Makanan olahan rebung ternyata kaya akan manfaat bagi manusia
Rebung sebagai olahan makanan yang kaya manfaat (Foto: pixabay.com)

Makanan Rebung Tradisional Dengan 1000 Manfaat

Diposting pada

Makanan rebung, nyatanya memiliki 100 manfaat yang bisa manusia dapatkan dalam menjaga kesehatan mereka di masa seperti sekarang. Jadi, mari kita ulik selengkapnya.

Beritaku.id- Lestari_Dalam dunia ini, Ia tidak pernah tidak punya alasan untuk menciptakan sesuatu. Dari cantiknya suatu makhluk, atau keterbatasan yang ada. Bahkan yang sekecil apapun, ada alasan mengapa Ia menempatkan ke bumi. Begitu, kiranya Tuhan membuktikan Maha-Nya.

Oleh: Ayu Maesaroh (Penulis Lestari)

Bumi kita memiliki begitu banyak asset, yang mana mempunyai begitu kaya manfaatnya bagi kita. Dengan keberagaman asset yang ada, membuat makhluk hidup yang tinggal di bumi, berbondong-bondong mencari tahu tentang kebermanfaatan hingga cara mengolahnya.

Termasuk dalam hal ini adalah rebung, yakni sebuah tanaman yang sering kita lihat sebagai salah satu olahan makanan enak. Entah berbentuk santan, osengan, dan lain sebagainya.

Baca juga beritaku: 5 Jenis Ikan Air Payau: Unsur, Tempat Menambak, dan Caranya

Hingga pada akhirnya, tanaman ini menjadi bahan makanan yang tersebar di Indonesia. Dan pada akhirnya, berbagai wilayah tersebut memiliki ciri khas sendiri dalam mengolah rebung ini.

Namun beranjak dari sekian banyak yang kita ocehkan, ada baiknya jika kita kenal terlebih dahulu mengenai tanaman ini. Jadi, begini lengkapnya!


Pengertian Rebung

Rebung yang kaya manfaat (Foto: pixabay.com)

Rebung merupakan salah satu jenis sayuran, yang mana sangat terkenal di belahan Indonesia. Kata “rebung” sendiri menurut KBBI, ialah batang bakal yang masih kecil, atau masih muda.

Namun menurut pengertian lain, rebung merupakan jenis sayuran yang merupakan tunas dari bambu. Rebung sendiri biasanya banyak dimanfaatkan di wilayah Pulau Jawa, dan menjadi makanan khas mereka.

Jadi, jika kita simpulkan, rebung adalah jenis sayuran, yang mana mereka sendiri adalah tunas dari bambu, dengan usianya yang masih muda. Tanaman ini banyak diolah di beberapa daerah Pulau Jawa.


Nama Lain Dan Klasifikasi (Family) Rebung

Rebung termasuk ke dalam sayuran atau plantae (Foto: health.grid.id)

Mengingat tanaman ini adalah jenis sayuran, maka secara tidak langsung akan merujuk kepada klasifikasi (family) dari tanaman ini. Maka listnya antara lain:

  • Kingdom: kategori Plantae
  • Subkingdom: iaialh Viridiplantae
  • Super Divisi: kategori Embryophyta
  • Divisi: dari Tracheophyta
  • Sub Divisi: ialah Spermatophytina
  • Kelas: kategori Magnoliopsida
  • Ordo: golongan Poales
  • Family: adalah Poaceae
  • Genus: merupakan Bambusa Schreb.

Maka Spesies rebung, adalah Bambusa vulgaris schrad. e.x, J.C. Wendl.


Sebaran Bambu Terbanyak Di Berbagai Pulau Indonesia

Sebaran rebung lebih banyak di Pulau Jawa (Foto: terbaiknews.net)

Ada begitu banyak literatur yang mengatakan bahwa rebung yang merupakan bagian dari tanaman bambu ini, merupakan salah satu tanaman yang banyak tersebar di daerah Pulau Jawa.

Dan memang, kita juga paham betul, bagaimana rebung tersebut disulap menjadi makanan yang sangat lezat, enak, dan menggugah selera makan kita. Apalagi jika olahan makanannya adalah santan.

Baca juga beritaku: Pohon Andalas & 3 Benda Adat Asal Pulau Sumatera

Dan karena rebung merupakan bagian dari bambu, ternyata bambu sendiri mempunyai cerita, yang mana nama lain dari mereka dijadikan sebagai nama daerah di Pulau Jawa.

Benar, ialah kota “Ngawi” yang ada di Jawa Timur. Yang mana nama “ngawi” berasal dari kata “awi”, yang artinya adalah “bambu”. Lalu mendapatkan imbuhan “ng”, menjadi ngawi.

Makanya jika kalian ke tempat tersebut, jangan heran kalau kalian mendapati banyak sekali jenis bambu di sana. Mengingat mereka tidak lepas dari sejarah terbentuknya kota tersebut.

Banyak literatur yang mengatakan, bahwa kota Ngawi setidaknya memiliki 5 jenis bambu yang ada di kota tersebut.

Tapi, nyatanya tanaman ini bukan hanya berada di Pulau Jawa. Pulau yang satu ini, terkenal dengan julukannya sebagai “Kabupaten Sejuta Bambu”.

Ialah Kabupaten Ngada, di Nusa Tenggara Timur (NTT). beberapa literatur mengatakan bahwa kabupaten ini terkenal dengan nama demikian, dikarenakan wilayahnya tumbuh bambu dengan lebat dan liar.

Bukan hanya itu, bambu yang ada di sana juga mereka manfaatkan untuk keperluan sehari-hari di berbagai bidang. Salah satunya adalah sebagai bahan baku pembuatan rumah.

Alasan mereka menggunakan bambu sebagai salah satu bahan baku pembuatan rumah, ialah ketahanan dari bambu, hingga sampai dengan lebih dari 5 tahun.

Tak hanya itu, bambu juga sangat praktis saat mereka mengaplikasikannya. Seperti misalnya membentuk kerangka pondasi rumah agar tetap kokoh menggunakan bambu, dan sebagainya.

Manfaat Dari Rebung

Salah satu manfaat rebung adalah mencegah kanker (Foto: grid.id)

Terlepas dari sebaran serta kebermanfaatan dari bambu, manfaat yang begitu banyak juga ada dalam rebung ataupun tunas dari bambu sendiri. Banyak yang mengatakan bahwa makanan olahan rebung, dapat menghindakan kita dari penyakit mematikan, yakni kanker.

Namun, rasanya tidak hanya sampai disitu saja kebermanfaatan dari rebung ini. Di lansir dari Alodokter, ada beberapa manfaat yang bisa kita ulik, antara lain:

Memperlancar Kinerja Pencernaan

Yang pasti semakin dewasa, maka kesibukan akan semakin padat, hingga membuat kita lupa dengan kesehatan pencernaan. Nah, untuk menghindarinya, kalian bisa mengonsumsi rebung untuk menjagai kesehatan pencernaan kalian.

Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh

Karena pola makan kita semakin hari semakin tidak beraturan dikarenakan kesibukan yang melanda, alhasil kadar kolesterol kita juga ikut melambung tinggi. Namun siapa sangka bahwasannya makanan olahan rebung ini, bisa menurunkan kadar kolesterol loh.

Menghindarkan diri dari Penyakit Serius

Kandungan antioksidan, serta beberapa zat lain dalam rebung, ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, terutama dalam menghindarkan diri dari penyakit serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.

Menjaga Tubuh Tetap Ideal

Siapa yang bilang kalau makanan dari alam, itu tidak bisa menjaga bentuk tubuh kita yang ideal? Nyatanya makanan olahan dari rebung ini, juga bisa menjaga bentuk tubuh kita tetap ideal loh. Tapi, tidak boleh berlebihan ya dalam mengkonsumsi olahan rebung.

Meningkatkan Sistem Imun

Apalagi di masa pandemi seperti ini, imun tubuh harus benar-benar terjaga, jangan sampai kita terkena virus covid-19. Hal tersebut kembali ke kandungan yang ada dalam rebung itu sendiri. Jadi kalian bisa olah menjadi makanan, atau lainnya.

Baca juga beritaku: Famili Nymphalidae, Jumlah Spesies Dalam 11 Daftar

Mengatasi Permasalahan Wanita/ Remaja

Bagi kalian yang mungkin sampai detik ini mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, entah seringnya maju ataupun mundur, bahkan kadang membuat kita pening. Kalian bisa mulai mengonsumsi makanan olahan rebung, guna mengatasi hal tersebut. Tapi, jangan berlebihan ya.


Cara Memasak Rebung

Lalu, bagaimana cara mengolah rebung menjadi satu makanan yang lezat, serta kaya manfaatnya bagi manusia? Bahan ini bisa dibilang gampang-gampang susah.

Mengingat kita harus benar-benar jeli dalam memilih rebung yang seperti apa, yang mana akan kita olah menjadi masakan yang sangat enak. Beberapa cara mengolah rebung antara lain:

Rebung Bumbu Gulai

Makanan enak olahan rebung
Rebung bumbu gulai (Foto: m.merdeka.com)

Untuk memasak rebung bumbu gulai, kalian harus mempersiapkan alat serta bahannya:

a. Alat:

  1. Panci
  2. Teplon untuk memasak (menumis bumbu)

b. Bahan

Untuk bahannya sendiri, ada dua hal. Yakni bahan yang telah kita haluskan, potong, dan yang tidak.

  1. kacang panjang yang dipotong-potong
  2. Daun salam secukupnya
  3. Daun jeruk secukupnya
  4. Cabai rawit sesuai selera
  5. Cabai hijau sesuai selera
  6. Lenngkuas serta serai masing-masing 1 buah (sudah memar)
  7. Garam dan gula secukupnya.
  8. Bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan (secukupnya)
  9. Kemiri secukupnya (sudah disangrai)
  10. Cabe merah dan kunyit yang sudah dihaluskan (secukupnya)
  11. Jangan lupa rebung secukupnya

Jika sudah, kalian harus mengikuti beberapa caranya, antara lain:

  1. Kalian didihkan terlebih dahulu air yang ada di panci, secukupnya
  2. Jika sudah, kalian juga menyiapkan teflon dengan minyak secukupnya untuk menumis beberapa bumbu yang sudah kita siapkan.
  3. Setelah air panas, tambahkan garam secukupnya, lalu masukkan rebung setelahnya.
  4. Kiranya sudah pas, maka angkat rebung dan tiriskan
  5. Setelah minyak panas di teflon, maka masukkan beberapa bumbu seperti bawang putih dan bawang merah, aduk sampai rata. Jika sudah, tambahkan salam dan lengkuas, lalu aduk lagi.
  6. Jika sudah pas dan beberapa daun sudah layu, maka tambahkan santan secukupnya ke dalam tumisan, lalu tambahkan gula serta garam secukupnya.
  7. Setelah mendidih, baru kita tambahkan rebung yang sudah kita tiriskan tadi ke dalam masakan yang mendidih tersebut.
  8. Tutup kembali menggunakan tutup teflon yang sudah ada, sampai kuahnya agak meresap sedikit.
  9. Jika sudah, maka aduk lagi (jangan sampai santannya pecah) dengan api kecil.
  10. Kiranya sudah siap, maka gulai rebung sudah bisa kita hidangkan.

Tumis Pedas Rebung

Rebung tumis pedas (Foto: idntimes.com)

Nah, jika kalian ingin mengolah rebung menjadi masakan yang sedikit pedas, dan pastinya enak, kalian juga bisa membuat masakan ini. Sebelumnya kita harus mempersiapkan alat serta bahannya:

a Alat

Beberapa alatnya antara lain:

  1. Panci untuk mendidihkan air
  2. Wajan untuk menumis bumbu.

b. Bumbu

Beberapa bumbu yang perlu kita siapkan antara lain:

Baca juga beritaku: Daun Gedi: Pengertian, 7 Jenis, Kandungan, Manfaat, Serta Bahayanya

  1. Air secukupnya
  2. Daun salam secukupnya
  3. 1 sendok makan kecap manis
  4. Cabai rawit dan cabai merah secukupnya (dihaluskan)
  5. Bawang merah dan bawah putih secukupnya (dihaluskan)
  6. Kemiri secukupnya dan 1/2 ruas kunyit (haluskan)
  7. Jangan lupa garam, penyedap rasa, dan lada bubuk secukupnya
  8. Rebung yang disesuaikan dengan porsi kalian.

Kita memasuki langkah mengolahnya. Beberapa stepnya antara lain:

  1. Panaskan air dalam panci untuk merebus rebung.
  2. Kita juga memanaskan minyak secukupnya untuk menumis beberapa bahan yang sudah kita haluskan.
  3. Setelah panas airnya, kita masukkan rebung, lalu tambahkan garam sedikit saja.
  4. Tunggu sampai dengan agak mendidih, dan tekstur rebungnya agak lembek sedikit.
  5. Tiriskan rebung, lalu siapkan beberapa bahan untuk kalian tumis.
  6. Jika sudah panas minyak dalam wajan, maka kita tumis beberapa bumbu yang sudah halus tadi dan daun salamnya, aduk sampai mengeluarkan harumnya.
  7. Tambahkan rebung yang sudah kita rebus tadi, aduk sampai rata.
  8. Jika sudah, kalian bisa hidangkan ke wadah yang sudah kalian siapkan.

Nah, itulah beberapa cara mengolah rebung menjadi makanan yang enak serta sehat pastinya. Mengingat rebung merupakan jenis sayuran yang kaya manfaat, tidak ada salahnya kita mengolahnya dan menjadikannya masakan yang lezat.

Kandungan antioksidan, dan lainnya, dapat kita manfaatkan sebagai pencegah beberapa penyakit yang mengintai kita. Dan sudah seharusnya juga kita mulai menjaga kesehatan lewat mengonsumsi rebung ini.

Mudah, dan pastinya bisa kita lakukan sebagai satu hidangan makanan setiap harinya. Semoga menginspirasi ya. Selamat mencoba.