Pemerintah Kota,Makassar,Peringati Hari,Ibu,Kongres Perempuan
Peringatan hari ibu (Foto: portaljombang.pikiran-rakyat.com)

Pemerintah Kota Makassar Peringati Hari Ibu, 90 Tahun Kongres Perempuan Pertama di Indonesia

Diposting pada

BERITAKU.ID, MAKASSAR – 90 tahun kongres perempuan pertama di Indonesia setiap tahun diperingati, menjadi moment refleksi bangsa kepada peran sosok Ibu dalam setiap langkah kehidupan manusia dalam mencapai cita dan cintanya, (27/12/2018).

Haruslah diakui bahwa posisi perempuan tidak seberuntung dengan posisi laki-laki. Perempuan seakan di-fetakompli untuk selalu menempati posisi belakang. Perempuan dalam perspektif pemikiran agama menjadi kajian yang cukup menarik para ilmuwan terutama dalam bidang pemikiran Islam. Tema ini bukan saja mengharuskan telaah yang bersifat keagamaan, tetapi juga perlu dikaji dengan suatu perbandingan yang bersifat komprehensif. Kecenderungan untuk membicarakan masalah ini, merupakan sebuah fenomena yang berkembang dalam masyarakat.

Oleh karena itu, seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman, persoalan perempuan nyata dan mengemuka dalam lembaran sejarah dunia dengan lahirnya beberapa tokoh yang menginginkan kemajuan bagi kaum perempuan dalam segala bidang, baik ekonomi, sosial, seni, budaya, pendidikan, hukum dan politik.

Persoalan perempuan yang semakin mengemuka sehingga melahirkan banyak tokoh yang memperjuangkan kemajuan perempuan. Harapan untuk mendapatkan kemajuan, melahirkan gerakan perempuan yang bersifat progresif.

Dari RA Kartini, Dewi Sartika, Nursahbani Kartjasungkana, Gadis Arivia, Lies Marcus Natsir, Sinta Nuriyah Wahid dan Marwah Daud Ibrahim, cita-cita untuk mewujudkan kemajuan bagi kaum perempuanTantangan yang dihadapi oleh gerakan yang memperjuangkan perempuan, tentu banyak mendapatkan rintangan.

Pemerintah Kota Makassar menggandeng beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat menggelar perhelatan memperingati Hari Ibu, mengahdirkan Tokoh-tokoh perempuan, aktivis perempuan, Organisasi keperempuanan Kota Makassar.

Editor: Sy

Bagikan Ke