Jambu Bol

Jambu Bol: Asal, Kandungan Zat, Manfaat dan Persebarannya

Diposting pada

jambu bol, dari manakah dia berasal? Kenali berbagai zat yang terkandung dalam jambu jamaika. Dapatkan 10 manfaat dari mengonsumsi jambu bol. Ketahui pula persebaran daerah tumbuh jambu bol yang dapat anda beli dengan harga terjangkau.

Oleh : Luluk Fadiyah (Penulis Lestari)

Bagi anda pecinta buah-buahan, kali ini kita akan membahas seputar jambu bol yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Si merah yang satu ini memang membuat ngiler ya, paling cocok menyantapnya saat siang hari.

Jambu bol sering kita jumpai saat membeli lotis atau rujak, jika tidak mau ribet, langsung menyantapnya tanpa pendamping buah-buahan lainnya juga tetap nikmat loh.

Untuk mendapatkan jambu ini, anda dapat membelinya di pasar tradisional, supermarket atau tempat penjual buah. Tidak jarang dapat kita jumpai orang yang berjualan jabu bol di pinggir jalan.

Jambu bol adalah salah satu buah yang tergolong dalam jenis pohon buah jambu-jambuan. Tekstur dagingnya lebih lembut dan lebih padat dari jambu air.

Ukuran pohon jambu bol cukup sedang, yaitu berkisar 10 meter tingginya, dengan bentuk batang lurus bercabang dan memili daun yang lebat. Daunnya jenis daun tunggal yang letaknya saling berhadapan satu sama lain.

Bentuk daunnya pun panjang melonjong dan bunganya berwarna merah keunguan yang berbentuk bulat terdiri dari garis-garis lembut (benang sari).

Alasan yang kuat mengapa kita hendaknya mengonsumsi buah ini adalah kandungan zat yang ada di dalamnya dapat memberikan berbagai manfaat.

Buah yang memiliki banyak sekali manfaat ini juga dapat menjadi pilihan tepat untuk cemilan anda. Selain mengenyangkan juga dapat menyehatkan pencernaan anda.

Jika tubuh anda tidak dapat menerima bahan kimia, jamb bol bisa menjadi salah satu obat alternatif jika memiliki beberapa gangguan kesehatan seperti sariawan, demam, disentri, dll.

Baca Juga Beritaku: Pohon Andalas & 3 Benda Adat Asal Pulau Sumatera

Kenapa Jambu Bol Diberi Nama Jambu Jamaica

Jambu bol memiliki nama lain tergantung dari masing-masing daerah, ada yang menyebutnya sebagai jambu bolo, jmbu jambak, jambu jamaica, jambu darsana, jmbu kepal dan jambu merah.

Jambu bol adalah sebutan yang berasal dari bahasa melayu yang artinya adalah pantat. Jika dalam bahasa betawi penyebutannya menjadi jambu bool yang artinya juga sama, yaitu pantat.

Dalam bahasa inggris, disebut juga sebagai malay apple yang artinya jambu merah dari Malaka. Sebab jambu bol berasal dari Malaka dan memiliki warna merah seperti buah apel.

Pohon jambu jamaika memiliki kayu yang bercabang-cabang dengan daun berukuran sedang berbentuk panjang melonjong berwarna hijau. Tinggi pohonnya dapat mencapai hingga lebih dari 10 meter.

Jambu jamaika atau jambu bol memiliki bunga yang berwarna merah berbentuk bulat yang terdiri dari garis-garis halus. Bunga dapat kita jumpai pada bagian ranting atau di cabang yang berada di dekat batang utama.

Bunga tersebut kemudian nantinya akan menghasilkan buah yang terdiri dari 1-12 biji untuk setiap tangkainya. Buah yang belum matang akan berwarna putih atau hijau kemudian akan berubah warna menjadi merah apabila sudah masak.

Jamb bol atau jambu jamaika berbentuk bulat lonjong dengan garis tengah antara 5 – 8 cm. Pada bagian ujungnya terdapat bulu-bulu halus dari sisa-sisa bunga yang telah berubah menjadi buah.

Jambu jamaika memiliki danging yang bertekstur lembut dan lebih tebal dari jambu merah atau jambu air pada umumnya. Semakin masak, warnanya juga akan semakin merah pekat.

Untuk rasa, jambu jamaika tentunya lebih manis dari jambu air jenisnya, dagingnya juga memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga jambu jamika lebih segar.

Zat yang terdapat dalam Jambu Bol

Jambu bol memiliki berbagai kandungan zat yang dapat menutrisi tubuh kita. Selain memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak untuk menjaga kesehatan mata, buah ini juga terdiri dari zat-zat lain.

Kandungan zat yang terdapat pada jambu bol yaitu :

  • Protein 0,5 – 0,7 gram
  • Lemak 0,1 – 0,2 gram
  • Serat 0,6 – 0,8 gram
  • Kalsium 5,6 – 5,9 mg
  • Fosfor 11,6 – 17,9 mg
  • Zat besi 0,2 – 0,82 mg
  • Karoten 0,003 – 0,008 mg
  • Vtamin A 3 – 10 IU
  • Vitamin B1 15 – 39 mcg
  • Vitamn B2 20 – 39 mcg
  • Vitamin B3 0,21 – 0,40 mg
  • Asam askorbat 6,5 – 17,0 mg

Dari berbagai kandungan zat tersebut, buah ini juga memiliki kandungan gula yang cukup rendah namun dapat memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh. Banyak penelitian membuktikan bahwa jambu bol baik untuk mengontrol gula darah dan mencegah terjadinya diabetes.

Selain itu, buah asal Malaka ini juga memiliki kandungan vitamin C yang baik bagi tubuh, kita dapat memperoleh 22 mg vitamin C dari mengonsumsi 100 gram jambu bol.

Kandungan vitamin C tersebut dapat memabntu tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menangkal radkal bebas, regenerasi sel hingga mempercepat penyembuhan pada luka.

Baca Juga Beritaku: 10 Jenis Tanaman Caladium, Harga dan Cara Perawatan

10 Manfaat Jambu Bol

Jambu Bol
Jambu Bol Buah Yang Kaya Akan Manfaat

Selain rasanya yang manis dan segar, ada bonus lebih lainnya jika anda mengonsumsi jambu bol. Bonus tersebut adalah beberapa manfaat dari jambu bol.

Manfaat dari mengonsumsinya yaitu :

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang ada pada jambu bol cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. selain itu juga baik anda konsumsi secara teratur agar kesehatan mata semain baik.

Menjaga Nutrisi Kulit

Bagi anda yang mengidamkan kulih sehat bersinar, jammbu bol menjadi salah satu alternatif yang dapat anda ambil. Kandungan vitamin C yang terkandung dalam jammbu bol mampu menutrisi kulit dari dalam.

Kandungan mineral dari buah ini juga ampuh untuk memelihara kelembaban kulit, sehinga menjadikannya lebih lembab dan kenyal. Beberapa kandungan lainnya juga dapat membantu untuk menghaluskan kulit.

Nah, selain merawat kulit dari luar kita juga harus merawatnya dari dalam ya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup.

Mencegah Diabetes

Jambu bol juga dapat mencegah terjadinya diabetes, buahnya dapat anda jadikan sebagai pemanis alami dan menggantikan fungsi gula. Dengan demikian konsumsi gula dalam tubuh datap terkontrol.

Kandungan gula yag rendah menjadikannya cocok sebagai pemanis alami yang aman bagi kesehatan, agar kadar gula dalam tubuh tetap stabil.

Mengatasi Disentri

Disentri adalah salah satu penyakit yang dapat menular, sehingga harus segera anda obati agar tidak menular pada anggota keluarga lainnya.

Jambuu bol dapat anda jadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit disentri. Bagi anda yang alergi dengan bahan kimia, buah ini dapat menjadi alternatif untuk menyembuhkan disentri.

Kandungan yang terdapat dalam buah jambu bol terbukti ampuh mengatasi disentri.

Mengobati Sariawan

Selain kaya akan vitamin A, jjambu bol juga kaya akan vitamin C, sehingga bagi anda penderita sariawan dapat mengonsumsi buah ini untuk membantu kesembuhan dari sariawan.

Vitamin C yang terkandung didalamnya menjaga kesehatan mulut dan gusi, sehingga dapat mencegah terjadinya sariawan dan mengobatinya.

Menguatkan Tulang

Manfaat lainnya yaitu dapat menguatkan tulang, dari kandungan zat besi yang terdapat dalam buah akan menutrisi tulang. Dengan demikian tulang akan terjaga kekuatannya dan tidak mudah keropos.

Cocok untuk anda konsumsi sejak dini agar kesehatan tulang lebih baik, bagi penderita sakit tulang juga cukup baik.

Meredakan Demam

Jambu bol juga anda gunakan sebagai obat untuk meredakan demam. Caranya adalah dengan menyeduh buahnya dengan air hangat kemudian meminumnya.

Jika anda mengonsumsinya secara rutin saat menderita demam, maka secara perlahan demam yang anda derita akan berangsur hilang.

Baik Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan ibu dan juga sang buah hati. Beberapa manfaat yang anda dapatkan yaitu :

  • Mencegah terjadinya darah tinggi saat masa kehamilan
  • Membantu menjaga keseimbangan elektrolit
  • Mengurangi kram pada perut bagiian bawah akibat hamil
  • Mengurangi rasa mual saat hamil
  • Membantu meningkatkan perkembangan sel darah merah saat kehamilan
  • Memperkuat kondisi janin
  • Membantu penyerapan zat besi
  • Mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman yang mudah menyerang pada wanita hamil, sebab memiliki kandungan antioksidan yang cukup

Membantu Sistem pencernaan

Jika anda mengalami gangguan pada pencernaan, ada baiknya rutin mengonsumsi jaambu bol. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya mampu mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh.

Kandungan serat tersebut dapat yang membantu anda dalam proses pencernaan.

Baca Juga Beritaku: Pidato Lingkungan Menarik: 3 Contoh Naskah Terbaru

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Sudah kita ketahui bersama bahwa vitamin C juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan citamin C yang terdapat pada buah ini pun dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C tersebut dapat menangkal berbagai penyakit yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh.

Harga Dan Persebaran Daerah Tumbuh Jambu Bol

Jambu Bol
Harga dan Persebaran Dari Jambu Bol

Jambu bol dapat kita sajikan sebagai buah meja yang tentunya menyehatkan dan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Selain rasanya yang manis juga memberikan sensasi kesejukan dari kandungan air yang ada di dalamnya.

Aromanya pun juga begitu segar dan meiliki aroma-aroma menyehatkan. Tidak heran jika buah ini dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti sariawan, gangguan pencernaan, dll.

Dari berbagai sumber yang kami dapatkan, buah ini dapat anda beli di berbagai pasar tradisional atau supermarket-supermarket yang menjualnya. Untuk harga per kilonya yaitu sebesar 45,000.

Harga tersebut dapat berbeda-beda tergantung dengan daerah anda masing-masing dan di mana anda membelinya. Jika anda hendak membeli jaambu bol, ada baiknya mencari berbagai informasinya terlebih dahulu di internet.

Asal usul pohon buah ini tidak begitu pasti, namun tanaman buah ini telah berkembang sejak dulu di daerah Semenanjung Malaya, Ssumatra dan Jawa.

Seiring berkembangnya jaman, masyarakat akhirnya mulai mengetahui manfaat yang terkandung dalam jambu bol, sehingga perkembangannya mulai menyebar hampir ke seluruh negara beriklim tropis.

Termasuk Indonesia, jambu bol juga banyak tersebar di Pulau Jawa. Ada juga daerah-daerah di luar Jawa lainnya yang juga membudidayakan jambu bol.

Sebutan untuk buah ini juga berbeda-beda tergantu dari daerahnya masing-masing, seperti sebutan dari Aceh yaitu jambu ripu, jambu bol sebutan untuk daerah Sunda, Batak dan Lampung, myambu bol sebutan untuk daerah Bali, jambu bo untuk daerah Minangkabau dan maufa untuk daerah Nias.

Beberapa penjelasan dari jambuu bol telah kita sampaikan di atas, semoga dapat menambah pengetahuan dan menjadi manfaat untuk anda semua.

Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan penuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita dengan rajin berolahraga serta memberi asupan bernutrisi bagi tubuh dari buah-buah segar ya.

Bagikan Ke