Perpisahan Sekolah dengan pembawa acara, serta sambutan dari berbagai pihak
Perpisahan sekolah (Foto: riyanpedia.com)

Perpisahan Sekolah: Contoh MC dan 3 Pembagian Naskah

Diposting pada

Perpisahan sekolah, adalah hal yang menjadi titik pemberitahuan, untuk kita bersiap melangkah kembali, meraih yang kita cita-citakan. Dan dalam acaranya, terdapat MC yang memberikan berbagai pengantar, lewat naskah yang ia buat dalam acara tersebut. Jadi, berikut pengupasan tuntasnya.

Beritaku.id- Pendidikan_ Manusia pada dasarnya tercipta dalam sebuah ikatan yang tak terduga. Mereka bertemu, merangkul, bahagia bersama. Mencoba terus berlari menggapai sesuatu yang rasanya mustahil, namun manusia itu percaya bahwa mereka bisa menggapainya bersama. Dalam bangku sekolah, awal, hinggap pada titik perpisahan sekolah.

Oleh: Ayu Maesaroh (Penulis Pendidikan)

Sekolah, tempat penuh dengan putih, abu-abu, hitam, kuning, bahkan warna lainnya, yang mana membuat masa itu menjadi hal yang tidak terlupakan. Berawal dengan kita yang masih tidak begitu mengerti bagaimana jadinya, menginjak level baru dalam hidup.

Bertemu dengan banyak orang, banyak individu, banyak pengalaman, banyak kenangan. Hingga pada akhirnya, sebuah kata “berpisah”, menjadi frasa yang mutlak, mengakhiri semua warna dan kenangan bersama dalam bangku sekolah. Dan terbalut dalam “perpisahan sekolah”.

Kemudian, pada perpisahan tersebut, akan ada seseorang yang mana menyampaikan satu dua patah bait, dengan penuh khidmat, dan satu kata, dua kata, untuk tidak sampai disini semua jalinan kenangan yang pernah ada. Jadi, begini caranya membuat pidato “perpisahan sekolah”, yang bisa menjadi referensi kalian.


Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

Contoh naskah pidato perpisahan SMP (Foto: slideshare.net)

Berbagai kenangan dalam masa SMP, memang gerbang kita menuju masa depan yang menyenangkan, dengan pencarian jati diri yang selalu kita lakukan. Hingga pada akhirnya, semua kisah-kasih di sekolah, terjalin dengan baik. Yang mana harus terhenti dalam momen perpisahan.

Dan begini, contoh naskah perpisahan sekolah SMP, yang bisa menjadi referensi kalian. antara lain:

Assalamualaikum wr. wb

Yang terhormat Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru, wali kelas, serta wali murid dari kelas 9.

Alhamdulillah, mari kita panjatkan rasa syukur kepada-Nya, yang telah meridhoi kita untuk bisa berkumpul dalam acara “Perpisahan Kela 9”, yang semoga mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Tak lupa shalawat serta salam, yang selalu kita junjungkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW.

Sudah tidak terasa, kita menginjak pada tangga terakhir dalam mengenyam bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Baca juga beritaku: Ceramah Singkat: 5 Unsur dan Contoh Naskah “Kehidupan di Ibu Kota”

Saya mewakili para teman-teman dari kelas 9, mengucapkan banyak terimakasih untuk semua jasa yang Bapak, serta Ibu guru berikan kepada kami. Semua ilmu yang Bapak/ Ibu guru berikan, menjadi bekal untuk kami di jenjang berikutnya, dengan semua tantangan yang lebih berat lagi.

Kami tidak akan pernah bisa, melupakan semua jasa yang Bapak dan Ibu, yang mana telah mengubah mindset kami, mengajarkan kami, mendidik kami dengan baik, serta kenangan yang indah, yang akan selalu kami kenang juga.

Saya juga sebagai perwakilan, meminta maaf atas kesalahan yang pernah kami buat. Hingga terkadang membuat Bapak/Ibu guru geram dengan kami. Tidak mengerti harus memperingati seperti apa lagi. pada akhirnya kami sadar, bahwa apa yang kami lakukan salah.

Bagian Isi dari Naskah Pidato..

Dan rasanya frasa “maaf” tidak bisa membalut semua luka hati yang telah tergores kesekian kali. meski begitu, kami benar-benar minta maaf atas segala kesalahan yang pernah kami buat, Tidak pernah ada rasa kami untuk membenci, bahkan melukai.

Dan untuk teman-teman kelas 9. Jangan sampai tali silaturahmi kita terputus cukup sampai disini. Kita sudah seperti saudara, dengan kenangan yang sudah kita toreh, 3 tahun lamanya. Terimakasih untuk kenangan, dengan goresan yang begitu indah jika dipandang. Jangan lupakan semua memori yang telah kita rekam bersama.

Serta untuk adik-adik kelas, kini kalian sudah menginjak ke level yang lebih serius dalam mengenyam bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Raih semua impian kalian, serta sokong semua energi kalian untuk terus berproses, menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari tahun kemarin.

Kejar cita-cita yang ingin kalian gapai. Lakukan yang terbaik untuk semua cita-cita kalian. Ini baru awal tahap dalam meraih semua cita-cita yang kalian inginkan. Akan ada tahap lain yang sudah menanti kalian jika kalian selesai dalam menjalani semua proses ini. Jadikan sekolah ini adalah tempat untuk kalian benar-benar menuntut ilmu.

Buat memorimu lebih manis dengan mengharumkan nama sekolah lewat cara mu.

Demikian pidato perpisahan ini, apabila ada salah kata saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb.

Itulah sepenggal contoh dari teks naskah perpisahan untuk sekolah tingkat menengah. Meski begitu, yang namanya sekolah bukan hanya sampai pada jenjang menengah pertama saja. Tahap selanjutnya adalah di Sekolah Menengah Atas, yang mana kita harus menempuhnya selama 3 tahun.

Maka, begini sepenggal contoh naskah pidato perpisahan untuk kelas 12 SMA, yang juga bisa menjadi referensi kalian, agar mendapatkan gambaran yang lebih akurat mengenai hal ini.


Contoh Naskah Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

Naskah perpisahan sekolah (Foto: sebats.com)

Jika sudah SMA dan kelas 12, maka sudah waktunya untuk kita, mulai merancang akan kemana hidup kita selanjutnya. Apakah arahnya akan ke timur, atau barat. Mungkin ke selatan, bahkan bisa jadu ke utara. Begitulah jika sudah berada tangga terakhir dalam menenpuh Sekolah Menengah Atas. Jadi, begini contoh naskah perpisahannya.

Assalamualaikum wr. wb

Yang Terhormat, Kepala Sekolah, dan Wakil Kepala Sekolah

Yang saya hormati , Bapak/Ibu guru dan Wali Kelas 12

Juga, hadirin dan wali murid dari siswa kelas 12 yang berbahagia.

Serta adik-adik kelas yang saya cintai

Alhamdulillah, mari kita bersyukur kepada-Nya, karena atas ridho-Nya kita dapat berkumpul dalam acara “Pelepasan alumni” yang insya allah terus mendapatkan rahmat dari-Nya.

Tak lupa juga shalawat serta salam, yang senantiasa kita haturkan kepada Nabiyullah Muhammad SAW.

Baca juga beritaku: Pidato Lingkungan Menarik: 3 Contoh Naskah Terbaru

Sudah tidak terasa, kita berada dalam tangga terakhir dalam masa SMA. kabar “LULUS” menjadi tanda bahwa gerbang selanjutnya sudah berada dalam pandangan. Hingga pada akhirnya bermuara pada kata “Perpisahan”.

Terimakasih untuk semua jasa dari Bapak/Ibu guru, yang telah mendidik kami, dengan segala ilmu pengetahuan yang engkau berikan kepada kami. Terimakasih untuk segala kesabaran, dan ketekunan dalam mendidik kami. Terus percaya bahwa kami bisa berubah, menjadi pribadi yang lebih baik, dan lebih mapan dalam menyongsong masa depan.

Saya mewakili teman-teman, meminta maaf atas segala yang pernah kami lakukan. Maaf telah membuat Bapak/Ibu guru marah, hingga lelah harus bagaimana lagi menghadapi kami.

Bagian Isi dari Naskah Perpisahan

Kami meminta maaf, atas segala perlakuan kami kepada Bapak/Ibu guru, yang mungkin bermuara pada rasa sakit hati, serta kekecewaan kepada kami. Sungguh, maafkan kami.

Dan untuk Ibu dan ayah yang sudah berada di acara ini. Terimakasih dari kami, atas semua perjuangan engkau yang ingin anakmu memiliki masa depan yang cerah. Doa dalam sepertiga malam yang selalu terpanjatkan, serta simpuhmu kepada-Nya yang tiada henti. Terus memanjatkan doa untuk anakmu memiliki masa depan yang cerah.

Terimakasih, jasamu akan selalu kami kenang. Dan akan selalu kami jadikan “pecutan” untuk kami menjadi pribadi yang lebih baik. Membanggakan dirimu, dan membuktikan bahwa anakmu, bisa menggapai cita-citanya, serta mengharumkan namamu. Terimakasih, ayah, ibu. Semoga Tuhan memberikan umur lebih panjang kepadamu.

Dan satu lagi, untuk adik-adik kelas. Waktu ini telah berganti, dan semua kini menuntut kalian cepat dalam mengejar impian yang kalian inginkan. Ini adalah proses baru, dan tahap baru. Kalian tidak boleh lengah, apalagi sampai kehilangan kesempatan.

Jadilah dirimu yang berpendidikan, berwawasan luas, untuk bekal masa depan, lewat mengharumkan nama sekolah dan orang tua kalian. Jangan berhenti sampai disini langkah kalian. Terus maju, gapai impian kalian setinggi mungkin. Raih apa yang kalian mau.

Demikian pidato kali ini, apabila ada salah tutur kata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr. wb.

Begitulah contoh dari naskah pidato perpisahan sekolah SMA, yang bisa menjadi referensi kalian. Tapi, bicara soal acara perpisahan, pasti ada rowndown acara, yang mana hal tersebut sudah tersusun dengan rapih.

Serta biasanya, orang tersebut akan membacakan urutan dari acara yang akan terselenggara. Yakni MC, yang merupakan pembawa acara perpisahan, dari mulai awal acara, hingga pada akhir acara. Oleh karenanya, MC dituntut untuk memberikan kalimat, entah sambutan, penyebutan runtutan acara, sampai dengan penutup yang menarik.


Conton Kalimat MC Perpisahan Sekolah Yang Menarik

Contoh sikap para MC (Foto: kakakpintar.id)

MC memiliki kewenangan dalam menyampaikan berbagai acara, dimulai dari menyambut para tamu, dan sebagainya. jadi, begini contoh kalimat MC, dalam acara perpisahan.

Ucapan Pembukaan Acara Perpisahan Sekolah

Dalam pembukaan, MC harus memiliki sikap yang sesuai dengan keadaan yang ada dalam acara tersebut, apalagi jika suasana acara formal, seperti acara perpisahan di sekolah, dan sebagainya. Berikut contoh pembukaannya:

Assalamualaikum wr.wb

Kepada yang terhormat, Bapak kepala sekolah dan wakil kepala sekolah

Yang terhormat kepada Bapak/Ibu guru, Wali Kelas, beserta staff jajarannya

Dan para hadirin yang saya hormati

Marilah kita panjatkan puji syukur atas rahmat dari-Nya, sehingga kita bisa berkumpul dalam acara “Pelepasan alumni” kelas 12 tahun 2020/2021 (sesuaikan).

Tak lupa shalawat dan salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah, menuju zaman modern seperti ini.

Kalimat Inti Acara Perpisahan Sekolah

Dalam kalimat inti, MC akan memberikan berbagai runtutan acara yang akan terselenggara. Hal ini MC harus benar-benar runtut, dan tidak boleh salah dalam penyebutan. Mengingat hal tersebut akan membuat MC menjadi gerogi, dan tidak percaya diri. Jadi, berikut contoh kalimat intinya:

Saya selaku pembawa acara “Pelepasan Alumni”, akan membacakan runtutan acara yang akan terselengarakan.

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu Indonesia raya
  3. Sambutan-sambutan
  4. Inti Pelepasan Dengan Jabat Tangan
  5. Penutup

Untuk mengawali acara, mari kita buka dengan bacaaan basmallah bersama-sama.

Baca juga beritaku: Buat Bapak Dan Ibu Guru, Naskah Pidato Perpisahan SMA SMP 2020 Terbaik

Itu sepenggal contoh dari kalimat inti, yang nantinya akan memberikan gambaran kepada audience mengenai acaranya.

Adapun contoh dari penutup kalimat MC, yang mana nantinya akan menjadi tanda bahwa acara sudah selesai. Jadi, berikut contoh kalima penutup dari MC saat menutup acara perpisahan sekolah.


MC Penutupan Acara Perpisahan

Dalam penutupan acara, MC memiliki wewenang untuk menyampaikan sepatah kata untuk memberitahukan kepada audience, bahwasannya acara sudah selesai, dan mengucapkan terimakasih kepada para hadirin yang sudah meluangkan waktunya, untuk menghadiri acara tersebt. jadi, berikut contohnya:

Tidak terasa kita sudah dalam penghujung acara pada siang hari ini. Untuk acara penutup, marilah kita membaca hamdalah bersama-sama. Terimakasih untuk para hadirin yang telah berkenan untuk menghadiri acara ini. Mohon maaf apabila saya selaku MC salah kata.

Wassalamualaikum wr. wb.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi

Daftar Pustaka

  1. https://materibelajar.co.id
  2. https://www.sikurkun.com
Bagikan Ke