ilustrasi orang pidato deskriptif dan eksplanatif

Deskriptif Dan Eksplanatif, Pengertian, 2 Jenis Pidato Yang Tidak Terkenal

Posted on

Mengenal jenis pidato secara deskriptif dan eksplanatif lengkap beserta pengertian dan perbedaan dari kedua jenis pidato tersebut. Lebih lengkap dengan adanya penjelasan dari 2 jenis pidato yang tidak terkenal di kalangan masyarakat.

Beritaku.id, Lifestyle – Berpidato di depan umum bukanlah perkara yang mudah untuk kita lakukan, ada beberapa teori yang perlu kita perhatikan juga sebelum melakukan pidato di depan umum, berikut akan kita bahas tentang jenis pidato secara deskriptif dan eksplanatif.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Lifestyle)

Tidak dapat kita pungkiri bahwa semakin berkembangnya jaman, kebebasan untuk mengutarakan pendapan semakin besar. Bukan hanya orang berpangkat saja yang dapat melakukan hal tersebut.

Masyarakat biasa pun dapat dengan bebas mengutarakan pendapatnya, salah satu cara yang dapat kita gunakan dalam menyampaikan pendapat adalah dengan pidato.

Saat ini pidato bukan lagi menjadi suatu hal yang asing untuk kita lakukan, terlebih di era yang semakin terbuka. Berbagai pendapat dapat kita utarakan dengan menggunakan tata bahasa yang santun.

Pidato merupakan suatu cara untuk mengungkapkan pikirian kita dalam bentuk kata-kata yang tersusun secara sistematis untuk disampaikan kepada masyarakat.

Selain untuk menyatakan pendapat, pidato juga dapat kita gunakan sebagai ucapat penyambutan atau selamat atas kedatangan seseorang yang penting atau tokoh masyarakat, untuk memperingati kegiatan-kegiatan penting.

Meskipun pidato termasuk seni monolog dalam keahlian kita berbicara, namun hakikatnya pidato merupakan percakapan yang sifatnya dua arah. Untuk itu perlu adanya keterampilan dalam berkomunikasi untuk membangun suasana.

Untuk dapat melakukan pidato dengan baik, tentu saja memerlukan kesiapan mental dan pengetahuan terlebih dahulu. Selain itu, jam terbang yang tinggi juga akan mempenggaruhi kualitas pidato.

Semakin sering kita melakukan sebuah pidato, maka akan semakin lancar dan luwes dalam berbicara di depan umum. Dalam membangun suasana yang nyaman pun juga terasa lebih mudah.

Pidato sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, dalam pembahasan kali ini akan kita berikan penjelasan mengenai jenis pidato deskriptif dan eksplanatif.

Baca juga beritaku : 5 Kelebihan Kekurangan Pidato Ekstemporan

Pengertian Dan Ciri Pidato Deskriptif Dan Eksplanatif – Deskriptif

Pidato deskriptif merupakan jenis pidato yang tujuannya ingin menggambarkan atau melukiskan sesuatu agar dapat sampai kepada audien.

Dalam pidatonya, seorang orator (sebutan bagi pembawa pidato) harus dapat membangu suasana. Pemilihan bahasa juga perlu diperhatikan untuk menghindari terjadinya kerancauan.

Selain itu, seorang orator juga perlu memiliki keahlian dalam menjabarkan sesuatu yang hendak ia sampaikan. Hal tersebut merupakan salah satu syarat seorang orator dalam menyampaikan pidato deskriptif.

Penyampaian pidato dapat kita sesuaikan berdasarkan adat yang berlaku, penyesuaian tersebut tentunya sangat memberi pengaruh besar terhadap keberhasilan dalam berpidato.

Beberapa hal yang perlu kita persiapkan sebelum melakukan sebuah pidato antara lain :

  1. Mengumpulkan informasi
  2. Menentukan tema
  3. Mengetahui durasi pidato yang akan kita lakukan
  4. Menyusun kata-kata dengan baik dan benar
  5. Mempersiapkan alat dan bahan pendukung dalam berpidato
  6. Melatih mental

Sebab, pidato deskriptif bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan kepada audien. Tidak hanya itu, pidato deskriptif juga memiliki beberapa ciri-ciri yang juga perlu kita perhatikan.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari pidato deskriptif yang dapat kami rangkum dari beberapa sumber.

  • Dapat menggambarkan suatu keadaan

Sesuai dengan pengertiannya, pidato deskriptif harus dapat menyampaikan atau menggambarkan suatu keadaan atau kejadian kepada audien, sehingga apa yang hendak kita sampaikan dapat diterima.

Dengan adanya penggambaran terhadap suatu keadaan atau kejadian, audien akan terbawa suasana, seakan-akan mereka melihat secara langsung kejadian tersebut.

  • Memiliki fakta kebenaran

Karena pidato jenis ini merupakan penggambaran dari suatu kejadian atau peristiwa, maka ada sebuah fakta yang hendak orator sampaikan kepada audien.

Fakta tersebut merupakan sebuah nilai kebenaran dari apa yang telah orator sampaikan melalui pidato yang ia sampaikan.

  • Mudah diterima audien

Pidato deskriptif umumnya memiliki ciri-ciri yang mudah untuk audien terima. Penggambaran suatu keadaan atau kejadian terasa nyata dan membawa audien untuk sejenak berandai-andai tentang kejadian tersebut.

Sehingga pemilihan bahasa dan gaya perlu kita perhatikan agar audien lebih mudah untuk menerimanya.

Baca juga beritaku : Pendahuluan Pidato Persuasif: 3 Struktur, Ciri, Pendekatan Dan Contoh


Pengertian Dan Ciri Pidato Deskriptif Dan Eksplanatif- Eksplanatif

Pidato eksplanatif merupakan sebuah pidato yang bertujuan untuk menerangkan atau menjelaskan suatu kejadian sosial atau kejadian alam.

Tidak mudah untuk melakukan jenis pidato ini, sebab orator perlu mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan apa yang hendak ia sampaikan.

Karena apa yang orator sampaikan merupakan sebuah kejadian sosial atau kejadian alam, maka dalam menyampaikan pidatonya mereka harus secara rinci dan jelas.

Biasanya, dalam berpidato orator akan menyampaikan bagaimana proses suatu kejadian sosial atau kejadian alam tersebut dapat terjadi. Orator akan menjelaskan sebab dan akibat secara rinci agar mudah dimengerti.

Kejadian sosial atau alam yang hendak orator sampaikan tentunya banyak sekali ragamnya, untuk itu mereka harus mencari sumber informasi sebanyak-banyaknya untuk menunjang pidato yang hendak mereka sampaikan.

Setiap pidato berdasarkan jenisnya pasti memiliki ciri-ciri tersendiri, begitu juga dengan pidato eksplanatif yang juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Memiliki sturktur yang jelas

Pidato eksplanatif memiliki susunan teks yang jelas, hal tersebut agar mudah untuk audien terima. Biasanya, struktur tersebut terdiri dari pembukaan, pernyataan umum, sebab akibat, interpretasi serta penutup.

Dengan adanya struktur tersebut, audien akan lebih mudah dalam menerima apa yang hendak kita sampaikan. Selain itu apa yang hendak kita sampaikan juga memilikii keruntutan alur yang jelas.

  • Informasi bersifat fakta

Kejadian sosial dan kejadian alam yang hendak kita sampaikan melalui pidato eksplanatif merupakan fakta dari sebuah kejadian. Hal tersebut membuat kita harus lebih berhati-hati dalam menyampaikan pidato.

Sebab apa yang akan kita sampaikan akan menjadi sebuah informasi yang sifatnya ilmiah, bukan mengajak seseorang.

Baca juga beritaku : Perpisahan SMA, Puisi, Kata-kata Puitis, Contoh Pidato

Perbedaan Dan Persamaan Pidato Deksriptif Dan Eksplanatif

Pidato deskriptif adalah jenis pidato untuk menggambarkan suatu keadaan atau kejadian kepada audien, sedangkan pidato eksplanatif merupakan jenis pidato untuk menyampaikan atau menjelaskan tentang suatu kejadian sosial atau kejadian alam.

Deskriptif dan eksplanatif tentu saja memiliki perbedaan, pidato deskriptis umumnya akan menjabarkan secara detail dari ssuatu keadaan agar audien seakan-akan mengalami kejadian tersebut.

Secara tidak langsung, orator telah menciptakan suatu suasana yang membuat audien seakan-akan mengalami atau melihat langsung pada kejadian tersebut.

Sebab pidato yang orator sampaikan begitu rinci dan mudah untuk dimengerti, sehingga audien nyaman dalam menerimanya.

gambar orang berpidato

Berbeda dengan pidato deskriptif, jenis pidato eksplanatif menjelaskan suatu kejadian sosial atau kejadian alam berdasarkan fakta yang terjadi.

Biasanya pidato ini banyak digunakan untuk berpidato dalam acara formal seperti pembukaan cabang, memperingati hari bersejarah, serta kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan suatu kejadian sosial atau kejadian alam.

Sifat dari pidato eksplanatif yaitu fakta dan informatif, sehingga isi dari pidato umumnya memiliki keakuratan yang tinggi, tidak hanya sebatas menjabarkan sesuatu.

Meskipun kedua pidato tersebut memiliki perbedaan, namun ada beberapa persmaan juga dari keduanya, yaitu :

  • Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

Baik pidato deskriptif maupun pidato eksplanatif keduanya sama-sama menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti, hal tersebut agar apa yang hendak kita sampaikan melalui pidato dapat sampai kepada audien.

Tidak hanya itu, penggunaan bahasa tersebut sebenarnya bertujuan untuk mempermudah orator dalam menciptakan suasana yang kondusif. Pemilihan kata juga akan mempenggaruhi tingkat ketertarikan audien untuk mendengarkan isi dari pidato.

  • Sama-sama menjelaskan terhadap sesuatu

Persamaan yang selanjutnya yaitu memiliki tujuan untuk menjelaskan terhadap sesuatu keadaan atau kejadian. Perlu diperhatikan bahwa menjelaskan yang dimaksud adalah memberikan gambaran terhadap suatu kejadian yang ada.

Sehingga keduanya merupakan pidato yang memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi dari sebuah kejadian.


Contoh Pidato Deksriptif

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak sekali nikmat dan rahmat-Nya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul di tempat ini tanpa kurang suatu apapun.

Sholawat serta salam kita panjatkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang kami hormati dan kami cintai, izinkanlah dalam kesempatan yang luar biasa ini kami sampaikan beberapa hal tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Kita ketahui bersama akhir-akhir ini telah terjadi bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Bencana tersebut telah banyak sekali merenggut harta benda bahkan keluarga korban.

Untuk itu, mari sejenak kita renungkan apakah bencana tersebut merupakan peringatan bagi kita untuk lebih memperhatikan tentang kebersihan?

Coba kita perhatikan bersama, terjadinya bencana tersebut beberapa kasus karena keteledoran kita dalam menjaga lingkungan. Kita tengok sungai-sungai dan aliran-aliran air di sekitar rumah kita.

Apakah semuanya sudah sebagaimana mestinya? bersihkan mereka dari gunungan sampah? sungguh betapa ironisnya kita temui beberapa aliran sungai yang tersumbat karena adanya gunungan sampah.

Yang lebih memprihatinkan lagi, sampah tersebut tidak hanya sampah-sampah kecil bungkus produk yang kita beli, melainkan ada sampah rumah tangga yang berukuran besar seperti kasur, sofa, dll.

Lalu dengan terjadinya luapan sungai karena sumbatan sampah tersebut sudahkah membuat kita semua sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Tangisan tak terbendung mereka menyaksikan rumah yang mereka tempati terendam, beberapa keluarga mereka hilang terbawa arus. Mereka mengungsi di tempat yang lebih aman dan tidur beralaskan seadanya.

Hadirin yang kami cintai, sungguh memilukan melihat kejdian tersebut. Kapan Indonesia akan bebas dari tumpukan sampah yang menggunung? ada peluang besar bagi kita semua untuk memulai gerakan kebersihan.

Sekian apa yang dapat kami sampaikan, banyak kekurangannya saya mohon maaf.

wassalamualaikum wr.rb.

Baca juga beritaku : Orasi Dan Pidato: Sejarah, Definisi, Persamaan Dan 5 Perbedaan

Contoh Pidato Eksplanatif

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Segala puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak sekali nikmat dan rahmat-Nya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul di tempat ini tanpa kurang suatu apapun.

Sholawat serta salam kita panjatkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang kami hormati dan kami cintai, izinkanlah dalam kesempatan yang luar biasa ini kami sampaikan tentang pentingnya meningkatkan ketakwaan.

Seluruh negara saat ini sedang berjuang untuk melawan virus covid-19. Virus tersebut telah mengacaukan seluruh negara dan perekonomiannya.

Kita ketahui bersama, datangnya virus tersebut merupakan pelajaran bagi kita semua betapa lemahnya kita sebagai manusia, jika Allah sudah berkehendak sesuatu maka manusia tidak dapat melawannya.

Adanya virus ini menjadi pembelajaran bagi kita betapa pentingnya untuk menjaga kebersihan, selalu mendekatkan diri pada sang pencipta, berusaha hidup sehat.

Sudahkah kita mensyukuri seluruh nikmat yang telah Allah berikan kepada kita? kesehatan yang kita miliki sudah kita gunakan untuk berbuat apa saja. Di saat seperti ini kita lihat bagaimana mereka yang terkena virus sedang berjuang.

Berbagai alat bantu kesehatan terpasang untuk membantu mereka dalam mempertahankan umur. Namun, manusia hanyalah makhluk yang hanya dapat berusaha dan berdoa.

Selebihnya merupakan hak bagi Allah dalam menentukan umur seseorang, sebagai seorang hamba sudahkah kita mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mensyukuri nikmat tersebut adalah dengan meningkatkan ibadah kita.

Sekian apa yang dapat kami sampaikan, banyak kekurangan dari apa yang telah saya sampaikan sama mohon maaf yang setulusnya. Sebab kesempurnaan hanya milik Allah SWt.

Terimakasih atas perhatian yang telah hadirin berikan,

wassalamualaikum wr.rb.

Baca juga beritaku : Kenakalan Remaja, Batasan Umur, Dan 6 Contoh Pidato Singkat

Bagikan Ke