bacaan surah 3 Qul
Bacaan Surah bacaan surah 3 Qul Dalam Al Quran

Bacaan Surah 3 Qul: Istilah dan Manfaat Dalam Kehidupan

Diposting pada

Tahukah kamu mengenai istilah bacaan surah 3 Qul? Keutamaan mengamalkan dari membaca surah ini? Sebenarnya istilah bacaan surah 3 Qul merupakan suatu nama dari gabungan ketiga surah yang tercantum dalam kitab suci Al-Quran.

Beritaku.id, Berita Islami – Munculnya istilah bacaan surah 3 Qul mengambil dari kesamaan bunyi bacaan awal lafaz ketiga surah ini. Faktanya seorang muslim pasti sudah mengenal tiga surat di akhir penutup kitab suci Al-Quran yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas.

Oleh Sofyani (Penulis Kisah Islami)

Bagi seorang muslim pasti sudah familiar dengan bacaan surat 3 Qul ini. karena sering mendengarkan dan mengamalkan terutama saat hendak melaksanakan shalat 5 waktu.

Umumnya anak kecil sudah bisa menghafal surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Karena dalam lingkungan keluarga dan sekolah sering mengajarkan surah Al-Quran termasuk ketiga surah ini kepada mereka.

Hal ini membuat anak kecil terbiasa bahkan hafal dengan bacaan surat 3 Qul. Ketiga surah-surah tersebut memiliki jumlah surah yang cukup sedikit, sehingga mudah bagi anak kecil mengingat dan menghafalkannya. Meskipun terlihat sederhana bacaan 3 Qul mempunyai keutamaan tersendiri apabila rutin mengamalkan.

Keutamaan terdapat dalam kandungan arti masing-masing dari bacaan surah 3 Qul. Ada baiknya bila mengaji surah, baca juga kandungan arti dan makna dalam surah sehingga bisa memahami makna dalam surah tersebut. Untuk melihat lebih detail istilah dan keutamaan dari masing-masing surah tersebut pada kehidupan sehari-hari. Yuk simak berikut penjelasan dalam artikel ini. 

Baca juga beritaku: Kelonggaran Rezeki : Surah Tentang Rejeki, Serta 3 Cara Dan Pembukaan

Yang termasuk Dalam Surah 3 Qul, Arab, Arti dan Maknanya  

Bacaan surah 3 Qul terdiri dari surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nass. Ketiga surah ini memiliki arti dan makna yang luar biasa. Berikut penjelasan terhadap masing-masing surah yang termasuk dalam bacaan surah 3 Qul antara lain.

Surah Al-Ikhlas

Bacaan Surah Al Ikhlas

Ayat-Dalam-surat-Al-Ikhlas
Ayat Dalam Surat Al-Ikhlas(Foto: tarbiyah.net)

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia”.

Surat Al-Falaq
Ayat-Dalam-Surat-Al-Falaq-jpg
Ayat Dalam Surat Al-Falaq (Foto: tarbiyah.net)

Artinya: Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar). Dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita. Dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya). Kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki”.

Surat An-Naas
Ayat-Dalam-Surat-An-Nas
Ayat Dalam Surat An-Nas (Foto: tarbiyah.net)

Artinya: “Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhannya manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. Dari golongan jin dan manusia”.

Faedah dan Kegunaan Surah 3 Qul

Setelah memahami arti dan makna dari masing-masing surah yang terdapat dalam bacaan 3 Qul. Ketiganya memiliki faedah dan kegunaan yang sangat penting bagi umat islam apabila rutin mengamalkan ketiga surah-surah ini adalah.

Baca juga beritaku: Karomah Surah Al Waqiah: Doa Pembuka Rezeki, Setelah Tahajjud Dan Dhuha

Dzikir Pagi dan Petang

Salah satu dzikir yang diajarkan Nabi saat pagi dan petang yaitu membaca Al-Ikhlas, Al-falaq. An-Naas. Bacaan surah 3 Qul mengandung keutamaan yang sangat besar, sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW.

Dengan mengucapkan bacaan surah 3 Qul yang terdiri dari Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas pada waktu pagi dan sore hari. Sebanyak tiga kali, maka surah-surah tersebut akan melindungimu dari segala kejahatan makhluk.

Hadist ini sebagaimana diriwayatkan Abdullah bin Khubaib Al-Juhani dan juga merupakan sahabat dari kalangan Anshar.

Tujuan mengajarkan kepada umat islam secara umum menjadikan bacaan surah 3 Qul sebagai amalan dzikir di waktu pagi dan petang hari.

Keutamaan mengamalkan dzikir pagi dan petang secara rutin akan selalu dalam lindungan Allah dari segala kejahatan makhluk.

Bacaan surah 3 Qul merupakan surah terbaik untuk melindungi diri. Usahakan tidak lupa membaca setiap hari di waktu pagi dan petang agar senantiasa terlindungi dari segala kejahatan makhluk.

Kita tidak pernah tahu sikap dan hati seseorang terhadap diri kita. Kadang kita juga tidak menyadari akan perilaku, ucapan diri sendiri kepada orang lain yang mungkin dapat melukai perasaan orang lain.

Mengakibatkan seseorang ini memiliki dendam kepada kita yang tanpa sadar berasal dari ucapan, perilaku kita sendiri.

Mungkin seseorang yang terluka hatinya akan bersikap sewajarnya terhadap kita, namun kita tidak tahu dengan isi hatinya.

Karena kita tidak menyadari dan orang tersebut tidak mengungkapkan secara gamblang atau langsung kepada kita. Tentang perilaku dan ucapan kita yang dapat melukai hatinya. Sehingga memicu adanya dendam, iri dengki terhadap orang lain.

Alternatifnya dengan rutin mengamalkan dzikir pagi dan petang dapat membuat kita terlindungi dari segala kejahatan makhluk.

Selain itu, membuat hati kita akan terasa damai, tenang, terhindar pikiran negatif seperti mengeluh, bermalas-malasan. Hal ini bisa membantu meningkatkan produktivitas menjalani kegiatan harian.

Sebagai Obat

Faedah dan kegunaan bacaan 3 Qul sebagai obat, terutama apabila mengamalkan sebelum tidur.

Dalam sebuah hadist Bukhari dan Muslim Rasulullah bersabda: ketika beliau menghampiri tempat tidurnya. Beliau menyatukan kedua telapak tangan kemudian meniup dan membacakan pada kedua tangganya dengan surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas.

Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangannya pada anggota tubuh yang mudah terjangkau.

Beliau mengusapkan mulai dari kepala, wajah, bagian depan tubuhnya, beliau melakukan itu sebanyak tiga kali.

Sebagai umat muslim sepatutnya mencontoh apa yang Rasulullah lakukan supaya mendapatkan manfaat kebaikannya. Dengan rutin menjalankan contoh yang beliau lakukan bisa melindungi diri dari mimpi buruk dan tidur menjadi nyenyak. Umumnya mimpi buruk merupakan gangguan setan yang mengakibatkan seseorang merasa was-was, gelisah yang membuat tidur menjadi terganggu.

Baca juga beritaku: 6 Daftar Surah Anti Stress, Pemberi Ketenangan Jiwa

Terlindung dari ‘Ain

Penyakit ‘Ain ternyata sudah ada pada zaman Rasulullah. Ketika itu, kaum kafir Quraisy selalu berusaha untuk menyakiti Rasulullah yang salah satunya dengan cara menggunakan ‘Ain.

Istilah ‘Ain merupakan upaya seseorang dalam menyakiti orang lain melalui pandangan mata.

Kemudian Allah SWT mengajarkan kepada Rasulullah membaca surah Al-Ikhlas dan Al-Falaq dan An-Nass sebagai obat untuk melindungi diri dari penyakit ‘Ain.

Penyakit Ain
Penyakit Karena Pandangan Mata

Apalagi sekarang dunia digital yang mana semua orang berlomba-lomba supaya dapat terlihat orang lain. Seperti berbagi postingan kemewahan dan lainnya, hal ini mungkin bagi sebagai orang yang melihat tersebut memicu iri, dengki. Tanpa sadar memicu penyakit ‘Ain terhadap orang tersebut.

Pengertian ‘Ain merupakan adanya hasad atau perasaan iri, dengki terhadap nikmat yang dimiliki oleh orang lain. Karena orang memiliki ‘Ain merasa dirinya layak dan pantas mendapatkan seperti orang tersebut.

Biasanya orang yang memiliki sifat hasad selalu penuh kebencian seperti arogansi dan isi hati. Kedua sifatnya termasuk sifat setan yang menempati sifat manusia untuk menyimpang dari kebaikan.

Umumnya orang terkena penyakit ‘Ain akan merasakan pusing kepala, mudah marah dan perasaan takut yang tidak normal. Untuk mencegahnya dengan mengamalkan bacaan surah 3 Qul setiap hari agar terhindar dari penyakit ‘Ain.

Melindungi dari Sihir

Pada zaman Rasulullah sudah ada yang namanya sihir. Beliau juga pernah menjadi korban sihir dari seorang Yahudi bernama Lubaid bin Asham. Ketika itu Lubaid bin Asham menggunakan media sihir dengan pelepah kurma.

Kegiatan Sihir
Ilmu Sihir Yang Mendapat Laknat Allah SWT

Dalam pelepah kurma ini terdapat rambut Rasulullah, beberapa gigi sisir dan 11 ikatan yang ditusuk dengan jarum.

Kemudian, beliau membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas. Ketika setiap satu ayat telah terbacakan maka terlepaslah satu ikatan hingga beliau merasa lebih ringan. Ketika seluruh ayat telah terbacakan maka terlepaslah seluruh ikatan sihir itu.

Faedah dan kegunaan membaca dan mengamalkan bacaan surah 3 Qul terdiri dari surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas. Dapat melindungi diri dari segala bentuk kejahatan pada malam hari seperti sihir, hasad atau was-was yang berasal dari hembusan setan.

Mulailah sekarang lebih rutin membaca dan mengamalkan surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas terutama pada pagi dan petang hari. Supaya bisa terhindar dari segala cara bentuk kejahatan makhluk yang ingin menjerumuskan kita kepada hal-hal negatif. Perbanyak amalan lain seperti tadarus Al-quran, berdzikir dan berdoa agar selalu dalam lindungan Allah SWT.

Cara Mengamalkan Surah 3 Qul

Ada berbagai cara untuk mengamalkan bacaan surah 3 Qul dan pada waktu yang berbeda-beda. Namun, tetap memiliki faedah dan kegunaan yang sama agar selalu terlindungi dari segala bentuk kejahatan makhluk. Berikut waktu terbaik membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas (surah 3 Qul) antara lain.

Baca juga beritaku: Susunan Wahyu Turun 114 Surah Al Quran

Pada Waktu Pagi dan Sore Hari

Setiap manusia pasti tidak luput dari keburukan, entah datang dari diri sendiri atau orang lain yang tidak suka dengannya.

Untuk mencegah terjadi keburukan ini, tentu seorang manusia hanya bisa meminta pertolongan, perlindungan kepada Allah SWT.

Salah satunya dengan mengamalkan bacaan surah 3 Qul yakni Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas pada pagi dan petang hari sebanyak tiga kali. Maka ayat-ayat tersebut akan mencukupkanmu atau menjagamu dari segala keburukan.

Menjelang Tidur

Rasulullah selalu mengamalkan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas sebelum beliau tidur. Beliau membaca surah-surah ini sebanyak tiga kali, lalu meniupkan baca tadi ke telapak tangannya. Setelah itu, mengusapkan pada kedua telapak tangannya ke seluruh anggota badan yang mudah ke jangkau oleh beliau. Seperti kepala, wajah dan tubuh bagian depan, beliau melakukan hal demikian sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari)

Dengan mengamalkan contoh dari Rasulullah sebelum tidur membaca surah 3 Qul ini. Bisa melindungi diri dari sesuatu yang buruk dan juga merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Ketika Akan Meruqyah

Bacaan surah 3 Qul juga bisa menjadi doa, wirid untuk penyembuhan ketika sakit dengan meniupkan bacaan surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas saat ruqyah. Hal juga terdapat dalam sebuah hadist dari ‘Aisyah radhiyallahu’anha yang mengatakan.

Ketika Rasulullah sakit, beliau menyuruh ‘Aisyah melakukan sunnah Rasulullah ketika hendak tidur. Beliau selalu membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas, kemudian meniup pada kedua telapak tangan beliau.

Mengusapkan ke seluruh anggota badan Rasulullah mulai dari kepala, wajah, tubuh bagian depan sebanyak tiga kali. Sama halnya ketika Rasulullah sedang sakit dengan mengamalkan bacaan surah 3 Qul.

Setelah Melakukan Shalat Fardhu

Ada berbagai cara untuk mengamalkan ketiga surah ini yaitu membaca setelah melakukan shalat fardu sebanyak tiga kali. Sesuai dengan hadist Uqbah bin Amir yang mengatakan:

Rasulullah SAW memerintahkan padaku untuk membaca tiga surah di akhir penutup kitab suci Al-Quran yakni Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas sesudah salam. (HR An-Nasai dan Abu Dawus)

Itulah penjelasan detail mengenai istilah bacaan 3 Qul, faedah dan kegunaan serta cara mengamalkannya. Betapa dashyatnya membaca dan mengamalkan surah 3 Qul dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga boleh membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas pada selain waktu tersebut.

Hanya saja dengan mengamalkan bacaan surah 3 Qul sesuai dalam artikel ini merupakan yang paling utama. Sebagian ulama juga memperbolehkan bacaan surah 3 Qul sebagai dzikir pagi dan petang, dzikir setelah shalat (sesudah salam).

Bagikan Ke