Suku tercantik Indonesia tersebar ke beberapa wilayah
Suku tercantik Indonesia tersebar ke beberapa wilayah (foto: wowmenarik.com)

Suku Tercantik Indonesia: 5 Daftar Yang Wajib Diketahui

Diposting pada

Negara dengan julukan “macan khatulistiwa” ternyata memiliki beberapa suku tercantik yang tersebar di wilayah di Indonesia. Hal tersebut terbagi menjadi 5 daftar yang bisa kita pelajari.

Beritaku.id,- Budaya_ Berawal dari mereka yang masih kecil, tidak tahu menahu, bahwa mereka adalah makhluk Tuhan dengan segala keunikannya. Meski sama, nyatanya hal tersebut tidak menjadi tolak ukur apakah mereka memiliki keunikan tersebut, sama dengan yang lainnya. Dan keunikan itu dinamakan “cantik”

Oleh: Ayu Maesaroh (Penulis Budaya)

Semua makhluk Tuhan memiliki keunikan masing-masing. Tidak memandang suku tercantik Indonesia, ataupun suku lainnya. Itulah sisi baiknya Tuhan.

Allah memberikan keunikan tersendiri dari semua mahluk ciptaan-Nya. Membuat mereka terlihat berbeda, walaupun secara genetik mereka hanya terbagi atas dua jenis, yakni laki-laki dan perempuan.

Mulai dari penampilan, lalu sisi sopan santun mereka, tanggapan mereka terhadap orang lain, sampai dengan kepada isi dari pemikiran mereka. Yang mana hal tersebut memunculkan frasa.

Baca juga beritaku: Wanita Tercantik Zaman Nabi, Kisah Mahar Termahal Dalam Islam

Bahwa setiap orang yang kita temui, tidak semuanya memiliki isi pemikiran yang sama dalam memandang sebuah hal. Maka dari itu, sudah menjadi sebuah keharusan untuk saling toleransi.

Namun bukan itu yang menjadi titik pembicaraan dalam artikel ini. Kali ini kita akan membahas beberapa suku di Indonesia yang termasuk dalam kategori tercantik.

Bukan berarti menjadi sebuah patokan kalian, mengingat setiap manusia terutama kaum hawa, memiliki definisi cantik mereka sendiri. Jadi apa saja suku tersebut? Mari kita bahas!

Suku Tercantik Dari Pulau Sumatera

Terdapat beberapa suku tercantik Indonesia yang ada di Sumatera
Terdapat beberapa suku tercantik Indonesia yang ada di Sumatera (foto: stylo.grid.id)

Apa yang terbesit dalam hati kalian jika mendengar kata “Pulau Sumatera”? Yang pasti destinasi wisata sejarah yang tergambar nyata, yang mana terdapat satu danau yang sangat terkenal, bahkan melegenda.

Apa lagi jika bukan Danau Toba. Namun dibalik dari terkenalnya destinasi wisata sejarah yang ada, Pulau Sumatera mempunyai beberapa suku yang terkenal dengan paras cantinya. Apa saja?

1. Suku Aceh

Suku Aceh menjadi salah satu suku tercantik Indonesia (foto: teropong.id)

Aceh adalah kota yang sangat terkenal dengan sematan nama “Serambi Mekkah”. Hal ini merujuk kepada aturan yang sangat berpedoman pada Al-Qur’an, serta beberapa hal lainnya.

Meski begitu, tempat ini sangat terkenal dengan wanita-wanita yang tinggal di daerah Aceh, memiliki bentuk wajah yang sangat cantik. Hidung mancung, serta warna kulit yang lebih condong kepada kuning langsat.

Penyebab dari adanya hal tersebut, tidak lain karena zaman dahulu terdapat orang Melayu yang ke Aceh, lalu mereka menikah dengan orang pribumi. Itulah yang menjadi alasan suku ini termasuk ke dalam suku tercantik di Indonesia.

2. Suku Padang

Suku Padang, Sumatera (Foto: bobo.grid.id)

Sama dengan suku sebelumnya, Suku tercantik selanjutnya adalah dari Padang Indonesia. Suku ini juga kebanyakan memiliki keturunan Melayu. Yang mana terdapat bentuk muka yang hampir sama.

Seperti hidung mancung, warna kulit sedikit kulit langsat, dan sebagainya. Apalagi kebanyakan dari mereka, merupakan wajah perpaduan antara Asia Timur, dengan Asia Tengah.

Membuat mereka makin mempesona, serta membuat siapa saja akan jatuh cinta melihat paras ayu mereka.

3. Suku Palembang

Suku Palembang yang ada di Sumatera (foto: id.wikipedia.org)

Satu lagi suku tercantik di Indonesia terutama di Pulau Sumatera, ialah dari suku Palembang. Suku ini terkenal dengan bentuk wajah mereka yang sangat mungil, imut, serta menggemaskan.

Mereka tidak pernah bosan untuk kita pandang meski menggunakan gaya style baju apapun. Rata-rata wanita Palembang merupakan keturunan Melayu, serta sebagian kecil adalah keturunan Asia Timur.

4. Suku Minangkabau

Suku Minang di Sumatera (foto: kumparan.com)

Mereka memang sangat terkenal dengan wanita-wanita cantik dari wilayahnya. Hal tersebut merujuk kepada beberapa aktris papan atas Indonesia yang sangat cantik, dan mereka berasal dari suku Minang.

Salah satunya adalah Bunga Citra Lestari atau yang sering kita kenal sebagai BCL. Istri dari Alm Asraf Sinclair ini, memiliki mata yang sangat indah, tubuh yang ideal, serta warna kulit yang cenderung putih.

Membuat wanita berumur 37 tahun ini terlihat tetap awet muda, dan memiliki karisma yang sangat kuat.

5. Komering

Suku Komering di Sumatera (foto: docplayer.info)

Suku Komering ini, merupakan suku yang berasal dari Sumatera Barat. Yang mana rata-rata wanita keturunan suku tersebut, memiliki bentuk tubuh yang ideal dengan tinggi yang pas.

Serta warna kulit mereka yang rata-rata putih bersih. Bukan hanya itu, mereka juga terkenal dengan keramah-tamahan dari wanita-wanita keturunan suku ini.


Suku Tercantik Indonesia Dari Pulau Jawa

Dian Sastro Wardoyo merupakan salah satu wanita asli dari Pulau Jawa (foto: hipwee.com)

Lalu ada beberapa suku lain yang juga terkenal sebagai suku tercantik Indonesia. Yakni suku jawa. Ada beberapa suku Jawa yang terkenal dengan kecantikanya, antara lain:

1. Suku Sunda dari Indonesia

Suku ini juga menjadi daftar list sulu tercantik di Indonesia (foto: posbaru.com)

Mereka sangat terkenal dengan kecantikan dari para wanitanya. Suku Sunda merupakan suku asli atau khas dari Jawa Barat. Suku ini tersebar di beberapa kota seperti Bandung, Tasikmalaya, dan beberapa wilayah Jawa Barat lainnya.

Mereka memiliki ciri-ciri yakni berkulit putih bersih, imut, dan tidak pernah bosan untuk kita pandang. Dalam aspek lainnya, wanita Sunda juga sangat ramah terhadap orang lain.

Tidak heran ada beberapa aktris Indonesia yang ternyata merupakan keturunan dari Suku Sunda ini. Contohnya seperti Raisa, Isyana Sarasvati, Yura Yunita, dan sebagainya.

2. Suku Jawa

Suku Jawa Indonesia (foto: krjogja.com)

Yang selanjutnya ada suku Jawa. Suku ini tersebar ke beberapa wilayah seperti Yogyakarta, Surakarta, dan beberapa wilayah Jawa lainnya. Suku ini kebanyakan tersebar di Jawa Tengah.

Rata-rata dari suku Jawa, mereka memiliki warna kulit tidak terlalu putih dan tidak terlalu gelap. Wanita asli suku Jawa, mereka memiliki senyum manis.

Bukan hanya dari Suku Sunda, beberapa wanita yang menjadi aktris pun ada yang dari suku Jawa. Antara lain: Yuki Kato, Cassandra Lee, Dian Sastro Wardoyo, Tyas Mirasih, dan beberapa aktris lainnya.


Suku Tercantik Indonesia Dari Kalimantan

beberapa suku tercantik di Indonesia, tersebar di wilayah Kalimantan (foto: hops.id)

Beberapa suku ini juga sangat terkenal kecantikannya. Hingga membuat suku-suku yang terdapat di Pulau Kalimantan ikut tersematkan sebagai suku tercantik di Indonesia. Apa saja?

1. Suku Dayak

Suku dayak Indonesia menjadi Primadona (foto: idntimes.com)

Kesan apa yang kalian dapatkan jika sudah menyangkut pembahasan mengenai “suku dayak”? Ya, kekejaman yang sering banyak orang katakan tentang suku ini.

Terutama orang-orang yang suka membangun stigma dalam masyarakat bahwasannya wanita suku Dayak memiliki kekuatan magis yang dapat membuat laki-laki dari manapun bisa terpikat olehnya.

Jawabannya adalah, iya, tapi bukan dari kekuatan magis mereka. Melainkan dari kecantikan alami mereka, serta keramah-tamahan dari gadis-gadis suku Dayak.

Mata yang sangat bundar serta senyum manis dari bibir tipis mereka, membuat siapa saja akan betah di sana. Bahkan mungkin ada yang berniat untuk tinggal di tempat tersebut.

2. Suku Banjar

Suku Banjar Indonesia yang mempesona (foto: inhilklik.com)

Selanjutnya adalah Banjar. Yang mana suku ini sangat terkenal dengan wajah mereka yang rupawan.

Hal tersebut merujuk pada kebanyakan warganya yang keturunan campuran, seperti dari Tionghoa, hingga sampai Eropa.

Selain cantik, mereka juga terkenal dengan melakukan hal apapun secara giat dan rajin. Jadi, semuanya bisa terlaksana dengan baik, sesuai dengan perancangan kegiatan awalnya.


Suku Tercantik Indonesia Dari Sulawesi

Jullie Estele dan sang kaka merupakan wanita berdarah Kalimantan (foto: popbela.com)

Kota ini sangat terkenal dengan destinasi wisatanya yang mempesona. Namun bukan hanya dari pesona keindahan alam yang tempat tersebut suguhkan untuk para pelancong, namun ada keindahan lain dari provinsi ini.

Benar, beberapa suku di sana ternyata juga terkenal dengan kecantikannya, serta paras mereka yang akhirnya menjadikan suku tersebut menjadi suku paling cantik di Indonesia. Apa saja?

1. Suku Minahasa

Suku Minahasa yang berkarisma (foto: id.quora.com)

Banyak yang menyebutkan sebagai Manado (untuk orang awam kebanyakan). Mereka sangat terkenal dengan bentuk tubuh yang sempurna bagai model, serta rata-rata dari mereka memang tampaknya memperhatikan penampilan.

Dalam sejarah tertuang bahwasannya alasan dari hal tersebut, ialah zaman dahulu orang-orang pribumi banyak yang menikah dengan orang keturunan asli wilayah Eropa.

Baca juga beritaku: 6 Pemain Voli Tercantik Dunia, Adakah Indonesia?

Jadi, tak heran jika kebanyakan wanita di Sulawesi memiliki paras yang cantik serta tubuh yang ideal. Ini merujuk kepada orang-orang Eropa yang kala itu terkenal dengan kecantikan serta ketampanannya.

Beberapa aktris Indonesia yang lahir dan asli suku Minahasa / Manado ini, adalah Jullie Estelle beserta sang kakak, Angel Lelga, Alice Norin, dan beberapa sederet aktris lainnya.

2. Suku Sangir

Wanita suku sangir yang ramah (foto: travel.detik.com)

Selanjutnya adalah Suku Sangir. Mungkin suku ini tidak terlalu terkenal seperti suku sebelumnya.

Namun percayalah bahwa mereka juga termasuk dalam suku tercantik di Indonesia. Mereka sangat anggun jika memakai baju adat, yakni bernama Sangihe.

Mata yang bulat serta senyuman manis khas wanita sangir, membuat siapa saja akan jatuh cinta pada pandangan pertama.

3. Suku Tolaki

senyum wanita suku Tolaki yang manis (foto: kataomed.com)

Adapun suku lainnya di Sulawesi, yakni suku Tolaki. Suku ini terkenal dengan kecantikan dari para wanita di sana. Hal ini merujuk kepada pernikahan dari seorang Bule dari Barcelona Italia, yang jatuh hati kepada wanita asal Sulawesi tersebut.

Wanita tersebut merupakan keturunan dari suku Tolaki. Hal tersebut merujuk kepada pernikahan mereka yang menggunakan adat suku Tolaki.


Suku Tercantik Dari Papua

Suku tercantik Indonesia juga ada di Papua
Suku tercantik Indonesia juga ada di Papua (foto: sumut.indozone.com)

Kita beranjak kepada wilayah lain di Indonesia, yakni di Papua. Kecantikan dari beberapa suku dari Papua, ternyata tidak kalah terkenalnya dari beberapa suku tadi yang sudah kita bahas.

Suku yang terkenal dengan warna kulit dominan gelap serta rambut yang rata-rata keriting, ternyata menjadi identik dari kecantikan mereka. Jadi, apa saja suku-suku yang terkenal cantik di Papua?

1. Suku Wamena

Wanita suku Wamena yang memiliki senyum manis (foto: chepapuana.wordpress.com)

Jika mendengar kata “suku Wamena” kita serasa sedang flashback pada acara pencarian bakat yang terselenggara waktu itu oleh salah satu stasiun TV swasta Indonesia.

Ya, salah satu jebolannya adalah Nowela Elizabet Auparay. Ia memiliki suara yang sangat khas, sehingga membuat para juri kala itu sangat takjub dan menghargainya.

Bukan hanya itu, namun paras dari Nowela juga menyita perhatian banyak warga net. Kesan eksotis dan seksi, sangat tergambar jelas dari Nowela.

2. Suku Serui

suku serui yang cantik (foto: boombastis.com)

Dari suku ini juga terlahir wanita yang tak hanya cantik namun juga berbakat. Suku ini awalnya banyak lirikan orang saat salahs atu penyanyi emasnya yakni Dorkas Waroy ini muncul dengan lagu “aku rindu”.

Yang mana lagu tersebut rilis pada tahun 3 tahun silam. Dari hal tersebut banyak orang yang menilai bahwa orang dari Papua juga cantik, serta memiliki keunikan masing-masing.

Baca juga beritaku: Arlida Putri Seksi, Penyanyi Dangdut Cantik Dengan Senyum Khas

Yang pasti, pada akhirnya kembali kepada diri sendiri mengenai definisi “cantik”. Manusia, terutama kaum hawa, memiliki hak untuk mengklaim bahwa mereka “cantik”.

Karena cantik tidak harus terpaku pada satu beauty standart yang ada. Cantik Indonesia, adalah cantik yang unik serta beranekaragam seperti suku, agama, ras, serta budaya yang Indonesia miliki.

Sekian ulasan kali ini, semoga menginspirasi.

Bagikan Ke