Definisi bunga caldium
Bunga caldium adalah (Foto: suryakepri.com)

10 Jenis Tanaman Caladium, Harga dan Cara Perawatan

Diposting pada

Menanam caladium menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. ada 10 jenis caladium. Cara perawatan pun cukup mudah bagi pemula, Tanaman yang dapat kita beli dengan harga yang terjangkau ini juga memiliki beberapa manfaat. Selain harga Kenali juga ciri khas yang dimiliki Caladium.

Beritaku.id, Pendidikan – Tren menanam bunga saat ini masih sangat tinggi animo masyarakat. Dan karena hal tersebut, kita perlu untuk mengetahui ragam dan jenis bunga, termasuk Caladium ini.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Pendidikan)

Tanaman Caldium

Mengoleksi tanaman hias kini tengah menjadi suatu kegiatan yang cukup banyak orang lakukan. Terlebih di masa pandemi seperti ini, bercocok tanam dapat menjadi pilihan yang dapat kita jadikan sebagai kegiatan untuk sekedar refreshing.

Salah satu jenis tanaman hias yang kini banyak peminatnya adalah caladium, tanaman cantik ini mampu memikat masyarakat. Terhitung semenjak adanya pandemi tanaman ini menjadi tanaman yang banyak terjual di beberapa penjual tanaman hias.

Budidaya caladium terbilang tidak begitu susah, cukup dengan media tanam (pupuk) yang bagus dan penyiraman secara rutin, maka tanaman ini dapat tumbuh dengan subur.

Tanaman hias ini termasuk jenis tanaman hias dengan masa hidup yang tidak begitu panjang, yaitu kurang dari satu tahun.

Ada beberapa jenis tanaman lain yang juga memiliki masa hidup yang tidak begitu lama, termasuk tanaman caladium ini. Meskipun begitu, tidak menjadikan caladium tidak memiliki banyak peminat.

Justru tanaman jenis ini semakin populer di kalangan masyarakat karena bentuknya yang cantik.

Memang pesona dari tanaman ini banyak membuat para penggemarnya rela merogoh kantong untuk memborongnya. Sebab dengan harga yang cukup terjangkau tanaman ini sudah dapat kita bawa pulang.

jika mendapat perawatan yang baik maka tanaman hias ini akan tumbuh dengan subur dan begitu indah, cocok sebagai pajangan di halaman rumah. Berbagai corak yang dimiliki pun dapat memberikan nuansa indah pada taman atau halaman rumah anda.

10 Jenis dan Penanaman  Caladium (Latin dan Indonesia)

Thai Beauty

Caladium kini tengah viral di kalangan para pecinta tanaman, bahkan banyak masyarakat yang awalnya tidak menyukai tanaman kini mulai meliriknya.

Sempat menjadi kehebohan juga di internet bahwa tanaman jenis ini memiliki nilai jual senilai mobil avanza.

Hal tersebut hampir sama dengan keviralan tanaman gelombang cinta beberapa tahun silam.

Namun jangan khawatir, sebab berita tersebut kini tidak terbukti kebenarannya. Anda dapat memiliki tanaman cantik ini dengan harga yang terjangkau.

Tanaman memiliki berbagai jenis, hal tersebut lah yang menjadikan tanaman ini mulai viral. Coraknya yang unik dan indah, sehingga banyak orang mulai membudidayakannya dengan berbagai jenis.

Berikut ini 10 jenis tanaman caladdium yang dapat anda jadikan referensi untuk menghuni taman atau halaman rumah anda.

Baca juga beritaku: Bau Busuk Bunga Raflesia, Ini Penyebabnya Dan Fakta Bunga Bangkai

1. Carolyn Whorton

Caladium Carolyn warthon
Tampilan dari Caladium Carolyn Warthon

Jenis yang pertama ini memiliki daun berbentuk hati dengan warna dasar dan ada bercak merah muda dan putih di bagian dalamnya yang membuat tanaman ini semakin indah.

selain itu jenis ini juga memiliki batang yang berwarna merah muda.

Baca juga beritaku: Bunga Edelweis: 6 Jenis, Cerita Mitos Dan Kiasan Kata Yang Menarik

2. Gingerland

Caladium Gingerland
Caladium Gingerland dengan ciri khas totol putih dan merah muda

Jenis ini memiliki daun yang berbentuk hati dengan ukuran yang kecil, namun jika anda merawatnya dengan baik dan benar maka tanaman jenis ini dapat memiliki ukuran daun yang sedang. Daun dari jenis gingerland ini berwarna hijau dengan corak totol putih dan merah muda di bagian tenggahnya.

3. Moonlight

Caladium Moonlight
Caladium Moonlight berwarna putih dengan corak merah muda

Sama dengan namanya, jenis ini memiliki warna putih menyala pada bagian daun dan batang.

Di bagian pinggir daun terdapat corak garis berwarna hijau yang mengelilingi penuh daun. Tampak serat-serat halus dari setiap daunnya yang menjadikan tanaman ini semakin indah.

4. Miss Muffett

Caladium Miss Muffet
Caladium Miss Muffet dengan warna dasar hijau dan daunnya lebih kecil

Jenis ini memiliki ukuran daun sedikit lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainnya. Dengan warna dasar daunnya yang berwarna hijau dan totol-totol merah muda di bagian tenggahnya menjadikan tanamanan ini cocok untuk pelengkap halaman rumah.

Baca juga beritaku: Subhanallah, Alquran Tertancap Akar Bunga Anggrek, Setinggi 110 mm Pada Surah AtThamrin Ayat 8 – 12

5. White Christmas

Caladium White Christmas
Caladium White Christmas berwarna putih dengan warna dasarnya hijau

Dari namanya, caladium jenis ini memiliki ciri-ciri daun berbentuk hati dengan warna dasar hijau dan di bagian tenggahnya berwarna pputih bersih menyerupai salju. Jika melihatnya dengan seksama, sekilas tanaman ini mirip dengan pohon cemara yang tertimbun salju.

6.White Queen

Caladium White Queen
Caladium White Queen mempunyai keunikan dengan tulang daun berwarna merah muda

Caladium ini memiliki warna dasar putih pada daunnya, di bagian pinggir daun terdapat garis hijau yang mengelilingi penuh daun. Tulang daunnya berwarna merah muda, serta beberapa serat daun memiliki warna campur antara merah muda dan hijau.

7. Freida Hemple

Caladium Frieda Hemple
Caladium Frieda Hemple mempunyai warna yang tegas dan begitu cantik

Jenis Freida Hemple ini tampak begitu tegas, sebabb daunnya yang bewarna hijau pekat di bagian dasarnya dan merah muda pada bagian tenggahnya. Perpaduan yang begitu kontras menjadikan tanaman jenis ini tampak begitu tegas.

8. Radiance

Caladium Radiance
Caladium Radiance mempunyai warna merah muda yang pekat dan dominan

Caladium radiance mempunyai daun yang tampak mengkilap dengan warna dasar daunnya putih. Di bagian pinggir daun bewarna hijau dan di bagian tulangnya berearna merah muda, semakin tegas pada bagian tulang maka akan semakin pekat warna merahnya.

9. Caladium Thai Beauty

Caladium Thai Beauty
Caladium Thai Beauty yang mempunyai corak seperti batik

Jenis thai beauty ini memiliki bentuk daun seperti hati yang sedikit berkerut. Warna dasar dari jenis ini adalah hijau dengan corak menyerupai batik yang identik dengan warna merah muda. Jenis ini juga sering disebut dengan caladium batik, sebab coraknyanya yang menyerupai batik.

10. Spring Fling

Caladium Spring Fling
Caladium Spring Fling berwarna merah muda yang membuatnya daunnya terlihat tipis

Jenis ini memiliki daun berbentuk hati yang berwarna dasar merah muda dan memiliki corak hijau di bagian tulangnya. Bagian pinggir daun juga memiliki corak garis berwarna hijau seperti pada bagian tulangnya.

Cara Melakukan Perawatan Caladium

Cara Merawat Caladium

Agar dapat tumbuh dengan subur, anda harus melakukan beberapa perawatan. Beberapa perawatan yang harus anda lakukan terbilang mudah, yaitu :

  1. Tanamlah di area yang tidak banyak terkena sinar matahari, sebab jenis tanaman hias ini tidak begitu banyak membutuhkan sinar matahari. Namun perlu anda ketahui bahwa kini ada beberapa jenis caladium yang dapat anda tempatkan pada area yang terkena sinar matahari banyak.
  2. Beri pupuk secukupnya saja, sebab jika anda memberikan pupuk dengan jumlah yang terlalu banyak akan menjadikan terbakar daunnya. Sebaiknya memberikan pupuk untuk tanaman ini cukup dua minggu sekali saja.
  3. Sama seperti tanaman hiasa lainnya, caladium juga perlu anda siram agar tanah selalu dalam keadaan lembab. Siramlah secukupnya pada pagi hari atau sore hari secara rutin.
  4. Jika terdapat daun atau batang yang mulai kering dapat anda potong menggunakan gunting agar tanaman ini dapat regenerasi dengan baik.

Manfaat Caladium

Manfaat Caladium

Selain menambah keindahan pada halaman rumah, rupanya tanaman hias memiliki beberapa manfaat yang perlu anda ketahui. Bagi anda pecinta caladium, mari simak beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dari menanam tanaman ini :

1. Mudah Perawatannya

Jika anda memiliki tanaman hias caladium, anda tidak perlu repot-repot dalam merawatnya, sebab tanaman ini adalah jenis tanaman hias yang tidak banyak memerlukan perawatan. Anda cukup menyiramnya secara teratur dan memberikan pupuk paling tidak dua minggu sekali.

2. Sebagai Pelengkap Halaman Rumah

Caladium juga menjadikan halaman rumah anda semakin indah, dengan berbagai corak yang dimiliki tentu akan menambah warna di halaman rumah anda. Jika anda menempatkan caladium di antara tanaman-tanaman hias lainnya, maka akan memberikan warna tersendiri.

3. Memiliki Banyak Jenis

Tidak hanya memiliki satu corak saja, anda dapat menemukan berbagai corak lainnya yang begitu indah dari beberapa jenis. Setidaknya di artikel ini membahas 10 jenis caladium yang dapat anda jadikan pelengkap tanamanan hias di halaman rumah.

4. Budidayanya Yang Mudah

Untuk budidayanya sendiri cukup dengan menanam kembali akarnya yang berbentuk menyerupai ubi. Cara ini sangat mudah dan dapat anda lakukan di rumah dengan media tanam yang mudah didapatkan.

Harga

Harga Caladium

Tidak perlu khawatir merogoh dompet hanya untuk mendapatkan tanaman hias satu ini, sebab anda dapat membelinya dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan di beberapa marketplace pun juga menjualnya dengan harga yang bervariasi berdasarkan jenisnya.

Untuk mendapatkan jenis White Christmas dengan kisaran harga 10.000 ukuran kecil. Untuk jenis lainnya juga berkisar di harga tersebut, jika ingin memiliki yang ukuran sedang hingga besar ada pada kisaran harga 25.000 hingga 70.000.

Rata-rata harga untuk setiap jenisnya dibandrol dengan harga yang murah, yang membedakannya hanya ukurannya serta jenisnya. Tanaman hias ini dapat dibeli di penjual tanaman atau marketplace. Tidak perlu khawatir karena saat ini pengiriman tanaman sudah menjadi hal yang umum.

Ciri Khas Uniknya

Karena tanaman hias ini tenggah menjadi incaran para pecinta tanaman, mari mengenal beberapa ciri-ciri unik yang dimiliki. Caladium juga disebut sebagai bunga keladi, yang masih tergolong dalam tumbuhan talas (araceae).

1.Tumbuh Di Daerah Lembab

Umumnya tanaman ini tumbuh di daerah-daerah lembab seperti hutan tropis, pinggiran sungai, rawa, dll. Sebab caladium dapat tumbuh pada suhu antara 20-30 Celcius. Jadi jika ingin menanam caladium sebaiknya tempatkan pada aera yang tidak terlalu banyak terkena sinar matahari.

2. Daunnya Berbentuk Hati

Caladium atau tumbuhan keladi memiliki ciri khas yaitu daunnya yang berbentuk hati, ada beberapa jenis yang berbentuk hati dengan pinggiran daun yang mengerut atau mengeriting. Namaun sebagian besar caladium memiliki daun berbentuk hati.

3. Corak Daun Yang Indah

Salah satu yang menjadi daya tarik dari tanaman hias ini adalah corak daunnya yang begitu indah. Mulai dari corak totol-totol bewarna merah muda dan putih, corak menyerupai tengkorak, corak menyerupai batik dan berbagai corak lainnya yang tak kalah cantik.

4. Cocok Untuk Koleksi

Semakin caladium memiliki corak yang unik dan warna yang beragam maka biasanya penjual akan memberikan harga yang tinggi. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman hias, selain untuk pelengkap koleksi hal tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan.

Tidak jarang penjual tanaman hias yang dapat menjual Tanaman ini dengan berbagai jenis dan corak yang unik dengan harga yang lumayan mahal. Untuk mengeluarkan uang demi mendapatkan caladium yang unik para pecinta tanaman hias tentunya tidak tanggung-tanggung.

Namanya juga hobi, bahkan mereka juga rela pergi ke luar kota demi mendapatkan caladium dengan corak yang unik. Caladium juga memiliki bunga, sebabnya karena dapat berkembangbiak dengan dua cara, yaitu dengan genetatif (biji) dan vegetatif (umbi).

5. Pengembangbiakannya Mudah

Biasanya para penjual tanaman hias lebih memilih mengembangbiakkan caladium dengan cara vegetatif, sebab lebih mudah dan cepat. Bunganya berbentuk seperti tonjolan bulat memanjang dengan bagian ujungnya yang tumpul, bagian ini disebut dengan spadiks.

Bentuk bunga dari tanaman ini banyak macamnya, ada yang berbentuk oval, bulat, segitiga hingga bentuk yang memanjang seperti oval. Warna dasar dan corak pada daunnya juga bervariasi, mulai dari hijau, merah muda, merah pekat, putih, kuning, ungu, dll.

Baca Juga : Nilai Moral Kopi, Dengan Filosofi Dalam 1 Cangkir, Sejarah Dan Buday

Bagikan Ke