Aktivitas Satgas Drainase Kec. Ujung Pandang, Apa Definisi Dan jenisnya?
Aktifitas Satgas Drainase Dijalan Raya Untuk Mengendalikan Aliran Air Drainase (Foto: Beritaku.id)
Aktivitas Satgas Drainase Kec. Ujung Pandang, Apa Definisi Dan jenisnya?

Kecamatan Ujung Pandang, terus melakukan pembenahan, termasuk menata drainase dengan satgas, melalui aktivitas.

BERITAKU.ID, MAKASSAR – Sesuai arahan Bapak Camat Ujung Pandang agar terus memperhatikan kondisi kebersihan di wilayah kelurahan.

Lurah Kel. Baru memerintahkan Satgas Drainase Kel. Baru Kec. Ujung Pandang untuk melakukan pengerukan drainase di jl. Ince Nurdin Kelurahan Baru pagi tadi.

Aktifitas Satgas Drainase

Dalam kegiatan ini, Bapak Topan dan Fadlan yang juga staf kel. Baru melakukan pengawasan terhadap satgas drainase selama proses pengerukan berjalan.

Lurah Baru, Andi Akhmad Muhajir, S.STP mengatakan “kegiatan ini merupakan inisiasi dari pemerintah kelurahan yang sesuai dengan instruksi Bapak Walikota Makassar agar lebih merawat dan menjaga kebersihan di wilayah sehingga masyarakat merasa nyaman dengan bersihnya kondisi wilayah.

Drainase yang berasal dari bahasa inggris drainage yang mempunyai arti mengalirkan, membuang atau mengalihkan air. Menurut H. A Halim Hasmar (2011), drainase secara umum didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari sebagai suatu tinndakan teknis untuk mengurangi kelebihan air dalam satu konteks pemanfaatan tertentu, baik yang berasal dari hujan, rembesan maupun yang lainnya di suatu kawasan, sehingga fungsi kawasan tidak terganggu.

Apa Itu Drainase

Pembahasan mengenai drainase, dimulai dengan definisi, Seorang ahli bernama Dr. Ir Suripin, M. Eng (2004). Menyebutkan bahwa drainase memiliki arti mengalirkan, menguras, membuang atau mengalirkan air.

Secara umum, bahwa drainase diartikan sebagai struktur bangunan air yang berfungsi mengurangi atau mengendalikan kelebihan air dari saluran atau kawasan atau lahan.

Sehingga lahan dapat difungsikan sesuai kebutuhan.

Drainase juga dapat diartikan sebagai suatu cara pembuangan dari kelebihan air. Yang tidak di inginkan pada suaru daerah (desa atau kota), serta cara untuk penanggulangan akibat ditimbulkan oleh kelebihan air (banjir).

Hasmar,Halim, 2012, Drinase Terapan, Penerbit UIIPress. Yogyakarta

Tujuan Drainase

Adapun Tujuan Dari Drainase adalah :

  1. Untuk menciptakan kesehatan lingkungan pemukiman. 
  2. Melakukan Pengendalian kelebihan debit air permukaan agar dapat dilakukan secara aman. Dengan lancar dan efisien, sejauh mungkin mendukung kelestarian lingkungan, menghindari penumpukan sampah
  3. Dapat mengurai genangan air yang menyebabkan bersarangnya nyamuk malaria, mencegah disentri serta beberapa penyakit yang lain yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan. 
  4. Dengan pengendalian banjir, maka sarana seperti jalan raya dan sarana lainnya akan bertahan lama.

Fungsi Drainase

Adapung Fungsi dari drainase adalah :

  1. Mempercepat bagian wilayah kota dengan permukaan area yang rendah dari genangan. sehingga tidak menimbulkan akibat negatif seperti terjadinya infrastruktur kota serta harta benda milik masyarakat yang beresiko tergenang. 
  2. Meresapkan air permukaan sebagai air tanah untuk menjaga suplay air sumur penduduk.

Beritaku: Satgas Swakelola Lakukan Pengerukan Sampah di Drainase Kandea Raya

Tinggalkan Balasan