Panduan Penulis Tetap, Aturan Dan Sanksi
Penulis Tetap Sebuah Media Adalah Bagian Internal (Foto: PenulisSEO)

Penulis Tetap: Aturan, Kode Etik, 10 Panduan Menulis Konten Beritaku.Id

Diposting pada

Media ini tidak harus menjadi yang terbaik, cukup dirindukan oleh pembacanya, adapun aturan penulis tetap dalam beritaku group akan kita uraikan berikut ini.

Beritaku.Id, Halaman Khusus, Berikut aturan Penulis Tetap yang membahas tentang bagaimana seorang penulis menyesuaikan antara gaya menulis pribadi dengan gaya penulisan Beritaku.id.

Beritaku.id dengan tagline “tulisan yang dirindukan”. Selamat datang para penulis tetap dan kontributor.

Kami tidak berharap para penulis memiliki tulisan terbaik dari seluruh penulis di negeri ini. Cukup persembahkan tulisan-tulisan yang dirindukan oleh pembaca media ini.

Aturan Penulis Tetap Dan Kontributor

Dalam hal penulis media ini, maka terdiri dari: Penulis tetap dan Kontributor. Apa perbedaan keduanya?

Perbedaan Penulis Tetap dengan Kontributor adalah:

Makna

Penulis tetap adalah seseorang yang telah memenuhi syarat juga memiliki kecakapan dan memenuhi standard prosedur yang sesuai dengan gaya penulisan Beritaku.id Group.

Sedangkan Kontributor adalah penulis lepas yang kepadanya tidak terdapat ikatan menulis secara berkesinambungan.

Penulis Dengan Gaya Tetap
Penulis Konten Adalah Konsistensi Dan Prestise (Foto:AXA)

Hubungan Emosional Dengan Manajemen

Penulis tetap secara emosional merupakan bagian internal media ini, sehingga yang bersangkutan akan mempertahankan gaya menulis sesuai dengan kategori.

Sementara Kontributor tidak mutlak memiliki hubungan emosional dengan gaya menulis atau karakter media

Judul Tulisan

Penulis Tetap berhak meminta judul secara berkala, maka berhak pula untuk mengusulkan judul lanjutan dari artikel yang telah ia tulis sebagai pengembangan artikel yang mereka riset.

Kontributor menyelesaikan tulisan dari manajemen, atau memasukkan judul, namun tidak mutlak manajemen menerima judul usulan kontributor.

Jenjang Karier

Penulis tetap memiliki potensi menjadi staff tetap dengan gaji tetap, selain dari upah penulis tetap. Selain itu, penulis tetap akan mendapatkan seragam kerja setiap tahun dengan masa pengabdian minimal 6 bulan.

Adapun syarat menjadi staff tetap, yaitu setelah melewati fase penulis tetap (syarat waktu dan ketentuan berlaku).

Kontributor, hanya mendapatkan upah menulis dari tulisan yang diterima oleh redaksi.

Bimbingan Berkala

Berikut kelebihan penulis tetap mendapatkan bimbingan berkala dari manajemen, mengenai pengembahan dan adaptasi penulisan, berhak melakukan koordinasi 24 jam.

Sedangkan kontributor mendapatkan bimbingan untuk koreksi tulisan.

Jasa Konten
Penulisan Konten Dan Inspirasi (Foto:Jasa Penulis Artikel)

Kode Etik Penulis

Dalam rangka standarisasi para penulis, maka dengan ini terdapat beberapa ketentuan dan aturan bagi penulis tetap, yakni:

  1. Penulis tetap merupakan personil internal, dan kepadanya mendapatkan posisi sebagai bagian dari media ini: Beritaku.id Group, termasuk sarannya menjadi pertimbangan utama,
  2. Tidak Menyebarkan Tulisan yang masuk ke manajemen, tidak melakukan share Kemedia Manapun, Termasuk tidak diposting pada Media Sosial Pribadi (Fanpage, FB, Whatsapp dan sebagainya). Kecuali membangikan bentuk URL setelah terbit. (BACA SANKSI NOMOR 1)
  3. Judul bersumber dari manajemen, namun Penulis Tetap memiliki hak untuk melakukan variasi sub judul.
    Adapun judul dan kerangka tulisan, termasuk rahasia media yang tidak boleh tersebar kepada siapapun.(BACA SANKSI NOMOR 2)
  4. Yang bersangkutan, menulis dengan Batas Plagiasi 5-9%, (Lakukan pengecekan tulisan melalui https://www.duplichecker.com/ atau https://smallseotools.com/plagiarism-checker/ serta web lainnya) (BACA SANKSI NOMOR 3)
  5. Menulis Judul Dengan Capitalize (Huruf Pertama Kapital) Penulis Mencantumkan Nama/Kategori Tulisan Pada awal Tulisan. *) Mengenai hal ini Akan dibahas pada panduan penulisan artikel.
  6. Menuliskan deskripsi tulisan *)
  7. Panjang satu Kalimat Tidak boleh melibihi 20 kata. Paragraf tidak boleh melebihi 50 kata. *)
  8. Menggunakan Sub Judul Setiap 250-300 Kata. *)
  9. Batas penggunaan kata Pasif dengan awalan (di). Seperti kata: dipergunakan, dimanfaatkan. Maksimal hanya 10% dari kuantitas kata. Kecuali penunjukkan tempat, misalnya di rumah, di kantor, di website *).
  10. Linkin (rujukan Internal) Penulisan Mengambil Rujukan Tulisan Dari https://Beritaku.Id dan https://organisasi.co.id
    Dengan cara mengetik kata kunci pada pencarian Dalam website Beritaku atau organisasi. Dan untuk rujukan eksternal terserah pada media yang kredibel.
  11. Jumlah kata setiap tulisan minimal 1500 kata.
  12. Waktu penyesaian tulisan, 1×24 jam, dan jika penulis tetap mengalami kendala dalam batas waktu tersebut, silahkan mengkomunikasikan ke manajemen untuk penambahan waktu. Terutama jika sumber referensi tulisan agak sulit.
  13. Gambar Artikel Di kirim secara tersendiri, sebagai lampiran dari Artikel tulisan,
  14. Menggunakan bahasa tidak terlalu resmi, tetapi bahasa casual dengan tata bahasa yang baik.

Bentuk Pelanggaran Dan Sanksi

Adapun bentuk pelanggaran dan sanksi, sebagai berikut:

  1. Reshare Ke Media Lain, Pelanggaran kode etik nomor 2, maka penulis tersebut mendapatkan teguran dan skors dengan sanksi pengembalian fee dari tulisan yang di bocorkan 5 kali lipat.
  2. Bocornya Judul dan Kerangka, Pelanggaran kode etik nomor 3 tulisan: Penulis akan mendapatkan sanksi dengan 2 kali lipat dari fee tulisan.
  3. Plagiat, Pelanggaran Kode etik nomor 4, memiliki beberapa tingkatan:
    a. Koreksi langsung: Plagiat tulisan, dengan kadar 10% – 20%,
    b. Peringatan Keras: Plagiat tulisan, dengan kadar lebih dari 21% – 30%,
    c. Skors: Plagiat tulisan, dengan kadar  31% – 40%,
    Bentuk skors adalah selama 2 minggu, tidak mendapatkan judul
    d. Penghentian sementara sebagai penulis: Plagiat kadar  lebih 51%, .

Note:

Beritaku.id group, memandang bahwa perbuatan plagiat adalah tindakan melanggar hukum, dan tidak menghargai hasil karya orang lain. Sehingga manajemen memutuskan, bahwa plagiat sebagai sebuah perbuatan tercela.

No Plagiat Penulis Tetap
Penulis Beritaku.Id Anti Plagiarism (Foto: Reddit)

Plagiat yang kami maklumi adalah sebagaimana tersebut pada point 3.a. (pelanggaran dan sanksi). Terjadi karena copy paste pendapat pakar yang beresiko terdeteksi oleh aplikasi. Maka seharusnya mengetik ulang (bukan copy paste).

Yang mendapatkan pemakluman untuk copy paste adalah Ayat Al-Quran dan Hadits. Serta Pasal Hukum Undang-Undang (Meski demikian, jumlahnya tidak boleh lebih dari 9% kadar plagiat).

Untuk melakukan koreksi plagiat tersebut, silahkan baca kode edit pada poin 4.

Panduan Penulis Artikel Tetap

Untuk mempersamakan persepsi penulis, maka beritaku memiliki beberapa aturan dalam menulis untuk penulis tetap, sebagai berikut:

Judul

Aturan untuk penulis tetap yang pertama adalah Judul.

Cara menulis judul adalah dengan Capitalize (bukan UPPERCASE)  atau huruf awal menggunakan huruf besar. Posisi center text (tengah).

Contoh Judul yang benar:

Membangun Relasi Dengan Investor, 7 Teknik Strategi Komunikasi

MEMBANGUN RELASI DENGAN INVESTOR, 7 TEKNIK STRATEGI KOMUNIKASI

Deskripsi

Buat pembaca anda tertarik setelah membaca deskripsi anda. Itulah proses awal membawa tulisan kita menjadi “dirindukan”.

Deskripsi tulisan terdiri dari 2 – 3 baris, yang berisi pengembangan Judul dan sub judul yang ada. Deskripsi merupakan inti utama Artikel.

Cara penulisan deskripsi adalah rata tengah (center text), dan bentuk italic (miring).

Contoh penulisan deskripsi:

Membangun Relasi Dengan Investor, 7 Teknik Strategi Komunikasi

Membangun hubungan atau relasi Investor sangat penting bagi seorang pengusaha, dalam rangka meningkatkan mutu produk dan penjualan, adapun teknik dan strateginya sebagai berikut.

Adapun penulisan deskripsi ini, bisa menjadi bagian terakhir dari sebuah artikel, setelah penulis menuliskan keseluruhan konten. Sebab biasanya penulis telah menguasai inti-inti pembahasannya setelah menulis seluruh konten.

Penekanan deskripsi adalah inti tulisan, sebagaimana aturan untuk penulis tetap.

Nama Penulis Dan Kategori

Adapun penulis, harus menuliskan nama setelah deskripsi, tujuan dari hal ini adalah menghindari tertukarnya tulisan. Sekaligus untuk menjadi portofolio penulis.

Contoh penulisan posisi nama penulis.

Membangun Relasi Dengan Investor, 7 Teknik Strategi Komunikasi

Membangun hubungan atau relasi Investor sangat penting bagi seorang pengusaha, dalam rangka meningkatkan mutu produk dan penjualan, adapun teknik dan strateginya sebagai berikut.

Oleh: Nurfaadhilah (Penulis Organisasi Dan Komunikasi)

Selain menghindari tertukarnya tulisan, sekaligus mempermudah editor untuk melaporkan ke bagian keuangan untuk rekapitulasi biasa penulisan pada bagian keuangan.

Jumlah Kata Pada Setiap Kalimat

Jangan biasakan menulis tanpa berhenti. Sebab penelitian menyebutkan, pembaca sangat senang dengan tulisan yang memiliki tanda baca berhenti yang baik.

Maksudnya menulis dengan 20 kata adalah harus ada tanda baca titik dalam setiap kalimat dengan 20 kata. Kalimat efektif.

Contoh, berikut tulisan dari Retno Lestari:

Birokrasi berasal dari dua kata, “biro” dan “kratia”. Dua kata tersebut membentuk arti “pengaturan dari meja ke meja”. Kemudian pada abad ke-18, pengertian dari berau (biro dalam bahasa Perancis) cenderung menjadi “meja tulis”. Barulah muncul Birokrate (bahasa Jerman) yang terserap menjadi istilah “birokrat” saat ini.


Jangan ragu untuk memberikan tanda titik pada kalimat, sebab dengan demikian akan memanjakan mata daripada pembaca. Kita sedang menulis artikel, bukan sedang merangkai cinta yang tak berpenghujung.

Aturan Paragraf

Kalimat tanpa titik, akan menghasilkan paragraf besar. Buatlah paragraf yang mungil, semungil senyum kamu.

Paragraf jangan terlalu besar, cukup 2 atau 3 kalimat. Berarti isi kata perparagraf, 40 – 60 Kata. Atau sekitar 4 -5 baris tulisan pada word.

Perhatikan contoh tulisan Retno Lestari, karena menggunakan kata yang proporsional, maka susunan paragrafnya akan rapi.

Contoh Paragraf Yang Baik

Birokrasi berasal dari dua kata, “biro” dan “kratia”. Dua kata tersebut membentuk arti “pengaturan dari meja ke meja”. Kemudian pada abad ke-18, pengertian dari berau (biro dalam bahasa Perancis) cenderung menjadi “meja tulis”. Barulah muncul Birokrate (bahasa Jerman) yang terserap menjadi istilah “birokrat” saat ini.Berdasarkan hal tersebut, tentu saja kita dapat menafsirkan sesuatu. Birokrat muncul lebih dulu sebelum birokrasi. Itu benar.

Perancis menyebutkan birokrasi pada tahun 1798. kemudian, pada 1813 Jerman baru menyebutkannya dalam kamus. Sehingga semua istilah birokrasi yang ada tersebut merujuk pada pengaruh dan kekuasaan pejabat dalam suatu sistem kerja -pemerintahan. Birokrat adalah orang atau pejabat yang memiliki pengaruh dan kekuasaan itu.

Hindari Paragraf Seperti Berikut Ini

Birokrasi berasal dari dua kata, “biro” dan “kratia”. Dua kata tersebut membentuk arti “pengaturan dari meja ke meja”. Kemudian pada abad ke-18, pengertian dari berau (biro dalam bahasa Perancis) cenderung menjadi “meja tulis”. Barulah muncul Birokrate (bahasa Jerman) yang terserap menjadi istilah “birokrat” saat ini.Berdasarkan hal tersebut, tentu saja kita dapat menafsirkan sesuatu. Birokrat muncul lebih dulu sebelum birokrasi. Itu benar.Perancis menyebutkan birokrasi pada tahun 1798. Lalu, pada 1813 Jerman baru menyebutkannya dalam kamus. Semua istilah birokrasi yang ada tersebut merujuk pada pengaruh dan kekuasaan pejabat dalam suatu sistem kerja -pemerintahan. Birokrat adalah orang atau pejabat yang memiliki pengaruh dan kekuasaan itu.


Baru melihat tulisannya, mata sudah lelah, pada saat menulis, jangan ragu untuk tekan Enter pada laptop anda untuk membuat paragraph baru. Maka Jangan lupa, kita sedang menulis artikel, tidak sedang merangkai cinta yang tak berpenghujung.

Note: Maksimal hingga 5 baris tulisan saja setiap paragraph (Ini rumusnya)

Sub Judul

Sub judul merupakan sub pokok bahasan (SPB). Beritaku.id group menggunakan Sub Judul Setiap 250 – 300 Kata.

Penulis yang beradaptasi dengan gaya penulisan Beritaku.id group selalu bertanya, bagaimana cara mengetahui jumlah 250 – 300 kata ini?

Maka ca ara mudahnya adalah blok tulisan antar sub judul seperti berikut ini:

Etika Penulisan Penulis Tetap
Blok Seluruh Tulisan Antar Sub Judul (Foto:Beritaku.id)

Yang berwarna biru telah di blok, antara sub judul satu dengan yang lainnya.

Untuk mengetahui jumlah kata antar sub judul, maka dalam posisi terblok semua kata antar judul. Perhatikan pada bagian bawah (kiri bawah). Akan terbaca berapa jumlah yang terblok dari total tulisan.

Jumlah Tulisan Maksimal 300 Kata, Penulis Tetap
Jumlah Tulisan Antar Sub Judul, (Foto:Beritaku.id)

Perhatikan tanda panah, menunjukkan 307/1.514 Bermakna, kata yang terblok (antar sub judul sebanyak 307 kata) dari jumlah total kata 1514.

Kejadian ini telah melampaui 300 kata atau ada 7 kata kelebihan antara sub judul tersebut.

Pelit amat yah, 7 kata lewat aja gak boleh?

Sebenarnya bukan pelit, tapi ini semua bermaksud memaksimalkan proporsi tulisan. Pembaca suka dengan tulisan tidak terlalu besar paragrafnya. Juga senang dengan tulisan yang memiliki sub judul yang baik.

Sehingga jalan keluarnya, yakni:

  1. Kurangi jumlah kata (7 kata). Tapi hal ini beresiko merusak makna tulisan, jika melakukan pengurangan. Point ini tidak disarankan.
  2. Yang kami sarankan: buat sub judul lagi untuk membagi kedua sub judul yang ada sehingga jumlah kata antar sub judul kurang dari 300 kata. Kemudian silahkan menambah kalimat untuk melakukan penekanan makna jika dibutuhkan.

Kalimat Pasif

Batas Penggunaan Kata/kalimat Pasif maksimal hanya hingga 10%, Penyebab Kalimat pasif adalah adanya kata pasif .

Apa itu kalimat Pasif? Kalimat pasif adalah kalimat yang terdapat kata pasif di dalamnya.

Ciri kata pasif adalah kata yang mendapatkan awalan “di”

Contoh kata pasif: dicintai, dirindukan, dikerjakan, diakui, dimulai.
Contoh kata aktif: mencintai, merindukan, mengerjakan, mengakui, memulai.

Kalimat Pasif:
Artikel tersebut dikerjakan oleh Ayu pada saat bangun subuh

Kalimat aktif:
Ayu mengerjakan artikel tersebut pada saat bangun subuh.

Note: Tidak semua awalan di adalah kata pasif.

Sebab terdapat di yang merupakan penunjuk tempat. Seperti di rumah, di kantor, di website (Ini bukan kata pasif)

Contoh: Novi adalah penulis tetap di Beritaku.id

Kalimat tersebut, bukanlah kalimat pasif, sebab di merupakan penunjuk tempat (kata keterangan).

Cara Deteksi Kalimat Pasif

Bagaimana Mendeteksi Awalan atau Kata Pasif?

Cara manual bisa kita lakukan, saat menulis pada Microsoft Word, caranya yaitu:

  • Buka artikel yang akan kita periksa
  • Ketik ctrl + G
Ctrl + G
Ctrl + G
  • Perhatikan gambar berikutnya, dalam Kolom Find And Replace, klik Find (tanda panah biru), kemudian ketik pada find what: kata di (tanda panah hijau).
  • Kemudian, masih dalam kotak find and replace, terdapat perintah Reading Highlight, pilih highlight all (tanda panah merah).
Replace
Perhatikan tanda panah dan warna
  • Setelah Itu Klik Close
  • Jangan langsung mengedit, tapi perhatikan secara seksama. Posisi kata pasif. Selanjutnya Lakukan pengeditan dalam kalimat tersebut.

Maka akan muncul kata dengan kandungan di yang ada dalam kata, seperti berikut ini.

Tanda Awalan Di
Awalan kata Pasif

Maka, ingat rumusnya? Kata pasif adalah awalan di, sebab tidak semua yang terhighlight yang mengandung kata di adalah kata pasif.

  • Perhatikan tanda panah yang ada berikut ini

Tanda panah warna hijau bukan masalah, sementara tanda panah merah, merupakan kata pasif yang kita maksud.

Kata Pasif

  • Jika sudah menemukan, maka rubah kalimat pasit tersebut menjadi kalimat aktif.
    Catatan: Ctrl + g anda pakai hanya awal-awal adaptasi penulisan, selanjutnya para penulis mulai paham dan menghindari awalan tersebut dalam tulisan.

Jumlah Kata

Berapa jumlah kata dalam tulisan artikel beritaku.id?

Pertanyaan cerdas ini merupakan ciri khas penulis profesional, berarti mereka paham, bahwa setiap artikel memiliki jumlah minimal untuk pembahasan.

Beritaku.id group memakai jumlah kata minimal 1.500 setiap artikel.

Yang terhitung dari 1.500 kata tersebut adalah Judul, sub judul hingga bahasan konten, namun tidak termasuk daftar pustaka referensi.

Gambar, Jumlah dan Format

Selanjutnya, untuk gambar tulisan, ada berapa jumlah dan bagaimana format gambar setiap tulisan?

Pada penulisan word, agar tidak perlu memasukkan gambar dalam tulisan, tetapi menyimpan file gambar tersendiri. Tidak dalam artikel.

Sehingga saat pengiriman tulisan, maka file artikel terpisah dengan file gambar.

Jumlah Gambar

Dalam setiap tulisan minimal 5 gambar, perhatikan sub judul. Untuk mempermudah, maka sesuaikan jumlah sub judul dengan gambar.

Format Gambar

Adapun format gambar, adalah JPEG atau PNG, lengkap dengan keterangan gambar dan sumber foto.

Penulisan Sumber

Bagian sumber tulisan ada 2, yakni internal dan eksternal.

Sumber Internal

Pertama, Sumber internal, biasa kita kenal dengan Linkin, merupakan sumber referensi yang bersumber dari website: Beritaku.id atau Organisasi.co.id.

Caranya adalah:

  1. Buka website: https://beritaku.id atau https://organisasi.co.id
  2. Kemudian, ketik kata kunci pada kolom pencarian dalam website: cari beritaku (Beritaku.id), QUAERERE (Organisasi.co.id).
  3. Salin alamat link yang sesuai dengan konten, sebagai sumber internal (linkin)

Sumber Eksternal

Kedua, Adapun sumber Eksternal (linkout) merupakan sumber dari luar website, adapun caranya adalah mengetik kata kunci pada pencarian. Hal ini terserah, sepanjang menggunakan website yang memiliki kredibilitas terpercaya.

Daftar Penulis Baru Beritaku.Id Group

Pada akhir tahun 2020 yakni Desember hingga Januari 2021, Beritaku.id telah melakukan seleksi sebagai penulis tetap dan kontributor (penulis lepas).

Adapun Penulis Tetap, kandidat staff tetap adalah, yakni sebagai berikut:

  1. Novi
  2. Ayu M,
  3. Riska
  4. Umu Latifah,
  5. Luluk Fadiyah,
  6. Tika
  7. Veronika,
  8. Ulfiana
  9. Rahma,
  10. Retno Lestari,
  11. Sri Damara
  12. Elsa

Sementara Kontributor sebagai kandidat penulis tetap adalah:

  1. Zahrani,
  2. Diana Asih,
  3. Nisyya,
  4. Cindy Putri,
  5. Dhestyasari,
  6. Miftarurrahmi,
  7. Nico Fikri,
  8. Helena,
  9. Lukman,
  10. Agustina,
  11. Emma,
  12. Rowena,
  13. Sofiani,
  14. Shofwan,
  15. Firyal,
  16. Ratna Bintari,
  17. Mirayanti,
  18. Sri Rahayu,
  19. Endah Kumala.
  20. Sri Damara

Demikian artikel tentang aturan penulisan pada website beritaku.id group. Semoga bermanfaat, jika ada hal yang kurang jelas, silahkan chat ke 085255759852. Atau kirim email ke Redaksiberitaku.id@gmail.com.

Bagikan Ke