Philodendron Cover
Pink Princess Salah Satu Jenis Philodendron

Philodendron, 10 Jenisnya Yang Menjadi Incaran Kolektor Tanaman

Diposting pada

Philodendron merupakan tanaman hias, yang sedang menjadi incaran para pecinta tanaman saat ini. Penyebabnya adalah, karena jenis dan warna daunnya yang sangat cantik. Dan Oleh sebab itu juga, tanaman ini jadi sering menjadi pelengkap dekorasi rumah yang unik 

Beritaku.id, Lestari – Alam merupakan surga bagi semua tanaman, yang kehadirannya bahkan dapat membuat manusia jatuh cinta akan kecantikannya. Philodendron adalah salah satu dari keindahan karunia Tuhan, yang sudah membuat manusia di Bumi ingin memilikinya.

Oleh: Novianti Lavlia (Penulis Lestari)

Philodendron adalah  tanaman hias yang sedang trending saat ini, dan juga sangat mudah perawatannya. Cirinya khasnya yang paling ikonik, dapat terlihat dari daunnya yang memiliki 

permukaan halus dan berserat. Selain itu, warnanya yang kehijauan, juga dapat menambah suasana asri pada setiap sudut hunian.

Beberapa jenis dari tanaman estetika ini, dapat menjadi tanaman gantung yang indah. Karena varian jenisnya cukup banyak, tidak heran jika harga dari tanaman ini juga menjadi bervariasi. Harga jualnya saat ini, berkisar dari Rp.15.000 hingga ratusan juta rupiah, tergantung dari jenisnya.

Namun sebagai catatan, walaupun tanaman ini sekilas terlihat mirip dengan Monstera, tapi kedua tanaman hias ini tidaklah sama. Mari kita lihat sejenak, apakah sebenarnya perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Philodendron & Monstera

Monstera - Philodendron
Salah Satu Jenis Monstera (Monstera Deliciosa)

Philodendron atau Philo, merupakan tanaman yang masuk dalam family Araceae, sama halnya dengan Monstera. Selain itu, tanaman ini juga hidup di iklim tropis, seperti Amerika dan Hawaii.

Beberapa masyarakat dunia, bahkan menjulukinya sebagai “pohon cinta”, karena daunnya yang menyerupai bentuk hati.

Lain halnya dengan Monstera, yang berasal dari Meksiko. Walaupun sebenarnya, terdapat juga di Hawaii dan Amerika. Dan seperti pada keterangan sebelumnya, Monstera juga termasuk dalam family yang sama dengan Philodendron, yaitu  Araceae.

Monstera juga terkenal dengan nama Swiss Cheese Plant, karena bentuk daunnya yang memiliki lubang pada bagian tengahnya. Selain itu, Monstera juga menghasilkan buah yang lezat.  Dan di Indonesia sendiri, tanaman ini  memiliki julukan yang unik, yaitu ”janda bolong”.

Jadi pada intinya, Monstera memang terlihat seperti Philo, namun bukan termasuk sebagai salah satu dari jenis tanaman hias tersebut. Memang serupa, tapi tetap tidak sama!

Berikut ini adalah beberapa jenis Philo cantik, yang telah menjadi incaran banyak orang.

1. Philodendron Selloum

Philo Selloum
Philo Selloum

Ciri dari Selloum adalah, daunnya yang berwarna hijau gelap dan berkilau, karena kaya akan klorofil. Walaupun negara asalnya adalah Amerika Selatan, namun Selloum juga tumbuh di wilayah Florida yang beriklim hangat.

Di Indonesia sendiri, Selloum mendapatkan julukan sebagai “tanaman jari”, karena bentuk daunnya yang mirip dengan jari jemari manusia. Sebagai tanaman hias, perawatan tanaman ini tergolong cukup mudah. Bahkan pemula sekalipun, dapat menanamnya tanpa kesulitan.

Tanaman ini  dapat tumbuh hingga mencapai setinggi 15 cm, dengan batangnya yang cukup tebal dan kokoh. Walaupun tanaman ini dapat hidup di bawah sinar matahari, namun lebih bagus jika menempatkannya di area yang teduh.

Jenis yang satu ini umumnya memiliki harga pasaran antara Rp.206.000 sampai Rp.600.000, dan harga bibitnya berkisar antara Rp.45.000 sampai Rp.125.000. Harga yang berlaku dapat berbeda-beda, karena semakin besar ukurannya, maka semakin mahal harganya.

2. Philodendron Marble 

Philodendron  Marble
Philo Marble

Philo Giganteum  sebenarnya lebih populer dengan sebutan Philodendron Marble, yang sekilas mirip dengan tanaman talas. Selain itu, banyak  juga dari kalangan masyarakat yang lebih suka menyebutnya Philo Marble.

Perbedaan tanaman ini dengan talas adalah, batang yang dimiliki Marble jauh lebih kecil, dan  juga lebih keras. Selain itu, daun Marble juga tidak selebar talas, namun bentuk dan strukturnya, lebih cantik daripadanya.

Perbedaan lain yang terlihat antara Philo Marble dan talas adalah, tangkai pada bagian daunnya lebih kuat, dan memiliki jenis akar udara pada batangnya. Selain itu, tanaman yang unik ini, memiliki daun yang berbentuk hati yang panjang, dengan ujungnya yang runcing. 

Ciri fisik yang lebih spesifik pada Philo Marble, yaitu memiliki daun berwarna hijau tua berkilau, dengan tekstur kasar.

Harga Jenis tanaman yang mirip talas ini juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp. 26.000, hingga Rp. 75.000. Sedangkan harga bibitnya, dibandrol seharga Rp. 25.000 saja.

3. Philodendron Black Cardinal

Philodendron Black Cardinal
Philo Black Cardinal

Belakangan ini banyak sekali tanaman hias yang memiliki warna gelap, namun malah menjadi primadona bagi para kolektor tanaman. Warna daunnya yang berkilat kehitaman, justru memancarkan kesan misterius yang begitu indah. 

Ketika masih bertumbuh, daun Black Cardinal akan memiliki warna oranye terang atau perunggu. Namun secara bertahap akan mulai berubah menjadi gelap, saat  beranjak dewasa. Selain itu, tanaman ini juga memiliki ciri khas, dengan batangnya yang berwarna kemerahan. 

Black Cardinal juga tidak tumbuh merambat, karena merupakan tanaman hias yang rimbun. Atau dengan kata lain, tumbuhnya akan berkumpul pada satu tempat saja. Oleh karena itu, tanaman pendek ini sangat cocok untuk menjadi bagian dari dekorasi ruangan. 

Harganya sendiri juga masih terbilang terjangkau, pada kisaran harga Rp. 70.000 hingga Rp. 900.000. Sedangkan harga bibitnya saat ini adalah, sekitar Rp.35.000.

4. Philodendron Patriciae 

Philo Patriciae
Philo Patriciae

Jenis Patriciae ini memiliki daun dengan ukuran  panjang dan besar, terlihat sekilas seperti dayung yang menggantung. Daunnya yang tumbuh memanjang, memiliki vena sentral  bercahaya dan juga motif gelombang yang menarik.

Tanaman ini dapat bertahan hidup hingga tiga tahun lamanya, dan cukup mudah dalam perawatannya. Namun walaupun begitu, termasuk sebagai tanaman yang sensitif, ketika ingin memindahkannya. Jadi tetap harus hati-hati jika ingin melakukannya. 

Bukan hanya daunnya yang bergelombang dan warnanya yang  gelap mempesona, Patriciae juga sangat mudah beradaptasi. Atau dengan kata lain, dapat tumbuh pada berbagai lingkungan, apabila merawatnya dengan benar.

Jika menempatkannya pada suhu yang terlalu tinggi. Warna daunnya akan berubah memutih secara perlahan.

Selain itu, karena jenis tanaman ini masuk dalam kategori tanaman langka, harganya pun menjadi cukup tinggi. Saat ini, harga di pasaran berkisar antara Rp. 60.000.000 hingga Rp. 75.000.000.

5. Philodendron Ring of Fire  

Philodendron Ring Of Fire
Philo Ring Of Fire

Jenis Ring of Fire ini, awalnya bernama Philodendron “Henderson’s Pride”. Namun setelah itu berganti nama menjadi Ring of Fire, karena daunnya yang berwarna-warni. Panjang dari tanaman Philo ini, dapat mencapai hingga 60 cm.

Ciri lain dari  tanaman hibrida ini adalah, bentuk daunnya yang khas, karena terlihat seperti jilatan api dengan tepian bergerigi lebar. Selain itu, setiap helai daunnya juga tumbuh menyeruak pada batang tengah induknya. 

Warna daun Philo jenis ini sangat beraneka ragam, yang terdiri dari merah, oranye, kuning, hijau, serta putih. Varian pola nya juga berbeda-beda, ada yang berbintik-bintik, berupa bercak abstrak, maupun bergaris.

Harga dari Philo Ring of Fire saat ini, berkisar antara Rp. 400.000 hingga Rp. 3.000.000. Sedangkan harga bibitnya, ada pada kisaran Rp. 110.000.

6. Philodendron Jose Buono

Philodendron Jose Buono
Philo Jose Buono

Jose Buono  merupakan salah satu jenis Philo yang juga populer saat ini. Daunnya yang berbentuk sekop, berwarna hijau tua dan memanjang, dengan variasi warna putih keemasan.

Dengan semua keindahan penampilannya, tidak heran jika Jose Buono menjadi incaran para kolektor tanaman.

Selain itu, Philo ini  juga memiliki toleransi terhadap cahaya rendah dan kelembaban, sehingga mudah untuk dirawat . Namun sayangnya, Jose Buono termasuk dalam tanaman beracun. Oleh karena itu, sebaiknya hindarkan dari jangkauan anak-anak dan peliharaan.

Keunikan lain dari Jose Buono adalah, daunnya yang sangat tebal, dan dapat mencapai ketinggian hingga lebih dari 3 meter. Hal tersebut dapat terjadi, jika penanaman berada di alam terbuka. Namun jika berada dalam ruangan, tingginya tidak akan  lebih dari 1 meter.

Uniknya lagi, tanaman cantik ini juga dapat menjadi dekorasi gantung, karena pertumbuhannya yang lambat. Harga dari Philo ini juga cukup variatif, antara Rp.750.000 hingga Rp. 5.000.000, tergantung dari ukuran dan kesempurnaan kondisinya.

7. Philodendron Hederaceum 

Philo Hederaceum
Philo Hederaceum

Philo Hederaceum memiliki daun berwarna hijau. Sekilas, bentuknya hampir mirip dengan tanaman sirih gading, atau menyerupai bentuk hati yang berukuran kecil. Jenis tanaman ini sangat menarik, karena memiliki kombinasi  warna putih, krem, dan hijau pada daunnya. 

Varietas dari Philo jenis ini, merupakan kategori tanaman merambat yang cukup produktif perkembangannya. Beberapa tanaman, bahkan dapat tumbuh hingga mencapai lantai. Harga dari jenis Hederaceum ini sangat terjangkau, yaitu sekitar  Rp. 40.000 hingga Rp. 200.000 saja.

8. Philodendron Minima Variegata

Philodendrum Variegata
Philo Variegata

Salah satu jenis dari Philo termahal yang pernah terjual adalah Minima Variegata. Seorang ahli botani dari Selandia Baru telah berhasil menjualnya, dengan harga Rp 114.000.000. Karena tergolong sebagai jenis yang langka, tidak heran jika tanaman ini menjadi sangat populer.

Minima Variegata juga memiliki julukan sebagai “Mini Monstera”, yang ciri ikoniknya adalah, hanya memiliki 4 lembar daun pada batangnya.

Selain itu, keunikan lain dari varietas ini terdapat pada kombinasi warna hijau dan putih, dengan ukuran daunnya yang super besar. Pola daunnya yang berbolong, malah membuat penampilannya terlihat sangat eksotis.

Warna putih pada daunnya berasal dari mutasi sel, yang menyebabkan terjadinya kelainan klorofil secara alami. Benang merahnya adalah, semakin dominan warna putih daunnya, maka semakin mahal harganya.

9. Philodendron Florida Beauty 

Philodendrum Florida Beauty
Philo Florida Beauty

Florida Beauty juga merupakan salah satu jenis Philo yang mahal di Indonesia, karena kelangkaannya. Harga per helai daunnya adalah Rp.2.000.000 untuk saat ini. Jadi bisa terbayang,  jika satu Philo memiliki 4 sampai 5 helai daun, harganya dapat mencapai Rp 10.000.000 per pohon.

Selain karena langka, faktor yang juga menjadi penyebab mahalnya Florida Beauty adalah, karena bentuk daunnya yang tidak biasa. Bahkan bukan itu saja, warna kuning terang dan hijau tua daunnya yang cantik, juga menjadi daya tarik tersendiri.

Philo jenis ini dapat tumbuh di dalam maupun di luar ruangan. Sistem penanamannya juga dapat menggunakan media tanah, ataupun pot. Nilai tambahnya yang lain adalah, penampilannya yang dapat terlihat indah, sebagai dekorasi tanaman gantung.

10. Philodendron Pink Princess

Philodendron Pink Princess
Philo Pink Princess

Sudah bukan cerita lagi, jika banyak masyarakat memberikan predikat Philo Pink Princess sebagai “tanaman khusus untuk para sultan”. Tanaman ini sebenarnya sudah mulai tenar sejak 2019 lalu. Dan pada 2021, kecantikannya semakin berkibar di mata dunia.

Harga jual dari Philo ini berkisar antara harga Rp 18.500.000, hingga Rp 22.500.000. Untuk ukuran yang berada di pot kecil, harganya masih sekitaran Rp. 10.000.000. Nilai jualnya yang sangat mahal, terjadi karena warna pink pada daunnya yang sangat langka.

Warna tersebut terbentuk, sebagai akibat dari proses mutasi genetik secara alami. Semakin banyak kombinasi warna daun yang terbentuk, maka semakin tinggi nilai jualnya. Warna yang paling sering terbentuk pada Pink Princess adalah, kombinasi antara hijau tua dan pink.

Penutup

Memiliki hobi mengoleksi tanaman hias adalah suatu hal yang biasa. Namun, hal itu akan menjadi luar biasa, jika tanaman tersebut berharga cukup mahal. Salah satu dari tanaman “sultan” berharga selangit itu adalah Philodendron, yang memiliki banyak sekali kelebihannya.

Sejak tahun 2019, tanaman ini sudah memancarkan aura keindahannya kepada masyarakat dunia. Jadi tidak heran, pada awal 2021 ini terdapat 10 jenis Philo yang semakin populer, karena telah menjadi incaran para kolektor.

Referensi Internasional

  1. Philodendron ‘Ring of Fire’ – Candide Gardening
  2. Philodendron Hederaceum – Pistils Nursery
  3. 12 Most Popular Philodendron – You Had Me At Gardening
  4. What’s the Difference Between a Monstera and a Split-Leaf Philodendron? – Monstera Plant Resource
  5. Philodendron Jose Buono – Gardening Brain

Bagikan Ke