Sejarah singkat Nabi Luth dengan kaumnya
Nabi Luth dan kaumnya (Foto: suratkabar.id)

Sejarah Singkat Nabi Luth: Lahir Hingga Wafat, dan Kisah Istrinya

Diposting pada

Sejarah singkat Nabi Luth as, dengan segala kegigihan dan semangat beliau yang selalu ingin menyadarkan kaumnya, agar terhindar dari azab Allah yang perih. Namun tidak dengan hasil dari apa yang beliau lakukan. Lalu bagaimana kisah beliau hingga wafat?

Beritaku.id, Kisah Para Nabi dan Rosul_ – Tuhanmu telah mengutusmu, untuk mereka yang selalu berdusta, mematikan tombol pada hati mereka. Lalu membiasakan diri dengan memakai baju yang sudah lusuh dan kotor, dan mereka tidak mau menanggalkannya. Bahkan tidak sedikit dari mereka, membuat baju tersebut lebih kotor. Ialah akhlak mereka.

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Kisah Para Nabi dan Rosul)

Hai, kembali dengan tagline tulisan yang dirindukan. Kerinduan yang terkadang menorehkan sebuah sejarah, ketika orang yang tercinta sudah berada pada dunia yang berbeda.

Seakan serangkaian cerita tentang kau dia, masih berlangsung tanpa ada perubahan apapun dalam skenarionya. Lalu kisah mereka abadi, bahkan siapapun mengetahui skenario tersebut.

Begitu juga dengan berbagai kisah dari para Nabi dan Rosul Allah. Mereka dengan segudang cerita perjuangan, yang terkadang mendapatkan pelukan dingin, hingga caci makian mereka dapat.

Contohnya seperti kisah dari Sejarah Nabi Luth. Walau terasa singkat, namun cerita beliau sangat membekas. Menggambarkan betapa perih perjuangan seorang Nabi dan Rosul, dalam memperjuangkan agama Allah.


Kisah Singkat Nabi Luth

Sejarah singkat dari Nabi Luth dan kaumnya
Kisah Nabi Luth as (Foto: mizanamanah.or.id)

Nabi Luth adalah Nabi dari utusan Allah yang mulia. Beliau mendapatkan tugas dari-Nya untuk menyerukan kebenaran pada kaum-Nya yang tersesat di bumi. Lantaran mereka terus melakukan hal yang tidak Allah sukai.

Nabi Luth as sendiri masih dalam satu garis keturunan dengan Nabi Ibrahim as. Yang mana jika kita runtutkan, ayah daripada Nabi Luth as, masih bersaudara dengan beliau.

Oleh karena itulah mengapa Nabi Luth as, masih ada garis keturunan dari beliau. Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, dalam sejarah secara singkat Nabi Luth mendapat mandat dari Allah untuk berdakwah.

Baca juga beritaku: Kisah Nabi Yunus dan Ikan Nun Yang Menelannya

Kepada kaum sodom, yang merupakan kaum dengan sifat menyukai sesama jenis mereka, atau nama lainnya sekarang adalah homoseksual.

Beliau terus berdakwah namun rasanya sia-sia. Hingga melihat tersebut, Allah pun melaknat kaum tersebut, membuat mereka mati, tanpa sisa, bahkan jejak dari mereka pun tidak ada.

Sungguh, benar-benar pedih azab yang Allah timpakan kepada mereka, bahkan melebihi dari hal tersebut.


Penyebutan Nabi Luth dalam Al Quran

Nabi Luth as dalam Al Qur an (Foto: konsultansyariah.com)

Dalam Al-Qur’an sendiri, Allah menyebut Nabi Luth as cukup banyak. Yang mana hal tersebut berkaitan dengan perlakuan daripada kaum sodom kepada beliau.

Bahkan dalam sejarah singkatnya, kaum sodom menantang beliau untuk membuktikan azab yang Allah berikan kepada mereka. Apakah memang benar-benar ada, atau hanya omongan semata.

Seperti dalam Al-Qur’an, Allah berfirman yang artinya:

Datangkanlah kepada kami azab Allah, jika kamu termasuk orang-orang yang benar.Demikian jawaban yang dilontarkan kaum tersebut terhadap ajakan sang Nabi.. Qs Al-Ankabut: 29

Adapun penyebutan lainnya, ketika Nabi Luth mendapat mandat dari Allah untuk melaksanakan dakwah kepada mereka (kaum sodom) agar mereka dekat dengan-Nya.

Firman Allah yang artinya:

Dan kami (telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). Ingatlah, tatkala ia berkata kepada mereka ‘mengapa kamu mengerjakan hal keji seperti itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorang pun (di dunia ini) sebelum kamu?’.. Qs Al-A’raf: 80

Hingga pada jawaban Allah tentang azab yang akan mereka dapatkan dari-Nya. Pun meyebut nama Nabi Luth sebagai pembuka dari firman Allah yang artinya:

Hai Luth, sesungguhnya kami adalah utusan dari Tuhanmu, sekali-kali mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah dengan membawa keluargamu dan juga pengikut-pengikut kamu pada akhir malam. Dan jangan ada seorang di antara kamu yang tertinggal, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia akan ditimpa azab yang menimpa mereka karena sesungguhnya saat azab jatuh kepada mereka, ialah di waktu subuh. Bukankah subuh sudah dekat?..Qs Al-Hud: 81

Itulah beberapa firman Allah dalam Al-Qur’an yang menyebut nama Nabi Luth, beberapa kali.


Kisah Kelahiran Nabi Luth

Terlepas dari hal tersebut, dalam sejarah juga menceritakan singkat kisah dari kelahiran Nabi Luth yang ternyata dirawat dengan baik oleh Nabi Ibrahim as.

Kala itu, suasana dalam kehidupan Nabi Luth, sekeliling beliau adalah orang-orang yang suka melakukan korupsi, juga memiliki sifat yang suka dengan sesama jenis.

Dalam perjalanan hidupnya, Nabi Luth selalu membantu Nabi Ibrahim yang juga merupakan paman dari beliau, sehingga beliau dapat mengerti bagaimana menjadi seorang pendakwah.

Nabi Luth dengan pamannya, juga sering bepergian ke tempat yang cukup jauh. Hingga suatu ketika, Nabi Luth pergi untuk ke daerah Palestine.

Dalam setengah perjalanan mereka, Nabi Luth dan Nabi Ibrahim mendapatkan pemberitahuan dari Allah SWT, bahwa Nabi Luth akan menjadi Nabi selanjutnya, serta menghimbau para kaum sodom.

Baca juga beritaku: Mukjizat & Kepribadian Nabi Sulaiman

Yang mana kaum tersebut diharapkan dapat kembali kepada Allah, dengan ajaran-ajaran yang sudah Allah tetapkan, serta perintah apa saja yang harus terlaksana oleh mereka.

Sehingga dalam sejarah singkat beliau, Nabi Luth akhirnya dengan memantapkan hati, beliau akhirnya siap untuk melaksanakan perintah Allah, dan melanjutkan perjalanannya ke tempat kaum tersebut, yakni di Yordania.


Nama Kaum Nabi Luth

Arkeologi jejak kaum sodom (Foto: sonora.id)

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, Nabi Luth mempunyai kaum yang mempunyai sifat diluar dugaan beliau. Bahkan sejak zaman dulu, tidak pernah ada kaum demikian.

Dalam literatur lain pun, mengatakan bahwa kaum ini, sangat unik, bahkan yang mereka lakukan baru ditemukan pada zaman Kenabian Nabi Luth.

Ialah kaum sodom, kaum yang melakukan hal diluar dugaan siapapun. Mereka menyukai sesama jenis mereka. Bahkan tidak ada terbesit pikiran dari mereka untuk menikah dengan lawan jenis mereka.

Hingga dalam sejarah, menceritakan dengan singkat bahwasannya kaum daripada Nabi Luth pergi ke rumah beliau, mendatangi beliau.

Lalu dengan sangat baik hati, Nabi Luth menawarkan kepada mereka untuk meminang para putrinya kepada mereka saat itu.

Tetapi bukanlah itu yang mereka maksud dan inginkan. Melainkan dua malaikat yang Allah utus untuk menemui Nabi Luth, dengan menjelma sebagai pria yang sangat tampan.

Dan kaum sodom berniat ke tempat Nabi Luth hanya untuk menggauli para tamunya tersebut. Bahkan ada dari mereka yang menginginkan menjadi pasangan dari tamu beliau.

Sungguh, benar-benar tabah kala itu Nabi Luth dalam menghadapi para kaumnya tersebut. Dilansir dari islampos.com, kedua putri dari Nabi Luth adalah Rita dan Za’wara.

Keduanya mendapatkan keselamatan ketikan Allah menimpakan azab yang sangat dahsyat kepada kaum sodom karena perbuatan mereka.

Menyukai sesama jenis baik laki-laki maupun perempuan, lalu suka melakukan penghianatan, tidak mengembalikan apa yang sebenarnya bukan hak mereka, dan sebagainya.

Laknat dari Allah untuk Kaum Sodom

Azab Allah kepada kaum sodom (Foto: merdeka.com)

Hingga Allah SWT benar-benar murka kala itu. Allah SWT pun akhirnya memerintahkan Nabi Luth untuk membawa keluarga serta para pengikutnya untuk pergi dari kawasan kaum sodom.

Hal tersebut merujuk kepada keselamatan mereka, yang selalu menunaikan apa yang Allah perintahkan, dan menghindarkan diri dari larangan Allah.

Dan saat itu terjadi. Sejarah menuliskan dengan singkat bagaimana kaum Nabi Luth mendapatkan azab yang sangat pedih dari Allah SWT.

Ialah Allah menurunkan hujan batu yang bertubi-tubi, hingga membuat siapa saja yang ada pada tempat tersebut, tidak dapat lari dari azab tersebut.

Baca juga beritaku: Kisah Nabi Syuaib, Sejarah, 3 Mukjizat, Umat dan Keteladanan

Kemudian Allah balikkan kita mereka, sehingga semua kaum sodom benar-benar binasa kala itu. Tak hanya itu saja, pada siang hari Allah turunkan petir yang begitu menggelegar, menyambar semua kaum sodom yang ada di tempat.

Kondisi pada waktu itu, kaum sodom benar-benar hancur, benar-benar binasa mereka. Bahkan jejak daripada mereka pun ikut melebur akibat dari azab yang Allah SWT berikan kepada mereka.

Kemunafikan Istri Nabi Luth as

Sejarah singkat Nabi Luth dengan sang istri
Arkeolog jejak istri Nabi Luth as yang ikut terkena azab Allah (Foto: suara.com)

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, bahwa Nabi Luth kala itu mendapatkan tamu seorang lelaki tampan, muda, memiliki tubuh yang sangat atletis.

Dilansir dari muslimmedia.com, ketika itu kedua lelaki tersebut yang merupakan malaikat Allah, menanyakan kepada seorang gadis cantik yang ternyata merupakan salah satu putri dari Nabi Luth as.

Mendengar kabar tersebut, Nabi Luth merasa bimbang. Satu sisi ia sangat tidak sopan jika tidak menerima tamu kedua lelaki tampan tersebut.

Tapi pada sisi lainnya, ia juga sangat khawatir dengan keselamatan dari kedua tamu tersebut nantinya, ketika orang-orang sodom tersebut mengetahui bahwa di dalam rumahnya terdapat dua tamu yang sangat tampan dan muda.

Dengan terpaksa dan penuh kekhawatiran, Nabi Luth akhirnya menerima dua tamu tersebut, dan sebelum itu, beliau memberitahu kepada anak-anak dan istrinya agar tidak membocorkan hal ini, ke telinga kaum sodom.

Alih-alih mendapatkan informasi tersebut, istri dari Nabi Luth malah membeberkan informasi kepada kaum sodom. Maka terjadilah apa yang menjadi prediksi dari Nabi Luth as.


Wafatnya Nabi Luth as

Para kaum sodom datang berbondong-bondong ke rumah Nabi Luth, dan meminta beliau untuk membukakan pintu. Dengan tujuan agar nafsu mereka dapat terlampiaskan. Mengingat mereka sudah lama tidak melihat lelaki tampan, dan muda,

Dalam cerita sejarah singkat beliau, Nabi Luth akhirnya mengatakan kepada dua orang tamunya, bahwa ia sudah tidak bisa apa-apa. Bahkan kerabat, saudara, serta keluarganya, seperti tidak ada harga diri di depan mereka.

Tidak satupun senjata yang Nabi Luth as miliki sebagai alat untuk melawan mereka, kebengisan mereka, dan raut wajah mereka yang penuh nafsu tersebut, tetapi tidak sesuai dengan apa yang Allah ajarkan.

Terlepas dari hal tersebut, dalam sejarah mencatat dengan singkat, bahwa Nabi Luth wafat, menginjak usia 80-an tahun. Dan jika dihitung pada waktu masa tersebut.

Nabi Luth hidup pada tahun 1950 s/d 1870 SM. Cukup lama, terlebih dengan perjuangan beliau yang sangat gigih, dan sabar dalam menyadarkan kaum sodom.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai sejarah singkat dari Nabi Luth as. Kita dapat belajar lebih banyak sebenarnya tentang hal ini.

Terutama dengan perbuatan dari kaum sodom, serta istri dari Nabi Luth sendir. Kaum sodom yang sudah sangat mati hatinya. Mewajarkan apa yang Allah larang, bahkan marah ketika Nabi Luth berusaha menyadarkan mereka.

Begitu juga dengan kemunafikan dari istri Nabi Luth, yang sebenarnya istri dari beliau juga ikut mengalami azab yang Allah berikan kepada kaum sodom.

Jadi, sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi dan dapat mengambil hikmahnya.

Daftar Pustaka

  1. https://tirto.id/kisah-teladan-nabi-luth-as-azab-bagi-kaum-penyuka-sesama-jenis-gbor
  2. Kehidupan Nabi Luth dengan Kaum Sodom
  3. Kisah Nabi Luth dan Kaumnya
  4. Kisah Kaum Sodom
  5. https://www.islampos.com/inilah-2-putri-nabi-luth-yang-selamat-dari-azab-kaum-sodom-223427/
  6. https://www.muslimidia.com/2017/03/kisah-nabi-luth-as.html