Alocasi Black Velvet
Alocasia Jneis Black Velvet

10 Jenis Alocasia, Cara Merawat, Harga Jual dan Keunikannya

Diposting pada

Alocasia polly, tanaman mungil dengan 10 jenis untuk membentuk karakter rumah menjadi lebih bernilai seni. Tanaman hias dengan motif tengkorak yang memiliki harga jual cukup tinggi, ketahui pula cara merawat tanaman hias ini agar tumbuh dengan subur.

Beritaku.id, Lifestyle – Dunia bunga adalah dunia yang sangat tren sejak dulu hingga saat ini, namun dalam beberapa tahun terakhir. Bunga menjadi sebuah idola bagi kebanyakan perempuan. Koleksi rumah mereka dengan berbagaia jenis bunga, termasuk Alocasia. Yang akan kita bahas pada artikel ini.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Lifestyle)

Tanaman Hias Idola Ibu-Ibu

Para pemburu tanaman  hias pastinya sudah tidak asing dengan alocasia polly, siapa sangka tanaman mungil ini dapat menambah keindahan pada rumah kita. Pesonanya yang begitu elok dengann corak tengkorak tegas memberi sebuah sensasi tersendiri.

Kini tanaman hias ini tengah menjadi incaran masyarakat, tak hanya pecinta tanaman saja, bahkan masyarakat yang belum begitu mengenal tanaman hias pun ikut melirik tanaman ini. Bagaimana tidak? Tanaman hias ini begitu aestetik.

Perpaduan warna antara daun dengan tulang daunnya begitu indah, tidak heran ada beberapa orang yang menjualnya dengan harga yang tidak tanggung-tanggung.

Tahukkah anda bahwa tanamanan hias ini masih tergolon dalam keluarga araceae.

Ya, masih saudaranya tanaman hias caladium, sri rejeki dan anthurium. tanaman ini hidup di daerah tropis dan sub tropis, jadi jika anda ingin menanam tanaman hias ini tidak perlu khawatir. Tidak seperti tanaman hias lainnya, tanaman hias ini memiliki keunikan tersendiri. Hal tersebutlah yang menjadikan tanaman ini kian populer.

Meskipun masih satu kerabat dengan tanaman hias caladium, alocasia polly memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut terletak pada daun dan umbinya, jika caladium memiliki daun yang dapat tipis dan berwarna-warni, maka alocasia polly memiliki daun dengan ukuran yang lebih tebal dan warnanya tidak begitu mencolok seperti caladium.

Warna daun alocasia polly hanya hijau, kuning dan perak saja. Sedangkan bagian umbinya, caladium memiliki umbi yang tertanam pada tanah, pada alocasia polly tidak ada umbi melainkan hanya bonggol yang tertanam dalam tanah.

Jika ingin menanam, siapkan media tanam yang tidak banyak menyimpan air. Karena tanaman hias ini tidak begitu kuat dengan kandungan air yang terlalu banyak, hal tersebut dapat menyebabkan akarnya mudah membusuk.

Untuk itu pastikan bahwa media tanam tidak menyimpan air terlalu banyak, jangan biarkan pot tergenang air dan selalu pastikan bahwa pot benar-benar dapat meniriskan air dengan baik. Pastikan pula pupuk yang digunakan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Nama Latin atau Indonesia dan 10 Jenis Alocasia Polly

Apakah anda salah satu pecinta tanaman hias alocasia? Sudahkah anda mengetahui bahwa tanaman hias ini memiliki berbagai jenis. Pada artikel ini akan kita bahas 10 jenis yang dapat anda pelajari.

Baca Juga Beritaku: Bunga Edelweis: 6 Jenis, Cerita Mitos Dan Kiasan Kata Yang Menarik

1. Black Velvet
Black Velvet
mempunyai ciri daun yang berwarna hitam

jenis black velvet memiliki daun berbentuk hati dengan permukaan seperti beludru atau velvet. Pada bagia tulang daunnya terdapat garis warna putih yang menyerupai tengkorak jenis ini memiliki ukuran batang yang cenderung pendek dan daunnya cukup keras.

2. Cuprea
Cuprea
jenis ini memiliki ciri dengan daunnya yang berwarna ungu

jenis ini memiliki daun yang berbentuk hati dengan permukaan yang mengkilap seperti plastik. Banyak yang menyebutnya dengan keladi tengkorak atau keladi silver, sebab bentuk yang menyerupai tengkorak. Jika bagian daunnya terkena sinar matahari akan mengkilap seperti silver.

3. Black Infernalis
Black Infernalis
jenis ini merupakan jenis yang cukup langka

Jenis ini masih langka, tidak semua penjual tanaman hias memilikinya. Criri dari black infernalis yaitu daunnya yang berbentuk hati dengan warna kehitaman. Daunnya yang unik tersebut membuat banyak pecinta tanaman hias yang mencarinya. Namun alocasia jenis ini masih sulit didapatkan.

4. Amazonica
alocasia amazonica
Berwarna dasar hijau dengan pinggiran silver

amazonika adalah jenis yang begitu populer dari kalangannya, hampir setiap pecinta tanaman memilikinya. Jenis ini memiliki daun berbentuk hati dengan pinggiran yang bergelombang. Warna dasar daunnya hijau dan di bagian tulangnnya berwarna silver. Daun tanaman jenis ini juga akan mengkilap jika terkena sinar matahari.

5. Polly
alocasia poly
mempunyai ciri yang mirip dengan alocasia amazonica

jenis ini hampir mirip dengan alocasia amazonica, hanya saja alocasia polly tidak mengkilap jika terkena sinar matahari, dan di bagian tulang daunnya berwarna hijau pekat. Alocasia polly tidak dapat tumbuh besar seperti jenis amazonica, ukuran daun dan batangnya hanya sedang saja.

6. Reginae
alocasia reginae
mempunyai ciri daun dengan warna dasar hijau berpadu dengan corak warna hitam

Jenis ini banyak yang menyebutnya dengan keladi sintang karena spesies ini berasal dari Kalimantan Barat, tepatnya kabupaten Sintang. Oleh sebab itu banyak yang menyebutnya sebagai keladi dintang. Jenis ini memiliki bentuk daun hati dan berwarna hijau, pada bagian bawah daunnya tampak menyerupai daun telinga manusia.

7. Green Spield
alocasia green shield
berwarna hijau cerah, cocok untuk hiasan teras rumah

green spield memiliki daun berbentuk hati dengan tebal yang lebih tipis dari jenis lainnya. Ukuran batangnya lebih panjang dari black velvet, hanya saja di bagian tulangnya berwarna hijau pekat. Ukuran daun alocasia green spield dapat membesar jika merawatnya dengan baik.

8. Watsoniana
alocasia watsoniana
berasal dari kalimatan dengan ciri tekstur tulang yang tegas

Jenis alocasia ini berasal dari Kalimantan, ciri-ciri dari jenis ini adalah daunnya yang tipis dengan tekstur tulang yang jelas dan tegas menyerupai jenis mazonica. Di bagian pinggir daunnya terdapat pola berwarna putih yang tidak teratur.

9. Frydek
alocasia frydek
mempunyai tulang daun yang berwarna putih menyala

Alocasia ini disebut juga dengan keladi neon, jenis ini jika mendapat perawatan yang baik dapat tumbuh sangat besar. Yang menjadi daya tarik dari alocasia frydek adalah tulang daunnya yang berwarna putih tetap dapat menyela dalam kegelapan.

10. Cucullata
alocasia cuculata
mempunyai ciri permukaan daun yang mengkilap

jenis cucullata memiliki bentuk daun yang menyerupai daun sirih. jenis ini juga memiliki permukaan daun yang mengkilap, jenis ini paling berbeda dengan alocasia lainnya, mulai dari daun dan batangnya, keduanya sangat berbeda dengan jenis yang lainnya.

Karakter Mungil Tanaman

Alocasia polly adalah jenis yang paling kecil ukurannya jika dibandingkan dengan jenis alocasia lainnya. Namun siapa sangka si kecil yang mungil ini memiliki karakter yang begitu kuat. Perpaduan warna pada daun dan batangnya begitu indah.

Jenis alocasia ini akan mempercantik tampilan rumah jika anda meletakkannya di dalam rumah. Daunnya yang mengkilap menambah kesan mewah dan elegan. Saat ini tengah menjadi tren menanam alocasia polly di dalam rumah.

Selain menambah keindahan rumah, jenis tanaman ini juga dapat memberi kesejukan pada mata saat dipandang. Jika merawatnya dengan baik maka tanaman hias ini dapat tumbuh dengan subur dan indah, cocok untuk menghiasi setiap sudut rumah.

Baca Juga Beritaku: Begini Cara DP2 Makassar Dorong Produksi Tanaman Hortikultura

Cara Perawatan dan Karakter Alocasia Polly

Tanaman alocasia yang hampir mirim dengan caladium ini semakin populer karena bentuk daunnya yang unik dan warnanya yang begitu tegas. Perlu anda ketahui bahwa tanaman hias ini hanya dapat bertahan dalam jangka pendek saja, tidak lebih dari satu tahun. Sebab tanan ini termasuk tanaman hias anual.

Saat musin panas, alocasia dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan daun baru setiap minggunya. Pada usim dingin, pertumbuhan daun akan berkurang (terhenti), sehingga tanaman hanya seperti itu saja tanpa ada perkembangan.

Untuk merawat agar tetap tumbuh subur, anda perlu memperhatikan sinar matahadi yang masuk. Kebutuhan sinar matahari dari masing-masing jenis alocasia berbeda. Akan lebih baik jika anda bertanya kepada penjual jika ingin membelinya terlebih dahulu. Sebab jika alocasia terkena sinar matahari yang kurang atau berlebih dapat menganggu pertumbuhan daunnya.

Yang perlu anda perhatikan juga adalah media tanamnya, tanaman ini membutuhkan media tanam yang subur. Selalu jaga kelembaban tanah dan pastikan pupuk yang digunakan sesuai dengan kebutuhan tanaman hias.

Alocasia lebih rentan terhadap infeksi tanaman, untuk itu anda juga perlu memperhatikan kesterilan media tanamanya dan usahakan tidak membiarkan tanah terlalu lembab, ssebab dapat memicu tumbuhnya jamur dan menyebabkan pembusukan  pada akar.

Siramlah alocasia secara rutin agar dapat tumbuh dengan subur, alocasia adalah jenis tanaman yang menyukai air. Meskipun demikian, tetap perhatikan kelembaban tanahnya, jangan biarkan ada genangan air di pot. Hal tersebut dapat memicu pembusukan pada akar.

Harga Jual

Anda tertarik menanam alocasia polly? Jika anda tertarik untuk menanamnya, maka anda perlu mempersiapkan uang sekitar 50.000 hingga 300.000. tergantung dengan jenis dan ukuran alocasia yang akan anda beli.

Untuk ukuran daun yang masih kecil dan jumlahnya baru satu atau dua helai anda dapat menyiapkan uang sekitar 70.000. jika anda menginginkan ukuran yang lebih besar dengab jumlah daun yang lebih banyak maka anda harus menyiapan uang sekitar 300.000.

Sedikit tips, jika ingin membeli tanaman hias ini carilah beberapa referensi terlebih dahulu di internet. Tanyakan secara detail mengenai tanaman hias yang hendak anda beli. Mulai dari jenis, cara merawat dan lain sebagainnya.

Jika anda membelinya melalui marketplace, pastikan bahwa toko tersebut adalah toko yang dapat anda percaya. Cek beberapa review dari pembeli agar tidak menyesal setelah membelinya. Anda juga bisa membelinya dari marketplace yang banyak mendapat penilaian baik dari orang-orang yang pernah membeli tanamannya.

Membentuk Karakter Rumah Dengan Alocasia Polly

Alocasia polly siap bersanding dengan tanaman hias anda lainnya di rumah, bagi pecinta tanaman hias tentu tidak begitu pusing dengan peletakan alocasia polly. Sebab tanaman hias yang satu ini cocok ditempatkan di setiap sudut ruangan.

Berjejer dengan tanaman hias lainnya juga terlihat begitu cocok, yang perlu anda perhatikan hanya pencahayaan dari alocasia polly, usahakan tanaman tetap terkena sinar matahari yang cukup agar proses fotosintesisnya tidak terganggu.

Perhatikan pula benda-benda atau tanaman-tanaman yang ada di sekitarnya. Jangan membuat perpaduan warna yang begitu kontras, sebab hal tersebut dapat mengurangi nilai seni dari tanaman hias alocasia polly.

Alocasia polly akan lebih cocok jika ditempatkan pada ruangan yang tidak memiliki banyak hiasan dan berlatar warna tidak begitu ramai. Misal saja, anda dapat meletakkan alocasia pada sudut ruangan dengan tembok bercat putih atau cream.

Jika anda menyukai nuansa gelap, dapat juga menempatkan tanaman hias ini di ruangan yang berlatar warna biru dongker atau abu-abu. Corak tulang pada daun alocasia akan terlihat jelas dan tegas meberikan kesan yang begitu menonjol dari ruangan anda.

Demikian pembahasan mengenai tanaman hias alocasia dan berbagai jenisnya, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan tanaman hias yang cocok menjadi penghuni ruangan atau halaman rumah anda.

Baca Juga Beritaku: 10 Jenis Tanaman Caladium, Harga dan Cara Perawatan

Bagikan Ke