Teks pembawa berita sangat penting bagi keberlangsungan acara berita
Pembawa berita (Foto: sekolahnesia.com)

Teks Pembawa Berita dan Reporter: Contoh Hingga Kisah Mereka

Posted on

Teks pembawa berita, adalah salah satu komponen penting bagi para news anchor dalam menyampaikan berita sesuai dengan apa adanya. Hingga terdapat contoh, serta kisah dari mereka, yang dapat menginspirasi banyak orang. Maka, begini jelasnya.

Beritaku.id, – Organisasi dan Komunikasi_ Seolah haus akan kebenaran memang penting adanya. Panggung rasanya sudah disetting sedimikian rupa. Dengan para aktor dan aktris yang mulai ditutup matanya, dan berakting sesuka “mereka”. Ya, mereka. para penguasa, yang selalu mengelabui rakyatnya.

Oleh: Ayu Maesaroh(Penulis Organisasi dan Komunikasi)

Menjadi pembawa acara berita, jika kita pikir lebih dalam, maka profesi tersebut sangat banyak orang mengidamkannya, namun juga mengerikan dalam sisi lainnya.

Hal tersebut merujuk kepada tantangan pada setiap topik berita yang mereka bawakan, terutama dalam hal topik politik yang kadang masih menjadi polemik di masyarakat sekitar.

Dengan berbagai tantangan tersebut, tidak heran jika seorang reporter pembawa berita, membutuhkan teks yang memang bertujuan agar nantinya, mereka tidak salah kata ataupun pengucapan saat membawakan topik yang mereka sampaikan.

Hingga akhirnya bermuara pada sebuah ketugahan dan ketetapan hati. Mendelegasikan diri untuk terus menyuguhkan kebenaran, kepada mereka yang haus dengan keadilan dalam sebuah wilayah kekuasaan.


Contoh Kalimat Pembuka dan Penutup Berita

Contoh pembuatan teks pembawa berita
Contoh teks berita (Foto: penerbitdeepublish.com)

Seorang pembawa acara pada dasarnya, mereka harus mempunyai keterampilan dalam mengolah emosi, terutama untuk berita-berita yang memang gempar, atau pada kejadian yang baru saja berlangsung.

Tidak heran jika beberapa orang dalam test menjadi seorang pembawa berita ataupun yang sering tersebut dengan reporter, mereka kesulitan dalam membawakan berita tersebut, dengan tuntutan intonasi, serta penahanan emosi yang harus mereka kuasai.

Baca juga beritaku: Teks Pidato dan Serba-Serbinya, Serta Metode Hingga Struktur Teks

Maka, untuk menghindari adanya kesalahan dalam pembawaan berita karena demikian, hal tersebut tercetuslah inisiatif untuk membuat contoh kalimat pembuka, serta penutup berita, yang mana penting dalam menarik first impression audience.

Beberapa contoh dari keduanya antara lain:

Selamat pagi/siang/sore/petang/malam. Saya (nama pembawa berita), akan menemani anda dengan berbagai topik hangat terkini dan aktual selama 30 menit kedepan dalam acara (nama acara berita)

Perlu diketahui, bahwasannya dalam menyampaikan sebuah berita, harus dalam suasana formal, sehingga tidak disarankan menggunakan kata yang sedikit santai atau bahkan gaul dalam membawakan berita yang akan pembawa berita sampaikan kepada para audience.

Begitu juga dengan contoh teks dari pembawa berita, yang mana juga harus formal dalam penutupan acara berita, dengan tetap memperhatikan intonasi, serta penahanan emosi untuk tetap lebih tenang, namun dapat menarik perhatian para audience.

Berikut contoh teks penutupan dalam sebuah acara berita:

Demikian berita kali ini, saya (nama pembawa acara berita) mohon undur diri dari hadapan Anda. Terimakasih dan selamat pagi/siang/sore/petang/malam/, sampai jumpa.

Itulah beberapa contoh dari kalimat pembuka serta penutup acara berita, yang mana dapat menjadi referensi kalian. Entah saat tuntutan untuk membawakan berita, ataupun menjadi referensi saat akan masuk test sebagai reporter, dan lainnya.


Kostum Pembaca Berita/Reporter

Jenis kostum news anchor (Foto: liputan6.com)

Namun, seorang pembawa berita, tidak akan lepas dari kostum pembaca berita/ reporter. Yang mana dengan menggunakan kostum, akan tampak sebuah pribadi yang tegas, tenang, namun juga gigih dalam menyampaikan keadilan.

Kostum sendiri, juga merepresentasikan acara berita yang akan berlangsung selama beberapa menit, dengan teks pembawa berita yang mereka bawa dan akan tersampaikan kepada audience.

Yang mana dapat merepresentasikan acara berita formal namun masih dalam balutan santai, sehingga hal tersebut memberikan suasana yang lebih asyik kepada sang pembawa acara.

Juga mereka akan membawakan berita tidak terlalu kaku, serta dapat memberikan impact kepada audience agar rileks dalam menerima pemberitaan yang ada.

Sehingga kostum dalam membawakan berita sangatlah penting, dalam keberlangsungan acara berita yang mereka bawakan. Beberapa jenis kostum dari acara berita antara lain:

Pakaian Formal

Jenis pakaian ini sudah lumrah dan menjadi kewajiban para penyiar, terutama pembawa acara berita. Yang mana mereka mendapat tuntutan agar lebih rapih, sehingga kewibawaan terbangun secara tidak langsung.

Biasanya untuk pria, dalam berpakaian formal untuk membawakan berita, tidak jarang yang memakai jas hitam, lalu di dalamnya menggunakan kemeja putih, berkerah. Lalu, untuk bawahan menggunakan celana hitam, formal.

Untuk kaum wanita sendiri, biasanya memiliki variasi kostum formal yang lebih banyak ketimbang untuk para kaum pria. Yang terpenting, tidak terlalu membentuk lekuk tubuh, atau bahkan mengundang kontroversial.

Seperti contohnya di Negara Australia, yang baru saja mendapatkan kritikan dari berbagai warganet di sana soal kostum pembawa acara berita wanita, yang mana ada salah satu bagian kostum yang membentuk alat kelamin pria.

Kasus ini panas pada tahun 2019 lalu, dengan beribu kritikan tersampaikan oleh warganet, untuk para pembawa berita agar tidak lagi menggunakan kostum tersebut. Hal ini merujuk kepada “salah fokus” mereka, yang kadang mengganggu.

Namun, saat mengulik kembali, ternyata kostum tersebut tidak satu atau dua pembawa acara berita wanita, yang menggunakan kostum demikian.

Ternyata kostum tersebut di desain oleh desainer terkenal asal Australia, bernama Scanla Theodore.

Kostum Semi Formal

Kostum semi formal ini, biasanya terkesan santai, namun masih ada sentuhan formal di dalamnya. Rata-rata beberapa pembawa acara pria, akan menggunakan kemeja yang lebih cerah, dengan lengan yang kadang agak di tekuk, sampai ke bawah siku.

Lalu menggunakan celana formal. Sedangkan untuk wanita, sama seperti jenis kostum sebelumnya, yang mana memiliki variasi kostum semi formal lebih banyak, ketimbang pria.


Daftar Pembawa Berita Tercantik

Presenter cantik Sheila Purnama (Foto: idntimes.com)

Terlepas dari hal tersebut, terdapat sematan yang sangat indah bagi para presenter pembawa berita, yang mana tidak sedikit warganet mengusungkan mereka sebagai seorang aktris, ketimbang harus berkecimpung dalam dunia yang penuh dengan bahaya tersebut.

Mereka, dengan paras sempurna, yang mana atas karunia-Nya, menjadikan mereka sebagai daftar pembawa berita tercantik, hingga saat ini.

Baca juga beritaku: Struktur Teks Khutbah Jumat, 5 Rukun, Hukum, Pembagian, Dan Cara

Maka, berikut beberapa list dari pembawa berita tercantik, antara lain:

Sumi Yang

Merupakan seorang wanita dan juga seorang istri dengan mempunyai 2 buah hati. Ia berkecimpung dalam dunia berita pada tahun 2002.

Yang mana ia sekarang lebih aktif memberikan berita berbahasa mandarin, pada acara berita Metro TV Xinwey.

Sumi Yang lahir pada tahun 1984, pada bulah Januari tanggal 2. Dan sekarang, sudah menginjak usia lebih dari 30-an tahun.

Meski demikian, parasnya tetap cantik dan mempesona. Bahkan tak jarang warganet yang sering mengatakan bahwa ia memang sudah pantas menjadi model, ataupun aktris sekalipun.

Zackia Arfan

Merupakan seorang presenter berita juga yang mana ia, sering merengkuh berbagai jenis teks untuk pembawa berita pada channel TV, Metro TV.

Ia sudah aktif pada dunia berita sejak 2007, hingga sekarang. Dan jika terhitung, sudah lebih dari 13 tahun ia berkecimpung pada dunia pembawa berita.

Zackia Arfan sendiri adalah mahasiswa lulusan dari Universitas Bina Nusantara. Sejak ia muncul dalam acara berita di Metro baik pagi, siang, maupun malam.

Wajahnya yang cantik dan mempesona, seakan membius para audience, dan menyematkan ia sebagai presenter yang sangat cocok menjadi seorang aktris.

Sheila Purnama

Salah satu pembawa berita yang memiliki sematan nama “si senyum semanis gula”, Sheila Purnama, sudah mengawali karirnya sebagai pembawa berita.

Dan membiasakan diri dengan berdialog dengan teks pembawa berita, saat ia terjun ke salah satu channel tv, yakni TV ONE.

Dengan kepiawaiannya, ia pun kembali menjadi seorang pembawa berita atau yang sering dikenal dengan news anchor ini, saat ia bergabung di channel tv Net.

Wanita kelahiran 24 Maret tahun 1988 ini, sekarang menjadi pembawa berita di Indosiar, serta namanya semakin melambung karena parasnya.

Usut punya usut, ternyata Sheila, adalah jebolan runner-up Miss Indonesia pada tahun 2009. Tak hanya sampai disitu, ia juga meraih prestasi sebagai Abang – None Jakarta pada tahun 2008.

Tidak heran jika banyak warganet yang meleleh akan senyumnya, dan bahkan tidak sedikit yang mengatakan bahwa ia, pantas sebagai seorang aktris.

Shafinaz Nachiar

Merupakan wanita yang sampai detik ini, menjadi seorang news anchor pada salah satu TV swasta terbesar di Indonesia, yakni RCTI.

Berbekal dengan pengalamannya, yang mana sudah ia bangun sejak tahun 2016, wanita kelahiran tahun 1996 ini, banyak tuai pujian karena parasnya yang cantik serta rupawan.

Tidak heran jika banyak orang, mengatakan bahwa ia lebih cocok berkecimpung dengan dialog sebuah film ataupun sejenisnya, ketimbang saling merangkul dengan teks untuk pembawa berita.


Daftar Pembaca Berita Yang Terjun Ke Dunia Politik

Teks pembawa berita ke ranah politik
News anchor ke politik (Foto: sumut.idntimes.com)

Meski demikian, ada juga seorang news anchor yang membawa ia, terjun ke sebuah dunia yang mungkin banyak hindaran dari teman sejawat mereka.

Ialah dunia panggung politik. Dengan segala kemewahan, serta berbagai cobaan yang kadang tidak bisa terelakkan oleh siapapun.

Tergiur, hingga mereka pada titik kejayaan dengan gelimang harta, dan tahta yang ada. dan bukan lagi teks berita yang mereka rengkuh, namun sekarang adalah janji yang atas dasar sumpah, di bawah kitab suci. Jadi, siapa saja nes anchor tersebut?

Meutya Hafid

Merupakan seorang mantan news anchor pada salah satu channel TV terkenal di Indonesia, yakni Metro TV. Wanita kelahiran 3 Maret 1978, sekarang sudah memiliki aktivitas lain, yakni sebagai politikus, teptnya sebagai salah satu bagian dari DPR.

Yang mana ia di dapuk dalam jabatan tersebut, karena pendahulunya harus mendapat panggilan dari Yang Maha Kuasa.

Baca juga beritaku: Konsep Pidato: Bentuk, Struktur Teks, 8 Jenis & Metode Penyusunan

Sebelum itu, ia sudah pernah mencoba peruntungannya sebagai wakil Walikota Binjai Sumatera, yang mana kala itu dirinya diusung dari partainya saat ini, yakni Golkar, untuk periode 2010-2015.

Sebelum itu, ia juga pernah mencalonkan ia sebagai salah satu anggota DPR pada tahun 2009, untuk cabang dari Jakarta.

Tantowi Yahya

Siapa yang tidak kenal dengan beliau? Seorang mantan news anchor yang terkenal dengan acaranya who want’s to be a millonare?

Beliau adalah seorang senior news anchor yang telah berkecimpung sangat lama, bahkan lebih dari 14 tahun lamanya. Pria kelahiran 29 oktober tahun 1960 ini, sekarang sudah menjabat sebagai seorang politikus, dibawah naungan partai Golkar.

Sekarang dirinya sudah menjabat sebagai anggota DPR dari fraksi partai tersebut. Yang mana ia menjabat sebagai Komisis tingkat II, dengan job desc adalah Bidang pertahanan, intelejen, Luar negeri, serta Media informatika.

Teguh Juwarno

Adalah mantan news anchor kondang RCTI, yang mana sekarang menjadi DPR Komisi II, yang menaungin bidang pertahanan, media dan informatika, intejelen, serta luar negeri.

Dirinya telah bergabung dengan partai yang kini menjadi fasilitas kendaraan untuk maju ke ranah politik yakni parta PAN, sejak tahun 2009 lalu.

Hingga sekarang, dirinya sudah menjabat sebagai sekretaris fraksi dari partai PAN tersebut.

Penutup

Itulah beberapa pembahasan mengenai teks pembawa berita, yang mana dapat menjadi salah satu referensi kalian, serta memberikan tambahan pengetahuan tentang seorang news anchor.

Tetap semangat dalam menjalani hari, dan impian kalian. Semoga menginspirasi ya.

Daftar Pustaka:

  1. https://brainly.co.id
  2. https://www.idntimes.com
  3. https://www.merdeka.com
Bagikan Ke