Kisah Dan Biografi Nabi Zulkifli
Sejarah Perjalanan Dan Perjuangan Nabi Zulkifli (Foto: Kabar Nusantara)

Kisah Singkat Nabi Zulkifli AS

Diposting pada

Nabi zulkifli memiliki kisah perjuangan yang begitu menginspirasi. Apa saja yang Nabi Zulkifli alami ketika ia lahir hingga menjelang wafatnya? Serta keteladanan apa yang ada dalam Nabi Zulkifli? Mari kita simak.

Beritaku.id, Kisah Nabi dan Rasul – Kisah yang paling agung telah tertulis dalam kalam mulia. Kisah demi kisah itu terangkum indah dan bermakna, utamanya dari para nabi terdahulu termasuk Nabi Zulkifli. Seruannya hanya satu, kalimat tauhid bersemai dalam hati kaumnya.

Oleh: Ulfiana (Penulis Kisah Nabi dan Rasul)

Nama nabi Zulkifli tentu tak asing bagi kita semua, namun tak banyak yang tau bagaimana kisah hidupnya.

Sebenarnya, Al Quran tak banyak menyebutkan kisah Nabi Zulkifli. Nama nabi Zulkifli sendiri, tercacat dalam dua surat yaitu Al Anbiya ayat 85 dan surat Shad ayat 48.

Dalam surat Al Anbiya ayat 85, Allah berfirman:

وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا ٱلْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِّنَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya:

“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Zulkifli. Mereka semua termasuk orang-orang yang sabar.”

Meski kisahnya tak cukup populer bagi orang awam, nabi Zulkifli memiliki banyak keteladanan dalam hidupnya. Ia masuk dalam golongan orang-orang yang paling baik akhlaqnya.

Hal itu terdapat dalam surat Shad ayat 48, Allah berfirman:

وَٱذْكُرْ إِسْمَٰعِيلَ وَٱلْيَسَعَ وَذَا ٱلْكِفْلِ ۖ وَكُلٌّ مِّنَ ٱلْأَخْيَارِ

Artinya:

“Dan ingatlah Ismail, Ilyasa’ dan Zulkifli. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik”

Asal Nama Dan Biografi Nabi Zulkifli

Dalam pengertian harfiah, dzulkifli berarti “pemilik kifli”. Dzu artinya “pemiliki dari”. Makna yang lain, al kifl adalah nasib dan perwalian.

Nama tersebut adalah julukan yang di berikan kepadanya. Mengenai mengapa julukan itu tersemat padanya, ada beberapa macam versi tentang hal itu:

  1. Sebutan itu karena Allah memberi kenikmatan yang begitu besar karena ibadahnya. Allah berikan pahala serta rahmat untuknya.
  2. Julukan itu karena ia begitu teguh menepati janji untuk bersabar dan tidak pernah marah.
  3. Karena bantuannya menerima bani israil yang lari dari musuh. Bahkan ia menjamin kebutuhan mereka.
  4. Ia hidup menjadi Raja di derah Kifl yang menurut sebagian telah ada sejak dulu.
  5. Ia mengambil perwalian dari 70 nabi yang berada dalam bahaya

Berikut ini adalah kisah dan biografi singkat dari nabi Zulkifli. Baik dari kisah tentang kelahirannya hingga ke kematian nabi Zulkifli.

Nabi Zulkifli Nabi Keberapa?

Jumlah nabi dan rasul yang pernah Allah turunkan di dunia begitu banyak. Dari kalangan nabi, bahkan angkanya hingga 120.000 orang. Sedangkan untuk Rasul, jumlahnya 315 orang.

Jumlah tersebut juga tidak kita ketahui pasti kebenarannya karena bisa saja ada lebih banyak dari jumlah itu namun luput. Yang jelas, dalam Al Quran Allah menyebut sebanyak 25 Rasul.

25 Rasul itulah yang wajib kita imani karena telah Allah beritahukan secara pasti.

Dari kita tentu muncul pertanyaan, sebenarnya nabi Zulkifli ini nabi ke berapa?

Urutan nabi Zulkifli As dalam 25 nabi dan Rasul yang wajib kita imani adalah urutan ke 16. Urutan ini terletak tepat setelah nama Nabi Harun As. dan sebelum nama nabi Daud As. (baca lengkap: Silsilah 25 Nabi & Rasul: Asal Usul, Lokasi Dakwah Dan Sejarah Singkat)

Namun Al Hafizh Ibn Katsir menyebutkan nama nabi Zulkifli berada di urutan setelah nabi Ayyub As. Ini karena berdasarakan pendapat bahwa ia adalah anak dari nabi Ayyub sehingga jangka waktu hidupnya tepat ketika nabi Ayyub masih hidup.

Kisah Kelahiran Nabi Zulkifli

Nabi Zulkifli lahir dari keluarga nabi Ayyub. Ayahnya bernama Ayyub, dan Ibunya bernama Rahmah. Maka dengan demikian, nabi Zulkifli masih masuk dalam cucu keturunan nabi Ibrahim.

Ketika ia lahir, orang tuanya memberikan nama basyar. Bisa juga dengan sebutan bisyr bin ayyub. Basyar dalam arti makna adalah orang yang memiliki kesabaran.

Nama basyar ini juga berkaitan dengan nama anak dari nabi Ayub yang selamat dari reruntuhan rumah. Ketika itu, syetan membuat tipu daya pada rumah nabi Ayyub untuk memancing amarahnya. Bangunan rumah itu runtuh, sehingga semua anaknya tewas.

Kisah Zulkifli
Perjalanan Dan Kisah Para Nabi (Foto: BincanG Syariah)

Namun, ada satu anak yang selamat dari reruntuhan tersebut. Basyar adalah satu-satunya yang selamat, ketika saudara-saudaranya wafat dalam peristiwa itu.

Sejak ia masih kecil, nabi Zulkifli terkenal tidak pernah suka berbohong. Apa yang ia ucapkan akan berusaha ia tepati. Ia adalah anak yang memiliki keteguhan pendirian. Berbeda dengan anak-anak pada umumnya.

Pribadinya itu menurun dari sifat ayahnya yang memang telah terkenal sabar dan adil.

Sikapnya begitu mulia. Sosoknya yang teguh, sabar dan gigih begitu masyhur pada kaumnya. Zulkifli kecil dengan sifat seperti itu membuat orang-orang di sekitarnya menyenangi pribadinya. Banyak yang akhirnya bersimpati kepadanya.

Sebenarnya, terdapat beberapa perbedaan mengenai kelahiran maupun latar belakang  dari nabi Zulkifli. Perbedaan ini terjadi karena adanya perbedaan dari tafsiran para ulama sendiri. Al Quran dan hadis tidak menyebutkannya secara pasti.

Hal ini salah satunya karena  dalam Al Quran, fokus penceritaannya adalah tentang makna dan hikmah yang bisa kita ambil.

Beberapa versi tersebut menyebutkan sebenarnya ia adalah Yehezkiel Atau Hizqil, nabi bani israil. Ada pula versi yang mengatakan nabi zulkifli adalah Sidratha Gautama.

Lokasi Kelahiran dan Dakwah Nabi Zulkifli

Beberapa riwayat menyebutkan, lokasi kelahiran nabi Zulkifli ada di Syam. Tepatnya, saat ini daerah tersebut menjadi terpecah menjadi Yordania, Suriah, Palestina serta Lebanon.

Nabi Zulkifli berdakwah di Syam dan Palestina. Allah kemudian juga menjadikan nabi Zulkifli menjadi seorang raja pemimpin daerah tersebut. Itu sebabnya ia juga di kenal sebagi raja Syam yang masyhur akan kesabarannya.

Biografi Singkat Nabi Dzulkifli

Adapula yang menyebutkan bahwa sebenarnya nabi Zulkifli berdakwah di Damaskus, Syiria yang juga bagian dari negeri Syam.

Ia berdakwah untuk mengajarkan umatnya beribadah kepada Allah SWT serta taat pada perintahNya.

baca juga Godaan Iblis pada Zulkifli

Nama Kaum Nabi Zulkifli

Kaum amoria adalah salah satu nama bangsa yang masuk dalam dakwah nabi zulkifli. Selain itu, Nabi zulkifli  juga berdakwah pada kaum bani Israil. Mengenai letaknya, ada yang mengatakan bangsa-bangsa ini terletak di daerah Damaskus, Syiria yang dahulunya masuk ke kawasan Syam.

Amoria merupakan sekelompok masyarakat pedesaan yang tinggal di lembah  yang sempit pada daerah sungai Eufrat, syuriah.

Bangsa ini juga memiliki riwayat sebagai kaum yang di dakwahi oleh nabi Ayuub terdahulu. Hingga hari ini, mereka di kenal sebagai bangsa penutur bahasa semit kuno di Syuriah.

Pada tahun sekitar 1460 sebelum masehi, Allah mengangkat nabi Zulkifli menjadi seorang rasul. Itu sebabnya, sejak saat itu nabi Zulkifli mendakwahkan pada umatnya untuk menganut ajaran tauhid. Berhenti dari menyembah patung berhala, serta taat beribadah pada Allah SWT.

Baca Juga Kisah Zulkfli Nabi Yang Sabar

Keteladanan

Salah satu teladan yang bisa kita ambil dari sekian banyak sifat mulia dari nabi Zulkifli adalah terkait kesabarannya.

Suatu kali, Allah pernah menguji kesabarannya melalui rakyatnya sendiri.

Ada beberapa kelompok yang mencoba untuk menentang kepemimpinannya. Bahkan mereka telah memiliki niat untuk menghancurkan kerajaan nabi Zulkifli.

Kelompok-kelompok tersebut mengagendakan kudeta terhadapnya.

Mengetahui kabar itu, nabi Zulkifli meminta segenap rakyatnya untuk memerangi kelompok pemberontak tersebut. Namun, sebagian besar dari mereka menolak.

Perjalanan Para Nabi
Perjanalan Nabi Dalam Melakukan Syiar Islam (Foto: Haluan Kepri)

Mereka takut akan mati dalam peperangan itu sehingga memilih acuh tak acuh menyambut ajakan perang.

Setelah di seru berulang-ulang, mereka kemudian mau, asal nabi dzulkifli memenuhi syarat yang sebenarnya cukup mustahil. Syaratnya adalah jaminan mereka tetap hidup dan tidak ada yang mati ketika perang.

Dalam kondisi yang begitu terhimpit, nabi Dzulkifli tetap bersabar. Ia tau itu di luar kuasanya. Nabi dzulkifli kemudian memohon bantuan kepada Allah SWT. Ia berdoa, agar Allah mengabulkan permohonan rakyatnya itu sehingga mau berperang.

Doa dari utusan Allah itu akhirnya mengetuk pintu langit.  Allah mengabulkan permintaan tulus dari hambanya itu. Bahkan, itu masuk dalam daftar mukzizat yang Allah berikan pada nabi dzulkifli.

Ketika perang berlangsung, harap-harap cemas diantara keduanya begitu kental. Suasana menjadi begitu tegang. Hingga akhirnya, pasukan Zulkifli keluar sebagi pemenang. Bahkan lebih mengherankannya, tanpa ada korban jiwa sedikitpun dari pasukan mereka.

Allah mendengarkan doa dari nabi Dzulkifli serta mengabulkannya.

Sejak hari itu, suasana pemerintahan nabi Zulkifli begitu tentram. Rakyat begitu mencintai pemimpinnya tersebut. Ia adalah seorang raja yang bahkan membawa kemakmuran lebih besar.

Serta,  memiliki keadilan dan keshalihan yang rakyat senangi.

Kisah Wafatnya Nabi Zulkifli

Selama hidupnya, nabi Zulkifli menjadi raja yang membawa rakyatnya pada kemakmuran. Mereka semua mencintai kepemimpinannya. Meski sebanrnya ketika ia memimpin, ada yang ingin menjatuhkannya.

Namun, setelah peristiwa kemenangan perang dengan rakyatnya tanpa ada korban melawan pemberontak, kondisi kerajaannya menjadi begitu damai.  Ia mampu membersamai rakyatnya pada kesejahteraan hingga akhir hayatnya.

Saat usianya 75 tahun, Nabi Zulkifli wafat menemui kekasihnya, yaitu Allah SWT. Beberapa riwayat lain menyebutkan usia ketika ia wafat adalah 95 tahun. 

Tempat dimana ia di makamkan memiliki berbagai macam versi. Ada sebuah komplek pemakaman di Kifl iraq, yang meng-klaim bahwa makam tersebut adalah makam nabi zulkifli.

Pada tahun 1913, Sultan Uljaitu, mersetorasi makam itu dan menambahkan ornamen islam serta masjid. Namun, kemudian seorang yahudi kaya mengambil alih kompleks itu dan membangun sinagong di dalam kompleks.

Ia juga menambahkan ornamen-ornamen yahudi di dalamnya. Itu sebabnya dalam kompleks itu, terdapat unsur islam dan yahudi. Hingga saat ini, tempat itu sering di ziarahi baik dari bangsa yahudi maupun kaum muslim.

Versi lainnya adalah makamnya terletak di Jabal Qasioun. Tempat itu berada dekat dengan ibu kota Syiria yaitu Damaskus.

Adapula yang menyebutkan letak makam nabi Zulkifli ada di gua kecil Al Damun. Yang menemukan makam ini pertama kali adalah Nasir Khusrav tahun 1047.

Perkara dimana letak yang sebenarnya, wallahu a’lam.

Epilog

Demikianlah sedikit biografi tentang nabi Zulkifli. Dari sini kita banyak belajar bahwa nabi Zulkifli memiliki keteladanan berupa kesabaran yang tinggi. Ia juga merupakan sosok raja yang mampu membuat semua rakyatnya mencintainya.

Kepemimpinannya membawa kemakmuran bagi bangsanya.

Di sisi lain, kita juga menjadi tau bahwa, sebenarnya ada berbagai macam versi tentang perkara fakta. Mulai dari fakta latar belakang keluarganya, hingga dimana letak makamnya. Semua memiliki tafsir tersendiri.

Melihat hal itu, semua perbedaan versi itu merujuk pada satu titik yang penting, yaitu hikmah. Kebijaksanaan dan pelajaran yang bisa kita nukil dari ceritalah yang sebenarnya patut kita pelajari.

Semoga saja kita bisa meneladani setiap kebaikan dalam kisah nabi yang namanya ada dalam al quran ini, yaitu Zulkifli.

Sumber: republika.co, republika, wikiwand, wikipedia, pondokislam, tafsirweb

Bagikan Ke