Pelaut Ulung di Makassar
Kota Makassar (Foto: tagar.id)

Pj Walikota Makassar: Pelaut Ulung Makassar Sudah Mengarungi Samudera

Diposting pada

Pelaut Ulung Dari Makassar terkenal dengan kemampuannya mengarungi Samudera.

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Menjadi rahasia dunia, bahwa Kerajaan Gowa, Bone dan Luwu merupakan penghasil pelaut ulung yang tangguh dilautan. Hal ini terlihat dengan kehebatan pelaut asal Bulukum dengan karya cipta Perahu Pinisi.

Kehebatan orang Luwu, Raja Luwu (Sawerigading) menantang ombak untuk menemuiWe Cudai di tanah daratan China.

Maupun kemampuan perahu Pinisi yang berlayar hingga eropa dengan melewati samudera yang luas.

Ini menjadi inspirasi banyak orang bahwa Indonesia di Benua Maritim memiliki kekayaan yang luar biasa.

Pelaut Ulung Makassar, Inspirasi Pj Walikota

Pelaut Ulung Makassar Sudah Mengarungi Samudera
Pj Walikota Menerima Kunjungan Dari Taruna Taruni Akademi Angkatan Laut

Pj Walikota Makassar Iqbal Suhaeb tularkan semangat pelaut Suku Bugis Makassar. Hal itu menjadi inspirasi buatnya dalam sebuah kegiatan.

Dengan menceritakan sejarah nenek moyang suku Bugis Makassar. Yang dikenal sebagai pelaut ulung yang mampu mengarungi samudera.

Kehebatan mereka adalah mengandalkan layar pada kapal pinisi (Bulukumba) dan hanya mengandalkan kekuatan angin. Sebagai pendorong.

Dengan semangat dan karakter suara yang menggunakan intonasi kuat. Hal ini di sampaikan Pj Walikota Makassar.
Saat menerima  kunjungan kehormatan 17 Taruna dan 3 Taruni Peserta Latihan Praktek (Lattek) Navigasi Astronomi Taruna-Taruni  Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II korps pelaut Angkatan -66 Tahun 2019 di ruang kerja Walikota.

Pj. Walikota mengatakan kepada Taruna dan Taruni AAL ini agar belajar tentang sejarah panjang Makassar. Yang  dulunya terkenal dengan pelaut-pelaut ulung yang sudah mengarungi samudera tanpa alat yang canggih seperti sekarang ini.

Bumi Panrita Lopi Bulukumba Pelaut Ulung Suku Makassar
Bumi Panrita Lopi, Sebagai penghasil Perahu Pinisi Yang melegenda

“Bugis Makassar dahulu terkenal dengan para pelaut ulungnya. Dalam mengarungi samudera yang luas. Dengan alat yang masih serba terbatas dan manual. Para pelaut terdahulu bisa berlayar menembus samudera yang luas untuk sampai ke daratan dan pulang ke kampung halamannya kembali”, ujarnya.

Pj Walikota juga mengungkapkan rasa senangnya karena makassar menjadi salah satu destinasi  pelayaran Lattek Navigasi. Dan Astronomi serra banyak hal yang bisa Taruna dan Taruni AAL pelajari tentang Kota Makassar.

“Sering-sering datang di Kota Makassar. Kami akan sangat senang menyambut kalian. Di sini kalian akan mendapat banyak cerita-cerita menarik tentang pelaut Makassar,” ungkap Pj. Walikota Makassar.

Syiar Sejarah Kenegara Lain

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI)

Mayor Marinir Aang Andy Warta  yang mendampingi para Taruna Taruni mengatakan kunjungan ke Walikota Makassar. Selain melaksanakan peran diplomasi juga biar para Taruna. Ini bisa belajar apa saja tentang Makassar mulai dari destinasi wisata Lautnya yang sangat indah. Tempat Tempat bersejarah, budaya dan kuliner yang enak.

”Jadi ketika para Taruna ini  melaksanakan Lattek berlayar ke luar negeri. Mereka akan menceritakan  pengalaman  apa yang mereka telah pelajari di Kota daeng ini,”’  Ujar Danyonmarhanlan VI.

Diakhir kunjungan Pj Walikota Makassar dan perwakilan Taruna AAL saling bertukar cinderamata.(*)

Beritaku: Arti Budaya Maritim Sebagai Kekuatan Ekonomi Bangsa Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *