Pidato Singkat, 4 Jenis : Pada Kegiatan Sosial, Kampus Dan Sekolah
Laura Hafid, Bupati Nunukan, dalam Kegiatan Didepan Publik dengan Penampilan Memukau (Foto: Okezone)
Pidato Singkat, 4 Jenis : Pada Kegiatan Sosial, Kampus Dan Sekolah

Dalam suatu acara dan kegiatan, seseorang biasanya mendapat tugas untuk memberikan sebuah pidato singkat, berikut contohnya.

Beritaku.id, Organisasi Dan Komunikasi – Jika mendapatkan tugas untuk mendapatkan berpidato singkat, maka ambil kesempatan tersebut. Sebab hal itu bertujuan memberikan kamu kesempatan tampil pada publik.

Sebelum melangkah pada pembahasan mengenai isi pidato keberagaman, maka lebih awal menjelaskan tentang pembagian jenis pidato.

Jenis Pidato

Pidato adalah menyampaikan pendapat pada publik atau depan umum, sebutkan ada berapa jenis pidato?

Jenis Pidato, terdiri dari:

  1. Impromptu,
  2. Manuscript,
  3. Memoriter, dan
  4. Ekstempore.

Pidato Impromptu, merupakan sebuah pidato spontan, tanpa persiapan konsep. Tanpa persiapan naskah sama sekali. Ketika mendapatkan tugas tampil, maka ia segera tampil. Jenis Impromptu, merupakan tingkatan tertinggi dalam hal ini sebab kapan saja dimana saja, pada orang tertentu bisa melakukannya.

Biasanya, yang bisa melakukan ini adalah yang memiliki jam terbang tinggi, pada depan publik, seperti: Politisi, Dosen, Penceramah atau organisastoris.

Pidato Manusript, Merupakan sebuah pidato dengan membaca naskah dari awal hingga akhir. Yang melakukan pidato jenis ini adalah pejabat negara, atau pejabat publik seperti Presiden, Ketua DPR atau MPR RI, Gubernur, Bupati dan pejabat lainnya.

Apakah pejabat ini tidak menguasai tekni Pidato Impromptu, sehingga membaca naskah?

Tidak demikian, akan tetapi pejabat publik mengikuti aturan keprotokoleran dalam menyampaikan pendapat. Serta memiliki alur penyampaian gagasan. Sehingga protokol mengatur sedemikian rupa naskah-naskah. Yang akan dibacakan oleh pejabat tersebut didepan publik.

Dengan adanay naskah, atau manuskrip, maka pejabat fokus pada bacaan, dan tidak melakukan improvisasi berlebihan pada naskah yang ada.

Pidato Memoriter, Pada dasarnya sama dengan Manusript, bedanya adalah kalau manuscript membaca secara total dari awal hingga akhir, sementara memoriter dengan cara menghafal semua dari kalimat ke kalimat berikutnya. Baik dalam pidato singkat maupun pada pidato yang panjang.

Pidato Ekstempore, jika pidato Impromptu tanpa catatan tanpa persiapan, maka ekstempore, sedikit memiliki persiapan. Berupa tulisan-tulisan kalimat tentang hal yang akan disampikan didepan publik.

Extempore juga dalam kategori Impromptu, namun dalam penjabarannya, jenis ini segera melakukan persiapan tentang alur pidato yang akan mereka sampaikan.

Jenis Pidato apa yang terbaik?

Pada empat jenis pidato tersebut: Impromptu, Manusript, Memoriter dan Exptempore tidak ada yang terbaik secara dominan. Tetapi sesuai dengan kebutuhan.

Namun jika memiliki tugas pidato, maka alternatif teks pidato berikut ini bisa menjadi bahan buat anda.

#1 Pidato Singkat Tentang Keberagaman

Assalamu Alaikum War. Wab.
Kalimat pembuka pidato atau mukadimah, silahkan copy paste dari artikel pembukaan pidato singkat. Dalam pembahasan ini mengambil salah satunya:

Kehebatan Thomas Alfa Edison, Orvile Wrighe, John F.Kennedy sampai Soekarno sang Proklamator kemerdekaan, tidak ada apa-apanya kalau bukan karena Pemberian Allah SWT. Semoga kitapun yang hadir ditempat ini diberikan pula kekuatan dan semoga derajat kita diangkat oleh Allah sang pemilik alam semesta.

Walikota Tangeran Airin Rahmi Diany
Pidato Oleh Walikota Tangerang Selatan, Airin Rahmi Diany (Foto:Okezone)

Jika Nabi dan Rasul pertama hingga ke 24 menjadi utusan ke bumi mengajarkan kebenaran hanya untuk kaumnya. Maka berbeda dengan Rasulullah Nabi terakhir Nabi Muhammad SAW, yang terutus kebumi untuk seluruh kaum. Untuk itu mari kita kirimkan salam dan sholawat kepadanya, semoga saja pada hari pembalasan mengakui kita sebagai ummatnya.

Bapak, Ibu dan Saudara Sekalian yang saya hormati.

Negara Indonesia terdiri dari 17.504 pulau, dengan 1340 suku dan 300 etnik, serta mengakui 6 Agama.

Keberagaman ini dalah sebuah kekayaan Negara ini, menjadikannya heterogen. Dari Sabang hingga Merauke, serta dari Miangas ke Pulau Rote.

Keberagaman mengajarkan kita tentang bagaimana saling menghargai satu sama lain. Perbedaan Suku, dan Agama adalah sebuah peluang dalam membangun sinergitas antara suku, sebagai asimilasi budaya antara suku.

Kenyataannya sekarang ini, negara kita dengan kondisi penduduk saat ini, telah terjadi asmilasi budaya satu sama lain.

Dengan terjadinya pernikahan suku jawa dengan sunda, jawa dengan Batak, Bugis, Makassar, Konjo dan lain sebagainya.

Persoalan asimilasi budaya adalah hal yang memungkinkan terjadi. Dalam hal keberagaman, yang tidak boleh adalah penikahan beda agama, sebab agama memiliki dalil khusus mengenai itu.

Makna kebergaman adalah terbuka dalam hal budaya dan adat istiadat, namun saling menghargai dalam landasan filosofi pada bagian lainnya.

Keberagaman mengajarkan kita tentang bagaimana memandang orang lain dan melakukan pemakluman dengan budaya yang mereka miliki, tidak memaksakan kehendak dan budaya kepada orang lain.

Jangan Menghina Budaya, Agama dan Suku Orang Lain

Jangan menghina budaya orang lain, sebab budaya lahir dan tumbuh menjadikan tunas pemilik budaya tersebut bersemai dalam diri dan sanubari mereka.

Seseorang lahir dan tumbuh dengan suku, dan akan memiliki suku dalam jiawa raganya hingga ia meninggal. Sehingga bagaimanapun seseorang tidak akan mampu merubah suku dalam dirinya.

Melainkan asimilasi dan sinergi budaya yang bisa terlaksana satu sama lain.

Untuk hal tersebut, maka melalui kesempatan mulia ini, izinkan saya mengajak sekalian untuk mari saling menjaga persatuan dan kesatuan negara ini.

Demikian pidato keberagaman ini, semoga kita semua mendapatkan kesehatan dan kemuliaan pada sisi Allah SWT.
Wassalamu Alaikum War. Wab.

#2 Pidato Penyambutan Kepala Sekolah Baru

Assalamu Alaikum War. Wab.
Mukadimah pidato silahkan pilih pada artikel sebelumnya. Bagian ini langsung menjelaskan isi dari pidato penyambutan kepada Sekolah yang Baru.

Bapak Ibu yang Kami Hormati
Pada kesempatan ini, pada sekolah ini oleh pemerintah daerah/provinsi melakukan sebuah penyegaran. Dengan mutasi atau pergantian pucuk pimpinan kepala sekolah.

Tentunya proses ini bukanlah proses biasa, melainkan sebuah proses administratif dan taat aturan pemerintah, yang memiliki tujuan perbaikan mutu pendidikan disekolah ini.

Sebagai aparatur sipil negara, maka penempatan aparatur merupakan kewenangan dari pucuk tertinggi pimpinan, yakni Bupati/Walikota atau Gubernur. Dalam rangka menjamin kualitas manajemen pendidikan pada sekolah ini.

Jelas, proses ini akan menciptakan dua hal:

  1. Kesedihan sebab kita akan berpisah dengan kepala sekola lama yang selama ini telah bersama dengan kita semua. Dalam membina peserta didik. Bijaknya sangat kita ketahui bersama, nilai humanistik yang melekat dalam kepribadiannya telah menular kepada kita semua.
  2. Kebahagiaan, sebab kepergian Kepala Sekolah Lama tergantikan oleh Pimpunan yang baru. Kehadiran kepala sekolah yang baru merupakan sebuah energi baru dalam menggerakkan sistem manajemen pada sekolah kita ini.

Untuk hal tersebut, maka kita harus mengucapkan terima kasih kepada bapak kepala sekolah yang lama. Sebab telah mengabdikan selama ini ilmunya kepada kita semua, selama …. tahun atau bulan. Dan kami ucapkan selamat beraktifitas pada tempat yang baru.

Karyamu akan kami kenang selamanya, kebaikanmu akan menginspirasi kami semua. Kepergianmu adalah sebuah kesedihan buat kami, meski begitu kami maklum dan sangat paham bahwa bapak/ibu juga akan mengingat kami pada tempat ini.

Kepada Bapak Kepala Sekolah Yang Baru

Selamat datang pada sekolah ini pak, kami siap bersinergi dengan kehadiran bapak dalam membangun dmensi pendidikan. Menyempurnakan dan atau melanjutkan kepemimpinan sebelumnya.

Semoga saja kita semua mendapatkan limpahan Rahmat Allah SWT.
Wassalamu Alaikum War. Wab.

#3 Pidato Singkat Penyambutan Keluarga Pengantin

Dalam sebuah acara pernikahan, biasanya seseorang mendapatkan tugas menyambut keluarga mempelai, sebelum ceramah pernikahan. Nah, jika mendapatkan tugas tersebut, bilamana tidak sempat membuat konsep, maka berikut ini teksnya.

Assalamu Alaikum War. Wab.

Mukadimah atau pembukaan, silahkan buka file artikel lainnya, yang membahas berbagai pembukaan pidato.

Bapak, Ibu, Saudara Saudari yang hadir pada kesempatan ini.

Menjadi suatu kehormatan buat kami dan keluarga atas kehadiran bapak dan ibu, dalam acara ini. Untuk mengantar serta menyambut pasangan pengantin yang baru saja menikah, tepatnya tanggal… bulan…. tahun…..

Pernikahan keduanya menjadikan keluarga kedua mempelai menjadi satu keluarga satu sama lain, yang akan mengakrabkan satu sama lainnya.

Izinkan saya mewakili keluarga menyambut kehadiran bapak ibu, saudara saudari, pada tempat ini. Hal ini bukan bermakna pemisahan antara bapak ibu dan kami sebagai tuan rumah.

Sebab kami menganggap bapak ibu adalah bagian dari keluarga ini. Silahkan menikmati sajian kami, semoga kita semua mendapatkan lindungan dari Allah SWT.

Selanjutnya, kita semua berdoa semoga kedua mempelai mendapatkan Ridho Allah SWT, dan secepatnya mendapatkan tambahan keturunan sebagai keluarga baru kita dari pasangan ini, amin!

Demikian sambutan ini, semoga rasa kekeluargaan antara kita terjalin dengan baik.
Wassalamu Alaikum War. Wab.

#4 Pidato Sambutan Keluarga Yang Meninggal

Asslamu AlaikuM War. Wab

Innalillah Wa Inna Ilahi Rojiun, keluarga kami bernama Bapak/Ibu/Saudara(i) …… Telah meninggal dunia pada tanggal, Bulan, Tahun.

Ini meninggalkan duka buat kami anak-anaknya, dan pada kesempatan ini, saya mewakili keluarga almarhum(ah), menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya apabila beliau memiliki kesalahan dan melukai hati bapak/ibu.

Almarhum(ah), meninggalkan suami atau istri, dengan jumlah anak sekian orang. Yakni: Yang tertua bernama …. dan saat ini beraktifitas sebagai…. (Jelaskan singkat masing-masing anaknya).

Kepergiannya meninggalkan duka buat kami sekeluarga, maka seketika tidak ada lagi ruang buat kita memberi ia makanan dan minuman sebab jazadnya telah tiada.

Kami hanya bermohon sekiranya bapak dan ibu mendoakannya, semoga saja kuburnya mendapatkan kelapangan oleh Allah SWT yang luas.

Ditengah-tengah kita telah hadir penceramah tausiah pada malam hari ini. Mari kita mendengarkan ceramah tausiah oleh ustadz ….. semoga bermanfaat buat kita semua, amin.

Demikian sambutan atau pidato singkat saya, lbih dan kurangnya mohon dimaafkan.
Wassalamu Alaikum War. Wab.

#5 Sambutan Singkat: Pembukaan Acara Olahraga

Assalamu Alaikum War. Wab.
Para Atlit, Dan Wasit Yang Saya Hormati dan Saya Banggakan.

Pada kesempatan ini, akan kita saksikan pembukaan kegiatan olahraga (sebutkan nama jenis pertandingannya, misalnya: Takraw, Voli Ball maupun Sepakbola dan sebagainya).

Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan mencari bakat pemain, namun lebih dari itu, juga kita mengharapkan silaturrahim antara pemain dapat terjaga. Dalam suasana permainan secara kekeluargaan.

Sportifitas itu mencari siapa yang terbaik dengan kualitas, namun tidak kehilangan rasa kekeluargaan dalam diri masing-masing.

Proses pelaksanaan kegiatan ini, tidaklah terjadi tanpa kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat pada kegiatan ini. Maka melalui ini kita mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan penuh pelaksanaan kegiatan pada hari ini.

Kegiatan ini, berlangsung selama …. hari, dengan jumla tim yang ikut sebanyak …. tim. Tentunya menjadi sebuah kebanggan kita semua bahwa pada daerah ini telah tumbuh beberapa tim, dan pemain bertalenta.

Harapannya pertandingan ini akan menghasilkan sebuah dramatisasi permainan yang menjunjung tinggi nilai persaudaraan, serta outputnya adalah para bintang lapangan dengan skop masing-masing.

Demikin sambutan pembukaan acara ini, semoga kita semua mendapatkan Rahmat dari Allah SWT, Amin!

Wassalamu Alaikum War. Wab.

Tarik Nafas, Tahan. 10 Detik, lepas! Jangan Tegang

Dalam membawakan materi pidato atau ceramah, jangan terlalu tegang dalam membawakan. Namun jika saja kecemasan menghampiri, maka segera tarik nafas anda dalam-dalam.

Segera stabilkan detak jantung anda yang memburu dengan detaknya yang semakin cepat. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian tahan sekita 10 detik. Biarakn energinya tersalur kedalam Sel-sel dalam tubuh.

Demikian Artikel tentang beberapa contoh pidato singkat.

Beritaku lain: Menarik Dan Tidak Membosankan, Mukadimah Pidato Singkat, Penutup Yang Berkesan

Tinggalkan Balasan