonesia

Atlet Indonesia yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah pertarungan wushu di dunia adalah:

Lindswell Kwok

Lindswell Kwok Dari Indonesia
Jawara Putri Indonesia Lindswell Kwok

Lindswell Kwok seorang atlet olahraga wushu yang sangat cantik. Dia pernah mendapat julukan Ratu Wushu Asia dari Bapak Joko Widodo, karena prestasinya yang luar biasa, pada ajang kejuaraan dunia.

Lindswell pernah meraih emas selama empat tahun berturut-turut, pada pesta olahraga SEA Games, sejak 2011 hingga 2017. Bakat serta parasnya yang cantik, juga pernah membuatnya mendapat predikat  sebagai atlet tercantik nomor satu, oleh Fox Sports Asia.

Felda Elvira

Felda Elvira Dari Indonesia
Srikandi Indonesia Felda Elvira

Felda merupakan peraih medali emas dan perak pada Kejuaraan Dunia Wushu 2017 di Rusia. Gadis cantik ini dapat terlihat tangguh saat berada di lapangan, sambil memainkan pedangnya.Permainan pedangnya yang memukau, membuat dia seperti seorang pendekar perempuan.

Peraih medali emas dalam ajang SEA Games 2017 ini, sebenarnya memiliki wajah yang sangat imut, dibalik semua ketangguhannya. Bukan hanya berprestasi dalam wushu, namun Felda juga berprestasi dalam studinya, yang telah meraih gelar sarjana pada Mei 2015 lalu.

Monica Pransisca Sugianto

Monica Pransisca Sugianto Dari Indonesia
Mutiara Indonesia Monica Pransisca Sugianto

Gadis cantik ini merupakan peraih medali perak, pada SEA Games 2017. Selain itu, Monica juga telah meraih tiga medali emas, pada Pekan Olahraga Daerah di 2014 lalu. Namun sebelum Porda tersebut, dia juga telah meraih 3 medali emas dari even yang sama, 4 tahun sebelumnya.

Cindy Martono

Cindy Martono Dari Indonesia
Putri Indonesia Yang Tangguh Cindy Martono

Cindy pernah meraih prestasi pada Kejuaraan Dunia Wushu di Polandia 2016. Saat itu dia  Cindy berhasil meraih medali perunggu. Setelah itu, dia pun kembali menoreh keberhasilan, dengan memenangkan perak pada Sea Games 2017.

Tidak hanya berprestasi di bidang olahraga, Cindy juga memiliki prestasi di bidang akademiknya. Hal tersebut terbukti, setelah dia berhasil meraih gelar kesarjanaan, dari Universitas Surabaya.

Juwita Niza Wasni

Juwita Niza Wasni dari Indonesia
Putri Ksatria Juwita Niza Wasni

Juwita pernah meraih 2 emas, di Kejuaraan Dunia Wushu Taolu, pada tahun 2016 lalu. Gadis cantik ini lahir di Kota Medan pada 16 Agustus 1996 ini. Selain telah memenangkan Kejuaraan Dunia 2016, dia juga berhasil meraih emas, di SEA Games 2017 Kuala Lumpur lalu.

Berbeda dengan tampilan yang selalu tampak tangguh, namun sebenarnya Juwita merupakan sosok manja, yang sangat dekat dengan orang tuanya. Setiap Melakukan pertandingan dimanapun, kedua orang tuanya akan selalu berada di sisi arena.

Penutup

Olahraga Wushu merupakan seni beladiri tertua, namun memiliki begitu banyak keindahan pada gerakannya. Selain itu, walaupun menggunakan senjata tajam dalam latihannya, tapi hal tersebut justru malah semakin menambah estetika seninya. 

Melihat hal tersebut, tidaklah heran jika olahraga wushu menjadi semakin terkenal dalam perkembangannya. Bahkan bukan hanya kaum Adam yang mendominasi olahraga ini, kaum Hawa pun tidak ragu untuk menunjukkan eksistensinya pada wushu.

Terbukti, sudah banyak prestasi yang mereka dapatkan, pada ajang kejuaraan dunia.


Bagikan Ke